Yuk, Optimalkan Persediaan dengan Buku Stok Barang!

Ditulis oleh Faiqotul Himma

article thumbnail

Apa itu buku stok barang?

Ketika kamu menjalani suatu bisnis, mengelola persediaan barang yang tepat sangatlah penting, bukan? Salah satu alat yang sangat berguna mengelola persedian barang yaitu buku stok barang. Dengan buku stok barang ini, kamu bisa melacak setiap unit barang yang masuk dan keluar dari inventarismu. Buku stok barang menjadi panduan penting untuk memastikan bahwa persediaan barang selalu tersedia dan terkelola dengan baik.

Nah, dalam artikel ini, kita akan membahas definisi buku stok barang, manfaatnya, serta cara membuat dan mengelolanya dengan efektif. Yuk, baca sampai selesai ya! 

Definisi Buku Stok Barang

Pengelolaan stok barang merupakan elemen kunci dalam menjalankan bisnis dengan sukses, lho! Buku stok barang adalah alat yang digunakan untuk mencatat, memantau, dan mengatur persediaan dengan efisien dan akurat.

Dengan menggunakan pembukuan stok barang yang teratur, perusahaan dapat terhindar dari risiko stok kosong sehingga tidak mengganggu ketersediaan barang kepada pelanggan. Selain itu, penggunaan buku stok barang juga menghindari adanya kelebihan stok yang tidak terkendali sehingga tidak membebani keuangan perusahaan. Melalui buku stok barang, manajemen dapat memantau permintaan serta merencanakan pembelian bahan produksi dengan lebih akurat. Cara ini akan mengoptimalkan pengelolaan persediaan, mengurangi biaya penyimpanan, dan meminimalisir risiko kerugian akibat stok yang tidak terjual.

Kompleksitas dari setiap pembukuan stok barang pada masing-masing bisnis bisa berbeda-beda, lho! Perbedaan ini tergantung dari jenis bisnis, tingkatan bisnis, variasi produk, hingga kuantitas produksi yang dihasilkan dari bisnis tersebut. 

Baca Juga: Mengenali Stok Barang Adalah Hal Penting dalam Bisnis

Apa Manfaat Pencatatan Stok Barang?

Dalam dunia bisnis, ketersediaan barang yang tepat waktu dan akurat sangatlah krusial, nih! Buku stok barang adalah alat yang memberikan visibilitas terhadap aliran barang, memungkinkan kamu sebagai pemilik bisnis dan manajemen untuk mengambil keputusan yang tepat guna dalam mengelola persediaan.

Mari kita lihat lebih detail mengenai manfaat-manfaat yang dapat diperoleh dari pencatatan dan penggunaan buku stok barang ini, antara lain: 

Memantau Ketersediaan Barang

Dengan menggunakan buku stok barang, perusahaan dapat dengan mudah melihat dan memantau ketersediaan barang yang ada. Tentunya cara ini akan sangat membantu dalam menghindari terjadi stok kosong yang dapat merugikan bisnis. 

Merencanakan Pembelian dan Produksi

Data yang tercatat dalam buku stok barang memungkinkan manajemen untuk menganalisis permintaan pasar dan merencanakan pembelian bahan produksi barang dengan lebih cerdas. Jika bisnismu bergerak di bidang F&B (Food and Beverage), kamu sebagai pemilik bisnis dapat mengoptimalkan pengelolaan persediaan serta menghindari pemborosan dan kerugian akibat barang kedaluwarsa dengan menggunakan buku stok barang ini. 

Mengetahui Nilai Persediaan

Atas dasar tujuan akuntansi dan analisis keuangan, buku stok barang bisa digunakan untuk menghitung nilai persediaan yang dimiliki, ya. 

Mencegah Kerugian Akibat Barang Rusak atau Kedaluwarsa

Dengan mencatat barang yang rusak atau sudah melewati tanggal kedaluwarsa, perusahaan dapat mengambil tindakan cepat untuk mengurangi kerugian dan memastikan hanya barang yang berkualitas yang dijual kepada pelanggan. 

Menyediakan Informasi Transparan untuk Pelanggan

Pencatatan stok barang yang teratur juga bisa digunakan sebagai referensi dalam memberikan informasi kepada pelanggan terkait ketersediaan barang atau estimasi waktu pengiriman barang sehingga membangun kepuasan pelanggan. 

Meminimalisir Biaya Penyimpanan

Dengan mengelola stok secara efisien, perusahaan dapat terhindar dari kelebihan persediaan yang menyebabkan tingginya biaya penyimpanan. 

Meningkatkan Kecepatan dan Efisiensi

Pengelolaan stok yang terencana dengan menggunakan buku stok bisa meningkatkan kecepatan proses pengiriman dan efisiensi operasional bisnis. 

Menghindari Kehilangan Barang atau Kecurian

Dengan pencatatan yang akurat, perusahaan dapat lebih mudah melacak barang yang hilang atau dicuri sehingga dapat mengambil tindakan dengan cepat. 

Mendukung Pengambilan Keputusan

Buku stok barang menyediakan data penting yang dapat digunakan oleh manajemen untuk mengambil suatu keputusan strategis terkait pengadaan barang, ekspansi bisnis, dan lain sebagainya.

Dengan memahami dan mengaplikasikan manfaat dari buku stok barang ini, perusahaan dapat menjaga kualitas pelayanan, mengoptimalkan keuntungan, dan menjalankan operasional bisnis dengan lebih lancar, ya. 

Baca Juga: Aplikasi Stok Barang: Solusi Manis Untuk Masalah Bisnis

Apa manfaat dari pembukuan stok barang?

