Table of Content

    • majoo blog
    • Tips
    • Kiat Menambah Pelanggan dengan Menjaga Tingkat Kepuasannya

    Kiat Menambah Pelanggan dengan Menjaga Tingkat Kepuasannya

    Menambah pelanggan baru bisa dilakukan dengan beragam cara, misalnya dengan menjaga tingkat kepuasan pelanggan yang sudah ada

    Menambah pelanggan baru setiap harinya tentu menjadi harapan setiap pelaku usaha, terlebih bagi mereka yang bergerak di bidang usaha kecil dan menengah, di mana pertambahan pelanggan akan sangat berpengaruh terhadap pengembangan bisnis itu sendiri. Namun, bukan berarti hal ini mudah untuk dilakukan, terutama di masa-masa sulit seperti sekarang. Untuk itu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan pelaku usaha agar pelanggan-pelanggan baru semakin sering berdatangan, sehingga usaha dapat dikembangkan dan keuntungan bisnis pun ikut bertambah.

    Memperbaiki layanan terhadap pelanggan setia

    Mencari pelanggan baru bukan berarti melupakan pelanggan setiamu. Bagaimanapun juga, pelanggan baru tidak akan berdatangan jika kamu tidak bisa menjaga agar pelanggan-pelanggan lama tetap tinggal. Meski zaman sudah berubah serba digital, words of mouth masih menjadi elemen yang signifikan untuk mendatangkan pelanggan-pelanggan baru. Oleh karena itu, lakukan evaluasi terhadap tempat usahamu secara menyeluruh dan pastikan pelanggan yang kamu miliki saat ini tetap puas, sehingga kemungkinan mereka untuk merekomendasikan tempat usahamu terhadap pelanggan baru pun akan semakin tinggi.

    Perhatikan reputasi toko fisik maupun digitalmu

    Ingat, segala sudah serba digital, termasuk dalam hal bisnis. Sekalipun kamu tidak merambah bisnis online, pastikan informasi tempat usahamu tetap dapat dengan mudah ditemukan dalam mesin-mesin pencari maupun listing tempat usaha. Ini akan mempermudah untuk menarik pelanggan-pelanggan baru agar meramaikan tempat usahamu. Kelola setiap informasi digital yang ada, termasuk review-review atau ulasan yang ditinggalkan oleh pelanggan-pelanggan lama; salah satu alasan mengapa kamu perlu menjamin kepuasan pelanggan, sehingga ulasan yang ditinggalkan juga tetap bagus.

    Sederhanakan proses yang terjadi di meja kasir

    Meski terkesan sepele, kemudahan pembayaran serta proses transaksi yang terjadi di meja kasir bisa menjadi salah satu penyebab pelanggan untuk datang kembali atau justru sama sekali tidak mau datang kembali. Oleh karena itu, pastikan meja kasirmu selalu memberikan pelayanan terbaiknya. Jika perlu, sediakan berbagai macam metode pembayaran dan vendor-vendor uang digital sehingga pelanggan semakin mudah dan ringkas dalam menyelesaikan pembayaran. Jangan biarkan pelanggan menunggu lama hanya untuk mendapatkan tagihan mereka, karena sebagus apa pun produk maupun jasa yang kamu tawarkan, pelanggan akan enggan untuk datang jika prosesnya terlalu ribet!

    Pertimbangkan promo dengan sistem keanggotaan

    Secara umum, promo memang dapat meningkatkan angka penjualan. Namun, untuk menjaga tingkat kepuasan pelanggan, kamu bisa merancang promo menarik yang akan lebih menguntungkan pelanggan lama sekaligus berpotensi untuk menarik pelanggan baru. Misalnya saja, buat promo dengan memanfaatkan sistem keanggotaan di mana pelanggan akan mendapatkan harga khusus saat berbelanja di tempatmu ketika mereka mampu membawa pelanggan baru. Sistem keanggotaan dapat digunakan untuk mendata poin yang dikumpulkan oleh setiap pelanggan, yang nantinya akan membuat pelanggan merasa puas dan tertarik untuk membawa pelanggan-pelanggan baru ke tempat usahamu.

     

    Menjaga tingkat kepuasan pelanggan merupakan cara terbaik untuk menambah pelanggan baru

    Menambah pelanggan baru tidak harus dilakukan dengan mengecewakan pelanggan lama. Sebaliknya, dengan menjaga tingkat kepuasan pelanggan setiamu tetap tinggi, potensimu untuk menarik pelanggan baru juga akan semakin tinggi. Kamu bisa memanfaatkan berbagai fitur aplikasi majoo yang akan membantumu mencari pelanggan-pelanggan baru dengan tetap mempertahankan kepuasan pelanggan yang sudah ada. Di masa yang sulit seperti sekarang, kamu pun harus lebih efektif dan efisien dalam memanfaatkan segala sumber daya guna mengembangkan bisnismu, bukan?

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Meningkatkan Brand Exposure Online Shop Tanpa Gagal
    Brand exposure merupakan salah satu kegiatan dalam hal branding. Bagaimana cara meningkatkan brand exposure pada online shop?
    Wajib Tahu, 5 Trik Agar Bisnismu Gak Ambruk di Tengah Jalan!
    Memulai sebuah bisnis membutuhkan sumber daya yang tidak sedikit. Tapi ngomongin soal mengelola bisnis? Wah, ini sudah another level sih!
    Ingin Mulai Bisnis Kuliner? Ini 5 Perlengkapan yang Wajib Kamu Punya!
    Bisnis kuliner belakangan makin jadi primadona, apalagi di tengah populernya platform penjualan online.
    5 Trik Tingkatkan Jualan Laris di eCommerce, Anti Gagal!
    Buat kamu yang sedang mempertimbangkan untuk melakukan ekspansi usaha dengan coba berjualan di marketplace, majoo punya beberapa tips ampuh yang bisa kamu coba. Yuk, simak!