Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Apa Saja Contoh Transaksi Perusahaan Jasa?

    Apa saja contoh transaksi perusahaan jasa?

    Jika diminta untuk menyebutkan contoh transaksi perusahaan dagang, mungkin kamu dengan mudah bisa menjawabnya, karena jenis-jenis transaksi tersebut mudah untuk dipikirkan dan bisa dipastikan kebenarannya. Namun, bagaimana bila kamu diminta untuk menyebutkan contoh transaksi perusahaan jasa? Bisakah kamu menjawabnya?

    Perusahaan jasa mempunyai karakteristik tersendiri dalam transaksinya yang tentu saja tidak sama dengan yang ada pada perusahaan dagang. Tentu pula kamu tidak akan menemui jenis transaksi yang terkait dengan persediaan barang dagang atau transaksi pembelian barang dagang. 

    Alasannya jelas, karena konsep perusahaan jasa adalah memberikan layanan kepada konsumen yang tidak bisa diukur atau dinilai dari fisik dan bentuknya. Perusahaan jasa merupakan suatu unit usaha yang didirikan dengan tujuan untuk mencari sebuah keuntungan atau laba dari layanan yang mereka berikan. Bisa pula didefinisikan bahwa perusahaan jasa adalah suatu bisnis yang memiliki aktivitas produksi dengan produk tidak berwujud atau jasa, yang tujuannya adalah untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan.

    Baca juga: Perusahaan Jasa adalah: Definisi, Jenis, dan Contohnya

    Contoh Transaksi Perusahaan Jasa

    Contoh transaksi perusahaan jasa berbeda dengan yang ada pada jenis perusahaan dagang. Meski mungkin satu atau dua transaksi yang sama, jenis kegiatan yang dilakukan berbeda. Singkatnya, transaksi yang ada menyesuaikan dengan jenis kegiatan yang dilakukan.

    Lantaran jasa merupakan barang yang tidak berwujud secara fisik, harga penjualan jasa pun tidak pernah mengikutsertakan harga pokok penjualan dari jasa yang dijual. Contohnya, jasa laundry tentu saja tidak akan mengikutsertakan harga mesin cuci yang digunakan. Jadi, jasa dan harga pokok barang yang terlibat bukan merupakan satu kesatuan.

    Secara umum, transaksi dalam perusahaan jasa bisa digolongkan menjadi dua, yaitu:

    1. Transaksi intern, merupakan berbagai jenis transaksi yang terjadi di dalam perusahaan.
    2. Transaksi ekstern, merupakan bentuk transaksi yang terjadi dengan pihak di luar perusahaan.

    Beberapa contoh transaksi perusahaan jasa, antara lain:

    Transaksi Pembelian

    Transaksi pembelian yang pasti dilakukan oleh perusahaan jasa biasanya berupa pembelian peralatan dan perlengkapan kerja. Semuanya dilakukan dengan tujuan untuk memberikan pelayanan yang optimal dan memberikan rasa puas pada pelanggan.

    Contohnya, bisnis laundry membeli sabun, deterjen, dan pewangi pakaian di toko supplier bahan cuci dan pembersih. Setelah pembelian selesai, pemilik usaha akan langsung mencatatnya ke dalam pembukuan usaha laundry tersebut. 

    Transaksi Pendapatan

    Sama dengan perusahaan lain, perusahaan jasa juga memperoleh pendapatan dari layanan yang mereka berikan. Umumnya, transaksi pendapatan dicatat dalam pembukuan perusahaan, baik dalam bentuk tunai maupun kredit.

    Pembayaran Beban-Beban

    Selain transaksi pembelian yang digunakan untuk membeli keperluan seperti peralatan dan perlengkapan, perusahaan jasa pastinya juga memiliki biaya atau beban yang harus dibayarkan pada periode tertentu. 

    Misalnya, usaha salon perlu membayar listrik yang lebih mahal karena hampir semua peralatan di salon memerlukan sambungan listrik. Ditambah lagi sewa gedung dan biaya air serta kebersihan. 

    Penerimaan Piutang

    Piutang merupakan bentuk penjualan atau pemberian layanan yang dilakukan secara kredit. Umumnya, konsumen akan melunasi pembayaran dalam jangka waktu yang telah disepakati bersama. 

    Baca juga: Piutang: Pengertian, Ciri-ciri, dan Jenis-jenis Piutang

     Salah satu contoh transaksi perusahaan jasa adalah pembelian.

