Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    • Solusi
    • Fitur
    • Pahami! Cara Jualan Online Mudah Untuk Pemula Agar Laris

    Pahami! Cara Jualan Online Mudah Untuk Pemula Agar Laris

    Cara jualan online di era digital seperti sekarang mengalami kenaikan yang signifikan.

    Saat ini semua kebutuhan bisa kamu cari di internet. Bisa dikatakan, apa saja bisa dibeli secara online, apalagi di era digital ini, khususnya bagi kamu yang melek teknologi. Begitu juga dengan barang atau kebutuhan apa pun, penjualannya juga bisa dilakukan secara online

    Meskipun banyak cara jualan online, tapi tidak semua orang bisa sukses dalam menjalankannya. Tak jarang toko online tutup di tengah jalan. Kisah jualan online seperti itulah yang terkadang membuat kamu takut untuk memulai bisnis.

    Beberapa tahun belakangan ini perkembangan jualan online memang mengalami peningkatan signifikan. Tentunya bisnis yang sukses pun memerlukan usaha dan inovasi, supaya bisnis tetap berjalan dengan baik dan memperoleh keuntungan yang optimal.

    Walaupun terlihat mudah, bisnis online yang kamu jalankan juga memerlukan strategi yang tepat. Hal ini karena persaingan bisnis online sangatlah ketat, misalnya jualan online di e-commerce yang terdapat banyak barang sama dengan harga yang beragam.

    Nah, untuk menjawab kekhawatiranmu akan bisnis online yang kamu jalankan, berikut ini cara jualan online mulai dari tanpa modal hingga cara jualan di e-commerce.

    Cara Jualan Online Laris

    Pada umumnya, menjual produk secara online dapat menjangkau banyak pelanggan dan target pasar. Selain itu, cara jualan online pun juga dapat mengurangi biaya overhead yang harus kamu keluarkan apabila kamu membuka bisnis atau toko fisik.

    Strategi demi strategi dilakukan supaya bisnis online yang kamu miliki menjadi laris. Berikut ini cara jualan online agar laris yang dapat kamu terapkan pada bisnis onlinemu, seperti:

    Kenali Nilai Jual Produkmu (Product Knowledge)

    Bisa jadi barang  yang kamu jual secara online ada kesamaan dengan produk toko lain. Namun, bila kamu memahami dengan baik setiap product knowledge barang yang kamu jual, hal ini akan menjadi pembeda dan menjadi nilai lebih untuk tokomu.

    Product knowledge ini bisa berupa kemudahan dalam penggunaan, bahan baku, kualitas barang, harga, dan lain sebagainya. Cara jualan online laris agar bisnismu mendapatkan hati di mata pelanggan dan penjualan semakin naik yaitu dengan menganalisis product knowledge barang yang kamu jual. 

    Foto Produk yang Berkualitas

    Cara jualan online laris selanjutnya yaitu dengan menarik pelanggan menggunakan foto yang berkualitas. Dari visual yang ditampilkan, pelanggan dapat menilai suatu barang apakah layak dia beli atau tidak.

    Berjualan ke Jaringan yang Lebih Luas

    Dalam berbisnis tentunya adanya situs website atau blog toko tidak cukup dalam mendatangkan traffic penjualan. Kamu bisa mencoba dengan berjualan di jaringan yang lebih luas seperti grup media sosial dan forum diskusi online. Jaringan ini adalah tempat yang bagus untuk mendapatkan pelanggan baru, berdiskusi tentang produk yang dijual, berbagi cara jualan online agar laris, dan lain sebagainya.

    Mengandalkan Penawaran Promosi sebagai Cara Jualan Online Laris

    Di dalam bisnis jual beli online maupun offline, promosi merupakan salah satu hal yang tidak dapat dipisahkan. Promosi yang baik dapat menarik pelanggan baru atau loyal customer untuk membeli produk yang kamu jual. Penggunaan promosi ini juga penting agar produkmu dapat bersaing dengan produk yang dijual oleh kompetitor.

