Strategi promosi adalah kunci untuk menentukan posisi brand di pasar. Melalui promosi, kamu membuat orang mengenal produk atau jasa yang kamu tawarkan serta keuntungan yang akan didapatkan oleh konsumen apabila memilih bisnismu.
Karena banyak bisnis yang mungkin menawarkan produk atau jasa serupa, teknik promosi menjadi penentu untuk memperoleh konsumen potensial.
Maka dari itu, dalam artikel ini, kamu akan menemukan program promosi yang bisa kamu terapkan, khususnya di platform digital. Namun, sebelum membahas lebih jauh terkait ragam strategi, mari tilik pengertiannya terlebih dahulu.
Apa itu strategi promosi?
Strategi promosi atau promotional strategy didefinisikan sebagai rencana dan taktik yang kamu terapkan dalam perencanaan pemasaran. Tujuannya untuk meningkatkan permintaan terhadap produk atau layanan yang akan kamu tawarkan.
Promotional strategy umumnya meliputi beberapa aspek, yaitu:
Target audience, kepada siapa kamu menjual produk dan apa yang menarik bagi mereka.
Budget, jumlah yang bersedia kamu investasikan untuk promosi.
Plan of action, strategi yang akan kamu adaptasi untuk mencapai tujuan serta menghasilkan penjualan.
Dari penjelasan di atas terlihat bahwa promotional strategy merupakan bagian dari strategi pemasaran.
Strategi promosi di platform digital
Di bawah ini, terdapat beberapa strategi promosi yang bisa kamu terapkan. Kamu bisa menyesuaikan program promosi dengan objective yang ingin dicapai.
1. Berkolaborasi dengan influencer
Apabila kamu bertujuan meningkatkan brand awareness, salah satu strategi yang dapat dilakukan adalah berkolaborasi dengan influencer. Sebanyak 89% marketers mengklaim cara ini mengembalikan investasi lebih efektif daripada cara lainnya. Sementara itu, 71% di antaranya menyebutkan bahwa metode ini menggiring traffic yang lebih baik.
Pasalnya, kebanyakan influencer sudah membangun basis pengikut yang memercayainya. Karena itu, ketika kamu bekerja sama dengan influencer, kamu bisa menjangkau banyak sekali calon pelanggan potensial.
Namun, tentu kamu perlu memilih influencer yang akan diajak berkolaborasi secara saksama. Pastikan basis pengikut influencer tersebut sesuai dengan target audience dari bisnismu.
2. Konten marketing
Untuk memperkenalkan bisnis di platform digital, kamu dapat memanfaatkan konten marketing. Konten pemasaran merupakan salah satu kunci strategi marketing yang bisa membawa bisnis dikenal oleh audiens.
Strategi ini sesuai apabila kamu ingin meningkatkan traffic ke situs resmi bisnis ataupun media sosial. Melalui konten, audiens memperoleh informasi untuk menyelesaikan masalah mereka, sedangkan bisnis diuntungkan karena prospek penjualan meningkat.
Sebagai contoh, kamu memiliki bisnis menjual ban mobil. Kamu bisa menghadirkan blog post berisi cara memilih ban yang tepat, waktu yang tepat untuk mengganti ban, peran ban dalam memastikan keamanan berkendara, dan seterusnya.
Jenis-jenis konten tersebut akan membangun kepercayaan konsumen kepada bisnis. Selain blog post, ada berbagai konten pemasaran lain yang dapat kamu gunakan, seperti infographic, podcast, dan video.
3. Kupon dan promosi berlangganan
Nah, jika tujuanmu adalah meningkatkan penjualan serta membangung loyalty customer, kupon serta promosi berlangganan bisa menjadi andalan.
Akan tetapi, perlu diingat bahwa program promosi yang satu ini bukan hanya ditujukan untuk pembelian sekali waktu, melainkan membangun basis pelanggan. Jadi, upayakanlah membuat program yang bisa membuat konsumen memakai produk atau jasa dalam jangka waktu lama.
Kamu pasti pernah mengalami akan membeli suatu produk, tetapi memutuskan berlangganan karena total harganya jauh lebih murah. Seperti itulah gambaran program promosi ini seharusnya dibuat.
Selain itu, kamu juga tentu familier dengan ’trial a month free’. Program ini menerapkan konsep serta objektif serupa yaitu membangun basis pelanggan jangka panjang.
4. Cashback serta diskon
Memberikan cashback serta diskon merupakan salah satu cara paling klasik dalam strategi promosi. Namun, jangan keliru, jenis program promosi yang satu ini sangat dicintai oleh konsumen.
Karena itu, trik ini dapat dipilih untuk membuat konsumen merasa senang berbelanja di situs atau toko online milikmu.
Seperti yang sudah diketahui, diskon dan cashback biasanya baru diperoleh konsumen bila mencapai jumlah pembelanjaan tertentu. Jadi, cara ini bisa untuk menarik pelanggan baru ataupun mempertahankan konsumen yang sudah pernah berbelanja.
5. Refund
Strategi refund atau pengembalian dana bisa diterapkan untuk mencapai dua tujuan. Pertama, mempertahankan kepuasan pelanggan. Biar bagaimanapun konsumen akan merasa kecewa jika tidak puas dengan produk atau layanan, tetapi merasa tidak ada solusi untuk hal tersebut.
Berikutnya, kamu juga bisa menggunakan program ini untuk menarik pelanggan baru. Mengapa demikian? Refund bisa bekerja sebagai reverse psychology. Dengan mengetahui ada jaminan uang kembali bila tidak puas dengan produknya, konsumen justru makin tertarik untuk membeli produk atau mencoba jasa yang kamu tawarkan.