Table of Content

    Keterampilan Bisnis yang Perlu Dimiliki oleh Pelaku UMKM

    Memiliki keterampilan bisnis sebagai modal dapat membuka banyak jalan

    Ada banyak keterampilan bisnis yang bisa dikuasai, tetapi ada beberapa keterampilan khusus yang penting untuk dikuasai sebagai modal UMKM. Jika kamu ingin mencoba peruntungan dengan membuka usaha sendiri, ada baiknya periksa dulu apakah kamu sudah menguasai sejumlah keterampilan berikut. Atau, pastikan dulu setidaknya kamu bisa mengembangkan keterampilan-keterampilan ini:

    Kemampuan Komunikasi dan Mambangun Jaringan Bisnis

    Modal UMKM yang utama mungkin tidak terletak pada besar atau kecilnya uang yang kamu miliki, tetapi seberapa cakap kamu berkomunikasi dan menjalin relasi dengan orang-orang lain. Banyak pelaku usaha besar yang menjadikan keterampilan yang satu ini sebagai modal utama, karena dari komunikasi serta relasi yang baik, ada banyak peluang bisnis yang bisa kamu panen, terlebih jika kamu berniat untuk membangun usaha yang benar-benar baru.

    Pandai Menganalisis Data

    UMKM cenderung memiliki skala bisnis yang kecil karena modal awal yang dimiliki juga tidak bisa dibilang banyak. Oleh karena itu, segala sesuatunya harus dilakukan dengan cermat agar risiko terjadi kesalahan dapat dibuat seminimal mungkin. Jangan sampai modal usahamu yang tidak terlalu banyak itu justru habis karena harus memperbaiki kesalahan-kesalahan bisnis yang kamu ambil. Syarat utama agar ini tercapai adalah dengan terampil menganalisis data, sehingga kamu bisa memperkirakan berapa banyak biaya yang harus kamu siapkan saat mengeksekusi strategi bisnis yang dirancang.

    Efisien dalam Mengatur Sumber Daya

    Prinsip bisnis yang paling umum adalah mengeluarkan biaya sesedikit mungkin untuk mencapai keuntungan sebesar mungkin. Dalam UMKM, prinsip ini akan sangat krusial sekali agar usaha yang dijalankan tidak langsung gulung tikar. Terampil mengatur sumber daya tidak hanya terbatas pada memikirkan pos-pos pengeluaran yang tepat saja, tetapi juga cermat dalam mengatur sumber daya lainnya. Misalnya saja jam kerja karyawan yang efektif agar produktivitas tetap terjaga, tetapi tanpa memberikan beban berlebih bagi karyawan yang dipekerjakan.

    Kreatif dalam Memanfaatkan Celah

    Berbisnis bukan sekadar menyediakan barang kemudian menjualnya kepada pelanggan akhir. Terkadang, pelaku usaha juga harus cermat dalam melihat peluang yang ada. Kapan saatnya meluncurkan produk atau jasa yang baru, kapan waktu terbaik untuk meluncurkan promo khusus, dan kapan harus memfokuskan perhatian kepada pelanggan yang sudah ada. Telaten mengikuti perkembangan berita dunia bisnis dapat membantu mengasah keterampilan ini, atau bisa juga dengan menganalisis data maupun tren yang sudah ada untuk memperkirakan kapan kesempatan berikutnya muncul untuk dimanfaatkan.

     

    Keterampilan bisnis dapat dioptimalkan untuk membangun UMKM

    Jika kamu sudah memiliki sejumlah keterampilan bisnis di atas sebagai modal UMKM yang ingin kamu geluti, memastikan bisnis dapat terus maju dan berkembang pun akan lebih mudah dibanding pelaku usaha yang tidak memiliki berbagai keterampilan tersebut. Ditambah dengan kejelian memanfaatkan produk-produk teknologi terbaru seperti aplikasi majoo yang dapat membantumu mengoptimalkan potensi dan keterampilan yang sudah kamu miliki dengan berbagai fiturnya.

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Mempertahankan Bisnis dengan Memanfaatkan e-Marketplace
    Berbagai e-Marketplace berlomba memberikan dukungan di platform mereka untuk pebisnis, dengan harapan agar ekonomi tetap bergerak di masa pandemi COVID-19.
    Online Shop: Bisnis Paling Tepat di Masa Pandemi
    Di masa pandemi, saat semuanya dibatasi, membuka atau mengalihkan bisnis menjadi online shop dianggap sebagai sebuah strategi bisnis yang tepat.
    Belajar dari Pandemi: 5 Catatan Penting untuk Pemilik Usaha
    Meski sulit, ada pelajaran berharga yang dapat diambil selama pandemi. Dengan memahami ini, pemilik usaha dapat bertahan dan bergerak maju.
    Marketplace Indonesia Ini Turut Dorong Pertumbuhan UMKM Lho!
    Marketplace Indonesia memegang peranan besar dalam mendukung perkembangan UMKM. Apa saja marketplace karya anak bangsa tersebut? Simak daftarnya di sini!