    Membuat Event Giveaway

    Tak sedikit orang menyukai barang gratis,. Bila kamu ingin membangun kepercayaan pelanggan dan membuat mereka membeli produk yang kamu jual, kamu bisa membuat event giveaway. Hadiah dari event giveaway ini merupakan strategi bagus yang bisa kamu pakai dalam berjualan online

    Pertimbangkan juga budget yang harus kamu keluarkan untuk pemberian hadiah ini.

    Menyediakan Beragam Opsi Pembayaran

    Cara jualan online yang bisa kamu lakukan selanjutnya yaitu menyediakan beragam pilihan pembayaran. Hal ini karena mempermudah customer dalam membayar produk yang mereka beli. Cara ini juga bisa dilakukan untuk meningkatkan penjualan online pada bisnismu.

    Memakai Teknik Copywriting

    Penggunaan teknik copywriting akan menarik perhatian pembeli untuk membeli produk yang kamu jual. Copywriting ini harus dibuat semenarik mungkin agar audiens merasa penasaran terhadap produkmu. Teknik copywriting sendiri tujuannya untuk mengenalkan produk yang kamu jual lebih dalam kepada calon pembeli.

    Baca Juga: Pahami! Langkah-Langkah Pengembangan Ide dan Peluang Usaha 2022

    Cara Jualan Online Tanpa Modal

    Jualan online bisa dilakukan dengan adanya banyak inovasi. Ada juga jualan online tanpa menggunakan modal yang bisa meraih keuntungan tanpa adanya kesulitan yang berarti di dalam memulai bisnis. Ada lima cara jualan online tanpa modal yang bisa kamu lakukan, yaitu:

    Riset Produk yang hendak Dijual

    Kamu bisa melakukan riset produk apa yang sedang dibutuhkan oleh banyak orang melalui media sosial atau bertanya kepada orang-orang di sekitarmu. Dengan melakukan riset ini, nantinya barang yang kamu jual bisa dipastikan terjual laris di pasar.

    Membuat Akun Media Sosial

    Jika berjualan offline membutuhkan sewa tempat, tidak demikian dengan jualan online. Cara jualan online tanpa modal ini bisa kamu lakukan dengan membuat akun media sosial. Cantumkan secara lengkap informasi yang membantu customer dalam membeli barang yang kamu jual, seperti cara memesan produk, nomor telepon, tips merawat produk, dan lain-lain.

    Cara jualan online tanpa modal ini, kamu harus membuat strategi dalam menjalankannya. Misalnya dengan membuat perencanaan konten media sosial yang terjadwal, sehingga konten yang di unggah bukan hanya sekadar promosi, akan tetapi bersifat interaktif dan kreatif.

    Memakai Sistem Dropship

    Cara jualan online yang membuat kamu berjualan memang tanpa menggunakan modal adalah melakukan sistem dropship. Sebelum kamu memakai sistem ini, sebaiknya carilah supplier yang bisa mengirim barang pesanan langsung ke customer. Supplier tersebut akan mengirimkan pesanan customer-mu dengan memakai nama toko yang kamu miliki. Sistem dropship ini adalah cara jualan online tanpa modal yang paling jitu.

    Unggah Testimoni Pelanggan

    Setiap produk yang terjual, tentunya aka nada testimoni dari pelanggan. Nah, testimoni dari pelanggan ini sebaiknya kamu unggah agar bisnismu terlihat semakin kredibel.

    Baca Juga: Supplier atau Pemasok: Pengertian, Jenis dan Contohnya

    Para pebisnis telah melakukan ekspansi bisnis ke bisnis online.

    Cara Jualan Online di Shopee

    Siapa yang tak kenal dengan marketplace warna orange satu ini? Sebagian besar masyarakat Indonesia tahu dan menggunakan marketplace ini untuk melakukan transaksi jual beli online. Jualan online di Shopee memang banyak mendatangkan pendapatan profit untuk sebuah usaha, maka dari itu banyak orang yang saat ini tak ragu lagi untuk mulai berekspansi membuka toko online di sini.

