Cara Menggunakan Mesin EDC yang Benar, Jangan Sampai Keliru!

Ditulis oleh Dini N. Rizeki

article thumbnail

Bagaimana cara menggunakan mesin EDC yang benar?

Mesin EDC adalah alat penting dalam proses pembayaran elektronik. Dengan menguasai cara menggunakan mesin EDC dengan benar, kasir dapat memastikan transaksi pembayaran berjalan dengan lancar dan efisien. 

Posisi kasir perlu mengetahui langkah-langkah yang diperlukan untuk memproses pembayaran, memasukkan jumlah yang tepat, dan mengikuti prosedur yang benar untuk memastikan keakuratan dan keamanan transaksi. Semuanya dilakukan menggunakan mesin EDC. 

Mesin EDC (Electronic Data Capture) adalah perangkat elektronik yang digunakan untuk memproses transaksi pembayaran. Fungsinya adalah sebagai terminal yang dapat membaca informasi kartu, memvalidasi transaksi, dan mengirim data transaksi ke bank atau lembaga pemrosesan pembayaran untuk otorisasi dan penyelesaian.

Cara Menggunakan Mesin EDC untuk Kasir 

Menggunakan mesin EDC dalam bisnismu, artinya memberikan kemudahan dan kecepatan dalam melakukan transaksi pembayaran elektronik menggunakan kartu debit atau kredit. 

Dengan fitur-fitur canggihnya, mesin EDC memungkinkan kasir dan semua pemilik bisnis untuk memproses transaksi secara efisien, meningkatkan pengalaman pelanggan, dan menjaga keamanan informasi pembayaran. 

Berikut adalah urutan cara menggunakan mesin EDC yang benar:

Persiapkan Mesin EDC

Pastikan mesin EDC sudah terhubung ke sumber listrik dan jaringan internet atau telekomunikasi yang diperlukan. Verifikasi bahwa mesin memiliki cukup kertas roll atau media cetak yang diperlukan untuk mencetak bukti transaksi.

Input Jumlah Pembayaran

Pastikan kepada pelanggan jumlah pembayaran yang harus mereka lakukan. Masukkan jumlah tersebut ke dalam mesin EDC menggunakan keypad yang disediakan. Pastikan pula untuk memasukkan jumlah dengan benar dan sesuai dengan yang diminta oleh pelanggan.

Proses Memasukkan Kartu

Minta pelanggan untuk memasukkan kartu debit atau kredit mereka ke dalam slot kartu pada mesin EDC. Pastikan mereka memasukkan kartu dengan arah yang benar, yaitu dengan sisi chip atau strip magnet menghadap ke bawah sesuai petunjuk mesin.

Verifikasi Identitas

Jika transaksi menggunakan kartu debit, minta pelanggan untuk memasukkan nomor PIN mereka pada keypad yang disediakan oleh mesin EDC. Pastikan pelanggan memasukkan PIN dengan hati-hati dan rahasia.

Otorisasi Transaksi

Setelah kartu dan PIN dimasukkan, mesin EDC akan terhubung ke jaringan pembayaran atau bank yang sesuai. Informasi transaksi akan dikirimkan untuk otorisasi. Tunggu beberapa saat sambil mesin memproses otorisasi transaksi.

Verifikasi dan Penyelesaian

Setelah transaksi diotorisasi, mesin EDC akan menampilkan informasi verifikasi seperti jumlah pembayaran dan hasil otorisasi. Tunjukkan tampilan ini kepada pelanggan untuk memverifikasi informasi tersebut. Jika diperlukan, minta pelanggan untuk menandatangani bukti transaksi yang dicetak oleh mesin.

Penyelesaian Transaksi

Setelah verifikasi dan tanda tangan pelanggan, mesin EDC akan menyelesaikan transaksi. Data transaksi akan dikirim ke bank penerbit kartu untuk diproses secara finansial. Pada tahap ini, bisa dibilang bahwa cara menggunakan mesin EDC untuk kasir sudah dilakukan dengan tepat. 