Format Buku Stok Barang

Dalam pengelolaan bisnis, buku stok barang menjadi alat penting untuk merencanakan, mengendalikan, dan memonitor persediaan secara efektif dan efisien. Komponen-komponen dari buku stok barang ini memiliki peran yang sangat signifikan, lho! Komponen format buku stok barang sederhana ada di bawah ini, ya.

  • Akun Inventaris: komponen buku stok barang satu ini untuk mencatat nilai stok barang dalam laporan keuangan perusahaan sehingga perusahaan bisa menganalisis investasi persediaannya.

  • Nama: Nama produk akan memudahkan dalam pencarian barang dan mencatat stoknya.

  • Deskripsi: Deskripsi singkat mengenai karakteristik atau jenis barang yang akan membantu perusahaan dalam memahami sifat produk tanpa harus melihat fisiknya.

  • Harga Satuan: Merupakan biaya satu unit barang dan sangat penting dalam perhitungan nilai total persediaan dan penentuan harga jual produk.

  • Kuantitas: Jumlah unit barang yang masih ada dalam stok dan membantu mengukur ketersediaan barang.

  • Value: Total nilai stok dari hasil perkalian harga satuan dengan kuantitas. Value ini memberikan gambaran tentang nilai total persediaan barang.

  • Reorder Level: Jumlah minimum stok yang harus ada sebelum melakukan pemesanan ulang dan untuk menjaga ketersediaan stok.

  • Reorder Time: Waktu yang diperlukan untuk memproses pemesanan ulang setelah mencapai reorder level dan meminimalisir kekosongan stok.

  • Reorder Quantity: Jumlah unit yang harus dipesan ulang saat mencapai reorder level dan menghindari kehabisan stok barang.

  • Discontinued: Informasi tentang barang yang masih diproduksi atau dihentikan. Selain itu akun ini membantu perencanaan stok dalam jangka panjang.

Dengan pemahaman yang baik mengenai format buku stok barang ini, kamu sebagai pemilik bisnis dapat mengelola stok barang secara lebih efisien dan tepat sasaran, mencegah kelebihan atau kekurangan stok, serta meningkatkan kinerja operasional bisnismu. 

Baca Juga: Pentingnya Menerapkan dan Mengelola Buku stok barang Dengan Baik

Cara Membuat Buku Stok Barang

Untuk menjaga pengelolaan stok barang yang efektif dan efisien, pembuatan buku stok barang menjadi langkah penting, nih! Agar kamu mengetahui cara membuat buku stok barang, berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu lakukan, yaitu: 

1.    Membuka Lembar Kerja Baru di Aplikasi Pendukung Akuntansi

Mulailah dengan membuka lembar kerja baru di aplikasi pendukung akuntansi yang kamu gunakan. Kamu bisa menggunakan Excel atau Google Sheets untuk membuat dan mengelola buku stok barang sederhana

2.    Beri Nama Judul

Beri nama judul untuk lembar kerja yang kamu buat, misalnya "Buku Stok Barang". Pemberian nama ini akan membantu kamu dalam mengidentifikasi lembar kerja dengan mudah. 

3.    Menambahkan Kolom-Kolom Penting

Tambahkan kolom-kolom yang penting untuk mencatat informasi tentang setiap barang dalam stok. Kolom ini mencakup nama barang, nomor seri, biaya per unit, jumlah unit dalam stok, harga penjualan, pesanan minimal, waktu pemesanan, dan nama supplier, ya. 

4.    Masukkan Item dan Informasi Terkait

Mulailah memasukkan setiap item yang ada dalam stok bersama dengan informasi terkaitnya ke dalam kolom-kolom yang telah kamu tambahkan. Pastikan kamu mengisi setiap informasinya dengan akurat. 

5.    Update Stok Berkala

Simpanlah lembar kerja stok barang pada bisnismu secara teratur dan update data secara berkala jika ada perubahan stok barang. Cara ini untuk memastikan bahwa buku stok yang kamu buat tetap akurat dan up to date

Contoh Buku Stok Barang Sederhana

Agar kamu lebih paham lagi tentang buku stok ini, di bawah ini terdapat contoh yang bisa kamu gunakan sebagai referensi dalam membuat buku stok barang.

Contoh buku stok barang menggunakan cara manual 

Contoh buku stok barang menggunakan cara manual

Contoh buku stok barang menggunakan Spreadsheet 

Contoh buku stok barang menggunakan Spreadsheet  

Gunakan Aplikasi majoo untuk Pembukuan Stok Barang 

Aplikasi inventori

Dengan memiliki buku stok barang yang teratur dan terstruktur, kamu akan mendapatkan visibilitas yang lebih baik terhadap persediaan dan manajemen stokmu. Tentunya dengan adanya buku stok barang ini akan membantu bisnismu terhindar dari kekurangan atau kelebihan stok yang dapat berdampak pada kelancaran operasional bisnismu.

Selain itu, dengan teknologi yang semakin canggih, sekarang ada solusi tepat seperti aplikasi majoo yang dapat memudahkan proses pembuatan dan pemeliharaan buku stok, lho! Aplikasi ini memiliki fitur inventori yang fungsinya tidak hanya memudahkanmu dalam mengisi data stok secara akurat, tetapi juga memberikan analisis yang mendalam tentang tren persediaan dan membantu kamu dalam mengambil keputusan yang lebih cerdas untuk bisnismu.

Dengan begitu, aplikasi majoo bisa kamu gunakan sebagai alat bantu dalam mengelola buku stok barangmu dan meningkatkan efisiensi operasional bisnismu, bukan?

Jadi, yuk, berlangganan aplikasi majoo segera agar bisnismu semakin maju dan berkembang!

 


Sumber image:

  • www.bukumitra.id

  • www.szetoaccurate.com


Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
whatsapp logo