Table of Content

    • majoo blog
    • Trivia
    • 5 Nama Menu Unik yang Membuat Kamu Penasaran Saat Membacanya

    5 Nama Menu Unik yang Membuat Kamu Penasaran Saat Membacanya

    Persaingan bisnis yang semakin ketat sepertinya memaksa para pemilik bisnis untuk lebih kreatif. Berbagai selling point yang berbeda berusaha ditawarkan. Berbagai strategi pemasaran juga dilakukan. Mulai dari citra merek sampai pemilihan nama. Banyak pemilik usaha yang tak segan membuat nama merek yang menggelitik, bahkan kontroversial.

    Hal tersebut juga merambah dunia kuliner. Pemilik usaha berupaya menawarkan pengalaman yang berbeda lewat suasana kafe atau restoran. Tempat dibuat sangat nyaman hingga Instagrammable. Pemilik usaha juga berlomba-lomba menarik pelanggan dengan nama kafe atau restoran yang unik. Di Amerika misalnya, terdapat restoran masakan Thailand yang diberi nama Thai Tanic. Kemudian di Korea, terdapat restoran yang khusus menyajikan steak, namanya Steak Job.

    Bagaimana dengan Indonesia? Kopi Kenangan sepertinya salah satu yang tidak mau ketinggalan tren ini. Meskipun bukan pelesetan dari kata, kejadian, atau tokoh terkenal, tapi nama Kopi Kenangan cukup menggelitik. Kafe ini tampaknya ingin menyasar pasar milenial dan gen z yang dianggap sobat galau. Maka, kata ‘kenangan’ pun disematkan pada brand mereka.

    Perlombaan untuk menjadi pusat perhatian di tengah sesaknya persaingan bisnis kuliner ternyata tak hanya membuat para pemilik bisnis berpikir membuat nama atau merek yang unik. Tetapi nama menu unik pun banyak bermunculan.

    Penasaran apa saja sih nama-nama menu yang kreatif itu? Ini dia ulasannya!

    1. Bakso beranak

    Waduh seram juga kalau ada bakso bisa beranak! Tapi, jangan panik dulu, bakso beranak bukan bakso yang bisa melahirkan bayi, kok. Jadi, ini adalah salah satu menu yang kreatif, hasil karya para pengusaha bakso.

    Bakso beranak ini sepintas tampak seperti bakso biasa. Keunikannya baru jelas terlihat saat kamu membelahnya, di dalam bakso tersebut ada beberapa buah bakso lain dengan ukuran lebih kecil, semacam bayi bakso.

    Nah, kuliner yang satu ini cukup terkenal di banyak kota. Masing-masing penjual bakso juga terus berinovasi agar berbeda dengan menu bakso beranak lainnya. Di Gambir, Jakarta, misalnya, kamu bisa menikmati bakso beranak Pak Gayeng. Bukan sembarang bakso beranak, karena bakso ini begitu dibelah, di dalamnya terdapat 8 buah bakso berukuran lebih kecil dengan aneka isian, mulai dari keju sampai rawit.

    Lain lagi dengan bakso beranak asal Demak yang lebih dikenal dengan bakso beranak kerbau. Sungguh luar biasa, bukan?

    Bakso ini hampir mirip seperti bakso beranak lainnya. Hanya saja isian daging yang digunakan adalah daging kerbau, bukan daging sapi seperti kebanyakan bakso.

    Ada juga jenis bakso beranak dengan isian bakso dan telur puyuh, seperti bakso yang disajikan di Bakso Beranak Mas Rahmat. Menu ini dapat dinikmati oleh kamu yang tinggal di Padang, lokasinya terletak di Jl. Gadjah No. 7, dekat kampus UNP.

    Jika kamu penasaran ingin mencicipi bakso beranak, kamu bisa memanfaatkan media sosial Instagram untuk mencari rekomendasi. Rasa-rasanya tidak sulit untuk menemukannya. Kini banyak sekali penjual bakso beranak di berbagai kota.

    2. Perkedel bondon

    Kuliner yang satu ini merupakan salah satu jajanan yang cukup terkenal di Kota Kembang, Bandung. Nama menu unik yang mereka pakai sering kali berhasil menggiring konsumen untuk berkunjung dan mencoba jajanan ini.

    Jadi, dalam bahasa Sunda bondon berarti perempuan malam, sering kali dihubungkan dengan Pekerja Seks Komersial. Loh, memangnya perkedelnya seperti apa, kok dinamai bondon?

