Menjaga tingkat kepuasan pelanggan tetap tinggi merupakan hal yang penting dalam pengembangan bisnis, salah satu caranya dengan mengolah data penjualan sebaik mungkin untuk memastikan pelanggan selalu puas dengan layanan yang diberikan. Dalam hal ini, kata kuncinya adalah retensi pelanggan, yaitu ukuran di mana pelanggan yang pernah melakukan transaksi di tempat usahamu, kembali lagi untuk melakukan transaksi-transaksi berikutnya. Keadaan ini tentunya tidak akan mungkin tercapai jika tingkat kepuasan pelanggan terlalu rendah, bukan? Tenang, agar pengembangan bisnismu berlangsung lancar, kamu bisa memanfaatkan analisis laporan penjualan dalam membantu menjaga retensi, kok!
Jadikan laporan penjualan sebagai survei pelanggan
Mengetahui apa yang diinginkan oleh pelanggan adalah langkah pertama yang dibutuhkan untuk memastikan mereka selalu puas dan terus kembali berbelanja di tempat usahamu. Kamu bisa mencari tahu apa saja yang perlu dilakukan atau ditingkatkan untuk membuat pelanggan tertarik dengan bisnismu melalui survei pelanggan. Namun, jika kamu tidak memiliki banyak waktu dan tenaga untuk mengadakan survei semacam ini, kamu bisa membuat hasil survei sederhana dengan mengamati laporan penjualan bisnismu. Dari laporan tersebut, kamu bisa mengetahui produk apa saja yang banyak diminati dan apa yang kurang laku, kapan waktu yang ramai untuk bisnismu, maupun preferensi-preferensi lainnya yang mereka miliki.
Tawarkan program keanggotaan
Melalui laporan penjualan yang lengkap dan rinci, kamu bisa mengetahui sesering apa seorang pelanggan melakukan transaksi di tempatmu. Data ini bisa kamu jadikan amunisi saat menawarkan program keanggotan yang dapat membantu menjaga tingkat retensi pelanggan. Sebagai contoh, kamu bisa mengatakan, "Saya lihat bapak/ibu senang berbelanja produk A? Tidak ingin jadi anggota sekalian, jadi kalau ada info terbaru soal produk A, bapak/ibu bisa langsung tahu." Selain memberikan nilai tambah bagi pelanggan yang merasa diperhatikan, banyaknya pelanggan yang masuk dalam program keanggotaan juga dapat menjadi indikator keberhasilan pengembangan bisnismu. Terlebih lagi, dengan adanya sistem keanggotaan, kamu juga akan lebih mudah dalam mengadakan survei pelanggan di kemudian hari, kan?
Merancang program promo sesuai laporan penjualan
Tak perlu diragukan lagi, promo maupun diskon merupakan daya tarik utama yang mampu mendorong angka penjualan. Namun, jangan asal merancang program promo, ya! Gunakan data-data serta laporan penjualan untuk memastikan promo yang tengah kamu rancang dapat dilakukan dengan seefisien serta seefektif mungkin. Perhatikan laporan penjualanmu untuk mengetahui apa produk yang perlu diberi insentif dengan promo, atau produk apa yang saat ini paling menarik dan dapat dimaksimalkan lagi penjualannya. Dengan jenis promo yang sesuai, tingkat kepuasan pelanggan pun dapat dijaga tetap tinggi.
Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari data penjualan yang baik, mulai dari membuat survei pelanggan, menawarkan program keanggotaan dan promo, serta secara garis besar mengetahui arah perkembangan bisnis yang dijalankan. Namun, tentu saja laporan penjualan tersebut tidak akan banyak berguna jika tidak dibuat dengan serapi dan sebaik mungkin. Tenang saja, kamu tak perlu khawatir. Gunakan aplikasi majoo yang dapat mencatat setiap transaksi dengan akurat secara otomatis, sehingga kamu pun dapat dengan lebih mudah melakukan analisis data yang diperlukan untuk mengembangkan bisnismu.