Beri Sentuhan Personal pada Bisnis dengan Fitur Keanggotaan

Penulis Ajar Pamungkas
22 November 2020

article thumbnail

Salah satu relasi bisnis yang harus dijaga adalah pelanggan

Tak ada yang lebih baik bagi pengembangan usaha selain relasi bisnis yang puas dengan apa yang kita sajikan. Relasi bagi pelaku usaha kecil, menengah, atau besar, bisa siapa saja. Bisa investor yang memberi kucuran dana, rekanan yang berjuang bersama membesarkan bisnis, karyawan, maupun pelanggan. Bagi pelaku usaha kecil dan menengah, khususnya yang memang membangun usahanya sendiri tanpa rekanan, relasi yang paling penting untuk dijaga adalah dengan pelanggan. Untuk ini, ada beberapa hal yang bisa dilakukan:

1. Berikan sentuhan personal pada pelanggan

Bicara tentang bisnis umumnya akan banyak membahas angka-angka dan strategi. Oleh karena itu, kamu bisa memberikan nilai lebih bagi bisnismu dengan melepaskan angka-angka serta strategi tersebut dari pelangganmu. Berikan sentuhan personal yang membuatmu mereka tidak merasa sebatas angka dalam laporan penjualanmu saja. Langkah ini mungkin memang sedikit merepotkan, karena setiap orang tentu memiliki karakternya masing-masing, sehingga pendekatan yang diperlukan untuk setiap pelanggan mungkin akan berbeda pula. Namun, setidaknya, kamu bisa mencoba mengucapkan terima kasih setiap kali mereka menyelesaikan sebuah transaksi, kan? Lebih bagus lagi jika kamu bisa mengingat dan menyebutkan nama pelangganmu dengan tepat.

2. Tentukan prioritas pelanggan dengan sistem keanggotaan

Menyenangkan setiap pelanggan yang datang ke tempat usahamu memang penting, tetapi bukan berarti mudah untuk dilakukan. Dibanding menghabiskan banyak biaya untuk melakukannya, kamu bisa memfokuskan perhatianmu pada pelanggan yang benar-benar penting bagi bisnismu. Cara paling mudah untuk melakukannya adalah dengan membuat sistem keanggotaan, sehingga kamu bisa mengenali pelanggan-pelanggan setiamu secara ringkas dan mudah. Di samping itu, dengan bergabung dalam sistem keanggotaan ini, kamu bisa mengumpulkan data pribadi pelanggan setiamu seperti nama dan alamat kontak yang dapat membantumu memberikan sentuhan personal sebagai nilai tambah bagi bisnismu.

3. Adakan promo manfaat sesuai dengan tingkat keanggotaan pelanggan

Jika sudah ada sistem keanggotaan, kamu dapat menggabungkan sentuhan personal dengan strategi bisnis. Salah satu caranya adalah dengan membagi setiap pelanggan dalam sistem keanggotaanmu sesuai dengan tingkat transaksinya. Secara umum, pelanggan akan menerima manfaat sistem keanggotan seperti promo dan potongan harga khusus anggota. Namun, pelanggan dengan tingkat transaksi yang lebih tinggi bisa dibuat memenuhi syarat untuk mendapatkan potongan harga yang lebih besar juga. Selain itu, kamu juga bisa mengirimkan bingkisan pribadi atau hampers untuk pelanggan dengan nilai transaksi tertentu. Dengan cara ini, selain pelanggan merasa diperhatikan olehmu, mereka juga akan terdorong untuk meningkatkan transaksi bisnisnya denganmu agar dapat memperoleh manfaat anggota yang lebih banyak lagi.

 

Relasi bisnis yang baik dengan pelanggan adalah kunci pengembangan usaha

Dengan adanya fitur keanggotaan, mudah bagimu untuk menentukan pelanggan dengan relasi bisnis yang mana yang penting untuk dipertahankan tingkat kepuasannya. Bagaimanapun juga, pelanggan yang puas adalah kunci bagi pengembangan bisnis yang sukses. Kamu tak perlu merasa repot atau kesulitan, manfaatkan fitur keanggotaan yang dimiliki oleh aplikasi majoo untuk membantumu mengelola pelanggan bisnismu. Mudah, bukan?

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
Selamat datang di majoo 👋 Hubungi konsultan kami untuk pertanyaan dan info penawaran menarik
whatsapp logo