    Penanaman dan Pengembalian Modal dan Investasi

    Saat memulai bisnis perusahaan jasa, bisa saja sumber modal usaha yang digunakan berasal dari pinjaman atau investasi pihak lain. Seluruh modal dan investasi tersebut harus dicatat dengan baik karena pengembalian atau malah pembagian hasilnya harus transparan dan detail. 

    Bukti Transaksi Perusahaan Jasa

    Bukti transaksi merupakan suatu bukti yang otentik bahwa suatu transaksi sudah terjadi. Termasuk bukti transaksi perusahaan jasa. Dari beberapa transaksi yang sudah disebutkan tadi, tentunya semuanya harus tercatat dalam sebuah bukti transaksi.

    Jika selama ini kamu mengira hanya perusahaan dagang yang membutuhkannya, hal tersebut kurang tepat. Perusahaan jasa juga memerlukan adanya bukti transaksi sebagai bentuk dokumen transaksi perusahaan jasa.

    Beberapa bukti transaksi perusahaan jasa yang sering digunakan, yaitu:

    Slip Gaji

    Slip gaji adalah bukti pembayaran gaji yang diberikan kepada karyawan. Bukti transaksi perusahaan jasa ini termasuk dalam contoh bukti transaksi internal perusahaan. 

    Bukti Memorandum

    Bukti memorandum atau yang dikenal juga dengan sebutan bukti memo adalah bukti transaksi yang biasanya akan dibuat oleh pimpinan perusahaan atau orang yang diberikan wewenang untuk suatu kejadian-kejadian yang berlangsung di dalam internal perusahaan bersangkutan.

    Bukti Pemindahan Aset

    Pemindahan aset merupakan hal yang sering terjadi pada perusahaan, baik dalam skala sedang atau besar. Contohnya adalah pemindahan aset mesin cuci dari cabang usaha laundry A ke cabang laundry B, karena cabang B lebih membutuhkan.

    Bukti Kwitansi

    Kwitansi adalah bukti transaksi penerimaan sejumlah uang. Kwitansi dibuat dan ditandatangani oleh pihak penerima uang dan akan diserahkan kepada pihak yang melakukan pembayaran.

    Umumnya kwitansi terdiri dari dua bagian, bagian pertama merupakan bagian yang akan diberikan kepada pihak yang membayar, sedangkan bagian berikutnya dapat dijadikan sebagai bukti pencatatan penerimaan uang bagi perusahaan. 

    Baca juga: Hal-hal Penting Mengenai Kwitansi sebagai Bukti Transaksi

    Bukti Nota Kontan

    Nota kontan adalah dokumen yang dikeluarkan oleh pihak perusahaan sebagai penjual kepada pembeli. Lembar yang pertama (asli) diserahkan kepada pihak pembeli dan copynya disimpan oleh pihak penjual sebagai bukti transaksi atas layanan yang dibayarkan secara tunai.

    Bukti Cek (Cheque)

    Bukan tidak mungkin suatu perusahaan jasa menggunakan cek sebagai salah satu dokumen transaksi perusahaan jasa. Cek adalah perintah pembayaran yang dibuat oleh pihak yang mempunyai rekening di suatu bank. Tujuan pembuatan cek adalah agar bank tersebut membayarkan sejumlah uang yang tertulis kepada orang yang membawa surat atau yang namanya tertulis di surat cek tersebut.

    Bukti Rekening Koran

    Ada banyak perusahaan yang memilih untuk menggunakan rekening koran sebagai rekening bisnis. Rekening koran adalah bukti untuk mutasi kas di bank yang disusun oleh pihak bank untuk para nasabahnya. 

    Seluruh pendapatan yang dihasilkan dari perusahaan jasa akan dimasukkan ke dalam rekening bank yang nantinya pencatatan tersebut akan diberikan oleh pihak bank kepada perusahaan dalam bentuk rekening koran.

    Baca juga: Mari Mengenal Pengertian dan Fungsi Rekening Koran

    Bukti Bilyet Giro

    Jika suatu perusahaan jasa sudah memiliki skala besar, bilyet giro merupakan salah satu bukti transaksi perusahan jasa yang cukup sering digunakan. Bilyet giro diartikan sebagai suatu surat perintah untuk memindahbukukan sejumlah uang dari rekening nasabah suatu bank ke rekening penerima yang namanya disebutkan dalam bilyet giro pada bank yang sama atau pada bank lain (berbeda).

    Bukti Setoran Bank

    Bukti setoran bank adalah catatan transaksi (slip setoran) yang disediakan oleh pihak bank untuk digunakan pada saat pihak perusahaan jasa melakukan setoran uang ke bank. Baik untuk setoran ke dalam kas perusahaan atau untuk investasi. 