    Untuk menjual produk di Shopee ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Berikut ini beberapa cara jualan online di Shopee yang mudah dipahami.

    1. Membuat Akun Shopee

    Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuat akun Shopee. Bila kamu tidak membuat akun terlebih dahulu, kamu tidak dapat melakukan kegiatan jualan online di Shopee. Kamu bisa download aplikasi Shopee di Play Store atau App Store dari handphone mu

    Cara buka toko di Shopee adalah sebagai berikut:

    Akses website Shopee atau unduh aplikasi Shopee di Play Store atau App Store

    • Klik "Daftar"
    • Masukkan nomor telepon, kode captcha, dan kode verifikasi
    • Klik "Daftar"
    • Isi formulir pendaftaran akun secara lengkap
    • Setelah melengkapi formula tersebut, kamu harus melakukan verifikasi nomor handphone dan email terlebih dahulu. Gunakanlah email atau kode OTP tersebut untuk menyelesaikan pendaftaran

    2. Melengkapi Profil Toko

    Untuk melengkapi profil toko, kamu bisa melakukannya melalui aplikasi atau Seller Centre.

    Cara melengkapi profil toko melalui aplikasi  Shopee di, yaitu:

    • Buka Aplikasi Shopee di handphone
    • Pilih "Saya" lalu "Toko Saya"
    • Pilih "Asisten Penjual" > "Profil Toko" > lengkapi "Nama Toko" > "Deskripsi Gambar" > "Deskripsi"
    • Klik ikon "Centang" di pojok kanan atas menu

    Cara melengkapi profil toko melalui Seller Center website Shopee, yaitu:

    • Buka  Seller Centre (seller.shopee.co.id)
    • Pilih "Profil Toko" > lengkapi "Nama Toko" > "Deskripsi Gambar" > "Deskripsi" 
    • Klik “Simpan"
    • Pilih nama toko (Pilihlah nama toko yang mudah diingat)
    • Masukkanlah deskripsi gambar
    • Unggah foto dan video tokomu untuk membuat brand semakin kuat
    • Buatlah deskripsi toko
    • Buatlah deskripsi singkat dan ringkas untuk menarik customer mengunjungi tokomu. Kamu bisa menambahkan informasi  yang lengkap, seperti riwayat toko, tipe produk, hingga waktu membalas chat.

    3. Cara Mulai Jualan Online di Shopee

    Berikut cara jualan online di Shopee untuk pemula.

    • Akses tokomu di Seller Center (seller.shopee.co.id) atau klik “Saya” > “Mulai Jual“ di Aplikasi Shopee
    • Klik “Tambah Produk Baru”
    • Melengkapi informasi penjualan dengan deskripsi produk yang lengkap dan mengenai jasa kirim yang akan digunakan
    • Klik "Simpan dan Tampilkan", hal ini untuk menampilkan produk di etalase tokomu.

    Cara Jualan Online di Lazada

    Lazada merupakan salah satu marketplace yang digemari masyarakat untuk melakukan transaksi jual beli secara online. Jumlah produk yang ditawarkan di Lazada juga cukup beragam. Sama Seperti marketplace lain, Lazada menawarkan kemudahan bagi para pelaku usaha untuk melakukan jualan online.

    Oleh sebab itu, Lazada membuka peluang bisnis cukup menjanjikan  bagi para pelaku usaha untuk mengembangkan bisnisnya. Jika kamu ingin  membuka toko usahamu di Lazada, berikut Ini cara jualan online di Lazada yang mudah untuk kamu pahami.

