Begini Cara Membuat dan Contoh Nota Pembayaran yang Benar!

Ditulis oleh Faiqotul Himma

article thumbnail


Saat berbelanja suatu barang atau jasa, nota pembayaran adalah salah satu hal yang tak terpisahkan dari pengalaman bertransaksi. Nota pembayaran tidak hanya memberikan kejelasan mengenai barang atau jasa yang telah kita beli atau pesan. Selain itu, nota pembayaran ini juga memudahkan kita dalam melakukan pembayaran dan menyimpan bukti transaksi. Sebagai contoh, di toko baju, di dalam nota pembayaran akan dicantumkan detail pembelian seperti jenis pakaian dan jumlahnya, kemudian di salon kecantikan, nota pembayaran akan memberikan informasi mengenai layanan kecantikan yang telah kita pilih.

Sebagai pemilik bisnis, nota pembayaran juga membantu untuk mengatur keuangan perusahaan dengan lebih baik dan akurat. Oleh karena itu, yuk, kita selami lebih dalam mengenai pengertian hingga contoh nota pembayaran di artikel ini! 

Pengertian Nota Pembayaran

Nota pembayaran adalah dokumen tertulis yang berfungsi sebagai bukti atau tanda bahwa suatu pembayaran telah dilakukan. Nota pembayaran biasanya berisi informasi seperti jumlah pembayaran, tanggal pembayaran, nama penerima pembayaran, dan rincian transaksi atau tagihan yang harus dibayarkan.

Dokumen ini dapat digunakan untuk transaksi dalam berbagai bidang, seperti pembayaran tagihan, pembayaran uang muka, atau pembayaran atas barang atau jasa yang telah diterima. Nota pembayaran merupakan salah satu cara yang umum digunakan untuk melacak dan mencatat setiap pembayaran yang telah dilakukan sehingga memudahkan pihak yang terlibat dalam mengatur keuangan dan melaporkan pembayaran secara akurat. 

Fungsi Nota Pembayaran

Setelah mengetahui pengertian nota pembayaran, kamu juga perlu mengetahui beberapa fungsi pentingnya. Fungsi nota pembayaran, antara lain: 

Bukti Pembayaran

Nota pembayaran berfungsi sebagai bukti resmi bahwa kamu telah melakukan pembayaran. Dengan memiliki nota pembayaran, kamu memiliki bukti konkret tentang transaksi keuangan yang telah diselesaikan. 

Rincian Transaksi

Dalam nota pembayaran, terdapat rincian lengkap tentang pembayaran, seperti jumlah yang dibayarkan, tanggal pembayaran, dan deskripsi singkat tentang transaksi atau tagihan yang dibayar. 

Pencatatan Transaksi

Nota pembayaran membantu kamu mencatat setiap pembayaran dengan jelas dan terorganisir. Ini mempermudah kamu untuk mengelola catatan keuangan secara efisien. 

Pengingat Pembayaran

Terkadang nota pembayaran juga berfungsi sebagai pengingat bagi kamu untuk melakukan pembayaran tepat waktu. Hal ini membantu menghindari keterlambatan pembayaran dan denda yang mungkin timbul. 

Rekonsiliasi Akun

Nota pembayaran memudahkan kamu dalam melakukan rekonsiliasi akun, yaitu memastikan bahwa catatan pembayaran yang kamu miliki sesuai dengan catatan penerima pembayaran. 

Transparansi Keuangan

Dengan menggunakan nota pembayaran, kamu menunjukkan transparansi dalam proses pembayaran kepada pihak-pihak terkait, seperti supplier atau pelanggan. 

Penghindaran Kesalahan

Fungsi nota pembayaran juga membantu menghindari kesalahan dalam proses pembayaran, seperti pembayaran ganda atau kurang pembayaran. 

Audit dan Pemeriksaan

Nota pembayaran berperan penting saat terjadi audit atau pemeriksaan keuangan, karena menjadi bukti yang dapat diandalkan untuk memverifikasi transaksi keuangan perusahaan atau individu. 

