Valentine; Momen Tepat Mulai Bisnis Baru


Bulan Februari dikenal identik dengan hari Valentine alias hari kasih sayang. Momen hari Valentine seringnya digunakan oleh beberapa orang untuk menyatakan perasaan pada pasangan masing-masing. Ada yang menyiapkan hadiah, mengadakan event spesial,  merencanakan liburan, dan sebagainya.


Sebagai seorang pebisnis, kamu selayaknya mampu melihat peluang ini sebagai sebuah awal dari keuntungan. Momen Valentine ini bisa kamu manfaatkan untuk memulai sebuah bisnis baru. Ada beberapa bidang usaha yang bisa kamu coba. Di bidang kuliner misalnya, kamu bisa mencoba membuat cokelat atau kue homemade, di bidang garmen mungkin kamu bisa mencetak kaus couple dengan tulisan-tulisan khas Valentine, dan masih banyak lagi. Tapi sebelum kamu mencobanya, ada poin-poin yang harus kamu pahami terlebih dahulu.


Menentukan perencanaan bisnis yang tepat

Mulai dari jumlah modal, pelaksanaan produksi, target pasar, pendekatan ke konsumen juga strategi pemasaran yang tepat untuk bisnis ini selayaknya dipersiapkan dengan matang. 


Sebagaimana layaknya memulai sebuah usaha, semua faktor yang disebut di atas sangat penting bagi berjalannya bisnismu. Faktor-faktor tersebut saling berkaitan sehingga membutuhkan perhitungan yang akurat. 


Tentukan periode bisnismu

Periode bisnis yang dimaksud adalah apakah bisnis yang kamu jalankan ini akan berlangsung selama momen Valentine saja (semi permanen) atau menjadi seterusnya (permanen)?


Hal ini patut diperhitungkan sejak awal karena akan berpengaruh pada keluar masuknya modal dan pendapatan serta strategi pemasaran yang pastinya akan berubah setelah momen Valentine berakhir.


Menjual produk yang sesuai dengan momen Valentine

Walau nantinya bisnis baru yang kamu dirikan berkonsep seterusnya, bukan hanya di momen Valentine saja, tetapi produk yang kamu pasarkan sepatutnya menyesuaikan dengan momen yang ada. 


Produk yang jelas laku dan banyak dicari orang di momen Valentine  sudah bisa ditebak. Cokelat, kue, buket snack, buket bunga, dekorasi acara, pakaian atau aksesoris berwarna pink dan berbentuk hati. Produk yang kamu pasarkan selayaknya menyesuaikan dengan kondisi ini agar bisa dilirik oleh para konsumen. 


Mengadakan promo Valentine

Membuka sebuah bisnis baru dengan menggeber promo dan diskon adalah metode lama yang masih sangat efektif sampai saat ini. Karena kebetulan waktu dimulai bisnis barunya di momen Valentine, maka promo bisa dijadikan satu paket.


Misalnya promo khusus untuk konsumen yang datang atau order produk bersama pasangannya, bisa juga dengan menambahkan kartu ucapan atau souvenir khas Valentine di setiap pembelian yang dilakukan oleh konsumen atau dengan memberikan fasilitas kartu keanggotaan bagi beberapa konsumen pertama.

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

Lihat semua event

Download Majalah

Lihat semua edisi

Related Article

Menjelang Hari Valentine, Cobalah 4 Ide Bisnis Ini

Hari valentine dirayakan oleh banyak orang dengan memberikan hadiah khusus kepada orang tersayang. Di balik kebiasaan ini, ada ide bisnis yang layak dicoba untuk mengisi pundi-pundi keuangan.

Valentine; Momen Tepat Mulai Bisnis Baru

Momen Valentine selain bisa digunakan sebagai momen menyatakan rasa cinta pada pasangan dan keluarga, juga bisa dimanfaatkan untuk membuka sebuah bisnis baru.

Apakah Rencana Bisnis Milikmu Efektif? Perhatikan 5 Ciri Ini

Membuat rencana bisnis saja tidak cukup, kamu perlu memastikan perencanaan tersebut efektif.

Alasan Tersembunyi Konsumen Membeli Produk

Harga dan kemudahan bukan satu-satunya faktor yang memengaruhi keputusan konsumen. Perilaku konsumen dipengaruhi banyak faktor lain.
instagram Klik untuk follow majoo.indonesia Banyak inspirasi harian wirausaha dan games seru ×
Whatsapp