Table of Content

    • majoo blog
    • Tips
    • Ingin Mulai Bisnis Kuliner? Ini 5 Perlengkapan yang Wajib Kamu Punya!

    Ingin Mulai Bisnis Kuliner? Ini 5 Perlengkapan yang Wajib Kamu Punya!

    Bisnis kuliner belakangan makin jadi primadona, apalagi di tengah populernya platform penjualan online. Berjualan makanan maupun minuman jadi makin mudah dan menguntungkan. Seller jadi makin mudah menjangkau pasar yang lebih luas, potensi pertambahan omzet dan keuntungan pun meningkat drastis! 

    Nah, adakah di antara kamu yang berniat menjalankan bisnis kuliner? Well, pastikan kamu punya perencanaan bisnis dan manajemen produk yang matang ya! Selain itu, lihat apakah tokomu sudah memiliki peralatan-peralatan yang dibutuhkan. Ibarat perang, alat-alat yang tepat adalah senjata ampuh untuk menjalani medan laga. 

    Jika kamu masih bingung menentukan prioritas peralatan mana saja yang perlu didapatkan lebih dulu, tenang! Berikut ini majoo punya beberapa saran soal benda-benda apa yang wajib kamu punya agar bisnis kulinermu bisa mendapatkan awal yang sukses. Yuk, simak! 

    Kemasan

    Sudah siap dengan produk dan konsep brand? Well, selanjutnya kamu perlu pastikan bahwa makanan atau minuman yang kamu jual kelihatan menarik di mata konsumen. Salah satu kuncinya adalah dengan menciptakan kemasan yang menarik. 

    Gunakan wadah yang cantik dan kekinian, sehingga pelangganmu jadi tergugah untuk memfoto dan mengabadikan kemasan produkmu di media sosial. Kalau sudah begini, makanan atau minuman yang kamu tawarkan bakal mendapatkan eksposur lebih di beragam platform. Merek-mu jadi semakin sering dirimu dilirik dan punya peluang lebih besar untuk mengalami peningkatan penjualan. 

    Vacuum Packager

    Buat kamu yang sudah lama menjalankan bisnis katering, tentu sudah tidak asing dengan vackum packager. Alat satu ini akan membantu kamu menyimpan makanan atau minuman dalam sebuah wadah kedap udara. Dengan demikian, produkmu bakal lebih awet dan tetap terasa segar saat sampai ke tangan customer, meski sudah melewati perjalanan berjam-jam! 

    Tidak hanya itu, vacuum packager akan membantu menjaga makanan agar tidak cepat basi. Kamu bisa menggunakannya untuk menyimpan bahan-bahan yang sensitif, seperti ikan, susu, dan lain sebagainya. 

    Perlengkapan Kebersihan

    Salah satu faktor terpenting dalam kesuksesan sebuah bisnis makanan adalah menjaga kenyamanan pengunjung. Kamu bisa memastikan hal tersebut dengan memastikan bahwa outlet-mu tetap bersih. Oleh karena itu, siapkanlah perlengkapan kebersihan seperti sapu, handuk, pel, dan lain sebagainya. 

    Jangan sampai ada sisa-sisa makanan teronggok di sudut-sudut outlet. Letakkan tempat sampah di setiap sudut. Jika perlu, buatlah jadwal piket dan ceklis kebersihan. Pastikan bahwa sudut-sudut rawan seperti kamar kecil, wastafel, dan meja, dibersihkan secara berkala. 

    Kulkas

    Keberadaan kulkas juga tidak kalah krusial dalam menjalankan sebuah bisnis kuliner. Pastikan untuk mendapatkan kulkas berkualitas baik, agar bahan-bahan makanan yang kamu simpan bisa bertahan selama beberapa jam atau bahkan hingga keesokan harinya. 

    Jika usahamu belum memiliki cukup modal, kamu bisa mengakalinya dengan menyiapkan cooling box sederhana. Kamu bisa memanfaatkan kotak styrofoam dan mengisinya dengan dry ice. Cara ini memang tidak seefektif menggunakan kulkas, namun akan cukup jika kamu tidak berencana menyimpan bahan mentah selama lebih dari 24 jam. 


    Mesin Kasir Digital

    Agar pekerjaan para staff di outlet  semakin efisien, pertimbangkanlah untuk berinvestasi pada mesin kasir digital. Dengan demikian kamu, bisa mencatat dan memproses pesanan customer dengan semakin efisien. Selain itu, sistem kasir digital akan membantu kamu untuk memiliki laporan penjualan yang rapi, otomatis,  dan akurat. Dengan demikian, kamu tidak perlu repot-repot meluangkan waktu untuk mencatat penjualan secara manual. 

    Nilai tambah jika kamu menggunakan aplikasi wirausaha majoo. Selain menampilkan fungsi pencatatan transaksi, aplikasi majoo juga bisa digunakan sebagai kitchen display! Buat kamu yang belum familiar, kitchen display adalah sebuah tampilan khusus yang menunjukkan daftar catatan order dari customer, lengkap dengan urutan dan statusnya. Dengan demikian, karyawanmu bisa tahu secara pasti mana pesanan yang belum, sedang, dan sudah dikerjakan. Wow, pastinya bikin pekerjaan jadi semakin efisien dong!

    Caranya gampang banget. Kamu cukup melakukan login ke aplikasi wirausaha dengan memilih profil Kitchen Display. Selanjutnya, alih-alih tampilan halaman utama kasir seperti biasanya, tablet akan menampilkan halaman kitchen display, lengkap dengan urutan order, detail order, dan statusnya! Asyik banget kan? Cukup dengan satu aplikasi, kamu sudah bisa akses beragam fungsi. Hebatnya lagi, tidak ada biaya tambahan yang dikenakan! 

    Penasaran ingin tahu lebih banyak mengenai cara menggunakan fitur kitchen display atau fungsi-fungsi kece lainnya di aplikasi wirausaha majoo? Kamu bisa hubungi Halo majoo dan klik tautan ini ya. 

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Meningkatkan Brand Exposure Online Shop Tanpa Gagal
    Brand exposure merupakan salah satu kegiatan dalam hal branding. Bagaimana cara meningkatkan brand exposure pada online shop?
    Wajib Tahu, 5 Trik Agar Bisnismu Gak Ambruk di Tengah Jalan!
    Memulai sebuah bisnis membutuhkan sumber daya yang tidak sedikit. Tapi ngomongin soal mengelola bisnis? Wah, ini sudah another level sih!
    Ingin Mulai Bisnis Kuliner? Ini 5 Perlengkapan yang Wajib Kamu Punya!
    Bisnis kuliner belakangan makin jadi primadona, apalagi di tengah populernya platform penjualan online.
    5 Trik Tingkatkan Jualan Laris di eCommerce, Anti Gagal!
    Buat kamu yang sedang mempertimbangkan untuk melakukan ekspansi usaha dengan coba berjualan di marketplace, majoo punya beberapa tips ampuh yang bisa kamu coba. Yuk, simak!