Pentingnya Menjaga Loyalitas Konsumen Tetap Tinggi

Menjaga tingkat loyalitas konsumen dapat mencari cara termudah dalam memajukan bisnis. Produk paling menarik sekalipun angka penjualannya dapat menurun jika pelanggan tidak merasa puas dengan keseluruhan proses transaksi yang harus dilalui untuk menikmati produk tersebut. Selain memberikan sejumlah keuntungan yang esensial untuk meningkatkan pendapatan, tingginya kepuasan pelanggan juga akan membantumu menghindari ulasan yang buruk.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memastikan tingkat kepuasaan terhadap suatu produk atau layanan tetap terjaga:

1. Secara berkala memberikan program promo

Potongan harga spesial merupakan cara andal untuk mendorong angka penjualan. Namun, memberikan harga khusus setiap waktu tentu juga tidak baik. Oleh karena itu, adakan program-program promo pada waktu-waktu tertentu saja. Selain memastikan alur pendapatan tidak terganggu, program promo dengan waktu yang terbatas juga mendorong pelanggan untuk melakukan pembelian pada saat itu juga. Pelanggan juga mendapat kepuasan tambahan karena mendapatkan produk berkualitas dengan harga yang bagus, sehingga pelanggan tersebut tertarik untuk menanti periode promo berikutnya.

2. Menyediakan kotak kritik dan saran

 

Pentingnya Menjaga Loyalitas Konsumen Tetap Tinggi dalam Memasarkan Produk

Mengenali konsumen merupakan salah satu kunci agar bisnis dapat terus maju. Salah satu caranya adalah dengan menyediakan kotak kritik dan saran. Tentunya, di zaman yang serba digital ini, kotak kritik dan saran tidak perlu harus berbentuk kotak fisik. Gunakan sejumlah aplikasi atau platform-platform online untuk mengetahui keinginan pelanggan dengan baik. Dengan melakukan ini, kamu bisa memberikan jaminan kepada pelanggan bahwa suara mereka didengar dan benar-benar dipertimbangkan dengan baik saat kamu mengembangkan bisnismu. Selain memunculkan rasa memiliki di hati pelanggan, cara ini juga dapat membantumu dalam menyediakan layanan yang lebih baik serta lebih sesuai dengan keinginan pelanggan-pelanggan yang kamu miliki.

3. Mengadakan program keanggotaan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan

Adanya program keanggotaan bukan hanya mempermudah pelaku usaha memberikan informasi penawaran khusus bagi pelanggan setia, program ini juga banyak disukai karena dapat dimanfaatkan untuk mengukur tingkat kepuasan konsumen. Program keanggotaan yang baik bisa membuat konsumen merasa eksklusif dan diistimewakan, sekaligus memberi wawasan bisnis penting bagi pelaku usaha dalam mengenali perilaku transaksi pelanggan. Sebagai contoh, ketika pelanggan mendaftar dalam program keanggotaan, dia tidak hanya mendapatkan potongan harga khusus anggota, tetapi setiap transaksinya juga dicatat dengan baik sehingga pelaku usaha dapat mengetahui produk seperti apa yang kerap dibeli oleh pelanggan tersebut, dan dapat menawarkan promo atau produk lain yang mungkin disukai olehnya berdasarkan data tersebut. Dengan demikian, pelanggan akan merasa diingat dan diperhatikan, sehingga tingkat kepuasan pelanggan tersebut pun akan tetap tinggi.

4. Menyederhanakan alur bisnis

Tidak ada pelanggan yang suka dengan proses yang berbelit-belit. Oleh karena itu, menyajikan alur bisnis yang sederhana membantu membuat pelanggan merasa puas dengan layanan yang diterima. Mengatur alur bisnis dan mengelolanya dengan sederhana merupakan kunci agar pelanggan dapat melakukan pembelian semudah mungkin. Hindari alur bisnis yang memang tidak diperlukan, karena proses bisnis yang sederhana juga dapat mempermudah karyawan untuk melayani pelanggan. Dengan pelayanan yang prima dan tak berbelit-belit, pelanggan pun tak akan segan memberikan penilaian yang positif.

Menjaga loyalitas konsumen tetap tinggi sangatlah penting untuk memastikan agar bisnis dapat terus maju dan berkembang. Bagaimana tidak, mulai dari memberikan beragam promo menarik, menyusun strategi berdasarkan masukan serta data pelanggan, hingga menyederhanakan alur bisnis, semuanya dilakukan dengan kepuasan pelanggan sebagai fokusnya utamanya. Bagaimanapun, pelanggan yang puas merupakan kunci dari bisnis yang sukses. Tidak heran jika aplikasi wirausaha seperti majoo banyak digunakan untuk membantu menyusun program loyalitas yang menarik bagi pelanggan.

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

5 Tips Melakukan Inovasi Bisnis agar Usahamu Lebih Sukses

Inovasi bisnis penting untuk dilakukan secara terus menerus agar sebuah usaha tidak mengalami kekalahan dalam persaingan bisnis.

QRIS, Satu Langkah Penting Menuju Digitalisasi Bisnis!

QRIS agar pelanggan dapat melakukan pembayaran nontunai dengan mudah merupakan langkah yang tak boleh terlewat bila ingin melakukan digitalisasi bisnis!

majoo Maxima: Aplikasi Kasir + GrabFood untuk Bisnis Kuliner

majoo Maxima merupakan bundling majoo dengan GrabFood. Untuk kamu yang memiliki bisnis F&B, adanya fitur ini semakin mempermudah bisnismu.

Mau Inovasi Bisnis? Jangan Lupakan Hal-Hal Ini!

Setelah bisnis berjalan, pebisnis perlu melakukan inovasi untuk kelangsungan bisnisnya. Inovasi bisnis ini harus dilakukan dengan banyak pertimbangan.
Whatsapp