Table of Content

    • Solusi
    • Fitur
    • Cara Menjadi Dropship di Shopee - Terbaru 2022

    Cara Menjadi Dropship di Shopee - Terbaru 2022

    Menjadi dropshipper dengan memilih jenis dropship di shopee agar bisa meraih keuntungan berlipat.

    Dahulu, masyarakat hanya mengetahui bahwa berjualan hanya bisa dilakukan dengan cara menjadi agen, distributor, atau retailer dengan modal besar dan harus menyetok barang. 

    Namun kini, kamu bisa menjadi seorang dropshipper untuk mulai membuka bisnis kecil-kecilan

    Kamu mungkin tidak asing dengan istilah dropship yang sering terdengar atau terbaca seiring berkembangnya tren belanja online. 

    Dalam sistem dropship, kamu tidak perlu melakukan stok barang. Kamu hanya perlu memilih supplier tepercaya yang menyediakan layanan dropship lalu kamu bisa mulai memasarkan produknya secara online. 

    Baca Juga: Memahami Segmentasi Pasar Agar Bisnis Lebih Maju

    Mengapa Memilih Dropship Shopee?

    Kamu hanya perlu melakukan pengajuan pemesanan kepada penyedia dropship. Setelah itu, penyedia dropship akan langsung mengirimkan pengiriman produk yang dipesan pembeli. Sederhana dan mudah, ya?

    Shopee adalah salah satu pilihan utama ketika seseorang ingin mencoba berjualan bisnis secara online. 

    Menjadi dropshipper adalah salah satu langkah awal membuat toko online sendiri. Tentunya, dengan modal sangat minim. Kamu tertarik?

    Banyak promo gratis ongkos kirim yang menjadikan Shopee sebuah platform pilihan favorit pengguna jasa jual beli online di tanah air. 

    Di Shopee, banyak supplier yang menyediakan kerja sama dengan sistem dropship. Pilihan produk dan promonya sangat beragam hingga membuat Shopee kian terkenal.

    Tidak mengherankan bila banyak orang yang memulai dropship di marketplace terkenal ini.

    Tips Cara Dropship di Shopee

    Dropship di Shopee akan lebih mudah dilakukan jika kamu mengikuti tips di bawah ini.

    1. Riset Pasar

    Sesekali kamu perhatikan produk apa yang sedang tren dan diminati oleh masyarakat. kamu bisa menentukannya dari sana dan mencari supplier yang menyediakan produk itu. 

    Atau tidak masalah juga jika kamu memilih produk yang kamu senangi karena kamu bisa mengenal produk itu lebih baik. 

    2. Pilih Supplier Tepercaya

    Cara dropship di Shopee yang penting adalah supplier kamu merupakan sosok yang bisa dipercaya. 

    Waspadalah jika supplier tidak mengirimkan produk yang tidak sesuai keinginan pembeli atau malah sama sekali tidak mengirimkan produk. Kamu wajib memeriksa rekam jejak supplier tersebut agar transaksi berjalan aman.

    3. Manfaatkan Fitur Promosi

    Jika cara dropship di Shopee yang kamu pilih adalah menjadi penjual, kamu dapat memanfaatkan fitur promosi yang disediakan untuk memancing lebih banyak pembeli.

    4. Jangan Jual Produk KW

    Kualitas produk yang dijual akan menentukan kepuasan dari konsumen kamu, Majoopreneurs. 

    Jangan menjual barang KW maupun tiruan pada marketplace karena hal tersebut akan membuat konsumen berpikir bahwa barang tersebut barang yang asli dan membuatnya merasa tertipu dengan iklan yang kamu tampilkan tersebut. 

    Menjual barang asli meskipun dengan harga yang mahal akan membuat konsumen puas terhadap kualitas barang. 

    5. Membuat Konten yang Menarik

    Menjadi seorang dropshipper membuat kamu tidak memiliki akses untuk memperbaiki atau mengubah suatu produk. 

    Oleh sebab itu kekuatan konten yang ditampilkan pada setiap marketplace menjadi sebuah kunci. 

    Buatlah konten yang menarik dan istimewa untuk dapat menarik pembeli. Minimal mereka melihat iklan yang kamu tayangkan. Setelah mereka melihat, pastikan mereka membaca semua deskripsi keunggulan produk. 

    6. Bina Hubungan Baik dengan Supplier

    Bisnis menjadi seorang dropshipper sangat bergantung dengan supplier atau vendor untuk kelancaran usaha. Memilih supplier yang tepat akan membuat ketersediaan barang dan pengiriman kepada konsumen akan semakin lancar. 

    Bina hubungan baik dengan supplier kamu dan jadikan mereka sebagai rekan dalam membangun sebuah bisnis. Hubungan yang baik akan melancarkan segalanya, bukan?

    7. Produk Kebutuhan Sehari-hari Jadi Pilihan

    Dengan adanya perkembangan teknologi informasi membuat setiap orang mencari kebutuhannya di marketplace, termasuk kebutuhan sehari-hari seperti sembako.

