Belum lama ini, umat Islam baru saja merayakan Idulfitri. Sebagai penanda berakhirnya Ramadan, perayaan hari Lebaran identik sekali dengan makanan. Karena itu, dengan persiapan yang tepat, kamu bisa meningkatkan penjualan restoran selama libur Lebaran.
Banyak orang mengambil libur panjang setelah Idulfitri. Pada momen tersebut, sebagian besar memilih makan di restoran. Alasan pertama, dalam rangka merayakan momen hari kemenangan.
Alasan lainnya, banyak orang mengunjungi keluarga atau kerabat sehingga kemungkinan besar akan makan di restoran selama melakukan perjalanan. Tak sedikit juga orang yang menikmati makanan di rumah sanak atau kerabat dengan memesan makanan melalui layanan food delivery.
Nah, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar penjualan bisnis restoranmu meningkat waktu libur Lebaran.
Berikan Pengalaman Terbaik untuk Pelanggan Melalui Fitur Omnichannel
Seperti telah disebutkan sebelumnya, memang cukup banyak orang yang makan di restoran saat libur Idulfitri. Namun, tak jarang juga yang memilih memesan makanan dan menikmatinya di rumah kerabat agar suasana makan lebih leluasa dan akrab.
Dengan kata lain, dari sisi pemilik usaha, kamu perlu mengoptimalkan semua kanal penjualan, baik offline maupun online. Jadi, kalau kamu mau penjualan restoran maksimal saat hari raya, strategi omnichannel juga perlu diterapkan.
Gunakanlah aplikasi majoo yang memiliki fitur omnichannel. Dengan fitur omnichannel, kamu bisa menghubungkan bisnis restoran ke aplikasi layanan pesan antar seperti GoFood dan GrabFood.
Lebih dari itu, kamu bisa menerima dan memproses pesanan dari dashboard majoo. Bahkan, kamu bisa menerima laporan penjualan dari dashboard tersebut. Efisien, bukan?
Karena semua pelayanan konsumen bisa dikelola dari satu dashboard, kamu akan lebih mudah memastikan konsumen memperoleh pengalaman terbaik.
Penuhi Kebutuhan Keluarga dan Anak-Anak
Sediakan tempat bermain yang aman dan menyenangkan bagi anak-anak jika kamu ingin menarik pasar keluarga dengan anak-anak. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan mendirikan playground atau ruang bermain yang memungkinkan orang tua dapat mengawasi anak-anak mereka saat makan.
Selain itu, tugaskan staf khusus untuk mengawasi anak-anak saat bermain untuk meningkatkan kenyamanan konsumen.
Supaya keluarga makin tertarik, pastikan kamu menawarkan menu ramah anak atau kids menu. Kamu juga dapat menawarkan potongan harga atau promo untuk makanan yang dipesan dari menu anak-anak.
Sebagai contoh, kamu bisa menambahkan bonus menu, seperti kentang goreng, nugget ayam, buah segar, es krim, dan milkshake yang disesuaikan dengan selera anak-anak.
Bersiap Menghadapi Peningkatan Kunjungan
Idulfitri merupakan puncak musim makan, khususnya bagi masyarakat muslim. Maka dari itu, pastikan kamu memiliki cukup staf untuk menangani keramaian dan hindari masalah apa pun yang dapat menunda layanan, seperti kehabisan bahan baku, piring, serta perlengkapan kemasan take away.
Sebelum musim libur Lebaran tiba, pastikan kamu sudah memesan stok bahan baku dan melengkapi peralatan makan di restoran. Kelola semua persediaan secara optimal dengan memanfaatkan aplikasi inventory.
Baca juga: Stok Barang Aman di High Season: Kelola dengan Cerdas!
Pasang Dekorasi
Supaya restoranmu makin terlihat menarik saat libur Lebaran, pasanglah dekorasi khas Idulfitri. Dengan begitu, restoranmu akan terlihat lebih meriah dan mengundang konsumen untuk berkunjung.
Tak hanya menghias gerai, bila kamu memiliki bujet lebih, kamu juga dapat membuat kemasan khusus untuk edisi Idulfitri. Jadi, konsumen yang memesan makanan secara online pun akan memperoleh pengalaman yang menyenangkan.
Berikan Promo Khusus
Strategi lain yang tak kalah penting untuk mengoptimalkan penjualan ialah program promo khusus. Kamu mungkin perlu mempertimbangkan untuk menawarkan menu khusus yang hanya tersedia selama libur Lebaran.
Kamu juga bisa memberikan penawaran-penawaran seperti seperti minuman atau makanan penutup gratis dengan pembelian menu tertentu. Program potongan harga untuk grup atau pesanan untuk sejumlah orang tertentu juga merupakan strategi yang patut kamu pertimbangkan.
Tak hanya potongan harga, kamu juga bisa memberikan makanan penutup gratis untuk minimal pesanan tertentu. Dengan mengambil langkah-langkah ini, kamu bisa menunjukkan kepada konsumen bahwa kamu menghargai mereka dan memberi tahu mereka bahwa restoranmu merupakan salah satu pilihan terbaik.
Untuk pelanggan setia, kamu bahkan bisa membuat program promo khusus member. Tak perlu khawatir soal pengelolaannya sebab aplikasi majoo tak hanya menyediakan fitur omnichannel, tetapi juga memungkinkan kamu mengatur loyalty program dengan mudah.
Dengan fitur membership atau loyalty, kamu bisa mengatur penentuan harga khusus hingga promo poin dengan mudah. Penasaran? Yuk, coba majoo sekarang!