5 Merek Produk Elektronik Lokal untuk Kebutuhan Kafe



Kafe termasuk bisnis yang membutuhkan cukup banyak produk elektronik, mulai dari alat utama untuk membuat kopi seperti mesin espresso atau grinder sampai alat pendukung, misalnya tablet.

 

Sudah bukan rahasia lagi bahwa sampai saat ini belum ada merek lokal yang menghadirkan mesin espresso dan grinder. Akan tetapi, untuk alat elektronik pendukung, cukup banyak brand elektronik lokal yang bisa kamu andalkan.

 

1. Axioo

Seiring dengan berkembangnya sistem POS, makin sedikit kedai kopi yang menggunakan cash register. Sebagai gantinya, mereka memakai tablet dan sistem POS.

 

Nah, bagi kamu yang baru saja memulai usaha dan sedang mencari tablet, seri MyTab dari Axioo dapat dipertimbangkan. Kamu bisa memilih tablet berukuran 8 inch, 10 inch, atau yang ukurannya sedikit lebih besar dari handphone seperti MyTab 8G.

 

Ukuran termasuk faktor penting yang perlu menjadi pertimbangan. Jangan sampai meja bar menjadi sempit karena gawai kasir yang terlalu besar. Pertimbangan lainnya, tentu kompatibilitas produk dengan sistem POS yang akan digunakan. Tidak lupa pertimbangkan pula harganya.

 

Namun, kamu boleh tenang bila memilih Axioo karena harganya tidak menguras kantong. Jadi, kamu bisa memperoleh tablet berkualitas, tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.


 

2. Miyako

Meskipun disebut sebagai kedai kopi, menu minuman yang dihadirkan tentu bukan hanya kopi. Biasanya, ada banyak pilihan menu lain, seperti teh, ice blend, atau jus. Karena itu, umumnya kedai kopi juga membutuhkan blender untuk membuat menu-menu minuman tersebut.

 

Tidak perlu bingung mencari produk yang bagus sebab Miyako menyediakan berbagai pilihan blender yang bisa kamu pilih. Dengan harga tidak lebih dari 400 ribu rupiah, kamu sudah bisa mendapatkan blender berkualitas.

 

Kapasitas dan bahannya pun bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Tersedia produk dengan kapasitas 1 liter-1,5 liter, baik berbahan plastik maupun kaca.

 

3. Maspion

Berikutnya, brand asal Surabaya ini memiliki cukup banyak produk elektronik yang bisa memenuhi kebutuhan kafe, terutama untuk kebutuhan bagian dapur. Misalnya, rice cooker dan kompor untuk membuat menu makanan.

 

Selain itu, Maspion juga menyediakan oven yang mungkin kamu butuhkan untuk memanaskan pastry. Tambahan pula, tersedia exhaust fan dalam rangkaian produk Maspion.

 

Di kedai kopi yang menyajikan menu makanan, exhaust fan tentu cukup esensial. Pasalnya, tanpa exhaust fan ruangan berisiko menjadi bau saat sedang memasak menu makanan.

 

Nah, produk-produk tersebut bisa kamu dapatkan hanya dengan harga sekitar 200-600 ribu rupiah saja. Meskipun begitu, kualitasnya sudah tidak perlu dilakukan lagi, sangat bersaing dengan berbagai merek impor.

 

4. Sanken

Jika perlengkapan dapur dan kasir sudah dipenuhi oleh merek Axioo serta Maspion, saatnya kamu mencari produk pendingin ruangan. Seperti sudah menjadi ‘standar’, bagian indoor sebuah kedai kopi haruslah ber-AC.

 

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, kamu bisa memilih AC dari merek lokal yaitu Sanken. Didukung teknisi berpengalaman, produk yang dihadirkan Sanken dijamin berkualitas serta terus mengikuti perkembangan teknologi terkini.

 

Bagaimana bila kamu perlu showcase atau freezer? Sesuai tagline merek yang satu ini, ‘Santai…ada Sanken’. Kamu bisa memilih showcase Sanken untuk menyimpan sekaligus memajang susu, kopi literan, ataupun produk minuman lainnya. Begitu juga dengan freezer.

 

Sanken menyediakan berbagai jenis freezer yang bisa kamu pilih. Tersedia produk mulai dari kapasitas kecil yaitu 115 liter sampai 300 liter. Bila kamu hanya memerlukan freezer untuk menyimpan es batu, kapasitas kecil bisa menjadi pilihan. Sebaliknya, jika kamu perlu menyimpan aneka bahan makanan atau frozen food, carilah yang kapasitasnya lebih besar.

 

Tidak berhenti di sana, Sanken juga menyediakan produk genset portable. Sudah bukan rahasia lagi, listrik yang stabil juga menjadi salah satu faktor penting bagi operasional kafe.

 

Bila kedai kopi milikmu ada di daerah yang sering mengalami pemadaman listrik dan kamu memiliki bujet lebih, tidak ada salahnya berinvestasi membeli genset portable.


5. Polytron

Elemen penting lain yang menjadikan sebuah kedai kopi dianggap nyaman oleh konsumen adalah musiknya. Musik dengan audio yang mumpuni bisa menciptakan ambience khas yang diingat oleh pengunjung.

 

Dalam rangka memenuhi hal tersebut, kamu dapat memilih rangkaian produk speaker dari Polytron. Selain itu, beberapa kedai kopi juga menyediakan TV. Apabila kamu termasuk salah satunya, produk TV dari Polytron juga bisa menjadi andalan.

 

Di samping itu, Polytron juga menyediakan pilihan produk untuk penyimpanan makanan minuman seperti showcase, kulkas, ataupun freezer. Ada pula produk pendingin ruangan, mulai dari AC biasa sampai ac cassette yang mampu mendistribusikan udara dingin secara lebih merata.

 

Dengan pengalaman lebih dari 40 tahun, Polytron sangat berkomitmen untuk menghadirkan pengalaman menyenangkan bagi konsumen melalui teknologi, kualitas produk, serta pelayanannya. Jadi, kamu tidak perlu ragu memilih merek lokal yang satu ini.

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

Online Shop: Bisnis Paling Tepat di Masa Pandemi

Di masa pandemi, saat semuanya dibatasi, membuka atau mengalihkan bisnis menjadi online shop dianggap sebagai sebuah strategi bisnis yang tepat.

Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Inovasi Produk, Dari A-Z

Untuk bisa bertahan dan maju di tengah persaingan, kamu perlu melakukan inovasi produk, baik meluncurkan produk baru maupun menambahkan fitur.

Metode Pembayaran QRIS, Inilah Kelebihannya

Metode pembayaran dengan menggunakan QRIS bisa dipilih untuk menjaga jarak aman selama pandemi. Selain itu, cara ini juga lebih menguntungkan bagi bisnis.

Melayani Pelanggan Setia Melalui Sistem Keanggotaan

Bagaimana melayani pelanggan setia secara maksimal, tetapi juga tidak merepotkan? Mungkin program pelanggan setia bisa menjadi solusi yang patut dicoba!
Whatsapp