    Peluang tersebut dapat menjadi peluang baru untukmu menjadi dropshipper di Shopee.  Menjual produk kebutuhan sehari hari tampaknya cukup bagus dan merupakan pilihan tepat.

    8. Cantumkan Lokasi

    Menjadi seorang dropshipper memang tidak membutuhkan lokasi untuk menjual produk yang anda jual. Namun pencantuman lokasi memang akan berpengaruh karena berkaitan dengan biaya pengiriman dari produk yang dijual. 

    Perlu diketahui bahwa konsumen kamu tersebar di seluruh Indonesia. Hal tersebut membuat biaya kirim harus dipertimbangkan.

    Mencantumkan lokasi kamu akan mempermudah setiap konsumen saat harus menghitung biaya pengiriman. 

    Mereka umumnya akan menghitung harga produk dan biaya pengiriman apakah masih sesuai dengan dana atau tidak. 

    Baca Juga: Apa Itu Dropshipper dan Bagaimana Cara Menjadi Dropshipper?

    Cara Menjadi Dropship di Shopee

    Sistem dropship di Shopee tidak jauh berbeda dengan dropship di online marketplace lainnya. Kamu tidak usah pusing dengan penyediaan di gudang alias menyetok barang. 

    Kamu cukup bertugas sebagai agen atau penjual yang memasarkan produk tersebut saja. 

    Jangan khawatir masalah modal. Tidak perlu takut untuk segera memulai usahamu dari satu langkah kecil saja. Sudah banyak yang merasakan hasil lumayan dari aktivitas berjualan dengan cara dropship di Shopee.

    Di bawah ini adalah sedikit hal yang harus kamu persiapkan sebelum melakukan sistem dropship di Shopee:

    Jenis Produk yang Akan Dijual

    Sebelum kamu memutuskan untuk melakukan sistem dropship di Shopee, pastikan kamu sudah memilih dan menentukan jenis produk yang akan dijual. 

    Biasanya, fashion adalah salah satu jenis produk laris manis di online marketplace ini. Hati-hati dalam memilih agar kamu bisa nyaman menjalankan bisnis barumu.

    Mencari Supplier

    Jika kamu sudah menentukan jenis produk yang akan dijual, langkah selanjutnya adalah memilih supplier produk yang sesuai. Kamu bisa cek beberapa pilihan supplier yang menerima sistem dropship. 

    Siapkan Sedikit Modal

    Sistem dropship tidak mengharuskan kamu memiliki modal awal untuk mulai berjualan. Namun ada baiknya kamu menyiapkan modal meski bukan dalam jumlah yang banyak. 

    Berjualan dengan sistem dropship Shopee mengharuskan kamu membayarkan produk terlebih dahulu kepada supplier sebelum dibayarkan oleh konsumen yang hendak membeli. 

    Berapa besar modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha dropship di Shopee? Kamu bisa siapkan sekitar Rp500.000 sebagai modal awal berjualan.

    Bekerja Sama dengan Satu Toko Online

    Sebaiknya kamu menjual produk dari satu toko online supaya pembeli nanti tidak menanggung ongkos kirim dua kali jika membeli beberapa produk yang Anda tawarkan. 

    Hal ini juga akan mempermudah kamu dalam mengatur pemesanan ke toko online tersebut.

    Cara Mengaktifkan Dropship di Shopee

    Seperti apa cara mendaftarkan dropship Shopee ke Shopee? Ternyata tidak sulit, Majoopreneurs. Sebelumnya pastikan dulu kamu telah memiliki:

    • Akun Shopee

    Buatlah nama toko unik, singkat, tapi mudah diingat. Jika bisa berhubungan dengan produk yang hendak dijual. Install aplikasi Shopee di android kamu atau langsung membuat akun dari website resmi.

    • Aktifkan Fitur Gratis Ongkir

    Fitur ini sangat baik bagi kamu yang ingin fokus melakukan dagang sistem dropship. Tentu konsumen akan tertarik bila sistem ini aktifkan. 

    Pembayaran produk lebih hemat sebab tidak perlu merasa terbebani akan ongkir yang terkadang tidak murah. 

    Untuk mengaktifkan fitur ini, pastikan kamu mengirimkan foto beserta KTP secara jelas.

    • Data Bank

    Masukkan data rekening dengan lengkap agar proses pencarian dana berhasil dengan baik. Tentunya hal ini juga bisa memudahkan proses penjualan kamu di Shopee.

    • Isi Alamat Sesuai Alamat Supplier

    Ketika kamu ingin berjualan dengan sistem dropship, maka kamu harus pastikan sudah mengisikan alamat dengan alamat supplier produk yang kamu jual. 

    Proses ini wajib hukumnya untuk menghindari masalah yang mungkin saja terjadi jika kamu memilih menuliskan alamat sesuai alamat kamu. 

    Mengapa? Sebab hal ini berkaitan dengan ongkos kirim. Jadi, jangan lupa untuk memasukkan alamat supplier sebagai alamat pengiriman, ya.