Berikan Bukti Transaksi

Setelah transaksi selesai, mesin EDC akan mencetak bukti transaksi, seperti slip pembayaran atau struk, sebagai bukti pembayaran yang dapat diberikan kepada pelanggan. Pastikan untuk memberikan bukti transaksi ini kepada pelanggan.

Cara Menggunakan Kartu Debet di Mesin EDC

Tadi sudah disebutkan bahwa mesin EDC bisa mempermudah transaksi pembayaran secara elektronik, khususnya yang menggunakan kartu debit dan kredit. 

Mengapa kasir perlu tahu cara menggunakan mesin EDC dengan tepat?

Langkah-langkah umum dalam cara menggunakan kartu debet di mesin EDC adalah:

  • Pastikan mesin EDC terhubung ke sumber listrik dan jaringan internet atau telekomunikasi yang diperlukan. 

  • Pastikan juga bahwa mesin memiliki cukup kertas roll atau media cetak yang diperlukan untuk mencetak bukti transaksi.

  • Masukkan nominal pembayaran yang perlu dibayarkan oleh pelanggan tersebut ke dalam mesin EDC menggunakan keypad yang disediakan. 

  • Pastikan untuk memasukkan jumlah dengan benar dan sesuai dengan yang diminta oleh pelanggan.

  • Masukkan kartu debet dengan benar, yaitu dengan sisi chip atau strip magnet menghadap ke bawah sesuai petunjuk mesin.

  • Minta pelanggan memasukkan nomor PIN kartu debit melalui keypad yang disediakan. Pastikan pelanggan memasukkan PIN dengan hati-hati dan rahasia.

  • Tunggu beberapa saat sambil mesin memproses otorisasi transaksi.

  • Setelah transaksi diotorisasi, mesin EDC akan menampilkan informasi verifikasi seperti jumlah pembayaran dan hasil otorisasi. 

  • Tunjukkan tampilan ini kepada pelanggan untuk memverifikasi informasi tersebut. 

  • Setelah verifikasi, mesin EDC akan menyelesaikan transaksi. Data transaksi akan dikirim ke bank penerbit kartu untuk diproses secara finansial.

  • Setelah transaksi selesai, mesin EDC akan mencetak bukti transaksi, seperti slip pembayaran atau struk, sebagai bukti pembayaran yang dapat diberikan kepada pelanggan. 

  • Berikan bukti transaksi kepada pelanggan dan lakukan konfirmasi bahwa saldo pada kartu debit mereka sudah terpotong secara otomatis. 

Cara Menggunakan Kartu Kredit di Mesin EDC

Pada dasarnya tidak terdapat perbedaan yang signifikan dalam cara menggunakan kartu kredit di mesin EDC dan kartu debit. Secara lebih lengkap, berikut adalah langkah-langkah umum untuk menggunakan kartu kredit di mesin EDC:

  • Siapkan mesin EDC, pastikan mesin sudah terhubung ke sumber listrik dan jaringan internet atau telekomunikasi yang diperlukan. 

  • Pastikan kepada pelanggan nominal pembayaran yang harus mereka lakukan. 

  • Masukkan nominal tersebut ke dalam mesin EDC dengan benar dan sesuai.

  • Masukkan kartu kredit ke dalam slot kartu pada mesin EDC. 

  • Setelah kartu dimasukkan, mesin EDC akan membaca informasi dari kartu kredit, termasuk nomor kartu dan masa berlaku. Tidak seperti kartu debit, pengguna kartu kredit tidak perlu memasukkan nomor PIN. Namun, dalam beberapa kasus, mesin EDC mungkin meminta tanda tangan pelanggan sebagai verifikasi tambahan.

  • Setelah informasi kartu kredit diverifikasi, mesin EDC akan terhubung ke jaringan pembayaran atau bank yang sesuai untuk melakukan otorisasi transaksi. 

  • Informasi transaksi, termasuk jumlah pembayaran, akan dikirimkan untuk otorisasi. 

  • Mesin EDC akan menampilkan informasi verifikasi seperti jumlah pembayaran dan hasil otorisasi. 

