Merancang Diskon Akhir Tahun yang Tepat Gaet Pelanggan!

Ditulis oleh Ajar Pamungkas

article thumbnail

Jelang pergantian tahun, diskon akhir tahun kerap menjadi salah satu andalan pelaku usaha untuk menarik perhatian pelanggan. Wajar saja, sebenarnya, selain karena sebagian orang memang cenderung menyambut diskon secara positif, momen pergantian tahun juga kerap dijadikan alasan banyak orang untuk mengganti barang-barangnya dengan sesuatu yang baru.

Dengan alasan-alasan tersebut, tak mengherankan, kan, jika momen pergantian tahun ini kerap ditunggu-tunggu oieh pelanggan. Agar peluang untuk memperbesar omzet ini tak terlewat begitu saja, tentu pelaku usaha perlu mendorong ekspektasi pelanggan tersebut dengan program-program promo menarik, kan?

Namun, tunggu dulu! Jangan terburu-buru meluncurkan promo diskon potongan harga khusus akhir tahun tanpa pertimbangan, ya! Jangan sampai momen yang hanya datang setahun sekali ini jadi kurang maksimal karena tidak direncanakan dengan baik.

Sambut Tahun Baru dengan Luncurkan Diskon Akhir Tahun

Selain diskon akhir tahun, sebenarnya ada beragam promo menarik lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap bisnis yang kita jalankan. Namun, harus diakui bahwa diskon besar dengan potongan harga istimewa memiliki magnetnya sendiri dalam menarik perhatian pelanggan.

Saking besarnya minat pelanggan terhadap program-program promosi semacam ini, beberapa pelaku usaha bahkan sudah mulai merancang program khusus akhir tahunnya sejak jauh-jauh hari.

Cara ini jelas tak akan sia-sia. Dengan perlahan membangun minat pelanggan sejak beberapa bulan sebelumnya, pelanggan pun memiliki waktu yang cukup untuk menabung dan membawa pulang barang belanjaan yang mungkin memang diincarnya. Selain itu, cara ini juga dapat membantu pelaku usaha membangun brand awareness terhadap program promo yang ditunggu-tunggu.

Namun, sebenarnya seberapa penting, sih, merayakan momen akhir tahun dengan memberikan potongan harga istimewa ini? Apakah diskon akhir tahun benar-benar sesuatu yang perlu dilakukan? Apa manfaat memberikan potongan harga istimewa di momen pergantian tahun ini kepada pelanggan? Kita bahas lebih jauh, yuk!

Baca Juga: Memahami Clearance Sale sebagai Strategi Bisnis, Pentingkah?

Pentingnya Diskon Jelang Tahun Baru

Meningkatnya kepuasan pelanggan jelas salah satu tujuan yang ingin dicapai oleh setiap pelaku usaha. Dengan adanya diskon jelang tahun baru, tak hanya omzet penjualan saja yang bisa ditingkatkan, kepuasan pelanggan pun bisa dijaga agar tetap tinggi.

Tak mengada-ada, lho! Banyak pelanggan yang menganggap bahwa peluncuran program promo seperti potongan harga istimewa merupakan bentuk apresiasi pelaku usaha terhadap mereka. Oleh karena itu, sering kali pelanggan merasa puas ketika mampu berbelanja dengan harga khusus yang lebih terjangkau, terlebih jika pada momen tersebut mereka bisa membeli barang yang sudah lama diincar, tetapi selama ini belum terbeli karena harganya yang tinggi.

Tak hanya tingkat kepuasan pelanggan saja yang bisa ditingkatkan, omzet penjualan pun umumnya juga akan melonjak dengan adanya diskon jelang tahun baru. Ditambah lagi, produk yang selama ini sekadar dipajang saja di etalase pun bisa terjual, sehingga siklus hidup produk bisa diperbarui, kan?

Semua manfaat tersebut tentu efektif untuk memaksimalkan keuntungan, baik secara materil melalui penjualan barang, maupun keuntungan lain seperti brand awareness dan juga tingkat kepuasan pelanggan yang terbangun dengan baik.

Bagaimana Cara menghitung Potongan Diskon?

Mulai tertarik untuk mempertimbangkan untuk memasang harga istimewa di akhir tahun ini? Eits, jangan buru-buru, simak terlebih dahulu cara menghitung potongan diskon agar program promo yang dimaksudkan untuk memperbesar omzet ini justru tidak berbalik menimbulkan kerugian bagi bisnis yang dijalankan.

Umumnya, potongan diskon diberikan dalam bentuk persentase, misalnya saja diskon 10% yang berarti pelanggan dapat membeli barang atau jasa yang diinginkan dengan harga 10% lebih murah jika dibandingkan ketika mereka membeli dengan harga jual normal.

Selain persentase, cara menghitung potongan diskon juga bisa dilakukan dalam bentuk potongan harga langsung, misalnya saja memberikan potongan harga Rp20.000 untuk setiap pembelian senilai Rp100.000.

