Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    • Solusi
    • Fitur
    • Cara Membuat Laporan Keuangan Sederhana untuk Bisnis

    Cara Membuat Laporan Keuangan Sederhana untuk Bisnis

    Cara Membuat Laporan Keuangan Simpel dengan Excel

    Jika kamu baru mulai menjalankan bisnis, penting sekali untuk membuat laporan keuangan. Dengan adanya laporan keuangan, kamu bisa mendapatkan informasi yang jelas tentang kondisi keuangan perusahaan. Dengan demikian, kamu sebagai pelaku bisnis bisa merencanakan strategi untuk kemajuan perusahaan kedepannya. Membuat laporan keuangan juga dapat membantu pemilik bisnis untuk mengetahui pencapaian target penjualan dari bisnis yang sedang dijalani.

    Oleh karena itu, tidak peduli skala bisnis yang dijalani, penerapan manajemen keuangan yang cermat. Untuk mencapai itu, membuat laporan keuangan yang rapi dan terperinci merupakan kunci utama.

    Tapi, sebenarnya apa sih laporan keuangan? Yuk, kita bahas lebih lanjut tentang pengertian laporan keuangan dan cara membuat laporan keuangan sederhana, anti ribet, dan mudah untuk dipraktikkan oleh pemilik bisnis.

    Baca juga: Catatan Atas Laporan Keuangan: Pengertian, Fungsi, Komponen

    Pengertian Laporan Keuangan

    Secara umum, pengertian dari laporan keuangan adalah suatu penyajian terstruktur dari keseluruhan transaksi dalam satu periode pembukuan sebuah perusahaan atau badan usaha yang bertujuan untuk mengetahui posisi keuangan dan kinerja keuangan. Angka-angka yang tercantum dalam sebuah laporan keuangan dapat menentukan kebijakan dan strategi bagi bisnis. Oleh karena itu, penting bagi pemilik bisnis untuk bisa membaca data laporan keuangan.

    Setiap jenis usaha dalam berbagai skala, wajib menyusun laporan keuangan. Untuk membuat laporan keuangan, biasanya pemilik usaha akan memanfaatkan platform atau aplikasi laporan keuangan. Selain memperlancar proses administrasi, aplikasi keuangan ini akan memudahkan dalam pengelolaan keuangan usaha.

    Salah satu aplikasi yang biasa digunakan untuk membuat laporan keuangan adalah aplikasi Microsoft Excel. Membuat laporan keuangan dengan Excel umumnya digunakan untuk usaha kecil. Meskipun butuh waktu untuk menguasainya, membuat laporan keuangan dengan Excel akan mempermudah dalam pencatatan dan pelaporan keuangan dibandingkan dilakukan secara manual.

    Menggunakan aplikasi akuntansi online untuk membuat laporan keuangan merupakan pilihan yang wajib bagi perusahaan. Aplikasi keuangan handal yang biasa digunakan oleh pemilik bisnis adalah aplikasi keuangan majoo. Aplikasi keuangan karya anak bangsa ini memiliki fitur pembuatan laporan keuangan yang sangat lengkap. Oleh karena itu, tidak salah jika majoo menjadi pilihan bagi pemilik usaha dalam membuat laporan keuangan.

    Tujuan Membuat Laporan Keuangan

    Seperti yang kita ketahui, laporan keuangan merupakan hasil pertanggungjawaban perusahaan atas penggunaan sumber daya. Informasi-informasi dalam laporan keuangan bermanfaat bagi pelaku bisnis untuk membuat keputusan ekonomi.

    Seringkali para pemilik usaha menjalankan bisnisnya tanpa mau ribet membuat catatan atas berbagai transaksi yang dilakukan. Padahal, ada beberapa tujuan membuat laporan keuangan, antara lain:

    • Untuk melihat posisi keuangan
    • Untuk mengetahui kinerja keuangan
    • Untuk memahami arus kas perusahaan

    Selain untuk bahan evaluasi bagi pemilik bisnis, laporan keuangan yang disusun juga bisa dibandingkan dengan perusahaan lain atau bidang bisnis lain sebagai pembanding.

    Cara Membuat Laporan Keuangan Sederhana dan Tanpa Ribet

    Langkah-Langkah Cara Membuat Laporan Keuangan Sederhana untuk Bisnis

    Bagi pemilik bisnis pemula, biasanya membuat laporan keuangan secara manual. Artinya, mereka mencatat pengeluaran dan pemasukan di sebuah buku catatan khusus.

    Namun, semakin berkembangnya teknologi informasi membuat laporan keuangan dapat diotomatisasi. Tentunya ini sangat membantu bagi mereka yang kewalahan membuat laporan keuangan secara manual.

    Dalam artikel ini kita akan memahami cara membuat laporan keuangan sederhana dan alur pembuatannya yang baik dan benar. Sebelum membahas lebih lanjut tentang cara membuat laporan keuangan, berikut ini beberapa catatan yang perlu dimasukkan ke dalam laporan keuangan.

