Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    • Solusi
    • Fitur
    • Inilah Cara Menghitung Rata-Rata Penjualan yang Mudah

    Inilah Cara Menghitung Rata-Rata Penjualan yang Mudah

    Pastikan data yang akan dihitung sudah sesuai dengan riil penjualan perusahaan.

    Cara menghitung rata-rata penjualan dapat dilakukan dengan beberapa cara, antara lain dengan cara manual atau dengan menggunakan bantuan Microsoft Excel. Kedua cara ini merupakan cara yang paling populer digunakan untuk mendapatkan data-data sesuai dengan yang kamu butuhkan.

    Kamu bisa menggunakan kedua cara menghitung rata-rata penjualan ini untuk menemukan nilai rata-rata pada penjualan harian, mingguan, bulanan, maupun tahunan.

    Tentu saja dengan adanya data ini akan memudahkan kamu mengevaluasi penjualan yang dilakukan oleh perusahaan dalam periode waktu tertentu.

    Menghitung Nilai Rata-Rata Penjualan

    Secara umum, nilai rata-rata dari suatu kelompok data adalah jumlah nilai data yang akan dibagi dengan banyaknya data itu sendiri. Biasnya, nilai rata-rata akan digunakan untuk mengevaluasi data untuk mendapatkan gambaran seluruh datanya.

    Rata-rata di sini adalah nilai rata-rata aritmatika. Kamu akan mendapatkan hasil rata-rata dengan menambahkan kelompok angka yang kemudian membaginya dengan jumlah kelompok angka tersebut.

    Baca juga: Mari Berkenalan dengan Fixed Cost dan Variable Cost 

    Rumus Menghitung Rata-Rata 

    Untuk dapat menemukan nilai rata-rata dari suatu data, kamu membutuhkan rumus menghitung nilai rata-ratanya. Nah, di bawah ini adalah rumus yang bisa kamu gunakan untuk menemukan nilai rata-rata.

     

    Baca juga: Days Sales Outstanding adalah: Cara Menghitung Penjualan Produk

    Cara Menghitung Rata-Rata Penjualan Per Hari

    Kini kamu sudah mengetahui tentang nilai rata-rata dan rumus untuk menemukan nilai rata-rata dari suatu kelompok data, kan? Selanjutnya, kamu bisa mulai menghitung rata-rata penjualan dalam kurun waktu tertentu sesuai data yang kamu butuhkan.

    Misalnya saja, jika data hasil penjualan seorang pedagang ayam selama satu minggu adalah sebagai berikut:

     

    Bagaimana cara menghitung rata-rata penjualan per hari pedagang tersebut?

    Jawaban: 

     

     Jadi, rata rata penjualan per hari dari pedagang ayam tersebut adalah sebanyak 41,4 kg.

     Gunakan Excel untuk hasil yang lebih cepat dan akurat.

    Cara Menghitung Rata-Rata Penjualan Per Bulan

     

     

    Jadi, rata rata penjualan per bulan berdasarkan tabel di atas adalah sebanyak 125 kg.

    Rumus ini juga bisa kamu gunakan untuk mengetahui cara menghitung rata-rata penjualan per tahun pada perusahaan yang kamu kelola. 

    Baca juga: Pengertian, Contoh, dan Cara Menghitung Biaya Rata-Rata

    Cara Menghitung Rata-Rata Penjualan di Excel

    Menghitung nilai rata-rata penjualan suatu barang juga tidak hanya dapat dilakukan secara manual, namun kamu juga bisa menggunakan bantuan Microsoft Excel untuk memudahkan pekerjaan kamu menghitung rata-rata penjualan di perusahaan.

    Pada rumus rata-rata Excel kamu akan mengetahui yang disebut dengan istilah sintaksis atau penulisan fungsi Excel seperti berikut:

    • AVERAGE adalah fungsi dari Excel yang digunakan untuk menghitung nilai rata-rata dari kumpulan angka 
    • Angka 1 yakni data pertama pertama yang wajib diisi dan merupakan rentang yang akan dihitung
    • Angka 2 adalah data kedua, dan seterusnya. Angka ini boleh diisi atau tidak, sebab angka ini merupakan angka tambahan dari rentang yang akan dihitung nilai rata-ratanya
    • …, merupakan data selanjutnya yang memiliki sifat opsional. Untuk bagian ini, kamu bisa mengisinya dengan data sampai dengan maksimal 255 sel.

    Selanjutnya, untuk mendapatkan hasil dari data penjualan yang akan dihitung, maka cara menghitung rata rata penjualan di excel adalah sebagai berikut. 

    1. Buatlah baris atau kolom untuk menempatkan nilai rata-rata
    2. Masukkan data angka yang akan dihitung pada baris atau kolom A, kamu bisa mulai mengetiknya dari A1-A7
    3. Letakkan kursor pada baris atau kolom nilai rata-rata, kemudian ketik rumus rata-rata yakni =AVERAGE(A1:A7) pada Formula Bar
    4. Selanjutnya, tekan tombol “Enter” pada keyboard untuk menampilkan hasilnya

    Penggunaan Microsoft Excel dapat mempercepat dan memudahkan kamu mendapatkan hasil dari perhitungan penjualan yang berhasil dilakukan oleh perusahaan.

    Penutup

    Itu tadi beberapa cara menghitung rata-rata penjualan yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan data baik per hari, per minggu, per bulan, atau per tahun tergantung periode waktu yang kamu butuhkan.

    Adanya Microsoft Excel tentu dapat membantu kamu mendapatkan hasil data dengan cepat tanpa perlu menghitungnya secara manual. Selain menghemat waktu, kamu juga bisa menghemat tenaga untuk melakukan ini, bukan?

    Nah, salah satu aplikasi POS majoo juga bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan laporan penjualan hingga laporan keuangan secara instan. Beberapa fitur yang melengkapinya bisa memudahkan kamu mendapatkan data-data penjualan secara mudah dan lengkap. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, pakai majoo sekarang!

    Pertanyaan Terkait

    • Untuk dapat menemukan nilai rata-rata, kamu akan membutuhkan rumus menghitungnya. Rumus ini bisa kamu gunakan untuk menghitung rata-rata tertentu di antara sekelompok data. Nah, berikut ini adalah rumus mencari rata-ratanya: nilai rata-rata = jumlah kelompok angka : banyaknya data.

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    10 Karakter Wirausaha untuk Meraih Kesuksesan Bisnis
    Menjadi seorang wirausahawan membutuhkan karakter wirausaha yang kuat agar bisa menjalankan bisnis dengan lancar sampai bisa meraih kesuksesan besar.
    Macam-Macam E-Wallet, Definisi, Kelebihan, dan Kekurangannya
    E-Wallet adalah suatu layanan elektronik yang berfungsi sebagai tempat menampung dana dan instrumen pembayaran digital untuk memudahkan segala transaksi.
    Vendor adalah: Jenis-Jenis Vendor dan Fungsinya dalam Bisnis
    Apa itu vendor? Tentu banyak yang sudah bisa menjawab. Namun, ada berapa jenis vendor dan apa saja fungsinya di dalam bisnis? Nah, simak artikel berikut!
    Pre Order adalah: Pengertian, Sistem, hingga Keuntungannya
    Pre order adalah aktivitas jual beli antara customer dan seller, yang mana customer memesanan dan membayar produk di awal, dengan estimasi waktu tertentu.