Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    • Solusi
    • Fitur
    • Menjadi Bukalapak Seller dan Cara Jualan di Bukalapak

    Menjadi Bukalapak Seller dan Cara Jualan di Bukalapak

    Menjadi Bukalapak Seller tidak sulit dan hanya dalam hitungan menit, kamu bisa membuka toko online sendiri. 

    Rasanya nggak mungkin kamu belum pernah mendengar nama Bukalapak. Sebagai salah satu marketplace terkenal di Indonesia, Bukalapak sudah membantu banyak UMKM dalam berdagang. 

    Perkembangan teknologi membuat aktivitas jual beli kian mudah. Nah, Bukalapak adalah salah satu pilihan e-commerce yang banyak digunakan untuk berjualan. 

    Cara berjualan di Bukalapak cukup mudah dan praktis sehingga banyak penjual merasa sangat terbantu dengan kehadiran platform berjualan ini.

    Sama seperti marketplace lain, Bukalapak pun menghadirkan aneka keuntungan untuk seller atau penjual yang membuka tokonya di Bukalapak. 

    Bagaimana cara berjualan di Bukalapak? Apa saja syarat menjadi seller Bukalapak? Mari baca artikel ini sampai tuntas, Majoopreneurs!

    Baca Juga: Cara Menjadi Dropship di Shopee - Terbaru 2022

    Sekilas Tentang Bukalapak

    Bukalapak adalah perusahaan teknologi asal Indonesia yang didirikan pada tahun 2010 oleh Achmad Zaky, Muhammad Fajrin Rasyid, dan Nugroho Herucahyono. 

    Bukalapak berbentuk online marketplace yang memungkinkan penjual dan pembeli dapat bertransaksi secara online dari mana saja dan kapan saja. 

    Artinya, sebagai penjual, kamu bisa mendapat pembeli yang berasal dari daerah yang jaraknya hingga ribuan kilometer sekalipun dari tempatmu berada. 

    Sudah pasti, kemudahan yang ditawarkan Bukalapak ini sangat membantumu dalam meluaskan prospek pangsa pasar.

    Hingga kini, sudah jutaan orang menjadi penjual dan puluhan juta pengguna aktif di Bukalapak bertransaksi sejak didirikan lebih dari 10 tahun silam. 

    Bukalapak memiliki visi membantu bisnis berskala UMKM agar dapat meluaskan jangkauan pasarnya melalui internet. 

    Perusahaan Bukalapak kini sudah mengekspansi lini bisnisnya dengan berupaya meningkatkan penjualan warung tradisional melalui layanan Mitra Bukalapak. Pada 2017, Bukalapak menjadi satu di antara berbagai startup unicorn di Indonesia.

    Baca Juga: Pahami! Cara Jualan Online Mudah Untuk Pemula Agar Laris

     Halaman depan website Bukalapak

    Cara Menjadi Bukalapak Seller

    Mendaftar di Bukalapak seller sebagai penjual ternyata mudah dan praktis. Jika kamu ingin lebih cepat untuk mulai bertransaksi, pastikan kamu sudah menyiapkan dulu berbagai foto dan informasi produk.

    Langkah-langkah untuk membuat akun sebagai Bukalapak seller adalah sebagai berikut.

    • Akses situs Bukalapak

    Buka situs resmi marketplace Bukalapak di www.bukalapak.com. Lanjutkan dengan klik Daftar di sisi kanan atas layar. 

    Kamu juga bisa mengunduh aplikasi Bukalapak di App Store maupun Play Store dan mendaftar melalui aplikasi tersebut.

    • Isi formulir pendaftaran

    Kamu bisa memilih antara mencantumkan nomor HP atau alamat email yang aktif. 

    Namun, kamu bisa juga memilih cara yang lebih cepat dengan menggunakan akun Facebook atau Google yang dimiliki dan terpasang di perangkat yang kamu gunakan (laptop, komputer, atau smartphone).

    • Isi nama akun toko

    Setelah terdaftar, kamu dapat langsung mengelola akun dengan mengisi nama toko. Gunakan nama yang unik dan gampang diingat agar menarik dan memudahkan pembeli.

    • Buat password

    Buatlah password untuk akun yang kamu miliki. Hindari menggunakan password yang standar seperti nama lengkap, kombinasi tanggal lahir, atau angka yang berurutan. 

    Kreasikan password yang dapat kamu ingat dengan mudah, tetapi tidak mudah ditebak orang lain.

    • Teliti syarat dan ketentuan

    Hal ini penting kamu lakukan, Majoopreneurs. Baca dengan cermat apa saja yang menjadi syarat dan ketentuan Bukalapak. 

    Harap diingat bahwa pelanggaran terhadap kondisi tersebut dapat membuat akun kamu di-suspend dan bukan tidak mungkin dapat berurusan dengan hukum.

    • Klik Daftar

    Begitu seluruh formulir pendaftaran terisi lengkap dengan data yang benar dan menyetujui syarat serta ketentuan Bukalapak, klik tombol Daftar.

