Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    • Solusi
    • Knowledge
    • Mempelajari Contoh Iklan Pemberitahuan yang Baik dan Benar

    Mempelajari Contoh Iklan Pemberitahuan yang Baik dan Benar

    Gunakan contoh iklan pemberitahuan untuk tahu cara membuatnya dengan baik dan benar!

    Ingin menerbitkan pengumuman tertentu? Jangan buru-buru, perhatikan dulu contoh iklan pemberitahuan yang baik dan benar agar tidak salah dalam menyampaikan pengumuman. Nah, selagi mencoba memahami bagaimana membuat iklan pemberitahuan yang baik dan benar, mengapa kita tidak sekalian membahas pengertian, fungsi, dan tujuannya? Yuk!

    Siapa tahu di kemudian hari kita perlu membuat iklan-iklan serupa, sehingga lebih baik mempelajarinya terlebih dahulu dari sekarang.

    Baca juga: Apa Itu Manufaktur? Apa yang Perlu Diperhatikan?

    Memahami Pengertian Contoh Iklan Pemberitahuan

    Secara sederhana, pengertian contoh iklan pemberitahuan merujuk pada pemberitahuan untuk mengabarkan suatu informasi kepada orang banyak secara sekaligus yang dapat digunakan sebagai panduan untuk membuat pemberitahuan-pemberitahuan serupa.

    Tidak hanya digunakan dalam dunia bisnis saja, iklan pemberitahuan juga digunakan untuk urusan nonkomersial seperti pemberitahuan kegiatan yang akan diadakan di sekolah atau pemberitahuan tentang kegiatan kerja bakti di lingkungan rumah. Pun demikian, baik ditujukan untuk kebutuhan bisnis atau bukan, iklan pemberitahuan umumnya memiliki pesan berupa informasi tertentu yang harus disampaikan.

    Meski demikian, ingat selalu bahwa bagaimanapun juga, iklan pemberitahuan tetaplah iklan, sehingga sekalipun tidak digunakan untuk tujuan bisnis, bahasa yang digunakan harus tetap menarik, padat, jelas, dan sifatnya mengajak orang untuk melakukan sesuatu.

    Membedah Contoh Iklan Pemberitahuan

    Setelah memahami pengertian contoh iklan pemberitahuan, yuk, langsung saja kita lihat beberapa contohnya agar apa yang sudah dipahami bisa langsung diterapkan. Nah, coba perhatikan beberapa contoh berikut:

     


    Birthday Party


    Diharapkan kehadiran teman-teman

    Hari: Jumat, 6 Januari 2023

    Tempat: Rumah Hamzah

    Jl. Maju Bersama No. 1, Kota Besar


    Untuk merayakan ULANG TAHUN HAMZAH yang ke-3


     

    Hadiri Reuni Akbar

    Angkatan 1995-2015


    Minggu, 8 Januari 2023

    SMA N 1 Kota Besar


    Dapatkan tiket dengan menghubungi 081234567890

    Harga Tiket: Rp50.000


    Perhatikan bahwa dalam dua contoh iklan tersebut, informasi yang diberikan benar-benar jelas dan spesifik serta mengundang pembaca untuk mengikuti kegiatan apa pun yang diiklankan di dalamnya. Pemberitahuan juga tidak dibuat bertele-tele agar pembaca langsung memahami inti informasi yang ingin disampaikan.

    Baca juga: Apa Itu Manufaktur? Apa yang Perlu Diperhatikan?

    Apa Fungsi Iklan Pemberitahuan?

    Sebenarnya apa, sih, fungsi iklan pemberitahuan? Apa yang membuatnya berbeda dengan iklan-iklan lain? Padahal, bukankah iklan-iklan yang lain pun juga kerap digunakan untuk memberi tahu sesuatu?

    Nah, berbeda dengan jenis iklan lainnya, iklan pemberitahuan memiliki fungsi yang lebih luas dan tidak berorientasi pada keuntungan. Setidaknya, ada empat fungsi yang dimiliki oleh iklan pemberitahuan yang memberi informasi, mengajak, mengingatkan, dan menjadi nilai tambah.

