Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    • majoo blog
    • Tips
    • Inilah 5 Karakteristik Pebisnis Franchise Yang Sukses

    Inilah 5 Karakteristik Pebisnis Franchise Yang Sukses

    Menjalankan bisnis franchise sering dianggap lebih mudah sebab tidak perlu lagi membangun merek dagang dari nol. Orang sudah lebih familier dengan merek dagang kebanyakan bisnis franchise. Tapi, tidak berarti hal ini langsung menjamin berbisnis dengan cara franchise pasti membawa kamu pada kesuksesan. 


    Banyak orang beranggapan bahwa pemilik bisnis waralaba atau franchise sama dengan wirausaha atau enterpreuneur. Yaitu seseorang dengan pribadi yang selalu ingin merintis jalan baru di dunia bisnis. Faktanya, sangat berbeda. Kamu tidak akan bisa menjadi pebisnis franchise yang sukses jika bermental wirausaha.


    Kalau begitu, adakah karakter atau keterampilan khusus yang harus dimiliki untuk memperbesar peluang sukses berbisnis cara franchise? Berikut ini lima karakteristik utama yang paling menentukan kesuksesan bisnis franchise. 


    Penolak Risiko

    Pebisnis franchise yang sukses adalah penolak risiko.  Bersedia mengambil risiko itu perlu, tetapi pastikan risiko yang harus diambil sangat kecil dan terkontrol. 


    Memang betul bahwa tiap bisnis memiliki risiko gagal, namun waralaba atau franchise yang kuat dengan rekam jejak keberhasilan akan meminimalkan risiko ini. Mereka sudah mengevaluasi sistem yang mereka terapkan sedemikian rupa dan sudah mengantisipasi berbagai risiko yang mungkin timbul. 


    Jika kamu selalu waspada, melakukan mitigasi risiko pada setiap aktivitas, dan ingin menempuh jalur yang sudah terbukti aman, maka kemungkinan besar bisnis franchise memang cocok untuk kamu.


    Berorientasi Pada Sistem

    Jangan berpikir untuk menjadi pebisnis waralaba yang maju, kamu harus memiliki jiwa wirausaha yang menggebu-gebu! Itu tidak benar. 


    Seseorang dengan jiwa wirausaha yang menggebu sering kali ingin melakukan atau menemukan cara baru karena ia yakin akan kemampuannya untuk menciptakan hasil yang maksimal. Persoalannya, hal ini tidak berlaku pada bisnis waralaba. 


    Bisnis waralaba itu tentang mengikuti sistem yang sudah terbukti untuk mereplikasi kesuksesan dari bisnis aslinya. Itu sebabnya orang-orang yang tidak selalu ingin melakukan sesuatu yang baru dan percaya pada sistem akan menjadi pemilik bisnis waralaba yang maju.  


    Pebisnis franchise yang sukses percaya pada sistem yang terbukti sudah pernah berhasil. Mereka mau belajar dari orang lain atau sistem untuk menghindari kesalahan, sehingga bisa sukses lebih cepat. 


    Mau Bertanya Dan Belajar

    Bila franchisor atau pemilik lisensi waralaba mengadakan pertemuan tahunan, webinar, training, atau acara apa pun di mana sejumlah rekan sesama pebisnis franchise lain hadir, kamu juga harus hadir. Jalinlah hubungan baik dengan perusahaan pemilik lisensi franchise dan sesama rekan pebisnis franchise. Sediakan waktu untuk belajar sebanyak mungkin.


    Pebisnis franchise yang sukses selalu mencari peluang untuk belajar dari orang lain yang memahami sistem waralaba atau dari mereka yang menjadi bagian dari sistem waralaba miliknya. 


    Ketika ragu, mereka tidak akan segan-segan bertanya. Mereka bertanya pada support staff dari perusahaan pemberi lisensi waralaba atau bahkan sesama rekan pemilik bisnis waralaba lainnya dan mengikuti saran yang diberikan. Mereka sangat memahami bahwa mereka tidak memiliki jawaban untuk semua persoalan, maka mereka tidak segan bertanya jika membutuhkan bantuan. 