    • Konfirmasi email

    Bukalapak akan melakukan verifikasi data-data yang telah kamu kirimkan. Dalam rentang waktu maksimal 1×24 jam, kamu akan menerima email yang berisi bukti konfirmasi. Selesaikan pendaftaran dengan mengklik tombol Verifikasi Email.

    • Lengkapi profil akun

    Sekarang, saatnya kamu untuk melengkapi profil akun toko. Buka menu Pengaturan untuk mulai mengisi data-data terkait.

    Isilah deskripsi toko yang menarik dengan mencantumkan beberapa informasi tambahan lainnya seperti syarat-syarat pengiriman, pembayaran, jam operasional (untuk fast response), dan sebagainya.

    Tak lupa, isilah toko online kamu dengan katalog produk dengan menampilkan gambar-gambar yang representatif berikut deskripsi pendukung.

    Keuntungan Menjadi Seller di Bukalapak

    Sebagai satu di antara perusahaan e-Commerce paling besar di Indonesia, Bukalapak menawarkan keunggulannya tersendiri bagi para penjual (seller). Intip di sini penjelasannya, Majoopreneurs!

    • Banyak Pembeli Potensial

    Bukalapak memberikan akses gratis kepada lebih dari 100 juta penggunanya. Hal ini tentu akan meningkatkan potensi penjualan kamu.

    • Komunitas Pelapak

    Adanya komunitas pelapak tersebar di berbagai daerah membantu kamu saling berbagi informasi terkait penjualan. Saat ini ada lebih dari 30 ribu pelapak yang bergabung dalam komunitas Bukalapak.

    • Logistik Lengkap

    Kamu benar-benar dimanjakan oleh Bukalapak agar dapat berjualan dengan mudah, karena Bukalapak sudah bekerja sama dengan berbagai layanan ekspedisi yang menjangkau seluruh wilayah Tanah Air.

    • Channel Jualan

    Kamu bisa berjualan atau membuka lapak di beberapa channel jualan sekaligus. Tentunya hal ini akan memperbesar peluang pendapatan kamu, Majoopreneurs.

     Cara jualan di Bukalapak sangat mudah dengan dukungan maksimal dari perusahaan Unicorn tersebut.

    Baca Juga: Marketplace adalah: Mengenal Marketplace dan Contohnya

    Menjadi Super Seller Bukalapak

    Selain berbagai keuntungan di atas, Bukalapak memiliki program Super Seller bagi penggunanya yang berjualan. 

    Berikut beberapa keuntungan menjadi Super Seller di platform e-Commerce Bukalapak:

    • Biaya layanan aplikasi hanya 0,5 persen.
    • Adanya kesempatan menaikkan transaksi sampai 15 kali lipat.
    • Kepercayaan pembeli bertambah saat melihat logo Super Seller.
    • Adanya bonus gratis ongkir sepuasnya.
    • Adanya cashback voucher eksklusif.
    • Pelapak memperoleh bonus 5 persen dari anggaran promosi, sehingga dapat mengikuti kampanye dan flash deal tanpa biaya ekstra.

    Tips Sukses Berjualan di Bukalapak

    Tidak jauh berbeda dengan berjualan di bisnis offline, menjadi ‘pemain’ baru di pasar online memang tidak mudah. Banyaknya pelapak yang sudah lebih dulu hadir membuatmu harus berusaha ekstra untuk bisa mendapat pembeli. 

    Meski begitu, hal ini tidak berarti peluang suksesmu tertutup. Kesempatan ini tetap terbuka lebar asal kamu konsisten dalam melakukan berbagai strategi yang tepat seperti berikut ini.

    • Mengunggah Foto Asli dan Berkualitas

    Salah satu ‘kelemahan’ yang sering menjadi kekhawatiran pembeli saat berbelanja online adalah barang yang tidak sesuai dengan ekspektasi. 

    Karena mereka tidak bisa melihat barangnya secara langsung, maka kamu harus dapat meraih kepercayaan calon pembeli dengan menampilkan foto asli produk.

    Namun, foto asli saja tidak cukup. Kamu perlu mengunggah foto-foto yang berkualitas sehingga pembeli dapat melihat lebih saksama. Ini salah satu cara jualan di Bukalapak: menampilkan foto produk yang menarik.

    Tampilkan foto produk dari berbagai sudut (dan jika memungkinkan, tampilkan beberapa detail tertentu). Dengan begitu, pembeli dapat mempunyai gambaran lebih utuh tentang produk yang akan mereka dapatkan.

    • Buat Deskripsi Informatif

    Pembeli zaman sekarang punya banyak pilihan. Mereka cenderung enggan menghabiskan tenaga dan waktu lebih banyak dengan harus bertanya-tanya informasi dasar seputar produk. 

