Table of Content

    Alasan Tersembunyi Konsumen Membeli Produk

    Harga ekonomis hanya salah satu faktor saja yang membuat konsumen membeli produk

    Selama satu dekade terakhir, teknologi dan e-commerce telah membuat biaya dan kenyamanan menjadi pertimbangan utama bagi konsumen. Harga yang murah, kemudahan, dan efisiensi terlihat sebagai motivator utama bagi konsumen dalam memilih toko, merek, dan produk.

     

    Sayangnya, perilaku konsumen tidak sesederhana itu. Konsumen melakukan transaksi dan menjadi pelanggan karena berbagai faktor. Faktor-faktor tersebut sangat variatif, tergantung pada usia, demografi, dan lain sebagainya.

     

    Banyak bisnis mengasumsikan bahwa konsumen hanya mencari harga ekonomis dan proses transaksi yang sangat sederhana. Hal ini tidak sepenuhnya keliru, tetapi tidak selalu benar.

     

    Gagal mengidentifikasi alasan konsumen atau calon konsumen membeli produkmu dapat berdampak buruk bagi brand. Di bawah ini, beberapa faktor yang memegang peran penting dalam memengaruhi keputusan konsumen.

     

    Sesuai dengan kepribadian atau prinsip

    Orang memiliki kecenderungan melakukan pembelian produk yang sesuai dengan dirinya atau dengan pribadi yang dicita-citakan, atau keduanya. Sebagai contoh, bagi brand fesyen eco friendly, konsumennya mungkin merupakan orang-orang yang peduli dengan kelestarian lingkungan. Grup konsumen ini cenderung membuat keputusan membeli secara sadar.

     

    Pertanyaannya, siapa konsumenmu? Mereka ingin menjadi pribadi seperti apa? Analisis dan pahami hal tersebut.  

     

    Poin berharga

    Hal yang dianggap berharga ini bersifat individual. Setiap grup konsumen dapat memiliki kecenderungan yang sangat berbeda. Misal, konsumen e-commerce mungkin sangat mementingkan kemudahan dan harga yang kompetitif. Namun, konsumen produk perawatan tubuh natural lebih mengutamakan sumber bahan yang asli dan dapat dipercaya. Harga ekonomis dan kemudahan kurang relevan bagi grup konsumen ini.

     

    Jadi, kita tidak bisa menganggap poin yang berharga bagi konsumen tertentu, berlaku untuk semua konsumen. Maka, kenali sektor bisnismu dan temukan poin berharga yang memengaruhi perilaku konsumen pada sektor tersebut.

     

    Ada banyak faktor yang memengaruhi keputusan konsumen 

    Pengalaman

    Sangat mudah untuk lupa bahwa produk atau toko merupakan pengalaman. Konsumen harus merasa senang saat menggunakan produk atau berkunjung ke toko.

     

    Apple merupakan salah satu contoh ideal tentang betapa berpengaruhnya pengalaman penggunaan produk. Sebelum Apple memperkenalkan produk dengan desain menawan, tampilan dan nuansa dari produk teknologi sering diabaikan. Peluang ini ditangkap dengan baik oleh Apple dan brand ini berhasil memiliki basis konsumen yang sangat loyal. Nah, kamu juga perlu menimbang terkait pengalaman konsumen, baik terkait produk maupun toko.

     

    Perasaan terhubung

    Sadarkah kamu bahwa konsumen dapat membeli produk karena perasaan terhubung? Merasa terhubung dengan orang lain yang membeli produk serupa. Mungkin kamu dapat melihat bagaimana konsumen saling berinteraksi di laman media sosial karena mereka membeli produk yang sama.

     

    Contoh lain yang lebih nyata, merek-merek kendaraan tertentu rutin melakukan gathering. Alasan ini bisa sangat tersembunyi, bahwa keputusan konsumen membeli produk karena membuat mereka merasa menjadi bagian dari sesuatu yang lebih besar, sebuah komunitas misalnya.

     

    Kualitas produk

    Harga ekonomis dan kemudahan sering kali memicu kompromi dalam hal kualitas produk. Bila kamu memainkan strategi harga rendah, sedangkan konsumen sebenarnya tergerak membeli karena kualitas, kamu akan kehilangan mereka.

     

    Banyak brand-brand mewah yang tetap berjaya karena konsumen mereka memang peduli dengan pengerjaan yang baik atau bahan premium. Jadi, sebaiknya kamu tidak mengorbankan kualitas hanya demi harga jual ekonomis. Harga bukanlah satu-satunya faktor yang menggerakkan konsumen membuat keputusan membeli.

     

    Mampu memenuhi kebutuhan

    Kita dapat melihat bahwa bisnis makin inovatif. Banyak sekali ide brilian yang dihasilkan oleh para pemilik bisnis dewasa ini. Namun, kamu perlu ingat, hal tersebut tidak akan berdampak apa-apa bila produk tidak memenuhi kebutuhan.

     

    Kebutuhan memainkan peran besar dalam perilaku konsumen. Temukan kebutuhan tersebut di dalam diri konsumen dan jadikan hal tersebut prioritas. Misal, bila kamu menemukan ada sekelompok konsumen yang merasa perlu untuk mengonsumsi makanan sehat dan alami, maka menyajikan produk clean eating mungkin akan sangat menguntungkan.

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    4 Alasan Membagikan Data KTP Penting untuk Keamanan Akun majoo Kamu
    Majoo berkomitmen memberi pelayanan terbaik dan jaminan keamanan kepada setiap pengguna, dan memastikan kamu bisa mengelola bisnis dengan aman dan nyaman.
    5 Daerah Penghasil Biji Kopi Terbaik di Indonesia
    Indonesia berada di urutan nomor 4 negara penghasil kopi terbanyak di dunia. Di daerah mana saja hadir biji kopi terbaik dari Indonesia?
    Toko Furniture Lokal, Jawaban Kebutuhan Interior Bisnis
    Kebutuhan interior untuk kantor, kafe, atau ruang bisnis lainnya kini sudah bisa dipenuhi dengan produk dari toko furniture lokal.
    Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Inovasi Produk, Dari A-Z
    Untuk bisa bertahan dan maju di tengah persaingan, kamu perlu melakukan inovasi produk, baik meluncurkan produk baru maupun menambahkan fitur.