Melirik Peluang Sukses Usaha Cleaning Service


Bidang usaha jasa cleaning service seperti jasa cuci karpet, sofa, hingga kebersihan perabot rumah tangga saat ini sedang digemari.  Bila dulu seringnya hanya tersedia untuk mall, rumah sakit, dan hotel, saat ini rumah dan apartemen pun menjadi langganan tetap jasa cleaning service


Kenapa dikatakan jasa cleaning service merupakan peluang usaha yang mampu mendatangkan keuntungan besar? Hal ini disebabkan di beberapa kota besar yang perkembangannya pesat semakin banyak gedung-gedung bertingkat atau bangunan besar yang lain, termasuk rumah mewah dan apartemen. Ini yang menjadikan semakin banyak sumber daya manusia yang dibutuhkan dalam hal perawatannya. 


Apalagi di momen menjelang lebaran, tak dipungkiri bahwa jasa cleaning service untuk rumahan di Indonesia, justru lahir dari kebiasaan ini. Di saat lebaran, banyak asisten rumah tangga yang mudik dan meninggalkan majikannya mengurus rumah sendiri. Peluang inilah yang kemudian digunakan oleh para pebisnis untuk mencoba peruntungannya. 


Kalau kamu tertarik untuk membuka dan menjalankan bisnis jasa cleaning service, yang pertama harus kamu siapkan tidak lain dan tidak bukan adalah modal. Modal yang dibutuhkan memang tidak kecil, tapi bisa dianggap setimpal saat nantinya memperoleh keuntungan. Modal yang ada bisa langsung kamu alokasikan untuk membeli alat-alat kebersihan. Seperti sapu, alat pel, sikat kamar mandi, sikat kloset, sarung tangan karet, kemoceng hingga vacuum cleaner.


Selain peralatan, modal yang kamu punya pun perlu dialokasikan ke dalam biaya lain seperti pembersih keramik, karbol, cairan pembersih kaca, spons, juga kantong sampah. Kamu bisa membeli pembersih yang sudah terpercaya kualitasnya atau cairan pembersih homemade yang lebih murah. Tapi kamu harus hati-hati, karena beberapa cairan pembersih biasanya menggunakan bahan kimia cukup keras yang bisa berpotensi merusak perabotan rumah.


Hal berikutnya yang perlu disiapkan adalah konsep dan strategi promosi usahamu. Ada baiknya sejak awal kamu sudah menentukan  apakah usahamu ini nanti akan ditargetkan untuk melayani kebersihan rumah tangga, kantor, rumah sakit, atau bahkan semuanya. Konsep yang sudah kamu tentukan, akan memengaruhi pola promosimu. Salah satu cara yang dianggap efektif sebagai media promosi adalah melalui internet. Kalau usaha jasamu mudah ditemukan di mesin pencari, maka kemungkinan pelanggan menggunakan jasamu juga semakin tinggi. 


Selain itu, promosi langsung pun mungkin tetap diperlukan. Kamu bisa mencetak brosur atau flyer dan menyebarkannya ke kantor-kantor, perumahan, bahkan ke hotel dan rumah sakit. Kamu juga bisa memanfaatkan iklan baris di media cetak seperti koran atau tabloid. Semakin banyak orang tahu usaha jasamu, peluang untuk mendapatkan konsumen semakin besar.


Untuk mendapatkan konsumen jasa cleaning service saat ini  tidaklah sulit. Banyak orang dan juga perusahan yang membutuhkan jasa cleaning service untuk menciptakan suasana lingkungan yang bersih, nyaman dan rapi. Berbagai perusahaan besar, perkantoran, juga sekolah atau kampus bisa kamu pilih sebagai target konsumen. 


Pastikan kamu memasang tarif yang masuk akal untuk jasamu, disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan konsumen yang kamu targetkan. Umumnya patokan tarif untuk jasa cleaning service ditentukan dari luas area yang akan dibersihkan, jarak lokasi area dari tempat usaha juga tingkat kesulitan saat membersihkannya.


Mungkin kamu juga perlu memikirkan strategi penentuan harga yang berbeda untuk jenis bangunan yang berbeda, misalnya membedakan tarif untuk pembersihan rumah dengan pembersihan kantor, karena luas areanya pun sudah berbeda. 