    Perkedel yang dijual layaknya kebanyakan perkedel kentang. Hanya saja memang perkedel kentang yang satu ini terkenal sangat enak dan gurih, disajikan bersama sambal terasi yang konon luar biasa lezat.

    Tempat tersebut buka 24 jam dan tidak hanya menjual perkedel bondon. Akan tetapi, khusus menu perkedel, baru mulai diolah pukul 23.00, itulah mengapa diberi nama bondon.

    Penasaran ingin mencobanya? Langsung saja berkunjung ke Jl. Stasiun Timur No.14, Bandung. Tapi, kamu harus sabar dan rela antre ya! Semua pengunjung yang datang untuk membeli perkedel bondon akan diberi nomor antrean dan sering kali antreannya mengular.

    3. Mie setan

    Bisnis kuliner yang berlogo mangkuk mie dengan tanduk setan ini semakin dikenal luas. Banyak orang yang menyebutnya mie setan Malang, karena awal berdirinya usaha kuliner ini memang di kota Malang, walaupun merek aslinya adalah Mie Setan Noodle and Dimsum.

    Mie setan menjadi menu yang paling diminati. Nama setan sendiri sepertinya merujuk pada rasa pedasnya yang luar biasa, sehingga menimbulkan sensasi panas. Menu ini terdiri dari lima level, level satu sampai lima. Setiap level akan diberi cabai rawit dengan kelipatan 12 buah.

    Kalau tidak suka pedas sama sekali tidak akan bisa berkunjung ke mie setan? Kamu tidak perlu khawatir, di sana juga tersedia menu mie angel. Solusi bagi kamu yang tidak menyukai pedas.

    4. Kopi Kenangan Mantan

    Seperti telah dibahas sebelumnya, Kopi Kenangan sepertinya ingin menarik perhatian para sobat galau. Sehingga menu yang kreatif pun dibuat. Hal ini terbukti dari adanya tambahan informasi unik pada menu. Pada daftar menunya, di bawah menu Kopi Kenangan Mantan, terdapat penjelasan: kenangan manis yang sudah tidak ada, tapi suka datang tiba-tiba di pikiran.

    Dari sekian banyak pilihan menu yang tersedia, Kopi Kenangan Mantan salah satu yang paling populer. Selain menu ini, masih terdapat menu lain, seperti Kopi Kenangan Masa Lalu, Kopi Mantan Menikah, Kopi Lupakan Dia, dan lain sebagainya.

    5. Nasi goreng mafia

    Menu yang satu ini, kok terdengar lebih menyeramkan daripada bakso beranak, ya? Pilihan menu lain selain mafia juga tidak kalah seram, ada brandal, yakuza, triad, dan lain sebagainya.

     

    Ketika melihat pilihan rasa pedas, pilihan level pedas yang langsung terlihat jelas adalah level mematikan. Level di bawah mematikan juga tidak terlalu menghibur: menyesal, merisaukan, menyesakkan. Makanan apakah ini?

    Kamu yang tinggal di Jakarta, Bandung, Cimahi, Sukabumi, dan Cikampek, boleh langsung berkunjung ke nasi goreng mafia untuk mengetahui seperti apa sebenarnya menu makanan yang satu ini? Konon saat berkunjung ke sana kamu akan disapa ‘bos’ layaknya pimpinan mafia. Selamat mencoba! 

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Mempertahankan Bisnis dengan Memanfaatkan e-Marketplace
    Berbagai e-Marketplace berlomba memberikan dukungan di platform mereka untuk pebisnis, dengan harapan agar ekonomi tetap bergerak di masa pandemi COVID-19.
    Online Shop: Bisnis Paling Tepat di Masa Pandemi
    Di masa pandemi, saat semuanya dibatasi, membuka atau mengalihkan bisnis menjadi online shop dianggap sebagai sebuah strategi bisnis yang tepat.
    Belajar dari Pandemi: 5 Catatan Penting untuk Pemilik Usaha
    Meski sulit, ada pelajaran berharga yang dapat diambil selama pandemi. Dengan memahami ini, pemilik usaha dapat bertahan dan bergerak maju.
    Marketplace Indonesia Ini Turut Dorong Pertumbuhan UMKM Lho!
    Marketplace Indonesia memegang peranan besar dalam mendukung perkembangan UMKM. Apa saja marketplace karya anak bangsa tersebut? Simak daftarnya di sini!