    Kecuali produk yang kamu tawarkan benar-benar istimewa, tentu saja mereka lebih memilih untuk mencari produk di lapak lain yang lebih informatif.

    Karena itu, buatlah deskripsi informatif mengenai produk yang kamu jual. Misal, kamu menjual jilbab. Tambahkan informasi seperti bahan yang digunakan, warna, motif, ukuran, dan jumlah stok. 

    Lengkapi dengan beberapa hal yang menjadi nilai lebih produk tersebut, seperti jenis bahan yang mudah dibentuk dengan tanpa peniti, tidak mudah kusut, bagian tepi jilbab dijahit rapi, dan sebagainya.

    Kamu juga bisa menyertakan keterangan pendukung lain di luar produk, seperti barang dapat ditukar dengan kondisi tertentu, tidak ada asuransi pengangkutan, dan lain-lain.

    • Respons Cepat dan Ramah

    Saat kamu berada di posisi sebagai pembeli, menunggu jawaban dari pihak penjual dalam waktu yang lama tentu mengesalkan, bukan? Makanya, jangan lakukan hal tersebut saat kamu bertindak sebagai penjual.

    Jika kamu mempunyai kesibukan lain, sebaiknya kamu mencantumkan jam operasional (yang menandakan bahwa kamu dapat merespons dengan cepat pada waktu tersebut). 

    Dengan begitu, apabila mereka menghubungi kamu di luar waktu tersebut, mereka seharusnya memaklumi jika kamu slow response

    Satu hal yang penting adalah bersikaplah ramah pada pembeli. Menjawab dengan terlalu dingin dan tidak informatif akan membuat kesan yang buruk.

    • Gunakan Fitur Push

    Cara jualan di Bukalapak untuk meningkatkan penjualan berikutnya adalah dengan memanfaatkan fitur Push

    Fitur ini membantumu dengan mempromosikan produk dagangan sehingga berada di posisi pertama pada halaman daftar produk atau hasil pencarian pengunjung yang relevan.

    Untuk menggunakan fitur ini, kamu perlu membayar sekitar 2 ribu rupiah per push. Meski ada syarat membayar, kamu jangan merasa berat. Inilah modal awal dan kesempatan kamu kelak menjadi top seller Bukalapak.

    • Promosi di Berbagai Kanal

    Perluas informasi tentang produk maupun tokomu di berbagai platform yang lebih luas. Kamu bisa mempromosikan di WhatsApp Business dan/atau media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook, TikTok, atau YouTube. 

    Makin luas pasar promosi yang kamu lakukan, makin besar kesempatan bisnismu berkembang. 

    • Aktif di Forum Bukalapak

    Kamu bisa belajar banyak tips dan trik terkait ilmu jual-beli yang dibagikan oleh Bukalapak seller lainnya di forum ini. 

    Kamu dapat mempelajari cara menanggapi selera masyarakat dalam berbelanja secara online, cara menangani komplain pembeli, dan lainnya.

    Sudah jelas kamu dapat memperluas relasi di sini. Hal ini dapat menjadi peluang tersendiri bagi kamu untuk kesuksesan bisnis lainnya di masa mendatang. Siapa yang tahu jika kelak kamu akan melakukan kolaborasi bisnis dengan pelapak lain?

    Baca Juga: Pengertian dan Contoh Pasar Bebas sebagai Bentuk Globalisasi 

    Kesimpulan

    Menjadi Bukalapak seller tidak sulit, Majoopreneurs. Hanya dengan beberapa langkah mudah dan waktu singkat, kamu bisa langsung mengelola akun dan berjualan di salah satu online marketplace terbesar di Indonesia ini. 

    Siapkan produkmu dan pastikan fotonya merupakan gambar asli yang dapat meyakinkan calon pembeli melakukan check out dari tokomu. 

    Sebelum kamu meninggalkan halaman majoo, sudahkah kamu membaca artikel menarik seputar UMKM lainnya?

     

     

     

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    10 Karakter Wirausaha untuk Meraih Kesuksesan Bisnis
    Menjadi seorang wirausahawan membutuhkan karakter wirausaha yang kuat agar bisa menjalankan bisnis dengan lancar sampai bisa meraih kesuksesan besar.
    Macam-Macam E-Wallet, Definisi, Kelebihan, dan Kekurangannya
    E-Wallet adalah suatu layanan elektronik yang berfungsi sebagai tempat menampung dana dan instrumen pembayaran digital untuk memudahkan segala transaksi.
    Vendor adalah: Jenis-Jenis Vendor dan Fungsinya dalam Bisnis
    Apa itu vendor? Tentu banyak yang sudah bisa menjawab. Namun, ada berapa jenis vendor dan apa saja fungsinya di dalam bisnis? Nah, simak artikel berikut!
    Pre Order adalah: Pengertian, Sistem, hingga Keuntungannya
    Pre order adalah aktivitas jual beli antara customer dan seller, yang mana customer memesanan dan membayar produk di awal, dengan estimasi waktu tertentu.