Keuntungan dalam menjalankan usaha cleaning service

Prospek saat kamu memutuskan memilih menjalankan usaha cleaning service bisa dibilang sangat menjanjikan. Usaha cleaning service masih belum banyak dijalankan oleh pebisnis sehingga persaingan usaha ini belum terlalu ketat. Peluang usaha cleaning service ini sangat menguntungkan dan dapat dijalankan di berbagai wilayah yang ada di Indonesia karena semakin hari jumlah permintaan jasa cleaning service semakin besar. 


Pengelolaan bisnis yang cukup mudah, manajemen yang tidak rumit serta strategi dalam pemasarannya yang tidak sulit menjadikan usaha ini bisa dijalankan oleh siapa pun, tidak hanya oleh pebisnis profesional yang sudah lama berkecimpung di dunia bisnis, tapi bisa juga oleh pebisnis yang baru merintis usahanya. 


Memberikan tarif yang lebih murah bisa membawa keuntungan yang justru besar. Tarif jasa biasanya adalah hal pertama yang menjadi pertimbangan para konsumen selain kualitas servis. Pelayananmu harus maksimal, para pegawai kebersihan selayaknya dipilih yang benar-benar telaten dan rajin sehingga hasilnya tidak mengecewakan konsumen.


Kamu juga bisa memberikan tawaran servis tambahan. Contohnya, bila karpet atau sofa yang dicuci hasilnya kurang maksimal, maka konsumen bisa meminta dilakukan pencucian ulang dengan biaya cuma-cuma. Bisa juga bila konsumen sudah memakai jasa cleaning service lima atau sepuluh kali, maka mereka mendapatkan bonus satu kali servis gratis. Dengan begitu, konsumen akan terus bertahan memakai jasa yang kamu tawarkan dan enggan untuk beralih ke jasa servis milik pesaing.


Memanfaatkan momen

Sebagai pebisnis kamu sebaiknya jeli melihat peluang. Di kota-kota besar, beberapa perusahaan atau instansi memilih untuk tidak memakai jasa karyawan dalam hal perawatan kebersihan areanya lantaran proses perekrutan karyawan yang panjang juga biaya gaji karyawan tiap bulannya yang cukup besar. Mereka lebih memilih untuk menggunakan jasa cleaning service yang bisa dipanggil kapan pun mereka butuhkan. 


Begitu juga yang terjadi di beberapa rumah tangga yang memilih untuk tidak memakai jasa asisten rumah tangga. Alasannya sama, jasa cleaning service dianggap lebih murah dan praktis. Dan pola pikir ini semakin hari semakin bertambah jumlahnya, dengan kata lain kebutuhan akan jasa cleaning service akan semakin besar. Inilah yang bisa kamu jadikan sebagai peluang usaha untuk mendapatkan keuntungan yang besar dari bisnis jasa cleaning service

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

3 Peluang Bisnis Hobi yang Menjanjikan saat New Normal

Bisnis hobi merupakan salah satu peluang bisnis yang menjanjikan, terutama di kala aturan new normal mulai dijalankan dan banyak orang harus menghabiskan lebih banyak waktu di rumah. Ada apa saja, sih?

WhatsApp Business, Fitur untuk Jalankan Bisnis di New Normal

WhatsApp Business memiliki berbagai fitur dan memperkenalkan cara baru berbisnis bagi setiap pelaku usaha. Mari kita bahas fitur-fitur yang dimiliki oleh produk dari WhatsApp ini.

7 Pola Pikir untuk Meningkatkan Level Bisnismu

Jika kamu tidak pernah merasa puas dan terus ingin menaikkan kelas bisnismu, coba aplikasikan pola pikir berikut ini dan tingkatkan level bisnismu.

Kutipan Inspiratif Pengusaha Dunia dalam Melewati COVID-19

Kutipan inspiratif dari pengusaha dunia bukan hanya sekadar penyemangat dalam melewati situasi new normal, tetapi juga mengandung wawasan yang dapat digunakan oleh pelaku usaha untuk melalui masa-masa sulit ini.
Whatsapp