Table of Content

    • Solusi
    • Fitur
    • Pengertian, Fungsi, dan Manfaat Promosi yang Harus Dipahami

    Pengertian, Fungsi, dan Manfaat Promosi yang Harus Dipahami

    Promosi adalah langkah yang tepat untuk memperkenalkan bisnis

    Promosi adalah salah satu cara yang kerap digunakan oleh para pelaku usaha untuk mendorong angka penjualan bisnisnya. Sering kali seorang pelaku usaha menarik minat calon pembeli potensial untuk melakukan transaksi dengan berbagai macam program promosi, mulai dari yang berupa potongan harga khusus, penawaran istimewa, atau bundling produk. Harapannya, promo yang dilakukan akan menarik minat calon pembeli dan secara langsung mendorong angka penjualan. Padahal, promosi sebenarnya memiliki makna dan tujuan yang lebih luas lagi.

    Untuk lebih lengkapnya, mari kita bahas aktivitas bisnis yang satu ini dengan lebih mendalam, mulai dari pengertian promosi, manfaat, serta fungsi yang dimilikinya!

    Pengertian Promosi secara Umum dan Menurut Para Ahli

    Pengertian promosi menurut para ahli sesungguhnya sudah cukup banyak tercantum dalam berbagai literatur yang secara khusus membahas dunia bisnis. Pengertian-pengertian tersebut digunakan untuk mempermudah praktisi bisnis maupun pelaku usaha dalam memahami promosi.

    Sebagai contohnya, dalam bukunya, Suryana menjelaskan bahwa promosi sebagai cara mengomunikasikan barang dan jasa yang ditawarkan supaya konsumen mengenal serta membeli produk maupun jasa tersebut. Suryana memandang bahwa pelanggan perlu mengenal terlebih dahulu produk dan jasa yang ditawarkan sebelum memutuskan untuk membelinya. Berbeda dengan Suryana, menurut Kusmono, promosi merupakan usaha yang dilakukan pasar untuk memengaruhi pihak lain agar berpartisipasi dalam kegiatan pertukaran.

    Di antara banyak ahli bisnis, Basu Swastha Dharmmesta terbilang cukup banyak menjelaskan arti dari promosi. Di tahun 2000, beliau menyebutkan bahwa promosi dapat dipandang sebagai arus informasi atau persuasi satu arah yang dibuat untuk memengaruhi seseorang maupun organisasi terhadap tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran. Penjelasan ini pun digunakannya kembali dalam buku yang disusunnya bersama Irawan di tahun 2005.

    Jika para ahli bisnis cenderung menjelaskan promosi secara spesifik dengan skenario-skenario tertentu, secara umum, promosi dapat dikenal sebagai upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk serta jasa dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengonsumsinya. Dari upaya ini, pelaku usaha dapat memiliki proyeksi kenaikan angka penjualan serta pendapatan bisnis. Nah, setelah memahami pengertiannya, berikutnya kita perlu mengetahui apa fungsi yang dimiliki oleh promosi sebagai sebuah kegiatan bisnis.

    Fungsi Promosi sebagai Salah Satu Titik dalam Proses Bisnis

    Untuk dapat mengoptimalkan program-program promosi yang sedang atau akan dijalankan, pelaku usaha perlu mengetahui terlebih dahulu fungsi promosi itu sendiri. Sama seperti pengertian yang dimilikinya, ada beberapa fungsi yang dimiliki oleh promosi. Setidaknya, ada lima fungsi yang perlu kamu perhatikan untuk menjadi seorang pelaku usaha yang baik:

    • Memperkenalkan informasi seputar produk atau jasa yang ditawarkan

    • Membujuk calon pembeli potensial

    • Menjaga identitas bisnis yang tengah dibangun tetap relevan

    • Menambah nilai dari bisnis yang dijalankan

    • Fungsi promosi untuk mempermudah proses lainnya dalam sebuah bisnis

    Beberapa fungsi promosi di atas baiknya dipertimbangkan sematang mungkin sebelum mulai menetapkan strategi pemasaran yang ingin dijalankan. Mana fungsi yang paling kamu butuhkan bagi situasi bisnismu saat ini, karena setiap fungsi yang ada tentu akan memengaruhi model program promosi yang nantinya akan dijalankan. Untuk mencapai keuntungan bisnis sebesar mungkin, kegiatan promosi yang dilakukan perlu berorientasi pada fungsi yang ingin dijalankan.

