Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    14 Ide Bisnis Kuliner yang Menjanjikan Keuntungan Besar

    Bisnis kuliner merupakan salah satu bentuk usaha untuk mendapatkan keuntungan

    Salah satu bidang bisnis yang dianggap tidak akan pernah redup dan mati adalah bisnis kuliner. Anggapan ini tidaklah berlebihan. Sejak dulu, bisnis kuliner dianggap sebagai bisnis yang menjanjikan dan dinilai sangat menguntungkan. Terutama bagi pebisnis pemula. 

    Makanan merupakan hal penting dalam kehidupan manusia. Manusia membutuhkan makanan untuk bertahan. Ini yang menjadi salah satu alasan bisnis kuliner dinilai sebagai bisnis yang bisa memberikan keuntungan besar bagi pemiliknya. 

    Selain itu, bisnis kuliner adalah usaha yang tidak pernah kehabisan ide untuk membuat terobosan baru dalam menjual berbagai jenis makanan dan minuman. Bisnis ini juga menjadi usaha yang tergolong sangat mudah untuk dilakukan bagi sebagian orang yang memiliki modal kecil. Dengan syarat, perencanaan dan pengelolaannya haruslah tepat. 

    Baca Juga: Bisnis Kuliner, Strategi Bertahan Kala Pandemi dan Ramadhan

    Ide Bisnis Kuliner yang Menjanjikan Keuntungan

    Apakah bisnis kuliner yang menjanjikan adalah bisnis kuliner kekinian saja? Apakah memiliki bisnis yang menjual kuliner klasik tidak termasuk dalam bisnis kuliner yang menjanjikan keuntungan besar? 

    Berikut ini adalah beberapa ide bisnis kuliner yang bisa memberikan banyak keuntungan bila kamu jalankan dengan pengelolaan yang tepat. 

    1. Bisnis Kuliner Keripik

    Ide bisnis kuliner yang pertama adalah berjualan keripik. Keripik adalah camilan yang populer dan digemari orang Indonesia. Berbagai jenis bahan baku dapat dijadikan keripik. Mulai dari keripik buah, singkong, dan kentang. 

    Keuntungan pertama adalah bisnis kuliner ini tidak terlalu membutuhkan modal besar apabila bahan baku yang kamu pilih adalah bahan yang bisa didapatkan dengan mudah dan murah. 

    Kedua, saat kamu memilih untuk berbisnis keripik, kamu tidak perlu mempunyai skill memasak tinggi karena keripik sangat mudah dibuat.

    Ketiga, mayoritas orang Indonesia menyukai keripik. Jadi peluang untuk mendapatkan pelanggan pun terbuka dengan lebar. 

    2. Bisnis Kuliner Gorengan

    Berjualan gorengan adalah ide bisnis kuliner yang dianggap membutuhkan modal kecil yang bisa dilakukan oleh hampir semua orang. Meski modalnya tidak banyak, bisnis kuliner yang satu ini tidak boleh dipandang sebelah mata karena potensi untung dari bisnis gorengan sangatlah besar. Alasannya karena gorengan adalah salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia.

    3. Bisnis Kuliner Roti bakar

    Jika di luar negeri roti bakar lebih sering dijadikan sebagai menu sarapan, di Indonesia roti bakar umumnya dihidangkan sebagai pilihan camilan yang banyak diburu saat malam hari.

    Roti bakar dapat dijadikan ide bisnis kuliner yang menjanjikan khususnya ketika dijual di malam hari. Jika kamu memang memiliki aktivitas di pagi hingga siang hari, waktu di malam hari bisa kamu gunakan untuk mencari penghasilan tambahan dengan berjualan roti bakar.

    4. Bisnis Kuliner Pecel

    Salah satu bisnis kuliner rumahan yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia adalah berjualan pecel. Pecel dianggap sebagai makanan komplit berharga murah. 

    Harga satu porsi nasi pecel umumnya sekitar Rp6.000 sampai Rp15.000. Berjualan pecel memiliki peluang besar untuk mendapatkan banyak keuntungan karena saat ini pecel bukan hanya diburu untuk dijadikan menu sarapan, namun menu makan di setiap waktu. 

    5. Bisnis Kuliner Bakso

    Di Indonesia, bakso merupakan makanan yang tetap eksis sejak zaman dulu hingga sekarang. Kuliner satu ini semakin berinovasi dengan aneka jenis bakso, seperti bakso Solo, bakso Malang, bakso mercon, bakso keju, dan sebagainya.

