Cara Membuat Laporan Laba Rugi Lengkap dengan Contohnya

Ditulis oleh Dini N. Rizeki

article thumbnail

Pebisnis perlu tahu cara membuat laporan laba rugi dengan baik dan benar.

Pebisnis harus tahu cara membuat laporan laba rugi karena laporan ini bisa memberikan informasi yang penting terkait dengan kinerja keuangan perusahaan dalam suatu periode tertentu. Dengan memahami cara membuat laporan laba rugi dengan benar, pebisnis dapat lebih memahami kinerja keuangan perusahaannya dan membuat keputusan terbaik yang berhubungan dengan pengelolaan bisnis. 

Laporan laba rugi atau yang biasa disebut juga dengan income statement adalah jenis laporan keuangan yang menyajikan informasi tentang pendapatan, biaya, dan laba atau rugi suatu perusahaan dalam suatu periode tertentu. Seluruh data yang ada pada laporan tersebut dapat membantu pemilik bisnis atau perusahaan untuk mengetahui mereka mengalami keuntungan atau malah kerugian. Laporan laba rugi memiliki fungsi yang sangat penting bagi perusahaan,itulah sebabnya mengetahui cara membuat laporan laba rugi dengan tepat sangatlah diperlukan bagi para pebisnis. 

Baca juga: Laporan Keuangan adalah: Pengertian, Tujuan, dan Jenisnya

Cara Membuat Laporan Laba Rugi 

Lantaran data di dalamnya sangatlah penting dan fungsi laporannya juga tidak kalah penting, laporan laba rugi tidak bisa dibuat dengan asal-asalan. Beberapa langkah umum yang bisa kamu lakukan dalam cara membuat laporan laba rugi adalah:

  • Tentukan periode laporan. Tentukan periode waktu yang akan kamu gunakan untuk laporan laba rugi. Umumnya, periode yang digunakan adalah per bulan, kuartal, atau tahunan.
  • Kumpulkan informasi pendapatan. Informasi mengenai seluruh transaksi pendapatan yang diterima perusahaan selama periode yang ditentukan harus kamu kumpulkan dengan baik tanpa ada yang terlewat. Termasuk transaksi penjualan produk atau jasa, pendapatan investasi, dan pendapatan lainnya.
  • Kumpulkan informasi biaya. Selain seluruh informasi pendapatan, kumpulkan juga semua informasi biaya yang sudah dikeluarkan perusahaan selama periode yang ditentukan, termasuk biaya produksi, pemasaran, administrasi, dan biaya lainnya.
  • Hitung pendapatan bersih. Untuk menentukan pendapatan bersih, kamu harus mengurangi jumlah total semua biaya dari jumlah pendapatan 
  • Siapkan pembuatan laporan laba rugi. Buatlah laporan laba rugi dengan menggunakan semua informasi pendapatan dan biaya yang dikumpulkan.
  • Tambahkan rincian. Jika perlu, tambahkan juga berbagai rincian tambahan ke laporan laba rugi, seperti analisis tren dan perbandingan dengan periode sebelumnya.
  • Review dan publikasikan. Sebelum dipublikasikan untuk pihak-pihak yang terkait, usahakan untuk selalu melakukan review dulu atas laporan laba rugi yang sudah kamu buat. Tujuannya adalah untuk memastikan keakuratan dan konsistensi, dan publikasikan laporan untuk para stakeholder yang berkepentingan.

Namun, perlu kamu ingat bahwa cara membuat laporan laba rugi ini adalah langkah-langkah yang biasa dilakukan secara umum. Biasanya, ada beberapa langkah lainnya yang juga perlu dilakukan menyesuaikan dengan konteks dan kebutuhan masing-masing perusahaan.

Unsur Utama dalam Membuat Laporan Laba Rugi

Setelah mengetahui langkah-langkah yang perlu kamu lakukan dalam menyusun sebuah laporan laba rugi, pastikan juga kamu memahami unsur-unsur utama yang tidak boleh terlewatkan dalam laporan tersebut, seperti: 

Pendapatan (Revenue)

Pendapatan atau revenue adalah unsur wajib yang ada dalam sebuah laporan laba rugi. Kenapa? Karena kamu harus menghitung semua pendapatan masuk dari setiap penjualan, dari bunga penjualan dan juga pendapatan lainnya. 

