Table of Content

    Usaha Musiman di Momen Valentine yang Mendulang Sukses


    Hari kasih sayang atau Valentine seringnya dimanfaatkan untuk menyatakan perasaan mereka kepada orang-orang terkasih. Banyak cara yang biasa digunakan untuk menyatakan perasaan, ada yang memilih memberikan bunga, ada yang lebih suka mengadakan acara makan romantis, ada juga yang mengucapkan dengan kartu, dan masih banyak lagi. 


    Peluang seperti inilah yang bisa pula dimanfaatkan oleh para pengusaha untuk mendapatkan keuntungan yang lebih banyak. Mungkin kita biasa mengenalnya dengan usaha musiman. Banyak usaha musiman yang hanya muncul menjelang hari Valentine tapi uniknya selalu saja meraih kesuksesan. Ada beberapa bidang yang bisa kamu coba sebagai usaha musiman. 


    1. Katakan dengan bunga

    Kalimat di atas cukup klasik tapi sangat ampuh untuk menyatakan perasaan di momen Valentine seperti ini. Banyak orang yang masih percaya akan kekuatan bunga sebagai lambang cinta. Maka banyak pula pengusaha yang melihat peluang ini sebagai penghasil keuntungan bagi mereka. 


    Berdagang bunga segar potong, buket bunga, bunga artificial, sampai karangan bunga dalam bentuk yang besar pun bisa sangat laris manis. Bunga segar banyak tersedia di pasaran, yang kamu perlukan adalah kreativitas untuk mengolahnya sehingga menjadi produk yang digemari oleh para konsumen. 


    2. Cokelat handmade

    Cokelat juga dikenal sebagai produk untuk menyatakan rasa kasih dan cinta. Cokelat yang sering kita temui di supermarket mungkin sudah terlalu konvensional. Pengusaha yang baik akan bisa menemukan cara untuk mengolah cokelat biasa menjadi sebuah produk khusus usaha musiman yang unik. 


    Semakin unik bentuk, rasa, dan kemasan yang ditawarkan akan semakin menarik bagi para konsumen. Apalagi bila kamu bisa mengemasnya dengan harga yang terjangkau, tidak terlalu menguras kantong. 


    3. Kue Valentine

    Kue yang bisa beredar di momen Valentine sebenarnya adalah kue biasa. Bisa dalam bentuk cupcake, kue tart, sampai cookies. Hanya saja biasanya dekorasinya yang membuatnya jadi terlihat berbeda. Kue-kue tersebut akan tampil dalam kemasan cantik berwarna dominan merah muda atau merah.


    Sama seperti cokelat, semakin cantik tampilan dan kemasannya maka semakin menarik pula di mata konsumen. Tapi jangan sampai lupakan soal rasa ya. Karena tidak sedikit pengusaha yang hanya mementingkan tampilannya saja. Sampai saat ini penjualan kue masih menjadi bidang yang bisa memberikan keuntungan besar bagi pengusaha. 


    4. Kartu Ucapan

    Buket bunga, cokelat, atau kue dengan kemasan cantik akan kurang berarti bila tidak ada kartu ucapan yang menyertainya. Maka produksi kartu ucapan masih penting adanya untuk dijadikan usaha musiman di  momen-momen seperti ini. 


    Pengusaha yang kreatif bisa memanfaatkan ini dengan memproduksi kartu ucapan hari Valentine yang apik, unik, menarik, tapi dengan harga yang masuk akal.

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Mempertahankan Bisnis dengan Memanfaatkan e-Marketplace
    Berbagai e-Marketplace berlomba memberikan dukungan di platform mereka untuk pebisnis, dengan harapan agar ekonomi tetap bergerak di masa pandemi COVID-19.
    Online Shop: Bisnis Paling Tepat di Masa Pandemi
    Di masa pandemi, saat semuanya dibatasi, membuka atau mengalihkan bisnis menjadi online shop dianggap sebagai sebuah strategi bisnis yang tepat.
    Belajar dari Pandemi: 5 Catatan Penting untuk Pemilik Usaha
    Meski sulit, ada pelajaran berharga yang dapat diambil selama pandemi. Dengan memahami ini, pemilik usaha dapat bertahan dan bergerak maju.
    Marketplace Indonesia Ini Turut Dorong Pertumbuhan UMKM Lho!
    Marketplace Indonesia memegang peranan besar dalam mendukung perkembangan UMKM. Apa saja marketplace karya anak bangsa tersebut? Simak daftarnya di sini!