    1. Membuat Akun Lazada

    Langkah pertama yang harus dilakukan untuk berjualan di Lazada adalah mendaftar terlebih dahulu sebagai anggota. Untuk langkah-langkah mendaftarnya adalah:

    • Kunjungi website Lazada
    • Klik menu “Jual” yang terdapat pada bagian bawah halaman utama
    • Klik “Daftar Sekarang”
    • Isi kolom pendaftaran dengan benar sesuai petunjuk. Isian formulir ini, seperti tipe toko, lokasi toko, nomor telepon, nama toko, email, password, dan validasi (dengan menggeser kolom slider ke arah kanan)
    • Lakukan aktivasi akun toko sesuai instruksi yang diminta
    • Unggah kartu identitas diri, berupa KTP dan halaman depan buku rekening tabungan yang masih aktif

    2. Tanda Tangan Kontrak dengan Pihak Lazada

    Untuk melengkapi proses pendaftaran yang sudah kamu lakukan di atas, kamu akan diminta menandatangani kontrak perjanjian dengan pihak Lazada. Bacalah setiap poin dengan detail dan teliti, sehingga tokomu tidak akan mengalami kerugian di kemudian hari.

    Bila sudah yakin dan membaca dengan saksama, langkah selanjutnya adalah mengisi kontrak kerja sama dengan menandatangani dan mengunggah kembali dokumen yang diminta pihak Lazada. 

    3. Unggah Foto Produk

    Proses pendaftaran sudah selesai dan terverifikasi, status akun tokomu akan aktif dan sudah bisa kamu gunakan untuk berjualan.

    Cara selanjutnya agar tokomu bisa mulai berjualan adalah dengan melengkapi foto produk Cara unggah foto produs ini adalah sebagai berikut:

    • Siapkan foto produk yang berkualitas dan layak untuk dipajang di etalase toko
    • Unggah foto produk tersebut sesuai dengan instruksi yang diberikan
    • Pastikan foto produkmu memenuhi kriteria
    • Jangan lupa memberikan deskripsi terkait produk yang ingin kamu jual, sehingga customer memahami keterangan produkmu dengan baik.

    4. Mulai Berjualan di Lazada

    Bila semua proses di atas sudah kamu lakukan, maka produkmu sudah bisa dibeli oleh customer. Semua proses ini tidak membutuhkan waktu yang lama, jika syarat yang minta dari pihak Lazada sudah kamu penuhi.

    Cara Jualan Online di Facebook

    Facebook adalah situs jejaring sosial yang penggunanya saling berinteraksi dengan pengguna lain di seluruh dunia. Facebook saat ini sudah mengalami perubahan yang mana terdapat fitur untuk jual beli online seperti Facebook Marketplace.

    Transaksi jual beli online di Facebook juga digemari masyarakat Indonesia karena kemudahan dalam pengoperasian dan  mendapatkan customer untuk membeli produk yang mereka butuhkan. Lalu bagaimana cara jualan online di Facebook ? Berikut Ini cara jualan online di Facebook yang bisa kamu lakukan.

    1. Membuat Akun Facebook

    • Buka aplikasi Facebook yang bisa diunduh di Play Store atau App Store dari handphone mu
    • Klik “Menu Buat Halaman”
    • Lengkapilah data yang diminta, seperti nama, kategori dan keterangan
    • Klik “Buat Halaman”
    • Lengkapi foto profil dan foto sampul
    • Lalu klik “Simpan”

    2. Membuat Akun Facebook Marketplace

    • Login ke akun Facebook yang kamu miliki
    • Setelah masuk, klik “Marketplace”
    • Klik “+ Jual Sesuatu”
    • Klik produk untuk “Dijual”
    • Pilih kategori produk (contoh: buku), Lengkapilah informasi terkait produk yang ingin kamu unggah. Informasi dari produk ini berupa nama barang, harga, dan lokasi tempat kamu berjualan. Kamu juga bisa menambahkan deskripsi produk. Kamu dapat memasukkan angka 0 sebagai harga, bila kamu ingin menandai produk yang kamu jual gratis
    • Klik “+ 10 Foto “ untuk mengunggah foto produk dari gadget kamu
    • Klik “Selanjutnya”
    • Pilih tempat untuk mengeposkan listing Jika kamu ingin mengeposkan hanya di Marketplace, cukup klik “Bersihkan”
    • Klik “Terbitkan” untuk mengeposkan listing marketplace kamu

    Tips Jualan Online di Marketplace dan Facebook.

