Beragam Contoh Iklan Media Cetak dan Pembahasannya

Ditulis oleh Nisa Destiana

article thumbnail
Dalam artikel ini, kami akan mengulas soal pengertian hingga contoh iklan media cetak. Pasalnya, walau aktivitas bisnis kini didominasi oleh pemasaran digital, beberapa bisnis mungkin masih perlu menjangkau konsumennya melalui media cetak.

Karena itu, kamu tetap perlu memahami tentang iklan media cetak. Yuk, langsung simak pembahasannya!

Pengertian Iklan Media Cetak

Sebelum menilik contohnya, kamu perlu memahami pengertian iklan media cetak terlebih dahulu bila kamu mau membuat promosi yang efektif.

Print advertising atau iklan media cetak adalah promosi yang dilakukan melalui media cetak, seperti koran, majalah, billboard, dan media lainnya untuk menarik calon pelanggan dan mengiklankan produk atau jasa.

Seperti iklan pada umumnya, iklan media cetak juga bertujuan untuk memengaruhi pembaca media agar tertarik terhadap produk yang diiklankan. Lebih jauh lagi, pembaca jadi mempunyai brand awareness terhadap merekmu dan mau membeli produkmu.

Dilihat dari keberadaannya, iklan media cetak memang merupakan salah satu jenis iklan paling tua yang pernah ada. Meskipun begitu, jenis iklan ini masih memiliki potensi untuk menjangkau dan memengaruhi calon konsumen dengan dampak yang cukup signifikan.

Secara persentase, pembaca media cetak mungkin sudah tak sebanyak dahulu. Akan tetapi, anggapan media online telah sepenuhnya menggantikan media cetak tampaknya kurang tepat atau setidaknya belum terjadi.

Sampai kini, masih ada kelompok konsumen yang membaca media cetak. Pasar tersendiri tersebut merupakan potensi yang sebaiknya tak diabaikan oleh bisnis. Maka dari itu, iklan media cetak masih dapat menjadi salah satu inisiatif marketing.

Manfaat Iklan Media Cetak

Iklan media cetak memang terkesan tradisional serta lebih lambat bila dibandingkan dengan media online atau platform digital. Namun, iklan di media cetak tetap mempunyai manfaat atau keuntungan tersendiri. Adapun manfaat iklan media cetak, antara lain:

  • Hadir secara fisik 

Seperti telah disebutkan sebelumnya, print advertising disampaikan dalam bentuk fisik di media. Karena tercetak secara fisik, iklan media cetak tidak akan mudah hilang daripada iklan online.

Di samping itu, iklan media cetak juga diyakini dapat mendekatkan konsumen dan brand secara psikologis. Pasalnya, objek fisik yang melibatkan unsur sensorik memang meningkatkan sensasi kedekatan.

  • Usianya panjang

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, yaitu iklan media cetak tidak mudah hilang. Dampaknya, iklan jenis ini berusia lebih panjang.

Pasti kamu pun sudah paham bahwa iklan di media digital akan hilang setelah beberapa kali kemunculannya, tergantung kesepakatan pemasang iklan dengan platform yang menjadi media iklan ditampilkan. 

Selain itu, ada banyak faktor yang membuat konten iklan di internet bisa hilang, misalnya kontrak hosting yang tak diperpanjang. Namun, iklan di media cetak akan tetap tercetak rapi, bahkan jika koran atau majalah yang memuatnya tak naik cetak lagi.

  • Membangun kredibilitas brand

Iklan media cetak juga berperan dalam membangun kredibilitas brand lewat aspek indrawi dan membentuk persepsi tertentu pada masyarakat atau calon konsumen. 

Bahkan, beberapa majalah atau koran yang populer dan bergengsi akan menjadi tempat yang tepat untuk meningkatkan brand awareness serta persepsi publik terhadap merek tertentu.

Baca juga: Konsep Brand Awareness dan Cara Meningkatkannya Dalam Bisnis

 Selain untuk mengiklankan produk atau jasa, iklan media cetak juga dapat meningkatkan brand awareness.

