Table of Content

    Hemat Waktu dan Energi dalam Jalankan Bisnis ala Mau Drinks


    Ayo Sofitri, pemilik brand minuman kekinian Mau Drinks


    Di Chun Shui Tang, sebuah tea shop di Taiwan, Lin Hsiu Hui bereksperimen menggabungkan dua komposisi favoritnya yaitu milk tea dan boba. Ternyata, ia bukanlah satu-satunya orang yang menyukai kombinasi tersebut. Bahkan, menu ini telah memicu revolusi di industri teh. 


    Sekarang, ke mana pun kamu melangkah, kamu hampir akan selalu menemukan kedai minuman boba. Nah, apabila kamu berjalan-jalan di daerah Jakarta Utara, Mau Drinks dapat menjadi salah satu pilihan minuman kekinian untuk dicicipi. Tentunya, menu yang disediakan tidak hanya minuman boba, tetapi beragam minuman segar lainnya. 

    Sejak mengenal aplikasi majoo, operasional Mau Drinks lebih efektif

    Terlepas dari skalanya, menjalankan bisnis food and beverage hampir selalu menantang. Tantangan dalam operasional juga dirasakan oleh Ayu Sofitri, pemilik bisnis Mau Drinks.


    Bisnis yang hadir dengan tagline ‘makes you happy’ ini membutuhkan banyak perhatian dalam pengelolaannya. Dalam kurun dua tahun terakhir, Ayu terus berupaya membuat inovasi. Selain untuk mengembangkan bisnis, inovasi-inovasi untuk menyederhanakan operasional pun terus dilakukan. 


    Tujuannya agar pengelolaan bisnis tidak terlalu menyita waktu serta energi. Beruntung sekali, Ayu dapat berkenalan dengan aplikasi majoo. Menurut pengakuannya sebagai pemilik bisnis, operasional bisnis menjadi jauh lebih efektif sejak ia memutuskan untuk menggunakan aplikasi POS yang satu ini.


    Tidak ada lagi pencatatan secara manual sehingga Ayu merasa operasional bisnis kini lebih hemat waktu dan energi. Pasalnya, untuk setiap transaksi sudah tersedia fitur kasir online. Dengan begitu, pelayanan tidak terkendala sekalipun sedang banyak pembeli sebab proses transaksi dapat berjalan cepat serta praktis berkat sistem POS.


    Lebih dari itu, aplikasi POS majoo juga menyediakan fitur analisis bisnis. Di dalam fitur ini, terdapat laporan penjualan lengkap. Bagi Ayu, laporan penjualan merupakan salah satu fitur penting dalam pengelolaan bisnis miliknya.


    Dengan adanya laporan tersebut, penjualan outlet dapat dipantau secara rinci serta akurat. Sebagai pemilik, Ayu tidak hanya memperoleh laporan jumlah produk yang terjual, tetapi juga produk mana yang menjadi best seller atau yang angka penjualannya masih perlu ditingkatkan.


    Informasi tersebut tentu berperan penting dalam pengambilan keputusan. Pemilik usaha jadi bisa menentukan bahan baku mana yang perlu disediakan lebih banyak. Bahkan lebih jauh lagi, apakah produk yang angka penjualannya rendah masih akan disertakan dalam menu atau dihapuskan saja. 


    Di samping itu, Ayu mendapati fitur laporan keuangan dalam aplikasi majoo sebagai salah satu fitur lain yang berperan signifikan dalam manajemen bisnis. Dalam laporan keuangan, pemilik usaha dapat melihat neraca, laporan rugi laba, laporan arus kas, jurnal, buku besar, serta laporan utang dan piutang.


     Bersama stafnya, Ayo tengah mengoperasikan aplikasi majoo


    Melalui laporan-laporan tersebut, Ayu bisa mengetahui jumlah pemasukan dan pengeluaran secara detail. Itulah alasan, laporan ini disebut memegang peranan penting dalam pengelolaan operasional bisnis harian. 


    Kemudahan-kemudahan dalam aktivitas harian bisnis tersebut bukan hanya dirasakan oleh pemilik, melainkan staf Mau Drinks. Menyepakati opini Ayu, Robi Gunawan sebagai salah satu staf pun merasa dimudahkan dalam menjalankan operasional. 


    Menurutnya, transaksi penjualan menjadi lebih mudah dikelola karena adanya aplikasi kasir online majoo. Dokumentasi data penjualan tidak perlu lagi ia lakukan secara manual sebab sudah tercatat secara otomatis pada sistem.


    Selanjutnya, dalam hal pengelolaan stok, Ayo merasa fitur supply dari majoo juga berperan cukup signifikan. Pemilik bisnis minuman ini kerap melakukan pengadaan ulang krimer melalui fitur tersebut. 


    Selain lebih efisien dari sisi waktu, biaya yang dikeluarkan pun lebih hemat karena bahan baku dilabeli dengan harga relatif ekonomis.


    Baca Juga: Inspirasi Ide Kreatif dalam Inovasi Bisnis dari Luar Negeri


    Dari cerita di atas, terlihat sekali bahwa hal-hal detail terkait operasional harian dan pekerjaan yang sifatnya administratif dapat diambil alih oleh aplikasi POS. Dengan begitu, pemilik usaha mampu berfokus pada urusan lain yang lebih penting. 


    Misalnya, mempertimbangkan perluasan pasar dan pembentukan cabang baru. Eksplorasi kemungkinan memperoleh pendanaan dari investor. Kemungkinan lainnya, mengoptimalkan menu serta kualitas produk melalui riset mendalam. Jadi, bisnis bisa memiliki basis pelanggan yang solid. 


    Dari sisi pemasaran, pemilik bisa mengalokasikan waktu serta energinya untuk mengevaluasi berbagai strategi yang pernah diterapkan. Jika strategi sebelumnya dirasa belum optimal, pemilik bisnis dapat fokus merancang strategi-strategi baru yang mungkin lebih baik. Sebut saja, mulai dari perbaikan branding, peningkatan brand awareness melalui media sosial, hingga optimalisasi penjualan lewat aplikasi pesan antar online


    Ada banyak aspek dari bisnis yang dapat ditingkatkan bila pemilik tidak menghabiskan waktu untuk hal administratif. Karena itu, penggunaan aplikasi POS yang tepat merupakan langkah awal untuk pengembangan bisnis. 


    Tunggu apa lagi? Segera ambil #langkahmajoo sekarang dan rasakan pengelolaan bisnis yang lebih sederhana, tetapi efektif. Manajemen bisnis yang efisien, tetapi tetap ekonomis. Menarik, bukan?

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Transformasi Digital yang Sukses Diterapkan Citra Florist
    Setelah melakukan #langkahmajoo transformasi digital dari kinerja manualnya, kini Citra Florist merasakan makin keuntungan dan kemudahan yang didapat.
    Belajar Analisis Data dari Aplikasi Digital ala Garis Tepi
    Aplikasi digital ternyata bisa dimanfaatkan sebagai media belajar dalam analisis data. Pemilik usaha Garis Kota sudah membuktikan hal ini.
    Hemat Waktu dan Energi dalam Jalankan Bisnis ala Mau Drinks
    Berkat aplikasi Majoo, pemilik Mau Drinks dapat lebih hemat waktu serta tenaga dalam menjalankan bisnisnya.
    Nau Coffee: Pakai majoo, Lebih Mudah Kelola Bisnis
    Nau Coffee adalah bisnis coffee shop yang terbantu pengelolaan operasionalnya menggunakan fitur aplikasi majoo.