    Sebagian fungsi-fungsi tersebut memang bisa ditemukan dalam jenis iklan lainnya, tetapi ada yang membuat iklan pemberitahuan sedikit berbeda. Agar lebih jelas, mari kita coba jabarkan fungsi tersebut satu per satu, yuk!

     Tarik minat pelanggan dengan mengambil inspirasi dari contoh iklan pemberitahuan.

    1. Memberikan Informasi

    Dilihat dari namanya saja sudah jelas bahwa iklan pemberitahuan idealnya diterbitkan untuk memberi tahu suatu informasi kepada seseorang. Hanya saja, karena berbentuk iklan, informasi yang disampaikan dalam iklan pemberitahuan ditujukan kepada banyak orang sekaligus secara masif.

    Dalam iklan pemberitahuan, informasi yang ingin disampaikan bisa dikemas dalam bentuk grafik, gambar, maupun tulisan. Untuk fungsi yang ini, tujuannya cukup jelas, kan, yaitu memastikan penerima informasi bisa memahami informasi yang diberikan.

    Untuk mencapai tujuan tersebut, informasi dalam iklan pemberitahuan harus disampaikan secara jelas dan dapat dipahami dalam sekali membaca. Apabila pembaca tidak bisa memahami informasi yang disampaikan, bisa dibilang iklan pemberitahuan yang dibuat telah gagal menjalankan fungsinya.

    2. Menyampaikan Ajakan

    Sebagai sebuah iklan, iklan pemberitahuan tidak hanya harus menyampaikan informasi secara jelas, tetapi juga perlu menarik perhatian pembaca untuk terlibat dalam informasi yang disampaikan.

    Misalnya saja iklan pemberitahuan tersebut diterbitkan untuk menginformasikan tentang adanya kegiatan kerja bakti di area perumahan, iklan tersebut tidak hanya harus menjelaskan detail pelaksanaan kegiatan kerja bakti tersebut saja, tetapi juga mengajak orang-orang di komplek perumahan yang ditargetkan sebagai pembaca itu untuk berpartisipasi dalam kegiatan kerja bakti yang akan dilaksanakan.

    Untungnya, tidak seperti konten pemasaran yang disarankan mengajak audiens secara halus, dalam fungsi iklan pemberitahuan untuk menyampaikan ajakan, kita dapat secara terang-terangan meminta pembaca terlibat dalam kegiatan yang direncanakan. Di setiap iklan pemberitahuan, kita akan dengan mudah menemukan call to action atau ajakan untuk bertindak, baik dengan mendaftar, membeli, atau berpartisipasi dalam bentuk apa pun.

    3. Mengingatkan

    Apa saja produk atau jasa yang ditawarkan, apabila lama tidak ada kabar tentu orang-orang akan mudah lupa dengan komoditas bisnis kita, kan? Oleh karena itu iklan pemberitahuan bisa difungsikan pula sebagai pengingat bagi pelanggan setia agar mereka tak melupakan produk serta jasa yang ditawarkan.

    Untuk fungsi mengingatkan ini, iklan pemberitahuan memang tepat digunakan untuk kegiatan pemasaran, misalnya dengan memberi tahu pelanggan bahwa ada potongan harga istimewa untuk pembelian dengan nominal tertentu, sekaligus mengajak pelanggan untuk berpartisipasi.

    Langkah ini tentu memiliki banyak manfaat, selain produk dan jasa tidak mudah terlupakan, pelanggan yang tertarik dengan kegiatan pemasaran yang diiinformasikan pun bisa ikut berpartisipasi. Dengan demikian, bukan tidak mungkin tingkat engagement dengan pelanggan akan meningkat, belum lagi angka penjualan yang mungkin bisa terdorong olehnya.

    Baca juga: Apa Itu Manufaktur? Apa yang Perlu Diperhatikan?

