Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Anonim Cafe, Utamakan Customer Experience agar Makin Maju

    Kombinasi kafe dan karaoke, suatu perpaduan yang unik.

    Anonim Cafe lahir dari suatu upaya adaptasi kala pandemi. Saat kebanyakan bisnis tutup akibat imbas pandemi, coffee shop yang satu ini justru baru dimulai. 

    Mau tahu, tidak, bagaimana kisah sukses kedai kopi yang satu ini bertahan dan strategi mereka agar makin berkembang? Mari simak penuturan Jovanny Erika Riana selaku pemilik Anonim Cafe berikut ini!

    Hadir Merespons Pandemi

    Bukan rahasia lagi, selain berdampak terhadap aspek kesehatan, pandemi juga banyak memengaruhi situasi ekonomi dan keuangan. Tak sedikit bisnis gulung tikar yang berarti membuat banyak pekerjanya kehilangan penghasilan.

    Jovanny Erika Riana termasuk yang melihat dampak tersebut dan memikirkan cara agar bisa terus berpenghasilan.

    Kepada tim majoo, Jovanny menuturkan bahwa diskusi tentang upaya supaya tetap memiliki penghasilan mulai bergulir sejak 2020. Dari diskusi demi diskusi, pada Juni 2021, akhirnya Jovanny dan ayahnya memutuskan untuk membuka kafe kecil-kecilan.

    Baca juga: 5 Merek Produk Elektronik Lokal untuk Kebutuhan Kafe

    Tantangan selanjutnya ialah membangun citra brand yang dimulai dari penentuan nama kafe tersebut. Jovanny menceritakan bahwa kala itu dirinya kebingungan menetapkan nama untuk kafenya hingga berpikir dibuat ‘tanpa nama’ saja, deh. Akhirnya, lahirlah Anonim Cafe.

    Seperti yang sudah diketahui, kata ‘anonim’ berasal dari bahasa Yunani ‘anonymos’ yang berarti ‘tanpa nama’. Siapa sangka kebuntuan tersebut malah menghasilkan nama gerai yang menarik.

    Lebih dari Sekadar Coffee Shop

    Minum kopi kini menjadi gaya hidup yang tidak eksklusif untuk kalangan tertentu saja. Mulai dari kalangan menengah hingga atas, usia remaja hingga dewasa, kerap menongkrong di kedai kopi.

    Tak heran bila bisnis ini dianggap peluang yang menjanjikan oleh banyak pemilik usaha. Hal tersebut terlihat dari jumlah kafe yang terus bertambah dari waktu ke waktu.

    Pada 2019, tercatat ada lebih dari dua ribu kedai kopi di Indonesia dan angka tersebut diprediksi akan terus meningkat.

    Dengan jumlah yang demikian banyak, setiap kafe tentu berupaya menawarkan pengalaman unik. Kamu mungkin akan menemukan kafe yang diklaim Instagrammable. Lalu, ada pula kedai kopi yang hadir dengan ambiens nyaman serta relaks. 

    Menyadari hal tersebut, Jovanny ingin menawarkan pengalaman berbeda kepada para pelanggannya. Karena itu, ia menghadirkan live music serta karaoke di kafe miliknya.

    Jadi, konsumen bisa melepas penat dengan menyanyikan lagu favorit mereka di sela menikmati secangkir kopi. Terdengar menyenangkan, ya?

     Jovanny Erika Riana, pemilik Anonim Cafe

    Optimis Sambut 2023 dengan Customer Experience yang Unik

    Setiap konsumen memiliki ekspektasi terhadap bisnis. Tentunya, berbeda sektor bisnis, ekspektasi yang dimiliki konsumen pun berbeda.

    Khusus untuk bisnis kafe, setidaknya ada lima hal utama yang diharapkan oleh konsumen terhadap sebuah coffee shop. Pertama, konsumen mengharapkan kopi dengan rasa yang enak dengan tingkat strength tertentu.

    Kemudian, konsumen juga menginginkan kopi yang berkualitas. Kualitas tersebut salah satunya tergambar pada konsistensi rasa kopi.

    Namun, tampaknya Jovanny memahami bahwa ekspektasi konsumen tidak hanya berputar pada rasa dan kualitas kopi. Konsumen juga memilih untuk mengunjungi kafe dengan lokasi yang nyaman.

    Lebih dari itu, konsumen mengharapkan ambiens yang menyenangkan. Nah, suasana menyenangkan ini yang sepertinya disasar oleh Jovanny dengan menghadirkan live music atau karaoke.

    Jovanny juga fokus sekali menjadikan kafenya memiliki suasana yang santai serta cozy. Harapannya, konsumen akan merasa nyaman dan senang ketika berkunjung ke Anonim Cafe

    Dengan mempertimbangkan customer experience tersebut, Jovanny optimis dalam menghadapi 2023. Ia yakin strategi yang dipilihnya akan membuat bisnis kafe yang ia kelola jadi lebih maju.

    Layanan Lebih Cepat Berkat Aplikasi Kasir Online

    Pada poin sebelumnya telah disebutkan bahwa paling tidak ada lima hal utama yang diharapkan konsumen terhadap bisnis kafe. Akan tetapi, baru ada empat poin yang dibahas di atas.

    Apakah poin ekspektasi konsumen yang kelima? Ya, benar, pelayanan yang cepat menjadi salah satu poin yang diharapkan oleh konsumen.

    Pelayanan yang cepat tentu meliputi keseluruhan proses selama konsumen berkunjung ke kafe, mulai dari proses pemesanan menu, pembuatan dan pengantaran pesanan, serta pemrosesan pembayaran.

    Jovanny sendiri memastikan pelayanan yang cepat, salah satunya dengan penggunaan fitur kasir online dari majoo.

    majoo adalah aplikasi point of sale (POS) yang menawarkan fitur lengkap, seperti kasir online, manajemen inventory, absensi karyawan, sampai laporan keuangan.

    Nah, fitur kasir online di kafe tentunya akan membantu staf lebih cepat mencatat pesanan serta memproses pembayaran. Lebih dari itu, konsumen pun bisa memilih metode pembayaran sesuai preferensinya, misalnya dengan kartu debit atau dompet digital.

    Apakah kafemu juga ingin memberikan pelayanan lebih cepat? Yuk, pakai majoo sekarang!

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Nau Coffee: Pakai majoo, Lebih Mudah Kelola Bisnis
    Nau Coffee adalah bisnis coffee shop yang terbantu pengelolaan operasionalnya menggunakan fitur aplikasi majoo.
    Kisah Sukses Pasar Kopi Meraup Untung Bersama majoo
    Pasar Kopi Pekanbaru adalah salah satu bisnis yang terdampak oleh pandemi. Namun, bersama aplikasi majoo, Pasar Kopi tetap dapat mencatatkan kisah sukses!
    Kopi Gincu dan Kisah Sukses Memanfaatkan Nilai Unik
    Keunikan nama bukan satu-satunya hal yang menarik dari Kopi Gincu. Keunikan apa lagi yang disajikan kedai kopi dengan catatan kisah sukses yang satu ini?
    Warkop Naik Kelas Hagios: Tantangan Jadi Semangat untuk Maju
    Warkop Naik Kelas Hagios lahir dari upaya mengubah tantangan sebagai bahan bakar untuk maju. Mau tahu kisah sukses coffee shop ini? Yuk, baca di sini!