Pada titik tertentu, setiap pemilik UMKM mungkin akan bertanya-tanya, bisnis ini bisa bertumbuh atau tidak? Pemikiran tersebut mungkin diikuti pertanyaan lain, yaitu bagaimana cara memperluas jangkauan pasar?
Di tahap awal perjalanan bisnis, umumnya pemilik bisnis hanya fokus dengan upaya untuk mempertahankan bisnis. Memang perlu diakui, tak mudah meluncurkan dan memastikan suatu bisnis berjalan.
Setelah bisnis bisa berjalan, mengembangkannya pun tak kalah menantang. Namun, bila kamu menginginkan keuntungan yang lebih besar, tentu bertahan saja tidak cukup, kamu perlu mendorong bisnis bertumbuh walaupun tak mudah.
Nah, kali ini kami akan membagikan strategi yang bisa diterapkan oleh UMKM untuk memperluas jangkauan pasar. Yuk, simak selengkapnya!
Temukan demografi baru untuk ditargetkan
Saat kamu membuat bisnis pasti kamu sudah menetapkan target pasar yang akan disasar oleh bisnismu. Target pasar tersebut mungkin sudah menjadi konsumen atau pelanggan sehingga bisnismu bisa bertahan.
Jika kamu mau bisnismu berkembang, kamu tidak bisa hanya bertahan dengan target pasar tersebut. Kamu perlu mencari tahu siapa lagi yang bisa mendapatkan keuntungan dari produk yang kamu tawarkan.
Kalau demografi target baru tersebut sudah kamu ketahui, kamu bisa berpromosi di targeted media atau membuat kampanye pemasaran unik.
Rebut kembali pelanggan lama: Promosikan cara baru dalam penggunaan produk
Menemukan demografi pasar baru memang cukup optimal untuk perluasan pasar, tetapi menarik pelanggan baru bukan satu-satunya cara untuk memperluas bisnis.
Sering kali, pelanggan yang sudah ada merupakan peluang terbaik untuk memperluas penjualan. Kamu bisa menyasar target pasar lama untuk menggunakan produk baru atau menyarankan cara baru dalam pemanfaatan produk lama.
Dengan menemukan dan memasarkan cara baru untuk memanfaatkan produk atau layananmu, kamu dapat memersuasi pelanggan yang sudah ada untuk membeli lebih banyak.
Terlebih, statistik menunjukkan bahwa pelanggan yang sebelumnya telah membeli dari bisnismu cenderung lebih mudah melakukannya transaksi lagi, khususnya jika mereka memiliki pengalaman yang baik dengan layananmu.
Langkah ini juga dapat membantumu menarik pelanggan baru yang mungkin membutuhkan produk atau layananmu karena alasan berbeda dengan yang sebelumnya ditawarkan.
Maka dari itu, informasi kontak pelanggan dan preferensi pembeliannya harus dicatat. Berdasarkan data tersebut, buat teknik pemasaran yang bisa mengubahnya menjadi pelanggan tetap.
Membangun dan mengembangkan kemitraan
Dalam hal memperluas pasar UMKM, salah satu hal yang perlu kamu lakukan ialah membangun kemitraan atau kerja sama dengan bisnis yang sudah mapan.
Cara ini memungkinkan kamu memanfaatkan saluran eksternal yang dimiliki bisnis tersebut sekaligus menjangkau banyak pelanggan baru.
Bangun kemitraan dengan bisnis yang serupa dengan bisnismu sehingga kerja sama tersebut dapat saling melengkapi dan membantu kedua bisnis makin berkembang.
Ekspansi ke lokasi lain
Menemukan pasar baru atau upaya memperbesar pasar identik sekali dengan ekspansi lokasi. Banyak pemilik bisnis menggunakan pembukaan toko baru sebagai sarana untuk memperluas jangkauan pasar mereka.
Memang menyiapkan toko atau gerai di lokasi baru memungkinkan kamu memperluas kehadiran merek secara offline dan menjangkau klien baru.
Perlu diingat, ekspansi ke lokasi baru tidak berarti menduplikasi toko yang pertama. Branding dan operasional bisnis memang harus konsisten, tetapi setiap bisnis mungkin perlu selera berbeda sesuai dengan lokasi pendiriannya.
Karena itu, kamu perlu memahami strategi pembuatan cabang baru dengan baik jika ingin upaya perluasan pasar ini berhasil.
Baca juga: Mau Buka Cabang Baru? Ketahui Seluk-Beluknya di Sini!
Perluas pasar melalui kanal online
Bukan rahasia lagi, kini orang-orang makin tertarik pada pembelian online. E-commerce menjadi platform yang bagus bagi bisnis untuk menangkap peluang-peluang baru.
Apalagi, menyiapkan toko online cukup sederhana dan sudah ada berbagai platform e-commerce yang bisa dimanfaatkan dengan mudah oleh bisnis kecil.
Tak hanya di marketplace, perluasan pasar secara online juga bisa dimaksimalkan dengan penggunaan aplikasi consumer instan. Penggunaan aplikasi untuk memperluas penjualan bukan hal asing lagi.
Banyak merek di berbagai sektor, baik brand lokal maupun internasional, sudah melakukannya, mulai dari bisnis food and beverage seperti Fore dan Starbucks hingga bisnis fesyen, misalnya Heaven Lights dan UNIQLO.
Dengan aplikasi consumer instan, kamu bisa menarik lebih banyak pelanggan dan memberikan pelayanan optimal sesuai dengan standar pelayanan yang kamu terapkan.
Harapannya tentu konsumen bisa memiliki pengalaman yang lebih baik dan merasa puas dengan pelayanan bisnismu. Bingung tentang cara membuat aplikasi consumer instan? Tenang saja, majoo Consumer App siap membantumu. Cek sekarang!