Table of Content

    dr. Tirta, Sosok di Balik Cemerlangnya Bisnis Shoes and Care

    dr. Tirta, pemilik bisnis Shoes and Care

    Bisa dikatakan, sepatu merupakan jenis barang fesyen yang dimiliki oleh hampir semua orang. Jenis atau merek sepatu tertentu diyakini dapat meningkatkan penampilan seseorang. Tentu saja hanya sepatu bersih dan mengkilap yang dapat mendukung penampilan menjadi lebih baik.

    Hal inilah yang tampaknya dilihat sebagai sebuah peluang oleh dr. Tirta, pemilik laundry sepatu, Shoes and Care. Saat ini, mungkin nama tersebut tidak asing lagi, bahkan mungkin kamu termasuk salah satu pelanggan jasa cuci sepatu tersebut. Namun, tahukah kamu bisnis ini mulanya hanya dimulai dari sepetak kamar kos?

    Shoes and Care, bermodal sebotol sabun hingga raup miliaran rupiah

    Sesuai gelar yang tersemat di depan namanya, Tirta Mandira Hudhi merupakan seorang dokter. Ide usaha ini muncul ketika ia masih berstatus sebagai mahasiswa kedokteran Universitas Gadjah Mada.

    Sebelum memulai bisnis yang menawarkan jasa pencucian dan perawatan sepatu, dr. Tirta memang sudah sangat menyukai sepatu. Wajar saja bila ia mencurahkan banyak perhatian untuk merawat sepatu-miliknya.

    Suatu ketika, ia membeli cairan pencuci sepatu asal Amerika Serikat. Berkat cairan tersebut, sepatu lamanya berhasil menjadi bersih kembali, bahkan tampak seperti baru. Teman-temannya, sesama mahasiswa kedokteran, akhirnya menitipkan sepatu mereka untuk dicuci dengan bayaran alakadarnya.

    Pada titik tersebut, dr. Tirta menyadari, ada peluang bisnis di balik proses mencuci sepatu tersebut.

    Staf Shoes and Care sedang melayani pelanggan 

    Sebelum jasa pencucian dan perawatan sepatu cukup populer seperti saat ini, Shoes and Care merupakan penyedia jasa cuci sepatu premium pertama di Yogyakarta. Siapa sangka, berawal dari sepetak kamar kos, bisnis ini kini telah memiliki lebih dari 35 workshop yang tersebar di 20 kota, di Indonesia.

    Gerai atau workshop pertama berdiri pada Oktober 2013. Erupsi Gunung Kelud pada Februari 2014, membuat Tirta Mandira Hudhi memutuskan untuk memberikan pelayanan secara online. Keputusan tersebut membuat bisnis ini semakin dikenal dan menjangkau lebih banyak orang.

    Tak hanya warga Yogyakarta yang menggunakan jasa Shoes and Care, pelanggan bisnis ini berasal dari seluruh Indonesia, bahkan beberapa berasal dari Australia, Singapura, Belanda, dan Malaysia. Konon lebih dari 700.000 sepatu telah ditangani, dengan omzet rata-rata mencapai 2-3 miliar per tahun.

    Omzet yang dihasilkan dari bisnis ini memang sungguh menarik. Apalagi semakin hari karakter masyarakat Indonesia semakin menyukai segala hal yang praktis. Bila ada jasa pencucian sepatu, mengapa harus membuang waktu untuk mencuci sepatu sendiri? Kira-kira itulah pemikiran yang lazim muncul di benak para konsumen.

    Nah, setelah tahu kisah dr. Tirta di balik suksesnya Shoes and Care, apakah kamu tertarik untuk membangun bisnis serupa?

    Selamat untuk menimbang ide dan menyusun strategi, serta memilih sistem atau aplikasi yang tepat untuk membantu bisnis kamu, ya. Riset dan analisis perlu dilakukan, namun seperti yang selalu Tirta Mandira Hudhi sampaikan: jangan ragu untuk memulai!

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Riset Pasar, Kunci Bisnis Maju Ala Kopi Tuku
    Riset pasar adalah salah satu kunci bisnis maju. Yuk lihat yang dilakukan Kopi Tuku hingga bisa seperti sekarang!
    Pelanggan adalah Teman! 5 Alasan Bisnismu Wajib Punya CRM
    Dengan memiliki dan menjalankan sistem CRM, kamu akan tahu persis strategi apa yang harus diambil untuk membuat para customer makin betah berbisnis denganmu
    Menjajaki Bisnis Laundromat yang Sedang Naik Daun
    Bisnis laundromat sedang naik daun belakangan ini. Apa yang membuat pelanggan beralih dari laundry kiloan? Apakah bisnis laundry koin ini menguntungkan?
    Inilah 7 Keuntungan Menggunakan Strategi Omnichannel!
    Setiap bisnis tidak bisa lagi mengabaikan revolusi digital sehingga sudah saatnya bisnis menerapkan strategi omnichannel.