    1. Catatan Pengeluaran

    Sekecil apapun pengeluaran yang telah dilakukan oleh usahamu harus terdokumentasi dan tercatat dengan baik. Fungsi dari mencatat pengeluaran adalah untuk memudahkan pemilik bisnis dalam menyeimbangkan kas di akhir periode.

    2. Catatan Pemasukan

    Selain mencatat pengeluaran, sebagai pemilik bisnis kamu juga mencatat segala bentuk pemasukan. Hal ini akan memudahkan kamu dalam mengawasi keseimbangan usaha yang tengah berjalan. Jadi, pastikan semua pemasukan sudah dicatat dengan baik, termasuk juga dengan piutang yang sudah dilunasi.

    3. Catatan Stok Barang

    Catatan pengeluaran dan pemasukan belum cukup untuk membuat laporan keuangan. Untuk itu kamu perlu mencatat keluar-masuknya barang.

    Meskipun tidak mencatat keuangan, catatan stok barang harus dilakukan secara rutin. Dari lalu-lintas keluar-masuknya barang dapat diidentifikasi seberapa produktif bisnis yang sedang dijalankan.

    4. Catatan Inventaris

    Hal yang juga perlu dicatat secara berkala adalah semua barang yang dimiliki oleh perusahaan, baik barang yang dibeli sendiri maupun barang yang diperoleh dari hibah. Fungsi dari pencatatan inventaris adalah untuk menjadi dasar identifikasi stabilitas perusahaan di setiap periode usaha.

    5. Catatan Kas Utama

    Elemen laporan keuangan yang terakhir yaitu catatan kas utama. Catatan ini berisi seluruh pemasukan dan pengeluaran, baik berupa barang maupun uang. Dari catatan inilah kamu sebagai pemilik usaha bisa melihat keuntungan dan kerugian yang dialami perusahaan.

    Urutan Cara Membuat Laporan Keuangan yang Benar

    Pada intinya, untuk dapat membuat laporan keuangan sederhana, kita dapat menggunakan beberapa cara, baik manual dengan pembukuan maupun dengan bantuan Microsoft Excel. Ada dua bagian penting yang perlu diperhatikan dalam membuat laporan, yaitu memisahkan antara pemasukan dan beban atau pengeluaran maupun aktiva dengan pasiva.

    Secara umum, adapun langkah-langkah cara membuat laporan keuangan sederhana adalah sebagai berikut:

    • Memastikan dan memisahkan bahwa Aset = Kewajiban + Ekuitas Pemilik
    • Menemukan total aset
    • Aset terdiri dari kas, deposito, dan piutang
    • Temukan semua kewajiban seperti utang, utang jangka panjang, utang gaji, dan pengeluaran lainnya

    Setelah memahami elemen-elemen yang dibutuhkan, berikut urutan cara membuat laporan keuangan yang mudah dan sederhana dan bisa kamu terapkan.

    1. Menyusun Neraca Saldo

    Secara umum, neraca saldo adalah catatan seluruh informasi terkait saldo debit maupun kredit yang dimiliki oleh suatu perusahaan. Informasi dalam neraca saldo dapat menginformasikan keseimbangan kredit dan debit pada seluruh rekening di dalam buku besar. Membuat neraca saldo merupakan tahap awal penyusunan laporan keuangan.

    Baca juga: Neraca Saldo adalah: Fungsi, Contoh, Jenis

    2. Membuat Jurnal Penyesuaian

    Dalam jurnal penyesuaian ini berisi berbagai transaksi yang terlewat untuk dicatat, serta belum sesuai dengan kondisi pada akhir periode.

    3. Menyusun Neraca Lajur

    Untuk mempermudah penyusunan laporan keuangan, kita akan membutuhkan neraca lajur. Neraca lajur adalah lembar kerja yang berisi nomor akun, nama akun, neraca saldo, jurnal penyesuaian, neraca saldo setelah penyesuaian, neraca dan laba rugi perusahaan.

    Baca juga: Pengertian Neraca Lajur, Fungsi, dan Langkah Membuatnya

    4. Membuat Laporan Laba Rugi

    Laporan laba rugi adalah laporan kondisi keuangan perusahaan dalam kurun waktu tertentu yang berisi informasi seputar pendapatan, beban, laba dan rugi bersih dari sebuah perusahaan atau badan usaha.

    5. Melakukan Penyesuaian dan Menutup Rekening

    Data yang diperoleh dalam langkah kedua digunakan sebagai dasar untuk membuat jurnal penyesuaian, kemudian dibukukan ke rekening-rekening dalam buku besar.

    Setelah rekening-rekening disesuaikan selanjutnya adalah membuat jurnal penutupan buku. Jurnal penutupan adalah jurnal untuk menutup semua rekening nominal ke rekening laba rugi.

