Inilah 5 Tips Bisnis Dikelola dari Rumah



Ada banyak faktor yang mendorong sebuah bisnis dikelola dari rumah. Pilihan tersebut mungkin ditempuh saat bisnis baru dimulai dan belum memiliki cukup modal untuk menyewa kantor.

 

Alasan lainnya, mungkin pula karena tuntutan keadaan seperti saat ini. Hampir semua orang didorong untuk bekerja dari rumah, tidak terkecuali para business owner.

 

Tidak dipungkiri, banyak yang khawatir tentang keberhasilan mengelola bisnis dari rumah. Karena itu, kami menyiapkan tips bisnis sukses dikelola dari rumah.


1. Atur jadwal

Salah satu yang sering diidamkan oleh banyak orang dari bekerja atau berbisnis dari rumah adalah fleksibilitas. Keleluasaan untuk mengatur sendiri jam kerja dan aktivitas bisnis terkesan bisa lebih cair.

 

Fleksibilitas merupakan pisau bermata dua, kamu perlu berhati-hati dalam menyikapinya. Bila kamu ingin bisnis milikmu berjalan optimal, kamu tetap perlu mengatur jadwal.

 

Setiap orang memiliki golden period yaitu waktu di mana dirinya bisa bekerja dengan sangat optimal. Golden period setiap orang sudah pasti berbeda-beda. Sebagai pemilik bisnis, kamu perlu mengenali golden period milikmu.

 

Jadi, jadwal bekerja mengontrol bisnis tidak harus dilakukan dari jam 9 sampai jam 5 sore. Namun, kamu tetap perlu memiliki jadwal pasti jam berapa kamu bekerja dan akan jauh lebih optimal bila jam tersebut merupakan golden period


2. Disiplin dengan diri sendiri

Setelah menetapkan jadwal, bersikaplah disiplin dengan diri sendiri. Tentu saja sebagai pemilik bisnis kamu mungkin ingin leluasa, terlebih bisnis dijalankan dari rumah.

 

Akan tetapi, disiplin merupakan faktor penting bagi keberhasilan sebuah bisnis yang dikelola dari rumah. Komitmen ini perlu kamu tanamkan dalam diri sendiri. Pasalnya, tidak ada yang melarang jika kamu ingin beristirahat makan siang hingga dua jam.

 

Meskipun begitu, kamu tetap perlu fokus mengerjakan tugas harian. Kamu tentu tidak ingin produktivitas yang kurang baik terlihat pada saldo kas bisnis di akhir bulan, bukan?


3. Manfaatkan teknologi

Jika kamu akan mengelola bisnis dari rumah, kamu perlu perangkat yang sama seperti yang kamu butuhkan di kantor. Misalnya, kamu tetap perlu memiliki laptop atau tablet untuk mendukung pekerjaan.

 

Tidak hanya perangkat keras, kamu juga perlu aneka software, aplikasi, ataupun sistem yang bisa memudahkan pengelolaan bisnis. Salah satu yang perlu kamu miliki, misalnya aplikasi POS.

 

Sistem POS merupakan salah satu perangkat esensial yang perlu kamu aplikasikan dalam bisnis. Alasannya, dalam aplikasi tersebut umumnya terdapat fitur yang memungkinkan business owner memantau usaha dari mana pun.

Contohnya, kamu bisa melihat penjualan dan pendapatan harian. Kamu juga dapat memantau kehadiran karyawan. Bahkan, kamu bisa mengirimkan pengumuman penting kepada seluruh karyawan di berbagai cabang melalui aplikasi tersebut. 

 

Jadi, kamu tetap bisa melihat perkembangan bisnis bahkan secara real time walaupun kamu berada di rumah. 


4. Persiapkan diri untuk bekerja

Terkait persiapan bekerja, ada dua hal yang perlu kamu persiapkan yaitu penampilan dan area kerja. Tentu saja bekerja dengan memakai piyama atau pakaian tidur lain terdengar menyenangkan, tetapi bagaimana dampaknya terhadap produktivitas?

 

Walaupun kamu bekerja di rumah, kamu tetap perlu berdandan rapi layaknya akan berangkat ke kantor atau ke gerai. Cara ini akan membantu fikiran segera fokus terhadap urusan bisnis.

 

Di samping itu, kamu juga perlu menyiapkan area kerja yang sesuai. Harus diakui, bekerja dengan posisi santai dari sofa memang terdengar menarik. Sayangnya, lagi-lagi cara ini tidak berbanding lurus dengan peningkatan produktivitas.

 

Otak tidak akan fokus jika diposisikan dalam area yang biasanya digunakan untuk bersantai. Sebab itu, siapkanlah area kerja khusus di rumah. Kamu tidak perlu memiliki ruang kerja atau perabot kantor lainnya, cukup meja dan kursi yang secara khusus didedikasikan untuk bekerja. 


5. Lindungi waktu personal

Salah satu tantangan mengelola bisnis dari rumah adalah kamu bisa lupa sudah berapa lama kamu bekerja. Akibatnya, banyak orang mudah sekali menjadi workaholic dan hanya mengurusi bisnis sepanjang hari.

 

Hal ini juga tidak sehat sehingga kamu tetap perlu melindung waktu personal serta kehidupan pribadi. Sebab itu, pastikan kamu disiplin dengan jadwal, lalu matikanlah gawai untuk urusan bisnis saat jam kerja sudah habis.

 

Bertahanlah untuk tidak memeriksa email, Whatsapp bisnis, ataupun notifikasi dari aplikasi POS di luar ‘jam kerja’. Dengan demikian, kamu bisa memiliki relasi yang sehat dengan bisnis, keluarga, serta diri sendiri.

 

Semoga tips bisnis ini dapat membantu kamu mempersiapkan pengelolaan bisnis dari rumah dengan optimal. Terlepas dari aneka tantangan yang mungkin muncul, cara ini bukanlah hal yang mustahil untuk dilakukan. Good luck!

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

Membuat Standar Operasional untuk Admin Online Shop!

Perlu tidak, sih, membuat standar operasional prosedur untuk admin online shop? Tentu perlu, dong! Simak langkah-langkahnya di sini!

Memanfaatkan Analisis Pola Konsumsi dari Data Pelanggan

Mengapa seorang pelaku usaha perlu memahami pola konsumsi yang dimiliki oleh pelanggan-pelanggan bisnisnya? Bagaimana cara mudah untuk melakukannya?

Tips Meraih Kemajuan Bisnis Melalui Penggunaan Instagram

Saat ini Instagram banyak digunakan oleh para pebisnis sebagai salah satu strategi marketing. Ini tipsnya agar strategi tersebut bisa lebih optimal.

Beberapa Langkah Penting Menjaga Retensi Pelanggan

Menjaga retensi dan kepuasan pelanggan bisa menjadi kunci utama dalam memastikan bisnis tetap bertahan di tengah terpaan pandemi Covid-19.
Whatsapp