Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Kisah Pagi!: Menikmati Keuntungan dari Integrasi Marketplace

    Pagi! Cold-Pressed Raw Juice merupakan produsen minuman sehat

    Menjalankan sebuah bisnis bukan berarti hanya menyediakan modal dan tempat untuk memulai sebuah usaha. Berani mengambil #langkahmajoo dan mau untuk beradaptasi dengan segala perubahan kondisi juga merupakan salah satu upaya untuk mempertahankan bisnis tersebut, termasuk mencoba yang dinamakan integrasi marketplace.

    Sebagai sebuah hal baru dalam dunia bisnis, masih ada sebagian pebisnis yang menganggap bahwa integrasi marketplace adalah hal yang ribet atau memerlukan banyak effort dalam pengoperasiannya. 

    Baca Juga: Mengenal Integrasi Marketplace dan Beragam Keuntungannya

    Padahal, sebenarnya tidak seperti itu. Adanya integrasi marketplace justru memudahkan pengoperasian bisnis secara digital. Penjualan dan semua transaksi yang terjadi bisa dikelola hanya dari satu aplikasi, tanpa perlu membuka dan mengakses aplikasi lainnya. 

    Dalam penerapan integrasi marketplace, proses pembelian barang oleh konsumen, pencetakan resi, pencatatan transaksi, pengecekan stok barang, pengiriman paket, sampai dengan proses pembayaran disinkronkan secara tepat dan cepat. Hampir tidak ada proses yang mengalami delay, karena semuanya real time.

    Salah satu bisnis yang sudah membuktikan dan merasakan langsung manfaat dari penggunaan integrasi marketplace adalah Pagi! Cold-Pressed Raw Juice.

     Pagi! memanfaatkan fitur majoo Maxima untuk pengembangan bisnisnya

    Pagi! Cold-Pressed Raw Juice pertama kali didirikan di Lombok pada 2016. Sudah 6 tahun berlalu, Pagi! mengembangkan bisnisnya dengan membuka beberapa cabang di Bogor, Jakarta, dan Surabaya. 

    Pusat produksi utama Pagi! berada di daerah Pondok Labu, Cilandak, Jakarta Selatan yang bergabung dengan tempat produksi milik Satu Menit Coffee and Eatery. 

    Sesuai dengan namanya, Pagi! Cold-Pressed Raw Juice bergerak sebagai produsen minuman sehat yaitu jus dari berbagai bahan alami. Produk Pagi! diproduksi dengan tujuan untuk membantu konsumen menjalani gaya hidup sehat dengan bahan yang berkualitas tinggi. 

    Lantaran dianggap bisa berguna sebagai produk imun booster, di awal pandemi, angka penjualan produk jus dari Pagi! mengalami lonjakan yang cukup tinggi. Namun, seiring berjalannya waktu angka tersebut mulai sedikit mengalami penurunan.

    Hal inilah yang menjadikan Gilang, Brand Owner dari Pagi! memilih untuk memanfaatkan aplikasi Point of Sales, majoo, dalam pengelolaan bisnisnya. 

    Fitur yang paling sering digunakan oleh Pagi! dalam pengoperasian bisnisnya adalah aplikasi POS yang memang sangat membantu dalam pencatatan semua transaksi bisnis. Pencatatan transaksi memiliki peran penting dalam proses pembuatan laporan keuangan. Sementara laporan keuangan menjadi sesuatu yang digunakan untuk melakukan analisis pada bisnis atau usaha tersebut.

    Baca Juga: majoo Maxima: Aplikasi Kasir + GrabFood untuk Bisnis Kuliner 

    Selain itu, fitur yang dirasa paling bermanfaat adalah majoo Maxima. Menurut Gilang, sebagai seorang pengusaha, dia sangat terbantu dengan adanya fitur integrasi marketplace ini. Seluruh order online yang masuk melalui GrabFood dan GrabMerchant bisa langsung terintegrasi dengan fitur POS majoo. 

    Order online yang masuk di Pagi! Cold-Pressed Raw Juice bukan hanya berasal dari GrabFood dan GrabMerchant. Gilang juga memasarkan produk minuman sehatnya melalui Tokopedia. Dengan begitu, orderan yang masuk dari penjualan di Tokopedia pun secara otomatis terkoneksi dengan aplikasi.

    Integrasi marketplace di majoo Maxima ini dinilai sangat efektif karena tidak perlu membuka banyak aplikasi untuk memeriksa order yang masuk. Pemilik bisnis tidak perlu pindah dari satu marketplace ke marketplace lainnya hanya untuk mengecek transaksi atau stok barang, misalnya. Hal ini akan semakin terasa keuntungannya jika ternyata kamu memiliki lebih dari satu online shop dengan varian produk yang berbeda. Satu aplikasi saja, semua order bisa dilayani dengan cepat. 

    Kemudahan ini juga bisa meminimalisir terjadinya order yang terlewat. Efisiensi waktu kerja juga bisa menjadi optimal karena tidak ada waktu terbuang percuma untuk mengakses banyak tab atau aplikasi.

    Baca Juga: Jangkauan Pasar Makin Luas dengan Integrasi Marketplace

    Gilang menyarankan kepada para pemilik bisnis lainnya, baik kuliner atau bukan, untuk mencoba menggunakan aplikasi majoo. Selain memiliki banyak fitur yang membantu proses pengelolaan bisnis, majoo juga memiliki interface dasbor yang mudah untuk digunakan bahkan oleh seorang pemula yang tidak terlalu memahami teknologi. 

    Keuntungan lainnya adalah seluruh kegiatan bisnis bisa dipantau secara online. Pemilik bisnis atau pihak manajemen tidak perlu datang langsung ke toko atau gerai untuk memeriksa kinerja karyawan, stok barang, dan semua transaksi yang terjadi. 

    Gilang juga berpesan bahwa canggihnya perkembangan teknologi digital yang ada saat ini seharusnya bisa dimanfaatkan oleh para pemilik bisnis dengan semaksimal mungkin. 

    Hadirnya aplikasi keuangan atau POS juga integrasi marketplace bukan hanya mampu membantu pengelolaan bisnis, namun juga mempersingkat waktu kerja dan memfokuskan tujuan pada ekspansi atau pengembangan bisnis. Bisnis kamu sudah dibantu oleh majoo, kan?

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Warkop Naik Kelas Hagios: Tantangan Jadi Semangat untuk Maju
    Warkop Naik Kelas Hagios lahir dari upaya mengubah tantangan sebagai bahan bakar untuk maju. Mau tahu kisah sukses coffee shop ini? Yuk, baca di sini!
    Bagi Ngopisore, Manajemen Bisnis Lebih Mudah dengan majoo
    Aplikasi majoo membuat manajemen bisnis Ngopisore jadi lebih mudah, tapi tetap hemat.
    Majoo Bikin Laporan Bisnis Tikum Bike Jadi Praktis
    Cerita dari Tikum Bike, spesialis service dan penjualan sepeda Brompton. Setelah mengambil #langkahmajoo, laporan bisnis jadi lebih praktis.
    Enzo Pet Shop: Fitur majoo, Memudahkan Operasional Bisnis
    Enzo Petshop and Clinic adalah bisnis jasa kesehatan hewan yang operasional bisnisnya terbantu dengan menggunakan fitur majoo.