Inspirasi Ide Kreatif dalam Inovasi Bisnis dari Luar Negeri


Mengirimkan makanan duka cita dianggap lebih bermanfaat dibandingkan karangan bunga.


Bila dikatakan bahwa peluang usaha di Indonesia semakin menurun sejak adanya pandemi, itu salah. Peluang usaha di mana pun akan selalu ada, asalkan ide kreatif bisa terus muncul dan para pemilik usaha berani mengambil langkah untuk mengembangkannya. 


Inovasi bisnis bisa dilakukan dengan kreativitas tanpa batas dari para pemilik bisnis, termasuk dalam hal mencari inspirasi usaha apa yang akan dirintis. Ada banyak bisnis kreatif di luar negeri yang ternyata polanya bisa kita tiru dan terapkan di Indonesia. Ada hal yang lebih mengejutkan lagi, bisnis ini bahkan belum ada sama sekali di Indonesia. 


Pada dasarnya, masyarakat Indonesia selalu tertarik dengan hal baru yang unik dan belum pernah mereka lihat atau coba. Beberapa contoh jenis usaha yang akan kita bahas kali ini rasanya cocok dan sesuai dengan hal tersebut. Maka, tidak ada salahnya untuk mencoba, bukan?


1. Makanan Duka Cita

Jika biasanya bentuk ucapan duka cita dikirimkan dalam bentuk karangan bunga, maka di luar negeri hal ini sudah mulai kurang diminati. Munculnya ide kreatif menciptakan produk makanan duka cita dirasa lebih bermanfaat. 


Makanan duka cita dikirimkan kepada orang yang sedang mengalami musibah sebagai bentuk ucapan turut berduka dan juga dukungan. Dengan kiriman makanan ini, diharapkan orang tersebut dapat sedikit mengobati rasa kehilangan. Memang dengan langkah ini akan jauh lebih bermanfaat daripada mengirimkan karangan bunga; di mana karangan bunga pada akhirnya akan menjadi sampah.


2. Anger Room dan Rage Room

Contoh ide kreatif yang berikutnya adalah dengan mendirikan anger room dan rage room. Bisnis ini unik dan dianggap menguntungkan karena memang masih belum banyak diketahui masyarakat. Inovasi bisnis ini hadir di saat pandemi, di mana banyak orang depresi melalui pandemi ini. Perusahaan pertama yang menghadirkan cara melampiaskan depresi ini adalah Rage Ground. Bisnis ini berdomisili di Los Angeles, Amerika Serikat dan menyediakan sistem pemesanan jasa via website.


Anger Room adalah sebuah ruangan atau kamar khusus yang disediakan agar orang-orang yang sedang merasa marah, stres dan tertekan bisa melampiaskan semua emosinya. Para penyewa rage room ini bisa mengekspresikan cara melampiaskan depresinya dengan berteriak, membanting barang atau memukul properti yang sengaja disediakan sampai hancur berkeping-keping. Hal ini wajar karena memang ada beberapa orang yang emosi dan amarahnya akan mereda setelah mereka berteriak atau memukul dan membanting banyak barang.


Bila dilihat sekilas, rage room memang tampak seperti bisnis yang merugikan karena menyediakan benda-benda seperti televisi LED, mobil, kaca jendela, Central Porcessing Unit (CPU) komputer, kulkas dan lain-lain untuk dihancurkan konsumen yang sedang emosi. Namun, hal ini bisa diantisipasi karena benda-benda yang disediakan di sana memang sudah dalam kondisi bekas dan rusak. Setiap pengunjung yang memanfaatkan ruangan ini juga akan dibekali dengan set baju seragam keamanan lengkap supaya tubuh mereka tidak terluka terkena pecahan benda tajam selama berada di rage room.


Anger room dimanfaatkan orang yang ingin melampiaskan emosinya dengan aman.


3. Peluang usaha cuci mobil/motor panggilan

Salah satu alasan orang malas datang ke tempat pencucian mobil atau motor adalah antrean yang cukup panjang dan waktu yang terbuang untuk menunggu. Di luar negeri, hal ini dimanfaatkan sebagai sebuah peluang inovasi bisnis. 


Para pebisnis mendirikan sebuah usaha cuci mobil atau motor panggilan yang bisa ditelepon kapan saja. Kamu cukup menghubungi dari rumah dan petugasnya akan datang untuk mencuci kendaraanmu. Di Indonesia, bisnis jasa sedang sangat digemari. Jadi sepertinya bisnis ini cocok untuk menjadi peluang usaha yang menguntungkan. 


