Ini Keuntungan Menerapkan Sistem Order Online

Penulis Nisa Destiana
26 December 2020

article thumbnail



Sebelumnya, penerapan sistem order online benar-benar bersifat opsional. Namun dengan adanya pandemi yang berkepanjangan, setiap pemilik usaha tampaknya perlu menerapkan sistem ini. Meskipun demikian, keuntungan yang diberikan bukan semata-mata terkait keamanan dan kesehatan, melainkan juga efisiensi operasional bisnis.

 

Keuntungan sistem order online bagi bisnis

Secara umum, sistem pemesanan online akan mengoptimalkan operasional bisnis harian. Selain menjadikan operasional lebih efisien, sistem tersebut juga berperan mengurangi terjadinya kesalahan dan menekan kemungkinan adanya duplikasi pesanan.

 

Ada banyak waktu yang dapat dihemat dan peluang yang dapat dibuka dengan penerapan sistem order online. Sebagai contoh, restoran dapat menggunakan weblink untuk membagikan menu melalui Whatsapp atau media digital lainnya. Dengan demikian, pesanan yang diterima bisa sesuai dan minim kesalahan karena konsumen menuliskan atau memilih sendiri pesanannya.

 

Dari segi pembayaran, sistem order online juga sangat efisien. Sistem ini dapat terhubung dengan e-wallet sehingga transaksi dapat diselesaikan dengan mudah. Pencatatan penjualan pun makin praktis sebab langsung terhubung dengan aplikasi POS.

 

Pelanggan juga diuntungkan oleh sistem order online

Perlu dipahami, penerapan sistem pemesanan online tidak hanya baik bagi bisnis, tetapi juga menguntungkan untuk pelanggan. Sistem tersebut akan memberikan layanan yang cepat dan nyaman untuk konsumen.



Dengan sistem pemesanan online, konsumen dapat membuat pesanan kapan saja, sesuai dengan waktu senggang mereka. Bahkan, konsumen dapat memesan produk sambil menyelesaikan pekerjaannya. Misal, konsumen memesan makan siang di tengah kesibukan menyelesaikan laporan bulanan. Di saat bersamaan, laporan dapat diselesaikan dan urusan makan siang pun terpenuhi.

 

Di samping itu, biasanya pelanggan dapat memeriksa status pesanannya dengan mudah melalui aplikasi atau website. Hal ini penting sekali, terlebih bila bisnis kamu merupakan jenis B2B atau business to business. Mengapa demikian?

 

Dalam bisnis, pengelolaan inventori termasuk bagian yang sangat menantang. Pemilik bisnis ingin memiliki stok produk yang cukup, tetapi tidak ingin stok terlalu menumpuk. Oleh sebab itu, informasi terkait status pesanan dan estimasi tibanya produk yang dapat diakses dengan mudah menjadi krusial bagi pelanggan. Dengan mengetahui perkiraan tibanya produk, konsumen yang notabene merupakan entitas bisnis dapat mengelola inventori dengan lebih baik.

 

Terakhir, tetapi tidak kalah penting terkait ketepatan order. Seperti yang telah disebutkan, konsumen dapat memesan atau memilih produk secara langsung. Jadi, kemungkinan kekeliruan pencatatan pesanan sangat minim. Hal ini jelas erat kaitannya dengan kepuasan pelanggan.

 

Dari penjelasan di atas, dapat dilihat bahwa sistem pemesanan online sebetulnya berdampak baik bagi banyak aspek. Bukan hanya kamu sebagai pemilik yang merasakan manfaatnya, konsumen pun sangat terbantu. Apakah bisnis kamu sudah mulai menerapkan sistem pemesanan online?


Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
Selamat datang di majoo 👋 Hubungi konsultan kami untuk pertanyaan dan info penawaran menarik
whatsapp logo