Mempunyai Kekuatan Hukum

Nota pembelian bisa digunakan jika terjadi perselisihan di kemudian hari sehingga nota pembayaran ini memiliki kekuatan hukum untuk melindungi kedua belah pihak dalam proses transaksi tersebut.

Dengan memahami dan menggunakan nota pembayaran dengan baik, kamu dapat menjaga keteraturan dan akurasi dalam manajemen keuangan kamu, ya. 

Baca Juga: Nota Barang Hilang: Ketahui Pengertian dan Dampaknya

Perbedaan Nota Pembayaran dengan Kuitansi Pembayaran

Kamu tahu tidak? Jika nota pembayaran ini berbeda dengan kuitansi, lho! Perbedaan antara nota pembayaran dan kuitansi pembayaran dijelaskan di bawah ini: 

1. Definisi

  • Nota Pembayaran

Nota pembayaran adalah dokumen yang berfungsi sebagai bukti bahwa pembayaran telah dilakukan atau sebagai tagihan pembayaran yang harus diselesaikan. Nota pembayaran biasanya diberikan sebelum atau pada saat pembayaran dilakukan.

  • Kuitansi Pembayaran

Kuitansi pembayaran adalah dokumen resmi yang berfungsi sebagai bukti bahwa pembayaran telah diterima. Kuitansi diberikan oleh penerima pembayaran setelah pembayaran dilakukan. 

2. Fungsi

  • Nota Pembayaran

Nota pembayaran digunakan untuk memberikan informasi tentang jumlah yang harus dibayarkan, rincian transaksi, dan instruksi pembayaran. Nota pembayaran juga berfungsi sebagai bukti bahwa tagihan telah diterima.

  • Kuitansi Pembayaran

Kuitansi pembayaran berfungsi sebagai bukti bahwa pembayaran telah dilakukan dan diterima oleh penerima pembayaran. Kuitansi juga mencantumkan informasi tentang tanggal dan jumlah pembayaran. 

3. Waktu Penerbitan

  • Nota Pembayaran

Nota pembayaran umumnya diberikan sebelum atau pada saat pembayaran dilakukan, sebagai permintaan pembayaran atau sebagai tagihan yang harus dibayar.

  • Kuitansi Pembayaran

Kuitansi pembayaran diberikan setelah pembayaran telah dilakukan, sebagai bukti bahwa pembayaran telah diterima.

4. Penggunaan

  • Nota Pembayaran

Nota pembayaran digunakan oleh pihak yang mengeluarkan tagihan untuk meminta pembayaran dari pihak lain.

  • Kuitansi Pembayaran

Kuitansi pembayaran digunakan oleh pihak yang menerima pembayaran untuk memberikan bukti bahwa pembayaran telah diterima. 

5. Isi

  • Nota Pembayaran

Nota pembayaran biasanya berisi informasi tentang nama pihak yang harus membayar, rincian transaksi atau tagihan, jumlah yang harus dibayarkan, dan instruksi pembayaran.

  • Kuitansi Pembayaran

Kuitansi pembayaran berisi informasi tentang nama pihak yang melakukan pembayaran, rincian transaksi atau pembayaran, jumlah yang dibayarkan, dan tanggal pembayaran.

Dalam ringkasan, nota pembayaran adalah dokumen yang berfungsi sebagai bukti tagihan pembayaran atau permintaan pembayaran, sedangkan kuitansi pembayaran adalah dokumen yang berfungsi sebagai bukti pembayaran yang telah diterima. 

Baca Juga: Nota Kontan adalah: Pengertian, Fungsi, dan Contoh-Contohnya

Nota pembayaran untuk mengatur keuangan perusahaan dengan lebih baik dan akurat.

Cara Menulis Nota Pembayaran

Menulis nota pembayaran dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut ini.

