Rekomendasi Novel dari 4 Tokoh Bisnis Inspirasional Dunia

Rekomendasi novel dari tokoh bisnis dunia bisa menjadi pilihan untuk menghabiskan waktu luang

Belajar dari tokoh bisnis inspirasional dunia tidak hanya bisa dilakukan dari mengikuti kiprahnya di dunia bisnis, rekam jejaknya yang mengagumkan, atau kisah hidupnya saja, tetapi juga bisa dari rekomendasi novel yang mereka berikan. Sebagai seorang pelaku usaha, melahap buku-buku terkait bisnis yang penuh dengan berbagai teori serta studi kasus memang penting untuk menambah wawasan bisnis, tetapi bukan berarti seorang pelaku usaha tidak boleh menikmati buku-buku fiksi yang lebih ringan.

Sesekali, penting juga bagi para pelaku usaha untuk menyegarkan pikiran. Sejenak melepaskan diri dari masalah pekerjaan seperti strategi pengembangan bisnis dan semacamnya, atau sekadar meringankan sedikit beban kerja otak dan membebaskan imajinasi mengikuti cerita yang tengah dibaca. Setelahnya, siapa tahu justru ada hasil imajinasi yang bisa memberikan ide program promosi baru yang bisa dilakukan untuk meningkatkan angka penjualan, bukan?

Agar waktu relaksasi ini tidak terasa terbuang percuma, kamu bisa mencoba membaca beberapa novel yang direkomendasikan oleh pebisnis besar dunia. Bisa jadi dengan menikmati novel yang mereka baca, kamu juga bisa mengerti keputusan-keputusan bisnis yang mereka ambil untuk menjadi pebisnis yang sukses. Jadi, mari kita simak 4 novel yang direkomendasikan oleh Bill Gates, Mark Zuckerberg, Jeff Bezos, dan Elon Musk berikut!

 

1. The Heart, Novel Rekomendasi Bill Gates

Rekomendasi novel dari Bill Gates, The Heart karya Maylis de Kerangal

 

Pendiri Microsoft ini tidak hanya terkenal sebagai tokoh bisnis sukses dunia saja, lebih dari itu, Bill Gates juga terkenal sebagai orang yang sangat senang membaca. Buku apa pun akan dibacanya, mulai dari novel, buku tentang bisnis, jurnal sains, dan banyak lagi. Bill Gates juga kerap memberikan rekomendasi daftar bacaan, salah satunya adalah The Heart, novel karangan Maylis De Kerangal. Novel yang direkomendasikan oleh Bill Gates ini memenangkan banyak penghargaan dan sempat diadaptasi menjadi film, cocok untuk menghabiskan waktu senggang.

 

2. Lord of the Flies, Novel Rekomendasi Elon Musk

Rekomendasi novel dari Elon Musk, Lord of the Flies karangan Willianm Golding 

Siapa yang tak kenal dengan Elon Musk, pengusaha sukses yang menelurkan Tesla, mobil listrik ramah lingkungan? Elon Musk sempat merekomendasikan beberapa judul buku, salah satu yang menarik adalah novel Lord of the Flies karangan William Golding, penulis pemenang Nobel. Novel yang berkisah tentang sekumpulan remaja yang terdampar di pulau tak berpenghuni ini menyimpan banyak sekali pesan moral. Tak heran jika Elon Musk lantas merekomendasikannya sebagai bacaan yang patut dicoba.

 

3. The Remains of the Day, Novel Rekomendasi Jeff Bezos

Novel rekomendasi Jeff Bezos, The Remains of the Day karangan Kazuo Ishiguro

Jeff Bezos, pendiri Amazon dengan strategi pengembangan bisnisnya yang mengagumkan, memilih novel berjudul The Remains of the Day karangan Kazuo Ishiguro sebagai cerita fiksi rekomendasinya. Nama Kazuo Ishiguro sendiri sudah tak asing di dunia literasi. Novelnya yang berjudul Never Let Me Go menuai kepopuleran yang tinggi hingga akhirnya diangkat menjadi film. Sementara itu, The Remains of the Day sendiri juga tak kalah populer. Ceritanya yang penuh pelajaran dalam kemasan dunia di tahun 1920-1930 membuatnya menjadi salah satu novel yang wajib masuk dalam daftar bacaanmu.

 

4. Orwell's Revenge, Novel Rekomendasi Mark Zuckerberg

Novel rekomendasi Mark Zuckerberg, Orwell’s Revenge karangan Peter Huber

Di antara nama-nama lainnya di atas, Mark Zuckerberg memang yang paling muda usianya, tetapi capaian bisnisnya bersama Facebook jelas tak bisa diabaikan begitu saja. Mark merekomendasikan Orwell's Revenge karangan Peter Huber. Orwell's Revenge bisa dibilang sebagai upaya Huber dalam melanjutkan imajinasi dalam dunia 1984 karangan George Orwell yang terkenal. Pendiri Facebook tersebut menyukai Orwell's Revenge yang ceritanya membuatnya berpikir tentang manfaat Internet bagi kehidupan masyarakat umum.

Rekomendasi novel dari 4 tokoh bisnis dunia yang sangat menginspirasi ini bisa menjadi pilihan yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu. Jika empat pebisnis dunia di atas banyak mengambil inspirasi kesuksesan mereka dari novel-novel ini, tak ada salahnya untuk menirunya, kan?

 

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

Inilah 7 Keuntungan Menggunakan Strategi Omnichannel!
Setiap bisnis tidak bisa lagi mengabaikan revolusi digital sehingga sudah saatnya bisnis menerapkan strategi omnichannel.
Rekomendasi Pemberian Customer Reward untuk Loyalty Program
Customer reward umumnya diberikan kepada pelanggan setia sebuah bisnis, reward apa sajakah yang bisa ditawarkan pada mereka?
3 Loyalty Program dari Beauty Brand yang Bisa Kamu Tiru
Loyalty program bisa menjadi strategi membangun basis pelanggan setia. Nah, beberapa model program loyalitas pelanggan ini dapat menjadi inspirasi.
Keberhasilan UMKM Membuka Peluang Kerja di Masa Pandemi
UMKM terbukti mampu menyerap dan membuka peluang kerja baru dari berbagai bidang di masa pandemi ini