    Terus menjalin komunikasi dengan franchisor dan rekan pebisnis franchise lain memungkinkan kamu mendapat wawasan berharga untuk kesuksesan bisnis yang berkelanjutan. 


    Ada banyak bukti yang menunjukkan bahwa pebisnis franchise yang banyak melibatkan perusahaan pemilik lisensi franchise dan rekan pebisnis franchise lainnya lebih sering mampu mencapai target. Dan sering kali target itu dapat dicapai dalam waktu yang lebih singkat dibanding mereka yang sibuk mengerjakan sendiri bisnis waralaba miliknya. 

     

    Kemauan Untuk Bekerja Keras

    Pebisnis franchise yang sukses memiliki kemauan untuk melakukan apa pun agar target tercapai. Hal ini terlihat dari kebiasaan mereka bekerja berjam-jam dan menangani berbagai urusan. 


    Apa pun jenis bisnis franchise yang kamu minati, sudah pasti membutuhkan kerja keras untuk bisa sukses. Dan mereka yang sukses menyadari hal itu serta bersedia bekerja lebih banyak. 


    Memiliki Keterampilan Interpersonal Yang Baik

    Karakter terakhir yang biasanya dimiliki oleh pebisnis franchise yang sukses ialah keterampilan interpersonal yang baik. Mereka dapat berinteraksi secara efektif dengan staf dan pelanggan. Keterampilan ini bisa digunakan untuk membangun kesetiaan dan kepercayaan, baik dari staf maupun pelanggan. 


    Sebab apa pun bisnis yang ditekuni, orang-orang dengan keterampilan interpersonal yang baik sangat mengerti bahwa staf dan pelanggan selalu menjadi bagian paling penting untuk mencapai kesuksesan. Maka, membangun hubungan baik adalah hal yang dengan alami selalu dilakukan. 


    Bisnis waralaba memang tidak untuk semua orang. Bisnis ini bisa jadi pilihan ideal bagi beberapa orang. Seperti telah disebutkan di atas, memang diperlukan karakter kepribadian tertentu untuk bisa sukses menjalani bisnis ini. 


    Sambil kamu membaca daftar karakter di atas, cobalah jujur pada dirimu sendiri. Jika kamu melihat dirimu dalam penjelasan di atas, besar kemungkinan kamu memiliki peluang untuk menjadi pemilik bisnis franchise yang sukses.  


    Bila kamu merasa tidak benar-benar memiliki karakteristik tersebut, cobalah tanyakan ini pada dirimu, bisakah kamu fokus untuk membangun karakteristik tersebut?


    Jika jawaban untuk pertanyaan tersebut adalah iya, kamu sudah berada dalam proses menuju kesuksesan dalam bisnis franchise. Selanjutnya cermatlah dalam memilih bisnis franchise yang akan kamu beli. Pilihlah perusahaan waralaba dengan rekam jejak yang kuat dan bisa diandalkan, maka kamu siap untuk memulai bisnis waralabamu. 

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Meningkatkan Brand Exposure Online Shop Tanpa Gagal
    Brand exposure merupakan salah satu kegiatan dalam hal branding. Bagaimana cara meningkatkan brand exposure pada online shop?
    Wajib Tahu, 5 Trik Agar Bisnismu Gak Ambruk di Tengah Jalan!
    Memulai sebuah bisnis membutuhkan sumber daya yang tidak sedikit. Tapi ngomongin soal mengelola bisnis? Wah, ini sudah another level sih!
    Ingin Mulai Bisnis Kuliner? Ini 5 Perlengkapan yang Wajib Kamu Punya!
    Bisnis kuliner belakangan makin jadi primadona, apalagi di tengah populernya platform penjualan online.
    5 Trik Tingkatkan Jualan Laris di eCommerce, Anti Gagal!
    Buat kamu yang sedang mempertimbangkan untuk melakukan ekspansi usaha dengan coba berjualan di marketplace, majoo punya beberapa tips ampuh yang bisa kamu coba. Yuk, simak!