    Setoran bank bisa dikategorikan sebagai contoh transaksi perusahan jasa dalam bentuk internal juga eksternal. Karena tidak selamanya digunakan untuk menyetorkan dana kepentingan perusahaan, namun bisa juga digunakan untuk melakukan pembayaran kepada pihak lain.

    Bukti Kas Masuk

    Bukan hanya perusahaan dagang yang memiliki bukti kas masuk pada pencatatan transaksi bisnisnya. Perusahaan jasa juga memiliki bukti kas masuk sebagai bukti transaksi atas peristiwa penerimaan uang (kas) yang telah dilengkapi dengan buktinya. 

    Bukti kas masuk merupakan hal penting yang akan digunakan dalam proses penyusunan jurnal kas masuk/jurnal penerimaan kas pada pencatatan akuntansi perusahaan jasa.

    Bukti Kas Keluar

    Kebalikan dari bukti kas masuk, bukti kas keluar adalah bukti transaksi pengeluaran kas ataupun pembayaran. Bukti pengeluaran kas ini biasanya akan digunakan untuk dokumen ketika menyusun jurnal pengeluaran kas.

    Apa saja contoh transaksi perusahaan jasa yang memerlukan bukti kas keluar? Bisa saja untuk melakukan pembayaran gaji pegawai, pembelian alat atau perlengkapan, sampai dengan pembayaran beban usaha lainnya.

    Kesimpulan 

    Perusahaan jasa juga memiliki berbagai transaksi. Umumnya, contoh transaksi perusahaan jasa memiliki karakteristik tersendiri dalam transaksinya, yang tidak sama dengan yang biasanya ada pada perusahaan dagang. 

    Bisa disimpulkan secara sederhana bahwa jenis transaksi yang ada pada perusahaan jasa biasanya menyesuaikan dengan jenis kegiatan yang dilakukan. Misalnya, bisnis laundry akan memiliki catatan transaksi yang berkaitan dengan layanan yang mereka berikan, mulai dari nota pembelian perlengkapan cuci , sampai dengan bukti setoran bank uang hasil pendapatan usaha.

    Jika kamu adalah pemilik perusahaan jasa, sebaiknya jangan menganggap remeh bukti transaksi, ya. Karena bukti transaksi yang disusun dan dibuat dengan rapi akan sangat berpengaruh pada catatan laporan keuangan bisnismu. Perusahaan yang baik adalah bentuk usaha yang keuangannya dipantau dengan baik oleh pemiliknya dan memiliki kondisi kesehatan finansial yang baik pula. Kamu tentu tidak ingin bisnismu menjadi kacau karena pencatatan yang kurang rapi kan?

    Untuk membantu kamu memaksimalkan pengelolaan perusahaan jasa dengan lancar, kamu bisa meminta bantuan dari aplikasi point of sales (POS) seperti majoo yang memiliki fitur lengkap, mulai dari pengelolaan karyawan sampai dengan pencatatan transaksi keuangan secara otomatis. Bisnis lancar, kondisi keuangan pun ikutan lancar. Langganan sekarang, yuk! 

    Referensi:

    • Apa Saja yang Termasuk Transaksi Perusahaan Jasa? - Kelas Pintar
    • Transaksi Perusahaan Jasa dan Bukti Transaksi Perusahaan Jasa | Welcome To My Blog :-) (wulanendah97.blogspot.com)

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Kwitansi adalah: Pengertian, Contoh, Format
    Kwitansi adalah bukti pembayaran yang sah dari sebuah transaksi. Dalam bisnis, ternyata ada berbagai jenis dan contoh kwitansi yang biasa digunakan.
    Kliring adalah: Pengertian, Mekanisme, Jenis, Contoh
    Kliring adalah metode pemindahan uang dari satu rekening ke rekening lain kepada yang berhak dan menunggu 2-3 hari kerja setelah proses kliring diajukan. 
    Kenalan dengan Cloud Computing dan Fungsinya Bagi Bisnis
    Dalam dunia bisnis, kehadiran cloud computing adalah sebuah gerakan peralihan ke sistem kerja yang lebih praktis, efisien, dan terkomputerisasi.
    Apa Iya Micro Influencer adalah Andalan Pemasaran Digital?!
    Bagi yang belum tahu, micro influencer adalah salah satu andalan untuk menjamin berhasilnya kegiatan pemasaran digital. Kok, bisa?! Simak, yuk!