Selain itu, pendapatan juga bisa dalam bentuk deviden, sewa, bunga, ongkos serta jasa ataupun fee. Misalnya, perusahaan service dan aksesoris motor yang pastinya memiliki jenis pendapatan masuk dari ongkos service atau perbaikan motor rusak.

Beban (Expenses)

Beban yang ada dalam laporan laba rugi mencakup semua biaya operasional dan pengeluaran yang dikeluarkan oleh perusahaan selama periode waktu tertentu. 

Keuntungan (Profit)

Keuntungan yang biasa dikenal juga dengan istilah laba bersih merupakan kelebihan pendapatan yang didapatkan dari hasil penjualan bersih yang dikurangi beberapa beban lainnya, seperti biaya pajak dan biaya operasional serta beban pokok penjualan.

Kerugian (Loss)

Kerugian adalah ketika perusahaan mendapatkan laba lebih kecil dari beban yang ditanggung perusahaan.

Pajak Penghasilan

Pencatatan pajak dalam laporan laba rugi mencakup semua pajak penghasilan yang harus dibayarkan oleh perusahaan.

Baca juga: Beragam Jenis Laporan Keuangan untuk Bisnismu

 Bagaimana cara membuat laporan laba rugi perusahaan dagang?

Cara Membuat Laporan Laba Rugi Perusahaan Dagang

Perusahaan dagang adalah jenis bisnis yang membeli barang dari produsen atau pemasok dan menjual kembali barang tersebut dengan harga yang lebih tinggi. Untuk dapat memahami cara membuat laporan laba rugi perusahaan dagang, kamu perlu tahu elemen apa saja yang harus ada di dalamnya, seperti: 

  • Pendapatan
  • Harga pokok penjualan
  • Gross profit (laba kotor)
  • Biaya pemasaran dan administrasi
  • Pendapatan bersih 
  • Beban lain-lain
  • Laba bersih
  • Analisis tren
  • Catatan tambahan atau catatan pendukung

Langkah-Langkah dalam Cara Membuat Laporan Laba Rugi Perusahaan Dagang

Berikut langkah-langkah yang perlu kamu lakukan dalam cara membuat laporan laba rugi perusahaan dagang

  • Buatlah jurnal transaksi terlebih dahulu lalu tampilkan transaksi dalam buku besar.
  • Susun laporan laba rugi setelah neraca lajur dengan mengutip seluruh saldo pada akun pendapatan dan beban di kolom kerugian.
  • Sebelum menyusun laporan, kamu perlu menuliskan identitas atau nama perusahaan, jenis laporan laba rugi, dan periodenya. Cantumkan juga tiga komponen utama dalam laporan, yaitu pendapatan total, beban total, dan laba atau rugi.
  • Untuk akun pendapatan dan beban, kamu dapat mengutip dari neraca lajur pada kolom laba rugi. Sementara, yang ada pada komponen laba rugi merupakan selisih pendapatan dan beban. 
  • Jika nilai total pendapatan ternyata didapati lebih besar dari nilai total beban, artinya perusahaan mendapatkan laba. Sebaliknya, jika nilai total pendapatan lebih kecil dari nilai total beban, artinya perusahaan mengalami kerugian.

Cara Membuat Laporan Laba Rugi Perusahaan Jasa

Perusahaan jasa adalah jenis perusahaan yang menawarkan dan memberikan layanan atau jasa kepada konsumen atau pelanggan. Perusahaan jasa tidak menghasilkan produk fisik atau barang, namun berfokus pada pemberian layanan yang berkualitas kepada pelanggan. 

Inilah yang menyebabkan terdapat perbedaan dalam cara membuat laporan laba rugi perusahaan jasa dan perusahaan dagang. Bila dilihat dari elemen yang ada pada laporannya pun ada beberapa perbedaan. Elemen yang biasa terdapat pada laporan laba rugi perusahaan jasa adalah:

  • Pendapatan Jasa
  • Biaya Langsung Jasa
  • Biaya Overhead
  • Biaya Administrasi
  • Biaya Lain-lain
  • Total Biaya
  • Laba Kotor
  • Beban Bunga
  • Beban Pajak
  • Beban Lain-lain
  • Total Beban
  • Laba Bersih

Langkah-Langkah dalam Cara Membuat Laporan Laba Rugi Perusahaan Jasa

Secara umum, berikut langkah-langkah yang harus dilakukan dalam cara membuat laporan laba rugi perusahaan jasa. Perlu kamu ingat, elemen yang ada di dalamnya bisa saja berbeda antara satu perusahaan jasa dengan lainnya, menyesuaikan dengan konteks dan kepentingan masing-masing perusahaan.

