Perhatian Istimewa Untuk Pelanggan Setia



Momen hari valentine sering kali jadi pengingat untuk menunjukkan rasa cinta. Waktu yang dianggap tepat untuk menyatakan perhatian dan kepedulian. Meskipun momen ini kerap dikaitkan dengan ekspresi cinta dan perhatian untuk pasangan, valentine day layak dirayakan oleh setiap hubungan secara umum.

 

Nah, hubungan antara bisnis dengan konsumen pun patut menerima perhatian ekstra pada hari kasih sayang ini. Tentunya, pengertian bahwa hubungan baik dengan konsumen itu penting bagi setiap bisnis bukanlah hal baru. Seperti semua hubungan, relasi bisnis dengan pelanggan setia juga perlu dirawat. Karena itu, jadikan momen valentine sebagai ajang menunjukkan perhatian kamu kepada para pelanggan  

 

Kenali pelanggan dengan cara yang tidak bisa dilakukan bisnis besar

Sebagai pemilik usaha kecil, kamu sebetulnya diuntungkan karena mungkin mengetahui nama pelanggan, pesanan favorit mereka, bahkan akun media sosialnya. Informasi tersebut merupakan modal untuk memasukkan sentuhan personal dalam relasi bisnis. Sentuhan personal inilah yang akan diingat oleh pelanggan dan menjadikan hubungan dengan bisnis makin solid.

 

Tidak hanya itu, pada hari valentine kamu bisa membawa kedekatan tersebut ke level berikutnya. Hubungi pelanggan melalui direct message atau email dengan pesan personal seperti yang mungkin kamu kirimkan kepada teman baik. Kamu juga boleh menyisipkan rekomendasi produk atau informasi promo asal disesuaikan dengan preferensi pelanggan. Jadi, pelanggan akan mengetahui bahwa pesan tersebut memang spesifik ditujukan kepadanya.


 

Tunjukkan kepedulian kepada pelanggan setia secara nyata

Masih terkait dengan poin sebelumnya, pastikan kamu mengapresiasi dukungan pelanggan terhadap bisnis dalam email  atau direct message yang kamu kirim. Salah satu cara yang sangat mudah adalah ucapkan terima kasih. Sebagai bentuk cinta, kamu juga bisa memberikan kupon atau diskon eksklusif untuk pelanggan setia.

 

Di luar cara tersebut, kamu juga bisa menunjukkan perhatian melalui interaksi media sosial. Sebagai contoh, kamu bisa mengucapkan terima kasih atas support pelanggan sambil tag akunnya. Jangan lupa rekomendasikan follower akun bisnismu untuk mengikuti akun pelanggan tersebut. Tindakan sederhana yang akan terasa berarti bagi pelanggan.

 

Berikan fasilitas istimewa untuk pelanggan setia

Disadari atau tidak, pelanggan merupakan sumber daya terbaik untuk memasarkan bisnis. Melalui informasi dari mulut ke mulut, konsumen baru dapat berdatangan. Sebab itu, kamu perlu mengenal baik mereka sehingga konsumen menjadi sangat setia dengan bisnismu.

 

Jaga hubungan baik dengan pelanggan setia dengan memberikan frequent card atau program loyalti khusus. Ingat kembali, seperti semua hubungan lain, relasi bisnis juga perlu dirawat dan dijaga. Tidak ubahnya pasangan, pelanggan juga perlu diberikan hadiah dan hak-hak istimewa supaya terus merasa spesial. Dengan begitu, mereka akan sangat setia. Selamat mencoba dan selamat hari kasih sayang!

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

21 Januari 2022
SDM Kompeten, UMKM Kian Paten
Online
Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

4 Bidang UMKM yang Meraih Sukses Sepanjang Tahun 2021
Sepanjang tahun 2021, 4 bidang yang digerakkan UMKM ini bisa menyandang status sebagai bisnis sukses dan mampu bertahan. Apa saja bidang UMKM ini?
Melayani Pelanggan Setia Melalui Sistem Keanggotaan
Bagaimana melayani pelanggan setia secara maksimal, tetapi juga tidak merepotkan? Mungkin program pelanggan setia bisa menjadi solusi yang patut dicoba!
Promosi Digital untuk Pemasaran Produk dan Jasa
Ada berbagai cara dalam melakukan kegiatan pemasaran produk dan jasa, salah satunya dengan memanfaatkan platform digital seperti media sosial.
Metode Pembayaran QRIS, Inilah Kelebihannya
Metode pembayaran dengan menggunakan QRIS bisa dipilih untuk menjaga jarak aman selama pandemi. Selain itu, cara ini juga lebih menguntungkan bagi bisnis.