    Jualan online melalui marketplace dan Facebook beberapa tahun ini memang peningkatannya sangat tinggi. Banyak bisnis yang berekspansi ke bisnis online melalui marketplace dan Facebook.

    Cara jualan online di marketplace yang akan dibahas kali ini yaitu Shopee dan Lazada. Facebook juga mempunyai tempat untuk jual beli online sendiri dan dinamai Facebook Marketplace. Penjelasan lebih dalam tentang cara jualan online-nya seperti berikut ini:

    1. Tips Jualan Online di Shopee dan Lazada

    Seperti yang kamu ketahui, Shopee adalah marketplace terbesar di Indonesia dan sudah banyak digunakan oleh para entrepreneur untuk membuka toko online mereka. Banyak pebisnis yang sudah merasakan mendapatkan keuntungan yang besar dari berjualan online di Shopee. Pembeli pun juga merasakan keuntungan dalam membeli produk menggunakan Shopee karena banyak fitur yang dapat digunakan oleh mereka.

    Cara jualan online di Shopee dan Lazada yang membuat tokomu laris, yaitu:

    Buatlah Harga yang Kompetitif

    Sebelum kamu mulai jualan online, sebaiknya kamu membuat harga produk yang kompetitif. Hal ini membuat produkmu bersaing dan sesuai dengan target market yang kamu tuju. Jangan sampai harga produkmu terlalu mahal atau murah.

    Manfaatkan Fitur Gratis Ongkir (Ongkos Kirim)

    Pembeli mana yang tidak ingin biaya kirimnya gratis? Gratis ongkir sangat berpengaruh kepada customer. Pasalnya penggunaan gratis ongkir ini membuat customer tidak merasa terbebani saat berbelanja. Gratis ongkir ini biasanya menggunakan syarat dan ketentuan seperti adanya minimal belanja.

    Cara jualan online di Shopee dengan menggunakan gratis ongkir ini biasanya minimal belanja mulai dari Rp15.000 dengan gratis ongkir Rp10.000.

    Cara jualan online di Lazada dengan menggunakan gratis ongkir ini biasanya minimal belanja mulai dari Rp70.000 dengan gratis ongkir Rp8.000.

    Membuat Voucher Toko

    Cara jualan online yang membuat customer membeli produk yang kamu jual adalah dengan membuat voucher toko. Voucher toko ini bisa berupa potongan harga atau cashback.

    Cara jualan online dengan membuat voucher toko ini ternyata banyak dicari pembeli. Dampak yang dirasakan antara pembeli dan penjual yang sama-sama menguntungkan. Bagi penjual, produk yang dijual akan laku dan bisa mendapatkan profit. Begitu juga dengan pembeli yang mendapatkan keuntungan dengan penggunaan voucher akan meringankan biaya pembelian produk.

    Menggunakan Fitur Live Chat

    Fitur live chat ini bisa kamu gunakan untuk memudahkanmu berkomunikasi dengan pembeli. Bila pembeli menanyakan sesuatu, akan segera teratasi. Misalnya pembeli menanyakan terkait pengiriman barang, pembeli dapat menggunakan live chat ini dan memilih opsi pertanyaan yang ia ingin ajukan ke penjual

    Memperbanyak Variasi Barang

    Bila kamu memperbanyak variasi produk di tokomu, maka pembeli akan senang dalam memilih produk yang ingin dia beli. Variasi produk ini harus berkaitan. Misalnya tokomu menjual kaus, maka variasi produkmu bisa berupa produk kaus kaki.

    Kejar Label Toko

    Jika kamu membuka toko online di Shopee, kejarlah sampai mendapatkan minimal label star seller. Label toko ini membuat pelanggan lebih percaya akan kualitas dan kredibilitas produk yang tokomu jual.

    2. Tips Jualan Online di Facebook

    Jangan salah mengira jika Facebook hanya digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain. Ternyata, saat ini Facebook memiliki fitur marketplace yang mana kamu dapat menjual dan memasarkan produk di sana.

