Tidak diragukan lagi, 2020 bukanlah tahun yang normal bagi kita semua. Meskipun begitu, kini saatnya kita melangkah maju dan memikirkan strategi pemasaran untuk 2021. Biar bagaimanapun bisnis harus terus berjalan, bukan?
Langkah-langkah di bawah ini dapat diterapkan hampir dalam setiap bisnis. Namun secara khusus, usaha kecil merupakan kelompok bisnis yang dapat memperoleh manfaat dari tips berikut ini. Tidak perlu berlama-lama, yuk simak selengkapnya!
Lakukan review
Kamu mungkin sering mendengar tentang pentingnya melakukan review ini. Nah, setidaknya ada dua hal yang perlu kamu review dalam kaitannya dengan pemasaran. Pertama, kamu perlu mengulas 2020 secara keseluruhan. Apakah bisnismu berhasil mencapai target 2020? Terkait taktik pemasaran, inisiatif apa saja yang sudah dilakukan dan bagaimana hasilnya?
Berikutnya, kamu perlu mengulas apakah strategi pemasaran sudah memuat target pasar? Artinya, kamu memiliki ide yang jelas tentang siapa yang menjadi tujuan pemasaran. Idealnya, kamu tahu sumber informasi yang menjadi rujukan target pasar tersebut. Lebih dari itu, kamu juga mengetahui aplikasi yang mereka pakai, cara terhubung dengan mereka, serta cara yang lebih baik untuk menjangkau mereka.
Tetapkan target yang baru
Setelah kamu memiliki gambaran tentang 2020, saatnya kamu fokus pada 2021. Kembali kepada pertanyaan besar, apa yang ingin bisnismu capai pada tahun ini? Pastikan kamu menetapkan target yang spesifik, terukur, relevan, serta ada tenggat waktu yang jelas untuk menggerakkan taktik pemasaran.
Bila kamu memiliki tim, diskusikanlah target bisnis dan langkah yang kamu anggap dapat mencapainya. Sementara itu, bagi usaha kecil yang masih dijalankan sendirian, kamu bisa menuliskan setiap langkah yang akan dilakukan. Misalnya, kamu akan mendaftarkan bisnis kuliner milikmu ke platform ojek online untuk mencapai kenaikan 10% penjualan.
Tuliskan strategi pemasaran secara detail
Pada akhirnya, setelah diskusi atau membuat draf tertulis, strategi pemasaran perlu kamu tulis secara detail. Sebagai contoh, kamu bisa menuliskan daftar bulan yang diikuti dengan langkah strategis yang akan dilakukan pada bulan tersebut. Dengan demikian, kamu bisa melihat variasi strategi pada setiap bulan.
Di samping itu, kamu jadi mengetahui langkah apa yang masih perlu dilakukan dan waktu yang tepat untuk melaksanakannya. Bagi kamu yang sudah memiliki tim, pastikan seluruh anggota tim memahami bagian strategi yang menjadi tanggung jawab mereka.
Saat kamu menuliskan taktik pemasaran, pertimbangkan juga waktu dan sumber daya yang dimiliki. Terlepas dari seberapa brilian ide pemasaran yang kamu pikirkan, tetap dibutuhkan sumber daya untuk menerapkannya. Oleh sebab itu, pertimbangan terkait resource harus selalu menjadi bagian strategi.
Terakhir, tetapi sangat penting, pastikan kamu benar-benar melaksanakan strategi yang telah disusun. Apalah artinya memiliki target beserta taktik untuk mencapainya jika kamu tidak menjalankan rencana tersebut.