Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Mengapa Konsumen Dianggap Sebagai Raja?

    Melayani konsumen dengan baik adalah salah satu cara yang bisa disebut sebagai memperlakukan konsumen sebagai raja 

    'Konsumen adalah Raja', istilah ini sudah sangat sering terdengar di dunia bisnis. Para pelaku bisnis dituntut untuk selalu bisa memberi pelayanan terbaik kepada konsumen. Pelayanan ini dilakukan dengan bersikap ramah, selalu tersenyum, informatif, dan sabar dalam menghadapi konsumen. Jika tidak dilayani dengan baik, maka konsumen akan meninggalkan produk atau jasa yang ditawarkan  tersebut dan pelaku bisnis pun akan mengalami kerugian.

     

    Tapi mengapa sampai bisa muncul istilah 'Konsumen adalah Raja'? Kemungkinan terbesar hal ini didasarkan pada hak-hak konsumen yang sudah umum kamu ketahui.

     

    Beberapa di antaranya adalah:

    1. Konsumen berhak untuk memilih dan mendapatkan produk atau jasa sesuai dengan nilai tukar dan kondisi serta jaminan yang dijanjikan.

    2. Konsumen berhak untuk mendapatkan informasi yang benar, jelas, dan jujur tentang kondisi dan jaminan produk atau jasa yang dibeli.

    3. Konsumen berhak untuk mendapatkan perlakukan dan pelayanan yang benar dan jujur serta tidak diskriminatif.

    4. Konsumen berhak untuk didengar pendapat dan keluhannya terkait produk atau jasa yang sudah dibeli.

    5. Konsumen berhak mendapatkan kompensasi, ganti rugi, dan/atau penggantian, jika produk atau jasa yang diterima tidak sesuai dengan semestinya.

    6. Konsumen memiliki hak atas kenyamanan, keamanan, dan keselamatan dalam penggunaan produk maupun jasa.


    Dari enam poin di atas bisa kita lihat bahwa memang hak para konsumen dijunjung tinggi dalam dunia bisnis. Konsumen adalah nyawa bisnis, bila tidak ada konsumen maka bisnis yang kamu jalankan tidak akan maju. 

     Persaingan dunia bisnis yang semakin tinggi menuntut pebisnis untuk memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada konsumen

     

    Memang benar adanya bahwa dasar keberhasilan para pelaku bisnis ada di tangan konsumen. Persaingan dunia bisnis yang semakin tinggi menuntut pelayanan sebaik-baiknya kepada konsumen dan hal ini tidak bisa dibantah oleh pelaku bisnis. Lalu apakah semua konsumen dianggap raja oleh pelaku bisnis?

     

    Definisi seorang raja adalah penguasa yang bisa memerintahkan apa saja dan itu harus ditaati. Jika para pelaku bisnis benar-benar menganggap konsumen adalah raja dan selalu menuruti semua permintaan dan kemauan dari konsumen, maka jangan salahkan jika suatu saat bisnis itu akan kolaps.

     

    Sebaiknya jangan samakan konsumen dan raja, karena keduanya punya definisi yang jauh berbeda. Jika ada konsumen yang salah, maka silakan ditegur saja. Tidak perlu sungkan dan takut asalkan teguran dari kamu masih menggunakan kalimat yang sopan dan tidak terkesan menyerang konsumen. Karena pebisnis selayaknya tetap menerapkan sistem dan peraturannya sendiri. Dan sebuah peraturan yang sudah berjalan dalam dunia bisnis sepatutnya ditaati oleh pelaku bisnis maupun konsumen.

     

    Seiring perkembangan zaman, jargon 'Konsumen adalah Raja' memang sudah tidak relevan lagi. Bahkan Hermawan Kartajaya yang merupakan co-writer dari buku Marketing 4.0: From Products to Customers to the Human Spirit menyebutkan bahwa 'Konsumen adalah Kawan'. Karena bila konsumen lebih dianggap sebagai kawan, maka derajat pelaku bisnis dan konsumen akan menjadi sama. Baik pelaku bisnis maupun konsumen memiliki hak dan kewajiban masing-masing. Jadi, benar-benar dibutuhkan timbal balik yang seimbang dari kedua belah pihak.

     

    Jadi apakah konsep 'Konsumen adalah Raja' itu masih berlaku? Bisa. Tapi hanya berlaku untuk para konsumen yang menghargai pemilik bisnis dan menganggap mereka adalah raja juga.

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    4 Alasan Membagikan Data KTP Penting untuk Keamanan Akun majoo Kamu
    Majoo berkomitmen memberi pelayanan terbaik dan jaminan keamanan kepada setiap pengguna, dan memastikan kamu bisa mengelola bisnis dengan aman dan nyaman.
    5 Daerah Penghasil Biji Kopi Terbaik di Indonesia
    Indonesia berada di urutan nomor 4 negara penghasil kopi terbanyak di dunia. Di daerah mana saja hadir biji kopi terbaik dari Indonesia?
    Toko Furniture Lokal, Jawaban Kebutuhan Interior Bisnis
    Kebutuhan interior untuk kantor, kafe, atau ruang bisnis lainnya kini sudah bisa dipenuhi dengan produk dari toko furniture lokal.
    Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Inovasi Produk, Dari A-Z
    Untuk bisa bertahan dan maju di tengah persaingan, kamu perlu melakukan inovasi produk, baik meluncurkan produk baru maupun menambahkan fitur.