Table of Content

    • majoo blog
    • Trivia
    • Lindungi Diri Saat Pandemi, Apa Yang Perlu Pebisnis Lakukan?

    Lindungi Diri Saat Pandemi, Apa Yang Perlu Pebisnis Lakukan?

    Dengan pandemi coronavirus yang sepertinya masih jauh dari usai, sebagai pebisnis, menjaga kesehatan diri adalah salah satu hal penting yang sering kali terabaikan ketika pikiran lebih fokus memikirkan strategi agar bisnis tetap berjalan di situasi seperti sekarang ini.

     

    Padahal, kesehatan seharusnya juga menjadi prioritas fokus kamu. Karena, percuma saja bisnis tetap berjalan jika kamunya sakit, bukan? Nah, untuk membantumu memfokuskan perhatian pada kesehatanmu, berikut hal-hal penting yang perlu kamu lakukan untuk melindungi dirimu sebagai pebisnis agar tetap sehat dan aman dari paparan coronavirus.

     

    1. Tunda Perjalanan Bisnis

    Saat ini, pemerintah telah menyerukan imbauan untuk sebisa mungkin mengurangi aktivitas keluar rumah serta melakukan social distancing untuk mengurangi kemungkinan penyebaran coronavirus lebih luas lagi.

     

    Karena itu, untuk sementara waktu, pertimbangkan untuk tidak melakukan perjalanan bisnis dulu. Dengan tidak melakukan perjalanan, kamu akan mengurangi risiko berada di keramaian dan bertemu dengan banyak orang.

     

    2. Kurangi Meeting

    Masih dengan alasan yang sama, social distancing, di saat-saat seperti sekarang ini, ada baiknya batasi interaksi dan kontak fisik dengan orang lain. Cobalah lakukan meeting melalui telepon atau panggilan video jika memungkinkan.

     

    Jika terpaksa masih perlu meeting secara langsung, pastikan untuk selalu menjaga jarak dengan peserta lain, serta hindari bersalaman dan kontak fisik lainnya.

     

    3. Makanan Sehat

    Konsumsi makanan yang sehat dan nutrisi yang seimbang adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga tubuh dari infeksi coronavirus. Menurut ahli nutrisi dan diet, Dr. Nevin Sanlier, "Konsumsi protein seperti yang terkandung dalam susu, produk berbasis susu, serta telur dalam jumlah yang cukup, berperan penting dalam meningkatkan kekebalan tubuh.”

     

    Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan di Universitas Medipol Ankara ini menyarankan untuk menjalani diet seimbang dengan mengonsumsi produk olahan susu dalam jumlah yang cukup seperti susu, yogurt, keju, kemudian juga daging, ikan, dan unggas, serta telur, kacang, kacang, sayuran, buah-buahan, roti, dan sereal.

     

    Dr. Nevin juga menekankan bahwa diet yang tidak seimbang atau kekurangan asupan nutrisi akan meningkatkan kemungkinan orang terkenan infeksi.

     

    4. Tidur Cukup

    Selain konsumsi makanan dan minuman, tidur yang cukup juga penting dalam menjaga imunitas tubuh. Bukan rahasia lagi, kurang tidur bisa menurunkan sistem kekebalan tubuhmu, dan kemungkinanmu untuk sakit setelah terpapar virus menjadi semakin tinggi.

    Tidur cukup membantu menjaga sistem imun tubuh

     

    Istirahat yang cukup sangatlah penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Tidur kurang dari lama waktu yang disarankan (7 hingga 8 jam) tidak hanya merusak kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan otakmu.

     

    Sistem kekebalan tubuh yang sehat dapat melawan infeksi. Penelitian telah menunjukkan bahwa jika kita kekurangan tidur, sistem kekebalan tubuh kita akan sangat terganggu. Tidur yang cukup telah terbukti mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga dapat mengurangi peluang kita terkena penyakit.

     

    5. Ganti Baju

    Selain diri sendiri, lindungi juga anggota keluargamu di rumah, anak-anak, orang tua, dan lansia. Pastikan kamu segera mandi dan ganti baju sesudah kamu sampai di rumah. Pakaian yang baru kamu kenakan keluar rumah, sebaiknya juga langsung dicuci secara terpisah dengan pakaian lain yang dipakai di dalam rumah.

     

    Jangan bersandar atau menyentuh barang-barang yang ada di rumah sepulang bepergian sebelum kamu ganti baju dan mandi. Selain itu, hindari juga kontak dengan anak dan anggota keluarga lainnya sebelum kamu yakin tubuh dan bajumu bersih.

     

    Dengan melakukan hal-hal di atas, kamu bisa lindungi diri dan keluargamu serta meminimalisir risiko tertular coronavirus.

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Mempertahankan Bisnis dengan Memanfaatkan e-Marketplace
    Berbagai e-Marketplace berlomba memberikan dukungan di platform mereka untuk pebisnis, dengan harapan agar ekonomi tetap bergerak di masa pandemi COVID-19.
    Online Shop: Bisnis Paling Tepat di Masa Pandemi
    Di masa pandemi, saat semuanya dibatasi, membuka atau mengalihkan bisnis menjadi online shop dianggap sebagai sebuah strategi bisnis yang tepat.
    Belajar dari Pandemi: 5 Catatan Penting untuk Pemilik Usaha
    Meski sulit, ada pelajaran berharga yang dapat diambil selama pandemi. Dengan memahami ini, pemilik usaha dapat bertahan dan bergerak maju.
    Marketplace Indonesia Ini Turut Dorong Pertumbuhan UMKM Lho!
    Marketplace Indonesia memegang peranan besar dalam mendukung perkembangan UMKM. Apa saja marketplace karya anak bangsa tersebut? Simak daftarnya di sini!