Ciri-Ciri Iklan Media Cetak

Memanfaatkan media cetak sebagai platform tempat iklan ditampilkan tentu menjadi ciri utama dari iklan media cetak. Namun, masih ada karakteristik lain untuk mengidentifikasi print advertising. Nah, ciri-ciri iklan media cetak dapat kamu lihat dalam poin-poin di bawah ini.

  • Dapat berbentuk tulisan atau gambar yang tercetak.
  • Ada di lembaran atau halaman media cetak komersial, seperti koran, majalah, buletin, atau media lain, misalnya baliho dan poster.
  • Ditampilkan untuk menarik perhatian calon konsumen.
  • Perlu melewati proses cetak.
  • Desainnya bisa sederhana, mengandung permainan kata, atau memanfaatkan aneka warna yang menarik
  • Pemasang iklan perlu membayar tarif tertentu agar iklan ditampilkan di halaman media cetak.

Jenis dan Contoh Iklan Media Cetak

Ketika kamu membaca media cetak, jenis iklan yang kamu jumpai mungkin cukup variatif. Memang ada beberapa jenis iklan media cetak. Supaya kamu memperoleh gambaran yang lebih jelas, mari simak ulasan jenis dan contoh iklan media cetak berikut ini.

Iklan baris

 

Salah satu jenis iklan yang mungkin kamu temui di media cetak ialah iklan baris. Jenis iklan baris biasanya cukup banyak sebab biaya iklan jenis ini relatif cukup ekonomis.

Biaya iklan baris biasanya dihitung berdasarkan total jumlah baris yang digunakan untuk menayangkan iklan tersebut. Karena itu, tak jarang kata-kata dalam iklan baris ditulis secara singkat. Makin singkat konten iklan, makin hemat pula biayanya.

Umumnya, informasi yang disampaikan dalam iklan baris memang tidak terlalu banyak sehingga tak masalah bila penulisan iklan disingkat. Kebanyakan iklan baris dibuat untuk mengiklankan rumah yang dijual, lowongan pekerjaan, serta penjualan kendaraan.

Iklan kolom

 

Sesuai namanya, iklan kolom adalah iklan dalam bentuk kolom yang berisi teks, foto, dan bisa juga gambar ilustrasi. Muatannya cukup banyak sehingga butuh space yang sedikit lebih besar di media cetak.

Berhubung ukurannya lebih besar, potensi untuk dilihat pembaca pun lebih besar jika dibandingkan dengan iklan baris. Sebanding dengan potensi keuntungan, harga iklan kolom juga relatif lebih tinggi.

Iklan display

 

Iklan display membutuhkan space yang besar di laman suatu media. Pernahkah kamu melihat iklan cukup besar di bagian bawah koran atau iklan yang sampai memenuhi satu halaman koran? Nah, itulah contoh iklan display.

Booklet

 

Tak hanya diterbitkan di koran atau majalah, bisnis juga dapat mencetak sendiri iklannya dalam bentuk booklet atau mini katalog. Kadang, booklet juga menjadi bagian dari suatu majalah.

Booklet adalah iklan cetak yang hadir dalam bentuk buku kecil dengan halaman yang tidak terlalu banyak. Iklan jenis ini umumnya berisi tulisan, ilustrasi produk, hingga promo yang sedang berlangsung.

Setelah membaca uraian di atas, apakah bisnismu termasuk bisnis yang masih membutuhkan iklan media cetak? Atau kamu perlu inspirasi strategi pemasaran lain?

Kalau kamu membutuhkan informasi terkait strategi pemasaran, pengelolaan bisnis, dan kewirausahaan, langsung saja klik tautan ini!

 

Referensi:

  • https://www.ekrut.com/media/contoh-iklan-media-cetak
  • https://www.indeed.com/career-advice/career-development/print-advertising# 
  • https://theempire.com/guide-print-advertising/ 

Sumber Gambar:

  • Freepik.com

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
whatsapp logo