    Misalnya saja, promosi yang dilakukan dalam memperkenalkan produk atau jasa yang ditawarkan tentunya harus mampu menjelaskan setiap seluk dan beluk produk maupun jasa tersebut kepada pelanggan. Promosi dengan fungsi semacam ini sangat tepat dilakukan ketika meluncurkan lini produk dan jasa yang baru, bisa dengan memasang iklan di berbagai media, menyewa jasa influencer untuk mencoba produk serta jasa tersebut, hingga beragam kegiatan pemasaran lainnya yang dapat mengenalkan bisnismu kepada pelanggan secara luas.

    Sebaliknya, jika fungsi yang dibutuhkan adalah membujuk calon pembeli potensial, memberikan potongan harga istimewa untuk produk atau jasa tertentu yang ingin didorong angka penjualannya akan memberikan hasil yang potensial. Jangan khawatir, ada banyak ragam program promosi yang berkaitan dengan fungsi ini, pilih yang paling memungkinkan untuk dilakukan dengan mempertimbangkan situasi dan kondisi bisnis saat ini.

    Fungsi promosi untuk menjaga relevansi identitas bisnis di mata pelanggan kerap dilakukan secara berkala dari waktu ke waktu, selain untuk mendatangkan jenis pelanggan yang baru, fungsi yang satu ini juga dapat dimanfaatkan agar bisnismu tidak tersingkir dari benak pelanggan setiamu. Meluncurkan produk atau jasa yang sudah ada dengan kemasan yang sepenuhnya baru bisa dijadikan cara untuk mewujudkannya.

    Promosi juga dapat dilakukan untuk menambah nilai dari bisnismu. Beberapa pelaku usaha, contohnya saja, mengeluarkan program promosi yang berhubungan dengan lingkungan, misalnya dengan menanam satu pohon di sebuah daerah setiap kali produk atau jasa yang ditawarkan dibeli oleh pelanggan dalam jumlah tertentu. Dalam situasi tersebut, bisnismu tidak hanya akan dikenal sekadar sebagai sebuah bisnis pada umumnya, tetapi juga akan diingat sebagai bisnis yang peduli dengan lingkungan serta kelestarian alam. Selain dapat menumbuhkan identitas bisnis yang positif di mata pelanggan, fungsi yang satu ini juga dapat menarik segmen pasar baru seperti pelanggan yang menerapkan pola hidup eco-friendly.

    Promosi yang ditujukan untuk memberikan nilai tambah bagi bisnis dapat memberikan hasil yang maksimal ketika dijalankan dengan tepat. Untuk ini, sebagai seorang pelaku usaha, kamu perlu mempelajari terlebih dahulu nilai tambah apa yang bisa memberikan dampak positif bagi bisnismu. Atau, jika tidak, pelajari nilai tambah yang tengah populer di kalangan target pasarmu.

    Fungsi yang terakhir, sebagai pendukung kegiatan bisnis yang dijalankan, dapat dijalankan di setiap titik pada operasional proses bisnis, tergantung pada kegiatan bisnis yang ingin ditopang dengan adanya promosi ini. Dengan meluncurkan sebuah promosi, kamu bisa mempermudah kerja tenaga pemasaran yang tak perlu lagi mengulang-ulang informasi yang sama untuk mengenalkan produk atau jasa kepada pelanggan. Promosi yang mengandalkan words of mouth juga dapat membantumu membentuk identitas bisnis yang lebih dikenal oleh pelanggan.

    Manfaat Promosi bagi Bisnis yang Dijalankan

    Promosi adalah salah satu metode untuk memastikan bisnis tetap relevan bagi pelanggan

    Dari uraian terkait pengertian dan juga fungsi-fungsi yang dimiliki oleh promosi, mungkin kamu sudah bisa melihat beberapa manfaat promosi bagi bisnismu. Apakah ada manfaat lain yang bisa diperoleh dari program-program promosi? Tentu saja!

    Secara garis besar, sebagai salah satu bentuk kegiatan ekonomi, promosi dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pendapatan bisnis sebesar mungkin dengan modal yang seminimum mungkin. Untuk mencapai manfaat tersebut, kegiatan promosi bisnis memiliki sejumlah keunggulan yang sudah tidak perlu dipertanyakan lagi, misalnya saja:

    • Menjaga tingkat retensi dan loyalitas pelanggan setia.

