Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    • majoo blog
    • Tips
    • 5 Tips Membangun Website untuk Perkembangan Bisnis Kamu!

    5 Tips Membangun Website untuk Perkembangan Bisnis Kamu!


    Website merupakan tools penting yang wajib kamu punya jika ingin bisnis kamu semakin berkembang. Apalagi, jika produk yang kamu tawarkan memiliki pangsa pasar luas atau justru kamu ingin membangun market baru untuk produkmu. Tapi, nggak semua orang punya skill atau waktu untuk membuat website powerful yang bisa mendatangkan banyak penjualan.

    Di samping itu, kamu juga perlu mempelajari cara membangun website yang menarik serta sesuai dengan customer kamu. Ini penting untuk diperhatikan, karena website yang bagus akan mampu meningkatkan branding kamu, bahkan mendongkrak penjualan dari promo pemesanan melalui website milikmu.

    Jika kamu tidak memiliki waktu atau skills untuk membuat website toko online buat bisnismu, kamu bisa menggunakan fitur dari majoo yang satu ini. Kamu hanya perlu menyiapkan konsep website dan toko online kamu yang kamu mau, lalu majoo akan membantu mengembangkan website toko online yang cocok. Nah, untuk bisa membangun website toko online kamu, kamu bisa membaca tips membangun website berikut sampai habis ya!

    Perhatikan Domain Website Kamu

    Domain diibaratkan seperti alamat toko online kamu. Tentunya pelanggan nggak akan ingat atau menemukan toko onlinemu, kan, jika nama domain kamu terlalu panjang atau terlalu rumit? Usahakan memiliki nama domain yang singkat atau sesuai dengan brand milikmu. Mudahnya, kamu bisa membeli domain ‘.com’ yang sudah umum digunakan oleh website dan toko online lainnya.

    Kamu bisa menggunakan nama brand-mu seperti kopitumbas.com atau ruangkopi.com jika usaha kamu menjual beans kopi pilihan. Namun, jika kamu ingin lebih spesifik dan mendapatkan lebih banyak orang yang mengunjungimu lewat search engine, kamu bisa menggunakan domain berisi keywords seperti, jualkopi.com atau rumahkopirobusta.com agar website kamu bisa muncul di halaman pertama google dengan keywords tersebut.

    Buat Website Kamu Simple

    Kamu pasti pernah nemu sebuah website dengan keywords dan barang yang sesuai keinginanmu. Tetapi, website tersebut dipenuhi iklan, pop-up, video, gambar, bahkan terkesan banyak kata yang kurang penting. Hal tersebut akan memberatkan loading website toko online kamu, sehingga kemungkinan calon customer kamu sudah males duluan nih untuk belanja di tempatmu. 

    Nah, kamu bisa menyederhanakan website kamu agar calon pembeli kamu nggak kabur duluan karena websitemu yang lola alias loading lambat. Usahakan membuat website sederhana dengan 2 kolom saja. Kolom pertama, kamu bisa mengisinya dengan tombol navigasi seperti ‘Home’, ‘Diskon Spesial’, ‘Penawaran Khusus’, dan sebagainya. Lalu, kolom selanjutnya kamu hanya perlu mengisi katalog produk dan tombol pemesanan, sehingga website yang kamu buat sangat ringan, simpel, dan bisa langsung pada tujuannya.

    Bangun Database Pelanggan dengan Penawaran Spesial

    Terkadang orang mampir di website kamu hanya untuk melihat-lihat atau bahkan hanya iseng belaka. Tapi, kamu tentu nggak mau menyia-nyiakan mereka yang sudah mampir ke website kamu bukan? Kamu bisa banget memberikan penawaran seperti diskon spesial atau gratis ongkir untuk pembelian tertentu melalui e-mail mereka. Kamu bisa membuat sebuah pesan pop up berisi penawaran spesial tersebut dengan syarat pengunjung website kamu memberikan e-mailnya.

    Jika kamu sudah memiliki database dan leads berupa e-mail tersebut, kamu bisa memberikan penawaran spesial melalui e-mail agar terjadi banyak interaksi dengan tokomu dan pelanggan. Dengan begitu, kemungkinan mereka untuk membeli produkmu di lain waktu menjadi semakin besar.

    Buat Konten

    Salah satu hal yang menarik jika kamu memiliki website adalah kamu mampu membuat konten yang sesuai dengan kesukaan calon customer kamu. Cara seperti ini memang kadang tidak membuat pembaca atau penonton kontenmu langsung membeli produkmu. Tetapi, semakin banyak konten baik itu blog, artikel, video, maupun tutorial yang kamu buat, semakin banyak pula kemungkinan orang akan mampir setelah mencari konten tersebut. 

    Tentunya, kamu bisa menyelipkan promosi produkmu dari konten yang kamu buat, sehingga pengunjung website/blog kamu bisa mendapatkan solusi atau bayangan mengenai produkmu.

    Manfaatkan Omnichannel

    Selain konten produk dan penjualan melalui toko online di website, kamu juga bisa menyelipkan banyak kanal agar orang bisa berinteraksi lebih banyak dengan brand kamu. Misalnya, kamu menyertakan promo melalui penjualan dari sosial media atau marketplace untuk mendapatkan diskon khusus, hingga menyertakan kontak WhatsApp sebagai sarana customer service.

    Untuk bisa memanfaatkan banyak channel penjualan, kamu juga bisa membuat promo khusus bagi pembeli yang mengakses website kamu dari sosial media, pesan WhatsApp, e-mail, atau promo lainnya. Pemesanan melalui satu lokasi seperti dari website juga bisa menguntungkan bagi kamu, yaitu kamu bisa mendapatkan database pelanggan secara langsung. Kamu bisa melacak lewat mana saja pembelian terbanyak hingga platform favorit customer.


    Ingin belajar mengenai cara membangun website yang optimal untuk bisnis kamu? Kamu bisa banget mengikuti Kelas Majoo edisi 26 Agustus 2022 yang akan mengupas habis cara mudah membuat website melalui fitur majoo. Kamu juga akan belajar cara penjualan yang optimal agar bisnis kamu memiliki performa lebih baik dengan menggunakan fitur-fitur dari majoo. Pastikan kamu sudah mendaftar webinar ‘Kelas Majoo’ melalui link berikut ya!

    Pastikan kamu segera mendaftar webinar ‘Ruang Majoo’ melalui link di bawah ini ya!

    bit.ly/webinarmajoo

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Meningkatkan Brand Exposure Online Shop Tanpa Gagal
    Brand exposure merupakan salah satu kegiatan dalam hal branding. Bagaimana cara meningkatkan brand exposure pada online shop?
    Wajib Tahu, 5 Trik Agar Bisnismu Gak Ambruk di Tengah Jalan!
    Memulai sebuah bisnis membutuhkan sumber daya yang tidak sedikit. Tapi ngomongin soal mengelola bisnis? Wah, ini sudah another level sih!
    Ingin Mulai Bisnis Kuliner? Ini 5 Perlengkapan yang Wajib Kamu Punya!
    Bisnis kuliner belakangan makin jadi primadona, apalagi di tengah populernya platform penjualan online.
    5 Trik Tingkatkan Jualan Laris di eCommerce, Anti Gagal!
    Buat kamu yang sedang mempertimbangkan untuk melakukan ekspansi usaha dengan coba berjualan di marketplace, majoo punya beberapa tips ampuh yang bisa kamu coba. Yuk, simak!