• majoo blog
  • Tips
  • Lebih Unggul dari Kompetitor dengan Diferensiasi Bisnis

Lebih Unggul dari Kompetitor dengan Diferensiasi Bisnis

Diferensiasi bisnis dapat membuat bisnismu lebih unggul dibanding kompetitor 

Banyak bisnis melakukan restrukturisasi dari waktu ke waktu dan menggunakan berbagai strategi agar lebih menonjol dibandingkan kompetitor. Bila kamu ingin meningkatkan keuntungan tanpa menurunkan harga, pertimbangkan untuk melakukan diferensiasi bisnis. Diferensiasi ini merupakan skenario yang saling menguntungkan, dapat memberikan nilai lebih kepada pelanggan dan menguntungkan bagi pemilik bisnis.

 

Secara sederhana, strategi diferensiasi merupakan pendekatan yang dikembangkan bisnis dengan menawarkan sesuatu yang unik atau berbeda dibanding tawaran dari pesaing. Dengan menerapkan strategi diferensiasi, bisnis diharapkan dapat mencapai keunggulan kompetitif. Strategi ini dapat diterapkan setelah bisnis menganalisis kelebihan dan kelemahannya, kebutuhan pelanggan, serta nilai keseluruhan yang dapat diberikan kepada pelanggan.

 

Keuntungan menerapkan diferensiasi bisnis

Diferensiasi bisnis akan membantumu membentuk pasar yang unik pada sektor yang kamu tekuni. Dengan diferensiasi, bisnis dapat bersaing di pasar lebih dari sekadar persaingan harga.

 

Sebagai contoh, sebuah perusahaan permen memproduksi permen dengan rasa yang lebih enak atau bahan yang lebih sehat. Meski kompetitor menawarkan permen yang lebih murah, pasti perusahaan tersebut tidak dapat memberikan rasa yang serupa.

 

Dengan kata lain, kamu dapat mengembangkan kualitas unik suatu produk. Bisnis milikmu dapat membentuk karakteristik produk yang tidak dimiliki pesaing. Karakteristik tersebut akan membedakan produkmu dan kamu dapat mengomunikasikannya melalui iklan yang efektif.

 

Penerapan diferensiasi tersebut dengan sendirinya akan memberikan margin keuntungan yang lebih baik. Saat produk diubah menjadi lebih berkualitas, maka produk akan memiliki peluang untuk margin keuntungan yang lebih besar. Bila target pasarmu bersedia membayar lebih tinggi untuk produk yang lebih berkualitas, kamu dapat menghasilkan pendapatan lebih banyak dengan penjualan lebih sedikit.

 

Selain itu, diferensiasi yang efektif juga dapat menciptakan loyalitas pelanggan. Diferensiasi bisnis yang sukses akan memunculkan persepsi tidak ada produk lain yang dapat menggantikan produk tersebut di pasaran. Bisnis akan tetap memperoleh keuntungan meskipun ada produk lain yang serupa sebab pelanggan tidak mau mengganti produkmu dengan yang lain.

 

Menyampaikan kisah brand dapat menjadi salah satu strategi diferensiasi yang diterapkan oleh bisnis

Tips melakukan diferensiasi bisnis

Terdapat dua tipe diferensiasi bisnis yang dapat kamu lakukan yaitu broad differentiation strategy dan focused differentiation strategy. Strategi yang luas mencakup pengembangan brand  yang berbeda dari pesaing. Hal ini diterapkan pada industri dan cenderung menarik minat konsumen.

 

Berbeda dengan strategi tersebut, focused differentiation strategy menuntut bisnis menawarkan fitur yang unik pada produk atau pelayanan. Keunikan tersebut harus sanggup memenuhi keinginan pasar.

 

Baik mengembangkan strategi yang luas atau terfokus, bisnis perlu membuat produk atau layanan yang sangat unik atau istimewa sehingga memberi nilai tambah bagi konsumen. Ada beberapa cara agar bisnis dapat memiliki keunggulan berbasis diferensiasi produk atau bisnis secara keseluruhan. Di bawah ini beberapa cara untuk membuat strategi diferensiasi.

 

- Putuskan, kamu ingin bisnis dikenal seperti apa!

Kamu perlu mengevaluasi hal yang penting bagi bisnis dan area di mana bisnismu sukses. Dengan cara ini, kamu dapat memutuskan pembeda seperti apa yang ingin kamu tawarkan kepada pelanggan. Bila perlu, tuliskan kelebihan dan kelemahan brand secara keseluruhan atau produk tertentu agar dapat melakukan evaluasi secara tepat.

 

- Kenali target pasar

Riset akan menghubungkan tawaran yang diberikan bisnis dengan keinginan calon konsumen. Cara ini juga akan menunjukkan pilihan diferensiasi yang akan dilakukan agar tawaranmu lebih menarik. Kamu bisa mengirimkan survei kepada pembeli produk atau pengguna jasa untuk memperoleh gambaran akurat tentang kebutuhan pasar.

 

- Buat pembeda

Tahap ini sangat penting karena di sini kamu dapat membuat brand atau produkmu berbeda. Setiap pembeda dapat berupa karakteristik yang luas pada awalnya. Maka dari itu, kamu mungkin perlu menuliskannya sampai diperoleh pembeda yang makin spesifik. Kamu dapat membuat perbedaan pada harga, citra brand, cara membina relasi dengan konsumen, pelayanan, fitur produk, sampai distribusi.

 

- Sampaikan kisahmu

Saat bisnis menyampaikan kisahnya yang unik, secara otomatis hal ini akan membantu strategi diferensiasi sebab brand lain pasti tidak memiliki cerita serupa. Dengan mengevaluasi visi, misi, dan nilai yang dipegang oleh bisnis, kamu dapat membuat cerita yang akan membedakanmu sehingga mengubah target pasar menjadi pelanggan.

 

Kamu dapat memanfaatkan bio di website untuk menceritakan kisah kepada target audiens. Untuk menyampaikan cerita secara lebih personal, kamu juga dapat memanfaatkan media sosial untuk berdialog dengan audiens atau calon konsumen.

 

Kini, kamu sudah mengetahui keuntungan dari diferensiasi bisnis dan cara melakukannya. Cobalah menjadi lebih kreatif untuk menciptakan perbedaan di tengah kompetisi. Kamu bisa menjadikan komitmen pengadaan bahan secara etis sebagai pembeda bagi produk atau bisnis. Kamu juga dapat memilih fokus pada citra dan kualitas dengan memberikan produk mahal sebagai pembeda. Berbagai strategi lain dapat kamu lakukan, pilihlah yang paling sesuai dengan bisnismu!

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

Tips Memastikan Pinjaman Modal Untuk Pengembangan Bisnis
Pinjaman modal untuk pengembangan bisnis akan dilakukan para pebisnis supaya bisnisnya maju dan mendapatkan keuntungan.
Menyusun Strategi Pemasaran 2022 dalam 5 Langkah Mudah
Strategi pemasaran idealnya menjadi blue print bagi keputusan bisnis pada tahun mendatang. Hal ini perlu menjadi perhatian setiap bisnis, terlebih UMKM.
Beberapa Langkah Penting Menjaga Retensi Pelanggan
Menjaga retensi dan kepuasan pelanggan bisa menjadi kunci utama dalam memastikan bisnis tetap bertahan di tengah terpaan pandemi Covid-19.
Tips Meraih Kemajuan Bisnis Melalui Penggunaan Instagram
Saat ini Instagram banyak digunakan oleh para pebisnis sebagai salah satu strategi marketing. Ini tipsnya agar strategi tersebut bisa lebih optimal.