    Rasa khas bakso membuat banyak konsumen mau terus mengkonsumsi meski sudah makan berkali-kali. Lantaran itulah, bakso dinilai sebagai salah satu bisnis kuliner kekinian yang tidak akan habis digerus zaman karena akan selalu ada inovasi baru di setiap masanya. 

    6. Bisnis Kuliner Seblak

    Bukannya tanpa alasan bila seblak masuk dalam daftar ide bisnis kuliner yang menjanjikan keuntungan. Makanan khas Bandung ini sangat digandrungi anak muda, utamanya perempuan. Perpaduan lezat antara rebusan bakso, kerupuk, sosis, dan mie membuat rasa seblak sulit dilupakan.

    Sebagai salah satu bisnis kuliner kekinian, seblak memang membutuhkan banyak bahan. Akan tetapi tidak perlu khawatir karena bahan-bahan ini terjangkau harganya di pasar. Dengan modal yang kecil, keuntungan yang bisa kamu dapatkan cukuplah besar.

    7. Martabak

    Dulu, martabak mungkin hanya bisa kamu dapatkan dengan membelinya langsung ke para penjual yang banyak bertebaran di sepanjang jalan. Namun, saat ini martabak merupakan jajanan anak muda yang bisa dijadikan alternatif bisnis kuliner online

    Kamu bisa menjual produk martabak dari rumah, caranya dengan memasarkan melalui aplikasi jualan online dan sosial media. Tidak memerlukan lapak khusus untuk berdagang seperti para pedagang martabak konvensional. 

    8. Bisnis Kuliner Pecel Ayam atau Lele

    Menu makanan pecel ayam dan pecel lele termasuk ke dalam salah satu menu makanan yang banyak digemari sebagai hidangan makan malam. Lantaran itulah, hal ini bisa kamu jadikan sebagai salah satu ide bisnis kuliner yang layak untuk ditekuni. 

    Untuk tempatnya pun kamu tak perlu khawatir karena kamu dapat membuka restoran sederhana seperti kaki lima di sekitar lokasi tempat tinggal kamu atau memanfaatkannya sebagai bisnis kuliner online yang tidak memerlukan lapak khusus. 

    Ada banyak ide bisnis kuliner yang bisa kamu coba

    9. Bisnis Kuliner Burger atau Hot Dog

    Pilihan street food yang digemari berbagai kalangan ini juga bisa kamu jadikan sebagai salah satu ide bisnis kuliner yang bisa kamu jual di pasaran. Makanan ini sangat banyak dicari karena isinya yang lengkap dan praktis sehingga bisa disantap di mana pun dan kapan pun. 

    Bukan hanya itu, baik burger maupun hotdog juga sangat mudah diterima lidah masyarakat Indonesia sehingga tak heran jika makanan satu ini memiliki banyak penggemar. 

    10. Bisnis Kuliner Mie dengan Bermacam Topping

    Menu mie yang disajikan dengan aneka topping sedang sangat digemari oleh masyarakat terutama kalangan anak muda. Hal ini menjadikannya sebagai bisnis kuliner kekinian yang bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan keuntungan. 

    Kamu tidak perlu khawatir perlu merogoh kocek yang dalam untuk membuka bisnis kuliner ini karena kamu bisa membuat kreasi dengan bahan-bahan sederhana yang juga banyak diminati masyarakat. Kamu bisa mencoba membuat mie nyemek atau mie rebus kampung yang dicampur dengan sayuran dan topping lainnya. 

    11. Bisnis Kuliner Rice Box

    Harus diakui bahwa sebagian orang ingin menikmati makanan yang mudah, praktis, dan tidak rumit. Rice Box adalah makanan berat tetapi dibungkus dalam kotak berisi berbagai menu lauk sesuai pilihan masing-masing. 

    Umumnya karyawan atau anak kos mengandalkan keberadaan nasi rice box untuk makan siang yang lengkap dan praktis. Biasanya rice box berisi ayam krispi, ayam fillet, suwiran ikan, dan lain sebagainya. 

    Selain mudah untuk dibuat, rice box juga dapat diberi harga lebih tinggi, tergantung porsi, lauk, dan brand yang kamu tawarkan. Semakin terkenal rice box kamu, semakin tinggi pula harga yang bisa dipasang. Hal inilah yang bisa mendatangkan keuntungan lebih banyak dari ide bisnis kuliner ini. 