  • Membuat jurnal transaksi, dimulai dari akun pendapatan, beban, sampai dengan turunannya.
  • Melakukan pencatatan ke dalam buku besar.
  • Susun laporan menyesuaikan dari keterangan neraca saldo dan jurnal penyesuaian
  • Lakukan pencatatan pendapatan dan beban yang ada pada dalam kertas kerja.
  • Pencatatan beban berasal dari kolom neraca, sedangkan pencatatan laba-rugi adalah selisih dari total pendapatan dan total beban.
  • Jika ternyata nilai pendapatan lebih besar dibandingkan beban, itu artinya perusahaan mendapatkan keuntungan atau laba. Sementara, bila ternyata nilai pendapatan total yang didapat lebih kecil daripada beban, artinya perusahaan mendapatkan kerugian atau rugi.

Baca juga: Apa Saja Contoh Transaksi Perusahaan Jasa?

Cara Membuat Laporan Laba Rugi dari Jurnal Umum

Jurnal umum adalah catatan akuntansi yang biasanya digunakan untuk mencatat transaksi keuangan suatu perusahaan secara kronologis. Mulai dari pencatatan setiap transaksi yang terjadi, seperti pembelian, penjualan, pembayaran utang, sampai dengan penerimaan piutang. 

Cara membuat laporan laba rugi juga bisa dilakukan dari pencatatan yang ada pada jurnal umum. Berikut langkah-langkah cara membuat laporan laba rugi dari jurnal umum tersebut. 

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat laporan laba rugi dari jurnal umum:

  • Tentukan periode laporan laba rugi. Bisa berupa bulan, kuartal, semester, atau tahun.
  • Lakukan identifikasi akun pendapatan dan biaya dalam jurnal umum.
  • Jumlahkan semua transaksi yang tercatat dalam akun pendapatan dan biaya selama periode yang diinginkan, seperti dalam satu bulan, satu kuartal, atau satu tahun.
  • Lakukan pengurangan dari total biaya dari total pendapatan. Hasilnya adalah laba kotor.
  • Kurangi beban operasional seperti biaya umum dan administrasi dari laba kotor untuk mendapatkan laba bersih sebelum pajak. 
  • Hitung jumlah pajak yang harus dibayarkan berdasarkan persentase yang berlaku.
  • Rangkum dalam format laporan laba rugi yang sesuai.

Kesimpulan 

Cara membuat laporan laba rugi perlu diketahui dan dipahami dengan baik oleh para pebisnis karena dapat memberikan informasi yang penting terkait dengan kinerja keuangan perusahaan dalam suatu periode tertentu. 

Dengan memahami cara membuat laporan laba rugi dengan benar, pebisnis dapat lebih memahami kinerja keuangan perusahaannya dan membuat keputusan terbaik yang berhubungan dengan pengelolaan bisnis. 

Jika kamu adalah seorang pelaku bisnis, berlangganan aplikasi keuangan online seperti majoo akan memberikan kemudahan dalam melakukan langkah-langkah cara membuat laporan laba rugi, baik untuk perusahaan dagang maupun jasa. 

Ada berbagai fitur yang disediakan oleh majoo, salah satunya adalah aplikasi kasir atau Point of Sales (POS) yang secara otomatis akan mencatat seluruh kegiatan penjualan bisnis kamu. Data tersebut akan aman tersimpan di dalam perangkat yang kamu gunakan pada bisnismu, dan bukan pada server remote, sehingga tidak akan ada lagi kepanikan takut datanya hilang saat jaringan internet terputus secara tiba-tiba. Semuanya jadi lebih praktis dan aman kan? Jadi, tunggu apa lagi? Amankan data bisnismu mulai dari sekarang bersama majoo. 

Referensi: 

  • https://ottopay.id/blog/artikel/membuat-laporan-laba-rugi

Sumber Gambar:

  • Freepik.com

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
whatsapp logo