    • Unggah Foto

    Salah satu yang paling penting adalah dengan mengunggah foto jelas beserta deskripsi produk. Foto dan deskripsi ini pun bisa kamu dapatkan dari supplier produk secara langsung.

     Miliki akun shopee agar bisa segera mengaktifkan dropship di shopee.

    Proses Dropship di Shopee

    Sekarang, kamu bisa memulai melakukan dropship dengan produk yang telah kamu pilih. Di bawah ini cara dropship di Shopee yang dapat diikuti.

    1. Punya akun Shopee

    Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kamu hanya perlu mengunduh aplikasi Shopee dan mendaftar melalui email atau nomor ponsel. Prosesnya pun cukup cepat.

    2. Cari pembeli

    Kamu bisa mencari pembeli yang berminat membeli produk supplier yang kamu tawarkan padanya. Setelah itu kamu bisa mencatat nama dan alamat pembeli yang nanti akan kamu butuhkan untuk tahapan selanjutnya.

    3. Memesan produk

    Kamu bisa memesan produk yang diinginkan pembeli di toko online yang sudah bekerja sama denganmu. Perhatikan bahwa produk itu memang yang diinginkan oleh pembeli.

    4. Checkout

    Setelah itu kamu bisa melakukan checkout dengan mencentang produk yang akan kamu pesan untuk pembeli.

    5. Isi alamat pembeli

    Akun pribadi Shopee kamu biasanya berisi alamat kamu sendiri. Di sistem dropship ini, kamu perlu memasukkan alamat pembeli secara manual setelah proses checkout dengan menambah alamat baru.

    6. Centang “kirim sebagai dropshipper”

    Setelah itu kamu perlu centang bagian “kirim sebagai dropshipper” yang biasanya muncul di bawah pengisian alamat baru. Isi nama dan nomor telepon milikmu di bagian Nama Pengirim dan Nomor Telepon Pengirim.

    Baca Juga: Kenali Apa Itu Reseller serta Cara Menjadi Reseller

    Ide Jenis Dropship di Shopee

    Ketika kamu ingin memulai dropship, memilih jenis barang yang akan dijual termasuk agak membingungkan. Namun seharusnya tidak menjadi masalah. 

    Berikut beberapa ide untuk dropship dan beberapa pertimbangan agar kamu tidak galau saat memilih salah satunya.

    1. Kosmetik dan Perawatan Kulit
    2. Makanan Sehat
    3. Pakaian dan Aksesoris
    4. Aksesoris Gadget
    5. Perlengkapan Rumah Tangga
    6. Produk Bayi
    7. Furnitur

    Baca Juga: Masalah Ekonomi Modern: Contoh dan Faktor yang Memengaruhi 

    Kesimpulan

    Lewat bisnis dropship di Shopee ini, dropshipper bisa melakukan bisnis di mana pun asalkan memiliki koneksi jaringan internet, tanpa harus direpotkan dengan modal besar ataupun tempat penyimpanan barang.

    Jadi, kamu hanya perlu menemukan supplier yang menyediakan barang untuk kamu dan konsumen. Kamu sama sekali tidak perlu mengirimkan barang karena proses pengirimannya tetap dilakukan oleh penjual.

    Dropshipper boleh banget menarik perhatian pelanggan dengan memberikan bonus, promo, ataupun cashback. Misalnya, kamu bisa menyelipkan bonus barang saat pengiriman produk yang dibeli pelanggan.

    Jika kamu tertarik untuk memulai usaha kecil dengan cara menjadi dropshipper, cobalah untuk membuka akun dropship di Shopee. Kamu akan mendapatkan pelanggan dan keuntungan nggak pakai ribet. 

    Jangan lupa, banyak tip dan trik bisnis lain yang majoo sajikan untukmu di sini. Bacalah artikel lain sambil menunggu pelanggan memilih produk yang kamu jual di Shopee. 

     

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    18 Contoh Surat Lamaran Kerja dan Jenis nya 2022 Terbaru
    Mengambil inspirasi dari contoh surat lamaran kerja dapat dilakukan untuk memastikan kemungkinan diterima kerja lebih tinggi. Namun, perhatikan jenisnya!
    Freelancer adalah: Contoh dan Tips Menggeluti Profesi Ini
    Dunia Internet mendorong manusia untuk selalu beradaptasi. Saat ini banyak orang mencari cara menjadi freelancer. Freelancer adalah tenaga kerja lepas yang bekerja secara mandiri.
    Beragam Jenis Laporan Keuangan untuk Bisnismu
    Selain laporan keuangan laba rugi, apa saja jenis laporan keuangan yang kamu ketahui? Apakah kamu tahu pengertian laporan keuangan?
    Peran Penting Strategi Customer Relationship dalam Bisnis
    Customer relationship adalah strategi untuk menjaga hubungan baik antara pihak pemilik bisnis dan konsumen. Hal ini penting bagi perkembangan bisnis.