    12. Bisnis Kuliner Makanan Diet Sehat

    Semakin lama masyarakat semakin menyadari betapa pentingnya memilih makanan sehat untuk dikonsumsi dalam kesehariannya. Hal tersebut membuat para pemilik bisnis kuliner membuka bidang usaha yang menjual makanan diet sehat.

    Umumnya makanan ini berisi berbagai jenis menu makanan dengan kalori yang terkontrol sesuai kebutuhan diet. Meski sehat, makanan diet sehat juga dikemas dengan rasa yang unik dan menggugah selera sehingga tidak menurunkan selera makan konsumennya. 

    13. Bisnis Kuliner Kopi

    Budaya ngopi di Indonesia sudah menjadi sebuah tradisi yang sejak dulu sudah dilakukan. Dulu, mungkin kebiasaan ini hanya dilakukan oleh kaum laki-laki berumur di warung kopi. Namun, saat ini ngopi adalah kebiasaan yang juga dimiliki dan dilakukan oleh kalangan anak muda.

    Inilah yang menjadi alasan bisnis kuliner kopi bisa dijadikan sebagai bisnis kuliner kekinian yang wajib kamu coba. Saat ini, banyak anak sekolah atau mahasiswa memutuskan menyelesaikan tugas sambil nongkrong di kafe/warung kopi. Anak muda seperti mereka umumnya mudah ditarik loyalitasnya. Dengan pelayanan dan fasilitas yang baik, kamu dapat menjadikan anak muda sebagai konsumen loyal. 

    14. Bisnis Kuliner Minuman

    Siapa bilang bahwa bisnis kuliner adalah selalu berhubungan dengan makanan saja? Bisnis kuliner tidak melulu tentang makanan, minuman pun bisa menjadi bisnis kuliner yang menjanjikan. 

    Minuman yang dimaksud di sini tidaklah harus jenis minuman yang menggunakan bahan baku mahal. Minuman boba, es kepal, es teler, juice, dan sebagainya pun bisa kamu jadikan sebagai ide bisnis kuliner. Kamu tinggal menyesuaikan dengan tren yang sedang booming saat itu.

    Cara Memulai Bisnis Kuliner dari Rumah

    Setelah membahas beberapa ide bisnis kuliner yang menjanjikan, apakah kamu sudah mulai mendapatkan inspirasi ingin membuka bisnis kuliner yang seperti apa? Sebelum memulainya, ternyata ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan terlebih dahulu agar meminimalisasi kerugian yang bisa saja terjadi. 

    Menentukan Target Pasar

    Langkah pertama sebelum memulai bisnis kuliner adalah menentukan target pasar. Dengan mengetahui target pasar, kamu akan semakin mudah menentukan produk apa yang akan dijual. 

    Misalnya, target pasar bisnismu adalah mahasiswa kos-kosan, maka kamu bisa menjual nasi dengan harga anak kos dan menentukan lokasi yang dekat dengan kos mahasiswa.

    Beberapa pilihan produk yang kamu jual misalnya aneka nasi dengan menu utama ayam dan bebek seperti pecel ayam, ayam geprek, bebek goreng. Bisa juga masakan Jepang seperti ramen, tempura, sushi. 

    Masakan Korea,  masakan Chinese, masakan Timur Tengah, masakan Thailand, masakan India, makanan cepat saji; serta menu yang sudah sangat populer seperti sate, seafood, bakso, soto, sop iga, bakmi, dan sebagainya. 

    Baca Juga: Lebih Mengenal Segmentasi dan Target Pasar Bagi Bisnis Kamu

    Survei dan Riset Peluang Pasar

    Sebelum memulai bisnis kuliner penting sekali untuk melakukan survei atau riset pasar untuk mengetahui peluang dari menu kuliner yang akan kamu pilih. 

    Caranya adalah dengan mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai pesaing bisnis yang ada. Cek apa kelebihan dan kekurangan dari menu yang mereka jual, dari sana dapat ditemukan peluang apa yang terbuka untuk kamu. 

    Cari dan Tunjukkan Keunikan Produk

    Bisnis kuliner memang menjanjikan banyak keuntungan, namun tentu saja memiliki kompetitor yang jauh lebih banyak daripada bidang bisnis lainnya. Ada banyak produk dengan konsep mirip atau bahkan sama. Jika tidak punya sisi unik, tentu konsumen tidak akan melirik produk yang kamu tawarkan. 

