Table of Content

    Perhatian Istimewa Untuk Pelanggan Setia



    Momen hari valentine sering kali jadi pengingat untuk menunjukkan rasa cinta. Waktu yang dianggap tepat untuk menyatakan perhatian dan kepedulian. Meskipun momen ini kerap dikaitkan dengan ekspresi cinta dan perhatian untuk pasangan, valentine day layak dirayakan oleh setiap hubungan secara umum.

     

    Nah, hubungan antara bisnis dengan konsumen pun patut menerima perhatian ekstra pada hari kasih sayang ini. Tentunya, pengertian bahwa hubungan baik dengan konsumen itu penting bagi setiap bisnis bukanlah hal baru. Seperti semua hubungan, relasi bisnis dengan pelanggan setia juga perlu dirawat. Karena itu, jadikan momen valentine sebagai ajang menunjukkan perhatian kamu kepada para pelanggan  

     

    Kenali pelanggan dengan cara yang tidak bisa dilakukan bisnis besar

    Sebagai pemilik usaha kecil, kamu sebetulnya diuntungkan karena mungkin mengetahui nama pelanggan, pesanan favorit mereka, bahkan akun media sosialnya. Informasi tersebut merupakan modal untuk memasukkan sentuhan personal dalam relasi bisnis. Sentuhan personal inilah yang akan diingat oleh pelanggan dan menjadikan hubungan dengan bisnis makin solid.

     

    Tidak hanya itu, pada hari valentine kamu bisa membawa kedekatan tersebut ke level berikutnya. Hubungi pelanggan melalui direct message atau email dengan pesan personal seperti yang mungkin kamu kirimkan kepada teman baik. Kamu juga boleh menyisipkan rekomendasi produk atau informasi promo asal disesuaikan dengan preferensi pelanggan. Jadi, pelanggan akan mengetahui bahwa pesan tersebut memang spesifik ditujukan kepadanya.


     

    Tunjukkan kepedulian kepada pelanggan setia secara nyata

    Masih terkait dengan poin sebelumnya, pastikan kamu mengapresiasi dukungan pelanggan terhadap bisnis dalam email  atau direct message yang kamu kirim. Salah satu cara yang sangat mudah adalah ucapkan terima kasih. Sebagai bentuk cinta, kamu juga bisa memberikan kupon atau diskon eksklusif untuk pelanggan setia.

     

    Di luar cara tersebut, kamu juga bisa menunjukkan perhatian melalui interaksi media sosial. Sebagai contoh, kamu bisa mengucapkan terima kasih atas support pelanggan sambil tag akunnya. Jangan lupa rekomendasikan follower akun bisnismu untuk mengikuti akun pelanggan tersebut. Tindakan sederhana yang akan terasa berarti bagi pelanggan.

     

    Berikan fasilitas istimewa untuk pelanggan setia

    Disadari atau tidak, pelanggan merupakan sumber daya terbaik untuk memasarkan bisnis. Melalui informasi dari mulut ke mulut, konsumen baru dapat berdatangan. Sebab itu, kamu perlu mengenal baik mereka sehingga konsumen menjadi sangat setia dengan bisnismu.

     

    Jaga hubungan baik dengan pelanggan setia dengan memberikan frequent card atau program loyalti khusus. Ingat kembali, seperti semua hubungan lain, relasi bisnis juga perlu dirawat dan dijaga. Tidak ubahnya pasangan, pelanggan juga perlu diberikan hadiah dan hak-hak istimewa supaya terus merasa spesial. Dengan begitu, mereka akan sangat setia. Selamat mencoba dan selamat hari kasih sayang!

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Mempertahankan Bisnis dengan Memanfaatkan e-Marketplace
    Berbagai e-Marketplace berlomba memberikan dukungan di platform mereka untuk pebisnis, dengan harapan agar ekonomi tetap bergerak di masa pandemi COVID-19.
    Online Shop: Bisnis Paling Tepat di Masa Pandemi
    Di masa pandemi, saat semuanya dibatasi, membuka atau mengalihkan bisnis menjadi online shop dianggap sebagai sebuah strategi bisnis yang tepat.
    Belajar dari Pandemi: 5 Catatan Penting untuk Pemilik Usaha
    Meski sulit, ada pelajaran berharga yang dapat diambil selama pandemi. Dengan memahami ini, pemilik usaha dapat bertahan dan bergerak maju.
    Marketplace Indonesia Ini Turut Dorong Pertumbuhan UMKM Lho!
    Marketplace Indonesia memegang peranan besar dalam mendukung perkembangan UMKM. Apa saja marketplace karya anak bangsa tersebut? Simak daftarnya di sini!