    4. Menjadi Nilai Tambah Bisnis

    Bagi pemilik usaha yang ingin mengembangkan bisnisnya, iklan pemberitahuan dapat digunakan sebagai nilai tambah bagi bisnis. Bagaimana caranya? Mudah saja, kok. Jika tidak percaya, coba saja cari contoh iklan pemberitahuan yang digunakan perusahaan-perusahaan besar untuk menyampaikan inovasi yang telah dilakukannya dengan bisnisnya.

    Adanya pemberitahuan tentang inovasi ini dapat membentuk persepsi audiens yang ditarget untuk berpikir bahwa perusahaan tersebut selalu berkembang ke arah yang lebih baik. Atau, coba tiru perusahaan-perusahaan yang menjadikan iklan pemberitahuan sebagai media untuk mengedukasi pelanggannya terkait product knowledge.

    Cara tersebut tidak hanya memfungsikan iklan pemberitahuan sebagai pemberi kabar semata, tetapi juga memberikan nilai tambah bagi bisnis yang dijalankan. Menarik sekali, kan?

    Apa Tujuan Iklan Pemberitahuan?

    Mengapa, sih, kita perlu menerbitkan iklan pemberitahuan? Apa sebenarnya tujuan yang ingin dicapai? Hmm, setidaknya ada lima tujuan iklan pemberitahuan yang bisa dicapai dalam menjalankan bisnis; yaitu menarik perhatian pelanggan, memunculkan minat mereka, mendorong mereka untuk melakukan sesuatu, membentuk persepsi pelanggan, dan memengaruhi tindakan mereka.

    Kelima tujuan tersebut, jika diperhatikan lebih lanjut, berujung pada upaya untuk membuat pelanggan mau melakukan pembelian. Wajar saja, sebenarnya, karena bagaimanapun juga bisnis toh memang dibangun untuk mengumpulkan keuntungan yang sebesar-besarnya, kan? Jika tujuan iklan pemberitahuan bisa diselaraskan dengan tujuan bisnis, mengapa tidak?

    Untuk hasil maksimal, coba cari contoh iklan pemberitahuan yang menarik dan jadikan inspirasi untuk materi pemasaran, kemudian terbitkan melalui fitur keanggotaan yang ada di aplikasi majoo. Yap, benar sekali! Aplikasi majoo memang dirancang khusus untuk mempermudah pengelolaan bisnis melalui fitur-fitur unggulannya yang dapat diandalkan.

    Yuk, mari berlangganan aplikasi majoo untuk pengelolaan bisnis yang lebih mudah, efektif, dan efisien!

    Baca juga: Apa Itu Manufaktur? Apa yang Perlu Diperhatikan?

    Referensi:

    • https://www.detik.com/jabar/berita/d-6269530/10-contoh-iklan-pemberitahuan-beserta-pengertiannya
    • https://stickearn.com/blog/blog/jenis-iklan 

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Kwitansi adalah: Pengertian, Contoh, Format
    Kwitansi adalah bukti pembayaran yang sah dari sebuah transaksi. Dalam bisnis, ternyata ada berbagai jenis dan contoh kwitansi yang biasa digunakan.
    Kliring adalah: Pengertian, Mekanisme, Jenis, Contoh
    Kliring adalah metode pemindahan uang dari satu rekening ke rekening lain kepada yang berhak dan menunggu 2-3 hari kerja setelah proses kliring diajukan. 
    Kenalan dengan Cloud Computing dan Fungsinya Bagi Bisnis
    Dalam dunia bisnis, kehadiran cloud computing adalah sebuah gerakan peralihan ke sistem kerja yang lebih praktis, efisien, dan terkomputerisasi.
    Apa Iya Micro Influencer adalah Andalan Pemasaran Digital?!
    Bagi yang belum tahu, micro influencer adalah salah satu andalan untuk menjamin berhasilnya kegiatan pemasaran digital. Kok, bisa?! Simak, yuk!