    Jika ingin bisnis kuliner kamu laris manis, gali sisi unik produk yang kamu jual. Bentuk sisi unik tersebut sebaik mungkin sampai konsumen jatuh cinta pada produk kamu.

    Keunikan, value, harga, juga perlu dipikirkan sejak awal. Dalam hal ini penting untuk melakukan pengamatan dan survei lapangan. Matangkan juga dari mana bahan baku bisa diperoleh dan tempat penyimpanan bahan baku. 

    Baca Juga: Product Research: Kunci Sukses Pengembangan Lini Produk

    Membuat Konsep Bisnis

    Langkah berikutnya yang perlu kamu lakukan untuk memulai bisnis kuliner adalah dengan membuat konsep bisnis. Tentukan strategi pemasaran, mulai dari jenis-jenis produk yang akan dijual, jumlah modal yang diperlukan, lokasi yang tepat, menemukan supplier dan sebagainya. 

    Matangkan juga konsep penjualan dan pemasarannya, apakah kamu akan menjadikannya sebagai bisnis kuliner online sebagai mitra GoFood, Grab Food, dan Shopee Food?  Lalu, promosi seperti apa yang tepat untuk digunakan? 

    Kamu juga perlu memikirkan tempat usaha, bentuk desain booth usaha atau gerobak jualan, display etalase, serta perlengkapan dan peralatan masak. Semisal kamu tidak buka lapak, bagaimana cara pesan antar dikelola? Siapa kurir yang kamu pilih untuk mengantar pesanan ke konsumen? 

    Ingat, Konsep bisnis yang terencana membuat kamu semakin mudah dalam menjalankan bisnis kuliner. 

    Buatlah Rencana Usaha atau Business Plan 

    Rencana yang matang dan detail merupakan separuh keberhasilan usaha. Ada yang beranggapan bahwa bisnis kuliner yang dimulai dengan modal kecil tidak memerlukan business plan yang baik dan teratur. 

    Ini salah. Bisnis kuliner dengan modal kecil juga memerlukan rencana usaha atau business plan. Maksudnya agar dapat terbayangkan tentang perputaran uang (cash flow). 

    Rencana Usaha merupakan simulasi cara memulai bisnis kuliner, perputaran uang,  dan strategi pengembangan. Selain itu, pentingnya membuat business plan adalah agar jika kamu ternyata membutuhkan partner atau investor, kamu dapat mempresentasikan rencana bisnis kuliner tersebut dengan jelas.

    Baca Juga: Mengenal Pengertian Business Plan dan Manfaat Urgensinya

    Contoh Business Plan bisnis kuliner adalah

    • Rencana keuangan, jumlah modal usaha dan rincian detail penggunaannya. 
    • Tim kerja: koki, admin, kasir, kurir, asisten, marketing promosi, dan lain-lain. Untuk usaha dengan modal kecil, biasanya pekerjaan dirangkap oleh pemilik usaha. 
    • Menu dan harga jual, sehingga tergambarkan berapa besar potensi keuntungan bisnisnya. 
    • Strategi pemasaran.  
    • Waktu pelaksanaan. 

    Pilih Lokasi Bisnis Kuliner yang Tepat dan Strategis 

    Salah satu cara mensukseskan bisnis kuliner adalah dengan memiliki lokasi usaha yang tepat dan strategis. Lokasi yang strategis memerlukan pengamatan survei lapangan. 

    Kamu perlu mengamati langsung pada waktu sarapan pagi, makan siang, makan malam, di antara jam makan siang dan makan malam. Siapa saja dan berapa banyak orang yang melintasi lokasi pengamatan kamu. 

    Selain itu juga perhatikan juga bagaimana keamanan dan  lahan parkirnya, serta tanyakan pada orang-orang yang tinggal di sekitarnya apakah lokasi tersebut bebas banjir atau tidak. 

    Jangan sembarang pilih lokasi saat memulai bisnis kuliner. Pertimbangkan pula bagaimana daya beli masyarakat di sekitar lokasi usaha yang anda pilih, agar produk kamu dapat terjangkau oleh target pasar yang tepat. 

