Table of Content

    Valentine; Momen Tepat Mulai Bisnis Baru


    Bulan Februari dikenal identik dengan hari Valentine alias hari kasih sayang. Momen hari Valentine seringnya digunakan oleh beberapa orang untuk menyatakan perasaan pada pasangan masing-masing. Ada yang menyiapkan hadiah, mengadakan event spesial,  merencanakan liburan, dan sebagainya.


    Sebagai seorang pebisnis, kamu selayaknya mampu melihat peluang ini sebagai sebuah awal dari keuntungan. Momen Valentine ini bisa kamu manfaatkan untuk memulai sebuah bisnis baru. Ada beberapa bidang usaha yang bisa kamu coba. Di bidang kuliner misalnya, kamu bisa mencoba membuat cokelat atau kue homemade, di bidang garmen mungkin kamu bisa mencetak kaus couple dengan tulisan-tulisan khas Valentine, dan masih banyak lagi. Tapi sebelum kamu mencobanya, ada poin-poin yang harus kamu pahami terlebih dahulu.


    Menentukan perencanaan bisnis yang tepat

    Mulai dari jumlah modal, pelaksanaan produksi, target pasar, pendekatan ke konsumen juga strategi pemasaran yang tepat untuk bisnis ini selayaknya dipersiapkan dengan matang. 


    Sebagaimana layaknya memulai sebuah usaha, semua faktor yang disebut di atas sangat penting bagi berjalannya bisnismu. Faktor-faktor tersebut saling berkaitan sehingga membutuhkan perhitungan yang akurat. 


    Tentukan periode bisnismu

    Periode bisnis yang dimaksud adalah apakah bisnis yang kamu jalankan ini akan berlangsung selama momen Valentine saja (semi permanen) atau menjadi seterusnya (permanen)?


    Hal ini patut diperhitungkan sejak awal karena akan berpengaruh pada keluar masuknya modal dan pendapatan serta strategi pemasaran yang pastinya akan berubah setelah momen Valentine berakhir.


    Menjual produk yang sesuai dengan momen Valentine

    Walau nantinya bisnis baru yang kamu dirikan berkonsep seterusnya, bukan hanya di momen Valentine saja, tetapi produk yang kamu pasarkan sepatutnya menyesuaikan dengan momen yang ada. 


    Produk yang jelas laku dan banyak dicari orang di momen Valentine  sudah bisa ditebak. Cokelat, kue, buket snack, buket bunga, dekorasi acara, pakaian atau aksesoris berwarna pink dan berbentuk hati. Produk yang kamu pasarkan selayaknya menyesuaikan dengan kondisi ini agar bisa dilirik oleh para konsumen. 


    Mengadakan promo Valentine

    Membuka sebuah bisnis baru dengan menggeber promo dan diskon adalah metode lama yang masih sangat efektif sampai saat ini. Karena kebetulan waktu dimulai bisnis barunya di momen Valentine, maka promo bisa dijadikan satu paket.


    Misalnya promo khusus untuk konsumen yang datang atau order produk bersama pasangannya, bisa juga dengan menambahkan kartu ucapan atau souvenir khas Valentine di setiap pembelian yang dilakukan oleh konsumen atau dengan memberikan fasilitas kartu keanggotaan bagi beberapa konsumen pertama.

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Mempertahankan Bisnis dengan Memanfaatkan e-Marketplace
    Berbagai e-Marketplace berlomba memberikan dukungan di platform mereka untuk pebisnis, dengan harapan agar ekonomi tetap bergerak di masa pandemi COVID-19.
    Online Shop: Bisnis Paling Tepat di Masa Pandemi
    Di masa pandemi, saat semuanya dibatasi, membuka atau mengalihkan bisnis menjadi online shop dianggap sebagai sebuah strategi bisnis yang tepat.
    Belajar dari Pandemi: 5 Catatan Penting untuk Pemilik Usaha
    Meski sulit, ada pelajaran berharga yang dapat diambil selama pandemi. Dengan memahami ini, pemilik usaha dapat bertahan dan bergerak maju.
    Marketplace Indonesia Ini Turut Dorong Pertumbuhan UMKM Lho!
    Marketplace Indonesia memegang peranan besar dalam mendukung perkembangan UMKM. Apa saja marketplace karya anak bangsa tersebut? Simak daftarnya di sini!