    6. Membuat Neraca Saldo Setelah Penutupan

    Agar dapat mengecek keseimbangan antara debit dan kredit dari rekening yang masih terbuka, perlu membuat neraca saldo setelah penutupan.

    Cara Membuat Laporan Keuangan dengan Excel

    Sebagai seorang pebisnis, membuat laporan keuangan tentu tidak asing lagi. Mayoritas pemilik usaha akan membuat laporan keuangan dengan bantuan Microsoft Excel. Hal ini dikarenakan membuat laporan keuangan dengan Excel dianggap rapi dan mudah untuk dipahami.

    Namun, banyak orang mengira bahwa Excel adalah aplikasi dari Microsoft yang ribet dan sulit untuk dipahami. Lalu, bagaimana cara membuat laporan keuangan di Excel secara mudah, cepat, dan tepat?

    Berikut dua tips mengenai cara membuat laporan bulanan atau laporan tahunan menggunakan Excel:

    1. Mencari dan Mempelajari Beragam Template di Google

    Cara membuat laporan keuangan di Excel yang pertama adalah dengan mencari dan mempelajari template. Jika mencari di mesin pencarian Google, ada banyak sekali artikel yang menyediakan beragam template laporan keuangan di Excel.

    Kamu hanya tinggal memilih salah satu dan menerapkannya ke dalam Excel. Pilih template yang mudah dipahami agar tidak merasa kesulitan saat menulis laporan. Kemudian, manfaatkan fitur yang sudah disediakan Excel untuk mengolah data yang kamu miliki.

    2. Memilih Template di Excel

    Cara membuat laporan keuangan di Excel memang membutuhkan template yang rapi dan jelas. Di Excel sendiri sudah tersedia berbagai template otomatis.

    Untuk menggunakannya, klik tombol File, lalu klik Wizard, dan kamu akan menemukan berbagai bentuk laporan keuangan bisnis yang diinginkan. Pilihlah format template yang menurut kamu simpel dan bisa untuk memberikan rangkuman terkait data pendapatan dan pengeluaran bisnis.

    Kesimpulan

    Laporan keuangan adalah output atau hasil dari sebuah siklus akuntansi, mulai dari analisis transaksi bisnis sampai mempersiapkan proses pencatatan transaksi bisnis. Laporan keuangan menjadi hal penting dan amat krusial bagi usaha. Oleh karena itu, baik usaha kecil, menengah maupun besar, wajib menyusun laporan keuangan.

    Seorang pemilik bisnis perlu memahami cara membuat laporan keuangan yang baik dan benar. Tujuannya, agar bisa mengetahui dan memahami kondisi dan aktivitas keuangan perusahaan dalam periode waktu tertentu.

    Sebuah laporan keuangan dapat menjadi acuan yang menunjukkan kinerja keuangan serta kekuatan suatu perusahaan. Oleh karena itu, laporan keuangan harus disusun seakurat dan sedetail mungkin.

    Sebagai pebisnis pemula, kamu bisa mulai mempelajari cara membuat laporan keuangan sederhana menggunakan Excel. Kamu juga bisa menggunakan cara manual terlebih dahulu.

    Tapi, membuat laporan keuangan dengan cara manual akan sangat merepotkan. Terlebih mencatat seluruh transaksi keuangan dalam buku akan membuat proses penyusunan laporan keuangan menjadi lebih rumit.

    Oleh karena itu, kamu bisa memanfaatkan aplikasi akuntansi keuangan majoo yang sudah terintegrasi dengan berbagai jenis laporan keuangan. Dengan begitu, membuat laporan keuangan bulanan maupun tahunan akan lebih mudah, praktis dan juga cepat pengerjaannya. Bahkan, menggunakan aplikasi keuangan majoo akan meminimalisasi kemungkinan terjadinya kesalahan pencatatan.

    Yuk, gunakan majoo sekarang juga!

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Marketing Mix 7P: Pentingnya Implementasi Dalam Bisnis
    Strategi marketing mix perlu diimplementasikan oleh perusahaan untuk memenuhi target penjualan produk guna mendapatkan profit yang optimal.
    Bank Garansi adalah: Contoh, Tujuan, Fungsi
    Berbeda dari banyak bank lain yang kita kenal, bank garansi adalah bentuk jaminan dari bank yang bisa dimanfaatkan untuk kembangkan bisnis. Apa maksudnya?
    5 Contoh Surat Pengalaman Kerja
    Bermaksud pindah kerja? Siapkan satu jenis surat penting sebagai penunjangnya. Surat pengalaman kerja biasanya tidak perlu dilampirkan bersama CV.
    Laporan Keuangan Perusahaan Jasa: Kenali Jenis & Contohnya!
    Tak hanya perusahaan dagang, bisnis yang bergerak di sektor jasa pun perlu membuat laporan keuangan perusahaan jasa. Yuk, kenali jenis dan contohnya!