• majoo blog
  • Tips
  • Aplikasi POS untuk Pangkas Biaya Operasional Harian Bisnismu

Aplikasi POS untuk Pangkas Biaya Operasional Harian Bisnismu

Memangkas biaya operasional harian kini bisa lebih mudah dengan aplikasi POS

Memangkas biaya operasional harian, meski terdengar sepele, dapat menjadi langkah bisnis yang cerdas jika konsisten dilakukan dalam jangka panjang. Selisih biaya yang mestinya dianggarkan untuk memastikan bisnis terus berjalan, dapat dialihkan untuk mengembangkan bisnis tersebut. Misalnya saja, dengan mengadakan program-program promo untuk meningkatkan angka penjualan. Salah satu cara termudah untuk mengurangi biaya harian tersebut adalah dengan memanfaatkan aplikasi POS atau aplikasi Point of Sales. Bagaimana caranya?

1. Gunakan aplikasi POS untuk menghemat penggunaan kertas

Mungkin terdengar remeh, tapi kamu pasti akan terkejut saat mengetahui berapa banyak uang yang bisa kamu hemat setiap harinya hanya dengan beralih ke sistem kerja paperless. Menariknya, aplikasi-aplikasi Point of Sales saat ini bisa membantumu untuk melakukannya. Mulai dari membuat laporan keuangan secara otomatis, sehingga kamu tak perlu terus-menerus mencatat setiap transaksi yang terjadi, hingga melakukan analisis data penjualan yang komprehensif. Terlebih lagi, dengan mengurangi penggunaan kertas, kamu bisa semakin mudah melabeli usaha sebagai bisnis ramah lingkungan.

2. Permudah pengelolaan jadwal kerja atau shift karyawan

Langkah yang satu ini cocok sekali jika kamu masih di tahap awal dalam menjalankan bisnis. Manfaatkan aplikasi-aplikasi bisnis yang bisa membantumu mengetahui karakteristik transaksi pelangganmu. Dengan demikian, kamu bisa secara efektif mengatur jadwal kerja karyawanmu sesuai dengan tingginya beban pekerjaan yang ada di waktu-waktu tertentu. Sebagai contoh, jika dari data penjualan yang terekam dalam aplikasi kamu mengetahui bahwa tempat usahamu paling ramai dikunjungi pada pagi dan malam hari, sementara di siang dan sore hari cenderung sepi, kamu bisa menempatkan lebih banyak karyawan di waktu-waktu yang ramai tersebut. Dengan demikian, tenaga kerja yang kamu miliki pun dapat lebih efektif pembagian kerjanya.

3. Pantau kebutuhan pasokan barang di tempat usahamu secara efektif

Aplikasi POS yang ada saat ini tidak terbatas untuk mencatat penjualan atau arus kas saja. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi-aplikasi ini untuk memantau apakah ada produk yang perlu ditambah stoknya. Aplikasi ini juga membantumu mengukur intensitas pembelian produk tersebut, sehingga kamu bisa secara efisien memesan ulang produk dalam jumlah yang efektif untuk bisnismu tanpa khawatir produk tersebut akan terbuang, entah karena masa kedaluwarsanya sudah lewat atau karena rusak setelah terlalu lama disimpan di gudang.

4. Kurangi biaya transportasi dari rumah ke tempat usaha

Sebagai pelaku usaha, tentu kamu harus secara rutin memeriksa keadaan tempat usahamu. Namun, bayangkan jika kamu bisa melakukannya tanpa perlu setiap hari mengeluarkan biaya transportasi untuk datang dan melihat secara langsung. Gunakan aplikasi POS untuk memantau performa bisnismu dari mana pun kamu berada. Jika memang diperlukan untuk datang, setidaknya kamu tak perlu setiap hari meluangkan waktu, biaya, dan tenaga; cukup datang saat terjadi situasi darurat saja. 

Gunakan aplikasi POS untuk memangkas biaya operasional harian dan segera kembangkan bisnismu dengan mudah

Aplikasi Point of Sales seperti aplikasi majoo sudah dirancang untuk mempermudahmu dalam menjalankan bisnis, khususnya dalam memangkas biaya operasional harian. Dengan demikian, usaha kecil dan menengah pun tetap memiliki daya saing dengan usaha-usaha yang ruang lingkupnya lebih besar. Jangan lupa, biaya operasional harian yang lebih rendah sama dengan margin keuntungan yang lebih besar. Oleh karena itu, menghemat biaya operasional dengan aplikasi Point of Sales kerap dijadikan pilihan solusi untuk membuat bisnis terus maju dan berkembang.

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

Tips Memastikan Pinjaman Modal Untuk Pengembangan Bisnis
Pinjaman modal untuk pengembangan bisnis akan dilakukan para pebisnis supaya bisnisnya maju dan mendapatkan keuntungan.
Menyusun Strategi Pemasaran 2022 dalam 5 Langkah Mudah
Strategi pemasaran idealnya menjadi blue print bagi keputusan bisnis pada tahun mendatang. Hal ini perlu menjadi perhatian setiap bisnis, terlebih UMKM.
Beberapa Langkah Penting Menjaga Retensi Pelanggan
Menjaga retensi dan kepuasan pelanggan bisa menjadi kunci utama dalam memastikan bisnis tetap bertahan di tengah terpaan pandemi Covid-19.
Tips Meraih Kemajuan Bisnis Melalui Penggunaan Instagram
Saat ini Instagram banyak digunakan oleh para pebisnis sebagai salah satu strategi marketing. Ini tipsnya agar strategi tersebut bisa lebih optimal.