    Di antara banyak hal, tingkat retensi dan loyalitas merupakan salah satu elemen penting untuk memastikan bisnis dapat tetap berjalan, bahkan dikembangkan lebih maju lagi. Sedikit berbeda dengan tingkat loyalitas yang menjelaskan tentang pilihan pelanggan untuk melakukan transaksi di tempat usahamu dibanding bisnis kompetitor, tingkat retensi menjelaskan keinginan pelanggan untuk bertahan dan terus kembali melakukan transaksi pada bisnismu. Salah satu manfaat promosi adalah memastikan pelanggan merasa puas dan diperhatikan olehmu sehingga untuk jangka panjang mereka akan kembali dan kembali lagi bertransaksi pada bisnis yang tengah kamu upayakan.

    Kata kuncinya di sini adalah bagaimana menyusun program promosi yang bisa membuat pelanggan puas dan merasa diperhatikan.

    • Membangun jembatan komunikasi antara bisnis dengan pelanggan.

    Menghubungi pelanggan satu per satu untuk menjelaskan setiap produk atau jasa yang ditawarkan, seperti yang umumnya dilakukan dalam bisnis konvensional dengan model door-to-door, merupakan aktivitas yang cukup berat dan dalam jangka panjang akan membebani sumber daya manusia yang kamu miliki. Promosi dapat dimanfaatkan untuk menjawab tantangan tersebut.

    Dengan meluncurkan program promosi secara tepat sesuai dengan situasi pasar serta kondisi bisnis, kamu dapat membentuk semacam jembatan komunikasi bisnis kepada pelangganmu. Kegiatan promosi dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk memperkenalkan produk atau jasa yang ingin kamu pasarkan, membuat identitas bisnis diketahui oleh pelanggan secara massal, hingga menyampaikan berbagai informasi terkait bisnismu kepada pelanggan dengan biaya yang relatif jauh lebih murah dibanding cara-cara konvensional. Komunikasi bisnis yang terbangun inilah nantinya yang akan mempermudahmu dalam memperbesar margin keuntungan.

    • Mendatangkan pelanggan baru dari pelanggan yang sudah ada.

    Manfaat promosi yang tak kalah penting adalah kemampuannya dalam mendatangkan pelanggan-pelanggan baru untuk bertransaksi pada bisnismu. Program promosi yang telah direncanakan dengan matang dan diimplementasikan secara tepat akan memiliki kekuatan words of mouth yang sangat penting dalam kegiatan pemasaran bisnis. Dengan ini, pelaku usaha tidak perlu mengeluarkan usaha serta biaya yang terlalu besar dalam menawarkan produk atau jasa yang dimilikinya karena pelanggan sendiri juga akan didorong untuk mempromosikan bisnis tersebut kepada calon-calon pelanggan baru. Sehingga, dalam jangka panjang, bisnis akan berkembang dengan sendirinya dengan citra yang positif di mata pelanggan.

    Setelah memahami bahwa promosi adalah sesuatu yang sangat penting untuk mengembangkan bisnis, tak ada salahnya untuk mulai menyusun rencana promosi secara matang. Ayo gunakan aplikasi majoo dengan beragam fitur andalannya untuk mempromosikan bisnismu secara luas!

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    18 Contoh Surat Lamaran Kerja dan Jenis nya 2022 Terbaru
    Mengambil inspirasi dari contoh surat lamaran kerja dapat dilakukan untuk memastikan kemungkinan diterima kerja lebih tinggi. Namun, perhatikan jenisnya!
    Freelancer adalah: Contoh dan Tips Menggeluti Profesi Ini
    Dunia Internet mendorong manusia untuk selalu beradaptasi. Saat ini banyak orang mencari cara menjadi freelancer. Freelancer adalah tenaga kerja lepas yang bekerja secara mandiri.
    Beragam Jenis Laporan Keuangan untuk Bisnismu
    Selain laporan keuangan laba rugi, apa saja jenis laporan keuangan yang kamu ketahui? Apakah kamu tahu pengertian laporan keuangan?
    Peran Penting Strategi Customer Relationship dalam Bisnis
    Customer relationship adalah strategi untuk menjaga hubungan baik antara pihak pemilik bisnis dan konsumen. Hal ini penting bagi perkembangan bisnis.