  • Tunjukkan tampilan ini kepada pelanggan untuk memverifikasi informasi tersebut. Jika diperlukan, minta pelanggan untuk menandatangani bukti transaksi yang dicetak oleh mesin.

  • Setelah verifikasi dan tanda tangan pelanggan, mesin EDC akan menyelesaikan transaksi. 

  • Mesin EDC akan mencetak bukti transaksi, seperti slip pembayaran atau struk, sebagai bukti pembayaran yang dapat diberikan kepada pelanggan. 

  • Pastikan untuk memberikan bukti transaksi ini kepada pelanggan.



Mengapa Kasir Perlu Tahu Cara Menggunakan Mesin EDC?

Sebenarnya bukan hanya kasir yang perlu tahu cara menggunakan mesin EDC dengan benar. Pemilik bisnis pun seharusnya memahami hal tersebut. Namun, karena kasir adalah pihak yang akan sangat sering berhubungan dengan mesin EDC, pastinya diperlukan pemahaman lebih dalam akan hal tersebut. 

Inilah beberapa alasan mengapa cara menggunakan mesin EDC untuk kasir perlu dipahami dengan baik. 

Mencegah Kesalahan

Jika kasir tidak mengerti cara menggunakan mesin EDC dengan benar, mereka berisiko membuat kesalahan dalam memasukkan jumlah pembayaran, mengoperasikan mesin, atau mengelola informasi transaksi. 

Kesalahan semacam itu dapat menyebabkan ketidakcocokan dalam jumlah pembayaran, transaksi yang tidak terproses dengan benar, atau bahkan kehilangan data yang penting. 

Memberikan Pelayanan Pelanggan yang Baik

Kemampuan kasir untuk menggunakan mesin EDC dengan benar memengaruhi pengalaman pelanggan. Dengan pengetahuan dan keahlian yang memadai, kasir dapat dengan cepat dan efisien memproses pembayaran pelanggan, mengurangi waktu tunggu, dan memberikan pelayanan yang lebih baik. 

Pelanggan akan merasa puas dengan pengalaman berbelanja mereka dan kemungkinan akan kembali ke tempat tersebut untuk bertransaksi di masa mendatang.

Mengatasi Masalah Teknis

Mesin EDC mungkin menghadapi masalah teknis seperti koneksi internet yang terputus, kesalahan sistem, atau masalah lainnya. Dengan pemahaman yang baik tentang cara menggunakan mesin EDC, kasir dapat mengidentifikasi masalah teknis umum dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menyelesaikannya. 

Meningkatkan Keamanan

Penggunaan mesin EDC yang tepat oleh kasir dapat membantu menjaga keamanan transaksi dan melindungi data sensitif pelanggan. Kasir yang dilatih dengan baik akan memastikan bahwa informasi kartu pelanggan dijaga kerahasiaannya, memverifikasi identitas pelanggan dengan benar, dan mengikuti prosedur keamanan yang ditetapkan oleh mesin EDC dan perusahaan. 

Kesimpulan

Dalam dunia bisnis dan perdagangan yang semakin digital, kemampuan kasir untuk memahami cara menggunakan mesin EDC secara efektif adalah kunci untuk memastikan kelancaran transaksi. 

Dengan pengetahuan yang memadai tentang mesin EDC, kasir dapat menciptakan pengalaman berbelanja yang lancar, aman, dan memuaskan bagi pelanggan. Itulah sebabnya, pemahaman yang baik tentang penggunaan mesin EDC merupakan keharusan bagi individu yang terlibat dalam proses pembayaran elektronik. Termasuk pemilik bisnisnya. 

Selain menggunakan mesin EDC yang kredibel, kamu juga bisa menambahkan aplikasi kasir online dari majoo untuk bisnismu. Dengan begitu, semua transaksi bisa tercatat dengan baik, mengurangi risiko terjadinya kesalahan, dan tentunya memudahkan pembuatan laporan keuangan. Bisnismu sudah pakai majoo, kan? 

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
whatsapp logo