4. Jasa Mempelajari Teknologi 

Bisnis yang satu ini benar-benar memperlihatkan bahwa hal yang sederhana mampu menjadi sebuah ide kreatif untuk mencari keuntungan. Bisnis ini dibuat dengan sasaran para orang tua atau orang-orang yang masih kurang memahami perkembangan teknologi.


Modal yang kamu butuhkan hanyalah beberapa barang elektronik yang bisa terhubung dengan internet, seperti smartphone, laptop, internet, akun sosial media, dan teknik cepat yang mudah untuk mengajari mereka. Modal berikutnya adalah waktu dan kesabaran yang tinggi, kamu harus benar-benar telaten bila ingin mulai menjalankan bisnis ini. 


5. Jasa Teman Curhat

Tidak bisa dipungkiri bahwa kebutuhan untuk didengar sangat diperlukan akhir-akhir ini. Memiliki teman yang bisa mendengarkan keluh kesah atas semua permasalahan yang dirasakan akan sangat menyenangkan. Namun, seorang teman juga hanyalah manusia biasa yang mempunyai waktu dan kesabaran yang terbatas. Tidak semua teman bisa hadir pada saat kamu sedang bersedih karena mereka memiliki kesibukannya sendiri.


Lalu, ide kreatif muncul dari permasalahan ini. Di luar negeri, ada yang namanya jasa teman curhat. Ide ini juga bisa diterapkan sebagai inovasi bisnis di Indonesia. Kamu bisa membuka usaha jasa teman curhat dengan menjadi pendengar yang sabar dan memberi saran atau masukan atas permasalahan para klien. 


6. Usaha pengisian bahan bakar berjalan

Contoh ide kreatif sebagai sebuah peluang inovasi bisnis berikutnya adalah usaha mendirikan pom bensin berjalan. Di luar negeri, tepatnya di Amerika, hal ini sudah menjadi sebuah usaha yang dianggap lumayan menjanjikan. Saat ada kendaraan yang mogok atau sudah kehabisan bensin, maka sang pemilik kendaraan bisa menghubungi jasa tersebut melalui telepon atau website untuk meminta bantuan, kemudian sebuah truk kecil bermuatan bensin akan datang untuk mengisi bahan bakar.


Di Indonesia memang ada banyak penjual bensin eceran di pinggir jalan. Namun, tetap saja mereka ini tidak beroperasi selama 24 jam, lalu bagaimana jika kendaraan mogok karena kehabisan bensin di tempat yang terpencil dan tidak ada penjual bensin eceran atau penjual bensinnya sudah tutup? 


Karena itulah, bisnis yang satu ini dianggap memiliki potensi yang cukup bagus di Indonesia mengingat jumlah kendaraan di Indonesia yang sangat besar serta kemacetan yang tinggi di kota-kota besar.


Jadi, apakah Anda akan mulai menjalankan bisnis seperti ide bisnis di atas? Tentunya memulai bisnis baru memerlukan pertimbangan dan melihat perilaku lingkungan sekitar. Semoga Anda bisa membangun bisnis yang dapat menguntungkan Anda dan juga lingkungan sekitar, ya. 

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

Inovasi yang Bisa Membantu Usaha Kecil Melewati Pandemi
Mengelola bisnis di masa pandemi merupakan tantangan besar. Sebagai pemilik usaha kecil, kamu perlu beradaptasi dan melakukan inovasi jika ingin bertahan.
Inovasi dalam Strategi Marketing Bisnis, Perlukah?
Agar berhasil, inovasi bisnis perlu dukungan strategi marketing yang optimal. Sebaliknya, strategi pemasaran pun perlu disokong inovasi produk yang sukses.
Tren Promosi Bakar Uang Ternyata Bermanfaat bagi Perusahaan
Promosi sering disamakan dengan tren bakar uang. Walaupun berkonotasi negatif, pada kenyataannya tren bakar uang bermanfaat untuk perusahaan.
Inilah Inspirasi Konten Marketing Campaign yang Berhasil!
Banyak usaha kecil yang berhasil tumbuh dan maju berkat marketing campaign yang tepat. Simak inspirasi konten marketing dari bisnis-bisnis tersebut!
Whatsapp