    Sebelum adanya Facebook Marketplace, banyak orang membentuk suatu komunitas jual beli, yang sering disebut forum jual beli. Lalu, bagaimana cara jualan online di Facebook? Yuk, simak berikut ini!

    Menggunakan Fitur Marketplace

    Cara jualan online di Facebook lebih efektif, kamu bisa menggunakan fitur marketplace. Fitur Facebook satu ini disajikan dengan tampilan sederhana dan sangat mudah dimengerti dan digunakan.

    Produk yang kamu jual bisa kamu lengkapi terkait foto, deskripsi, harga, layanan ekspedisi yang digunakan, dan lain-lain. Sangat dianjurkan untuk menggunakan pembayaran COD (Cash On Delivery) saat transaksi berlangsung. Hal ini untuk mengurangi potensi penipuan.

    Memanfaatkan Grup Jual Beli

    Grup jual beli ini biasanya digunakan untuk transaksi jual beli dengan orang yang memiliki persamaan hobi. Grup ini biasanya sudah tersegmentasi. Dan dapat mendapatkan pembeli lebih cepat.

    Menggunakan Foto yang Menarik

    Seperti sudah dijelaskan sebelumnya di cara jualan online laris dan cara jualan online tanpa modal bahwa, pengunggahan foto yang menarik dapat memikat pembeli untuk membeli produk yang kamu jual. Fotolah produk secara riil, agar pembeli tidak kecewa dengan produk yang sudah dibeli.

    Baca Juga: Memahami Arti COD dan Kepanjangan COD

    Kesimpulan

    Cara jualan online di era serba digital ini membuat para pebisnis beralih ke ranah bisnis online. Tentunya hal ini memudahkan pembeli dan penjual. Bagi penjual, menjual dengan cara online akan mendapatkan pasar yang lebih luas dan menurunkan biaya overhead dibanding harus berjualan offline. Bagi pembeli, membeli dengan cara online menjadi lebih praktis dan bisa dikatakan hemat. Hal ini karena terdapat voucher gratis ongkir atau cashback yang bisa digunakan.

    Bila kamu saat ini sudah mempunyai bisnis dan ingin berekspansi ke bisnis online, kamu bisa menggunakan aplikasi majoo.

    Aplikasi majoo adalah aplikasi kasir online yang memiliki banyak fitur untuk memudahkan operasional bisnis. Salah satu fitur yang bisa kamu gunakan adalah fitur order online. Fitur ini akan memudahkanmu dalam mengelola produk, stok, dan adanya integrasi langsung dengan marketplace seperti Shopee. Berkat adanya integrasi ini, semua laporan penjualan, inventory hingga pencatatan laporan keuangan dan akunting dapat dikerjakan cepat dan mudah.

    Tunggu apalagi, nih! Yuk, gunakan aplikasi majoo supaya bisnismu maju dan berkembang!

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    10 Karakter Wirausaha untuk Meraih Kesuksesan Bisnis
    Menjadi seorang wirausahawan membutuhkan karakter wirausaha yang kuat agar bisa menjalankan bisnis dengan lancar sampai bisa meraih kesuksesan besar.
    Macam-Macam E-Wallet, Definisi, Kelebihan, dan Kekurangannya
    E-Wallet adalah suatu layanan elektronik yang berfungsi sebagai tempat menampung dana dan instrumen pembayaran digital untuk memudahkan segala transaksi.
    Vendor adalah: Jenis-Jenis Vendor dan Fungsinya dalam Bisnis
    Apa itu vendor? Tentu banyak yang sudah bisa menjawab. Namun, ada berapa jenis vendor dan apa saja fungsinya di dalam bisnis? Nah, simak artikel berikut!
    Pre Order adalah: Pengertian, Sistem, hingga Keuntungannya
    Pre order adalah aktivitas jual beli antara customer dan seller, yang mana customer memesanan dan membayar produk di awal, dengan estimasi waktu tertentu.