    Ciptakan Nama Usaha dan Menu ‍

    Penciptaan nama atau merek usaha sangatlah penting. Manfaatnya adalah agar dapat dikenali calon konsumen yang lewat lapak kamu atau yang mencarinya di Google Maps. 

    Nama bisnis kuliner dapat kamu kreasikan sesuai selera, namun pilihlah nama yang berhubungan dengan produk yang kamu buat. Jadi jika nama usaha terdiri dari dua kata, maka salah satu kata merupakan keyword dari jenis menu yang kamu jual. Sedangkan kata yang lain adalah nama yang kamu ciptakan. 

    Nama-nama item menu juga sebaiknya dibuat sekreatif mungkin agar menarik perhatian konsumen. Sebagai pendatang baru dalam bisnis kuliner, tentunya produk kamu perlu menarik perhatian secara penamaan maupun rasa dan harganya.  

    Baca Juga: 5 Nama Menu Unik yang Membuat Kamu Penasaran Saat Membacanya

    Promosikan Bisnis Kuliner Kamu ‍

    Memperkenalkan nama usaha dan menu bisnis kuliner kamu melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Twitter adalah salah satu cara memulai bisnis kuliner online dengan modal kecil yang sangat efektif. 

    Kamu dapat membuat  akun dan fanpage sesuai dengan nama bisnis kuliner yang sudah ditentukan. Buatlah logo yang mudah diingat orang. Lalu buat konten-konten promosi yang menarik setiap hari, berupa foto dan video, yang memperlihatkan bentuk menu kuliner. Bisa juga ditampilkan harganya. 

    Bagikan juga konten-konten promosi tersebut melalui Whatsapp dan Telegram. Sebaiknya,  kamu juga memanfaatkan mitra dengan Go Food, Grab Food, dan Shopee Food agar bisnis kuliner yang kamu jalankan semakin dikenal orang. 

    Menyiapkan Modal

    Puncak dari segala persiapan memulai sebuah bisnis kuliner adalah jumlah modal yang kamu miliki. Meskipun ada embel-embel ide bisnis kuliner dengan modal kecil, tetap saja kamu memerlukan modal untuk biaya operasionalnya. 

    Modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis kuliner dengan modal kecil sangat bervariasi, tergantung pada business plan yang kamu rancang. Bisnis kuliner dapat dimulai dari modal: 

    • Ratusan ribu rupiah
    • Rp1 juta - Rp 5 juta
    • Rp5 juta - Rp 10 juta
    • Rp10 juta - Rp 50 juta
    • Rp50 juta - Rp100 juta 

    Bukan hanya pada bisnis kuliner, sebenarnya semua jenis bisnis memerlukan sejumlah modal yang harus disiapkan oleh pemiliknya sejak awal agar bisnis tersebut bisa berjalan dengan lancar. 

    Lantas, bagaimana bila kamu sudah memiliki business plan yang rapi namun terbentur masalah modal untuk memulai sebuah bisnis kuliner? Tenang. Tidak perlu khawatir. 

    Aplikasi berbasis Point of Sales, majoo, menyediakan fitur majoo capital yang bisa membantu kamu mendapatkan bantuan modal untuk memulai usaha. Dengan proses pengajuan yang mudah, kamu bisa mendapatkan modal yang kamu butuhkan jika memang bisnismu dinilai layak mendapatkannya. So, kenapa harus menunda? Ajukan sekarang juga! Selamat mencoba!

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    11+ Faktor Keberhasilan Wirausaha yang Wajib Dimiliki!
    Faktor keberhasilan wirausaha tidak terbatas pada modal uang saja, sehingga dibutuhkan adaptasi, inovasi, dan sikap wirausaha untuk mengembangkan usaha.
    Valuasi adalah: Pengertian dan Cara Menghitungnya
    Valuasi adalah perhitungan nilai sebuah perusahaan dengan mempertimbangkan berbagai faktor. Besar maupun kecil, valuasi menjadi hal yang sangat penting.
    Fair Value adalah: Tujuan dan Cara Menghitung
    Nilai Wajar atau Fair Value adalah alat yang sangat berguna untuk membantu pengguna memahami keuangan perusahaan, terutama situasi keuangan saat ini.
    Daftar UMKM Online: Syarat dan Manfaatnya
    Daftar UMKM online bisa dilakukan dengan praktis. Manfaatnya antara lain agar mudah mengembangkan usaha dan untuk mendapatkan bantuan dana dari pemerintah.