Table of Content

    • majoo blog
    • Tips
    • Perhatikan 4 Hal Ini, Saat Memilih Lokasi untuk Car Wash

    Perhatikan 4 Hal Ini, Saat Memilih Lokasi untuk Car Wash

    Pemilik bisnis baru sekalipun pasti mengerti bahwa lokasi itu sangat penting bagi sebuah usaha. Di samping berbagai faktor lain, lokasi memainkan peranan besar dalam menentukan sebuah bisnis akan berhasil atau gagal. Namun, meskipun hal ini dipahami oleh hampir semua orang, memilih lokasi yang tepat untuk sebuah bisnis bisa sangat menantang.

    Selain itu, tidak semua lokasi cocok untuk setiap jenis usaha. Misal suatu lokasi akan lebih cocok dan menguntungkan untuk dibuat restoran dibanding klinik kecantikan. Sama halnya dengan pemilihan lokasi untuk car wash. Ada banyak faktor yang menentukan sebuah lokasi cocok atau tidak untuk usaha cuci mobil.

    Lokasi lebih dari sebuah alamat. Untuk tujuan bisnis, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih lokasi tertentu, sebut saja di antaranya lalu lintas, lingkungan masyarakat sekitar, serta mudah dilihat.

    Berikut ini 4 tips untuk kamu, para pemilik usaha, yang sedang mencari lokasi yang tepat untuk bisnis cuci mobil.

    1. Lalu lintas yang padat

    Sebagai perhitungan sederhana, semakin padat lalu lintas di lokasi tersebut, akan semakin besar peluang untuk mendapatkan konsumen. Dan hal ini benar-benar berpengaruh untuk usaha cuci mobil. Sebab kebanyakan konsumen car wash memutuskan singgah untuk mencuci mobil secara impulsif. Itu sebabnya, lalu lintas yang padat akan berpeluang lebih besar menarik jenis pelanggan seperti ini.

    Pada akhirnya, usaha cuci mobil sangat bergantung pada seberapa banyak orang yang melihatnya, sehingga area dengan lalu lintas padat merupakan pertaruhan terbaik.

    Di sisi lain, bila lokasi kamu di area dengan lalu lintas yang relatif rendah, peluang adanya konsumen yang singgah saat tidak sengaja lewat, akan lebih kecil. Cara untuk mengatasinya, kamu memiliki pelanggan tetap. Tentu saja hal ini tidak mungkin bagi bisnis baru, lalu lintas yang tetap dan relatif tinggi merupakan salah satu kunci untuk membangun basis pelanggan.

    2. Demografi

    Ada beberapa hal yang perlu diingat ketika melihat demografi, yaitu usia, jenis kelamin, jumlah penghasilan, dan lain-lain, sehubungan dengan pemilihan lokasi yang tepat untuk usaha cuci mobil. Kamu tentu perlu mempertimbangkan terkait masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi yang ingin kamu pilih, namun ini bukan satu-satunya yang perlu dipertimbangkan.

    Kamu juga perlu menimbang soal orang-orang yang bekerja atau berkunjung ke area tersebut secara rutin. Orang yang bertempat tinggal di sekitar lokasi usaha cuci mobil milikmu, bukan satu-satunya calon pelanggan potensial.

    Dengan mengingat hal tersebut, jadi tipe orang atau lingkungan masyarakat seperti apa yang harus kamu incar? Kamu perlu memilih lokasi yang bukan hanya sering dikunjungi oleh pemilik mobil, tetapi juga lokasi yang berpeluang besar membuat pemilik mobil singgah untuk mencuci mobilnya. Bisa jadi sasaranmu adalah orang dengan usia yang matang atau berpenghasilan relatif tinggi, sebab mereka cenderung merawat kendaraan miliknya dengan baik.

    3. Mudah dilihat

    Lalu lintas yang padat dan demografi yang menjanjikan tentu baik untuk bisnis. Tapi hal tersebut tidak akan berarti apa-apa, jika bisnismu tidak mudah dilihat orang. Seperti telah disebutkan, banyak sekali konsumen pencucian mobil yang singgah secara impulsif. Itu artinya calon konsumen harus bisa melihat plang cuci mobil atau bangunan pencucian mobil milikmu dari jarak jauh.

    Terkait kemudahan bisnis milikmu untuk dilihat ini, memang kadang agak rumit. Kamu perlu memastikan bisnismu dapat dilihat orang semua orang yang lewat, tapi juga tidak terkesan berlebihan.

    4. Lingkungan sekitar yang menarik

    Saat memilih lokasi yang terbaik untuk pencucian mobil, kamu perlu berpikir lebih besar. Bukan hanya soal bisnis yang kamu miliki, tetapi juga potensi yang dimiliki oleh lingkungan sekitar lokasi yang kamu pilih. Kamu perlu memikirkan sebuah area dengan keberadaan bisnis lain yang mampu menarik pemilik mobil untuk singgah, sejalan dengan tujuanmu, meningkatkan jumlah kunjungan orang yang berpotensi mencuci mobil

    Sebagai contoh, ada area yang terkenal karena keberadaan sebuah restoran mewah di sana. Mungkin hal ini terdengar menarik, sebab akan banyak pemilik mobil yang singgah. Namun, perlu diingat juga bahwa sedikit sekali orang yang memutuskan mencuci mobil sambil menikmati makan malam mewah.

    Lokasi pencucian mobil sebaiknya ada di area di mana orang singgah secara singkat dan sibuk, pusat perbelanjaan misalnya. Tidak sedikit orang yang berpikir untuk mencuci mobil sambil mereka berbelanja stok kebutuhan bulanan. Dengan sekali singgah, orang akan senang bila dapat menyelesaikan dua pekerjaan sekaligus. Stok kebutuhan bulanan diperoleh dan mobil pun bersih.

    Lokasi di dekat bengkel atau toko suku cadang mobil juga cocok untuk usaha cuci mobil. Orang punya kecenderungan untuk mencuci mobil setelah melakukan perbaikan atau perawatan kendaraannya. Hanya saja, kamu perlu pastikan dulu bahwa bengkel tersebut tidak menyediakan fasilitas gratis pencucian mobil setelah service.

    Nah, sekarang kamu sudah tahu hal-hal penting yang perlu dipetimbangkan dalam memilih lokasi untuk pencucian mobil. Saatnya memulai riset untuk membangun bisnis impianmu. Pastikan juga lokasi yang kamu pilih sesuai dengan bujet yang kamu miliki ya!

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    5 Trik Tingkatkan Jualan Laris di eCommerce, Anti Gagal!
    Buat kamu yang sedang mempertimbangkan untuk melakukan ekspansi usaha dengan coba berjualan di marketplace, majoo punya beberapa tips ampuh yang bisa kamu coba. Yuk, simak!
    5 Cara Mudah Dapatkan Modal untuk Pengembangan Bisnis
    Dibandingkan dengan pengajuan modal konvensional melalui bank, pendanaan online lebih unggul dari segi kepraktisan.
    5 Taktik Jitu Memulai Bisnis Kuliner Online
    Apakah kamu tertarik memulai bisnis kuliner online? Kami siapkan lima taktik jitu untuk kamu simak!
    5 Alasan Mengapa Kamu Wajib Jualan di Instagram dan Tiktok Sekarang Juga!
    5 alasan mengapa bisnis kamu harus mencoba strategi pemasaran digital marketing platform Instagram dan Tiktok sekarang juga.