Judul dan Nama Perusahaan

Tuliskan judul "Nota Pembayaran" pada bagian atas dokumen. Kemudian, cantumkan nama perusahaan atau organisasi yang mengeluarkan nota pembayaran.

Nomor Nota

Berikan nomor unik untuk nota pembayaran sebagai referensi untuk catatan dan pelacakan transaksi.

Tanggal Pembuatan

Cantumkan tanggal pembuatan nota pembayaran sebagai tanda waktu penerbitan dokumen.

Identitas Pelanggan

Tuliskan nama dan alamat lengkap pelanggan atau pihak yang harus membayar.

Rincian Transaksi

Jelaskan secara jelas dan terperinci rincian transaksi atau barang/jasa yang dipesan oleh pelanggan, termasuk kuantitas, harga satuan, dan jumlah total yang harus dibayar.

Instruksi Pembayaran

Sertakan instruksi mengenai cara pembayaran, seperti metode pembayaran yang diterima (misalnya transfer bank, tunai, kartu kredit), batas waktu pembayaran, dan informasi rekening bank atau alamat pembayaran.

Total Pembayaran

Hitung jumlah total yang harus dibayarkan oleh pelanggan dan cantumkan dengan jelas pada nota pembayaran.

Keterangan Tambahan (Opsional)

Jika diperlukan, berikan keterangan tambahan seperti diskon atau biaya tambahan yang berlaku pada transaksi tersebut.

Nama dan Tanda Tangan

Berikan tempat untuk tanda tangan pihak yang bertanggung jawab dalam menerima pembayaran, jika diperlukan. Ini dilakukan untuk mengurangi adanya risiko munculnya komplain dari pihak pembeli.

Stempel Perusahaan

Stempel perusahaan adalah tanda keaslian nota pembayaran yang telah dibuat. Adanya stempel perusahaan ini untuk meminimalisir tindakan pemalsuan dokumen.

Rekam dan Arsipkan

Pastikan untuk mencatat nomor nota pembayaran dan rincian transaksi dalam catatan keuangan perusahaan. Arsipkan nota pembayaran dengan rapi dan sesuai dengan tanggal penerbitannya.

Nah, cukup mudah bukan membuat nota pembayaran ini?

Penting untuk menyajikan informasi dengan jelas dan akurat pada nota pembayaran. Gunakan bahasa yang mudah dipahami dan pastikan nota pembayaran mencerminkan transaksi yang sebenarnya. Pasalnya, cara ini akan membantu manajemen dalam memeriksa keuangan perusahaan dan memudahkan pelanggan untuk melakukan pembayaran dengan tepat dan tepat waktu. 

Contoh Nota Pembayaran

Agar kamu lebih mengetahui bentuk nota pembayaran ini, berikut ini contohnya.

Contoh Nota Pembayaran Produk

Contoh nota pembayaran produk. 

Contoh Nota Pembayaran Catering

Contoh nota pembayaran catering.

Kesimpulan

Aplikasi kasir online

Tentunya kamu sudah paham tentang pengertian hingga contoh nota pembayaran, bukan? Nota pembayaran memiliki peran penting dalam jalannya suatu bisnis. Tanpa adanya pencatatan nota pembayaran yang akurat dan teratur, proses pembuatan laporan keuangan bisnis akan mengalami kendala.

Kini, kamu tak perlu risau lagi, nih! Ada aplikasi majoo yang bisa kamu gunakan untuk membuat nota online. Aplikasi majoo adalah aplikasi kasir online yang memiliki banyak fitur menarik, terutama fitur Point of Sales (POS) dan akuntansi.

Dengan menggunakan fitur POS, kamu bisa membuat nota pembayaran secara akurat, real-time­, dan efisien. Untuk membuat laporan keuangan pun, kamu bisa menggunakan fitur akuntansi yang bisa membuat lebih dari 30 laporan keuangan secara otomatis.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, berlangganan majoo segera!

 


Sumber image:

  • https://guruakuntansi.co.id/

  • https://blogger.googleusercontent.com/

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
whatsapp logo