Baik potongan langsung maupun potongan dengan persentase, pastikan harga jual setelah dipotong diskon tidak terlalu jauh dari harga pokok penjualan. Dengan demikian, bisnis pun tidak akan terlalu merugi ketika banyak pelanggan yang tertarik untuk memanfaatkan potongan harga istimewa ini saat berbelanja.

Baca Juga: Promo Diskon: Cara Membuat dan Contoh yang Menarik Minat Konsumen

Berikan diskon akhir tahun untuk tingkatkan kepuasan pelanggan dan memperbesar omzet!

  • Memahami Simulasi Perhitungan Diskon

Gunakan simulasi perhitungan diskon untuk mengetahui besarnya keuntungan yang bisa dihasilkan dari program promo akhir tahun ini.

Mudah saja, kok, coba hitung terlebih dahulu besarnya keuntungan untuk setiap produk dengan mencari tahu selisih antara harga jual dan ongkos produksinya. Misalnya saja, jika suatu produk dibuat dengan ongkos produksi sebesar Rp25.000 dan kita menjual produk tersebut dengan harga jual Rp30.000, artinya besarnya keuntungan untuk setiap penjualan produk tersebut adalah Rp5.000.

Setelah mengetahui margin keuntungan penjualan produk, kita dapat membuat simulasi perhitungan diskon. Misalnya saja, apabila kita menentukan bahwa diskon yang akan diberikan adalah sebesar 20%, artinya produk tersebut akan memiliki harga jual baru senilai Rp24.000.

Dari perhitungan tersebut, kita bisa mengetahui bahwa bisnis akan mengalami kerugian sebesar Rp1.000 untuk setiap produk yang dibeli dengan harga istimewa tersebut. Coba simulasikan setiap perhitungan potongan harga untuk mengetahui besarnya diskon yang ideal untuk diberikan kepada pelanggan.

Saat melakukan simulasi tersebut, ingat selalu bahwa keuntungan yang bisa kita peroleh tak hanya bernilai materiil semata, tetapi ada keuntungan intangible lain yang patut diperhitungkan, misalnya saja memasang harga jual baru jauh di bawah harga pokok penjualan, tetapi bisa memastikan gudang bersih dari persediaan barang, termasuk yang sudah dekat masa kadaluarsa.

Baca Juga: Memahami Clearance Sale sebagai Strategi Bisnis, Pentingkah?

Mengambil Inspirasi dari Contoh Diskon Akhir Tahun

Apabila bingung menentukan besarnya diskon yang ingin diberikan atau ingin merancang program promosi lainnya yang kiranya dapat menarik minat pelanggan, tak ada salahnya juga untuk mencari inspirasi dari contoh diskon akhir tahun yang dilakukan oleh pelaku usaha lainnya, kok.

Di gerai-gerai pakaian dalam department store, misalnya saja, kita bisa belajar memberikan informasi terkait adanya potongan harga istimewa ini dengan mencoret harga jual lama dan menambahkan harga jual baru. Dengan cara ini, pelanggan pun tak perlu repot-repot lagi menghitung besarnya diskon atau harga jual baru yang bisa mereka nikmati, kan?

Di sejumlah tempat usaha lain, misalnya saja, diskon akhir tahun ini kerap diberikan dengan ketentuan khususnya, misalnya ketika pelanggan melakukan pembelian dengan nilai tertentu yang telah ditetapkan. Sistem ini akan membantu pelaku usaha untuk memastikan potongan harga yang diberikannya tetap berada dalam margin keuntungan bisnisnya. Menarik sekali, kan?

  • Program Loyalitas Pelanggan

Contoh diskon akhir tahun yang tak kalah menariknya adalah dengan meluncurkan program loyalitas pelanggan. Dalam sistem ini, potongan harga istimewa tidak diberikan secara asal kepada pelanggan, tetapi hanya diberikan kepada pelanggan yang tergabung dalam sistem keanggotaan yang telah dibuat.

Cara ini cukup efektif untuk menjaga tingkat kepuasan pelanggan, pasalnya dalam sistem keanggotaan, pelanggan bisa dengan mudah memahami bahwa tingkat loyalitasnya terhadap bisnis yang kita jalankan diapresiasi secara khusus dengan baik.

Tak hanya dapat menjaga tingkat kepuasan pelanggan, program loyalitas pelanggan juga bisa menjadi media promosi yang menarik ke depannya ketika diskon akhir tahun ini sudah tak berlaku lagi, lho!

aplikasi kasir online

Tertarik untuk mencoba sistem kenggotaan ini, tetapi takut prosesnya berbelit-beli? Tenang saja, karena aplikasi majoo sudah dilengkapi dengan fitur keanggotaan yang mudah dikelola. Pelanggan senang, dan keuntungan pun bisa dipastikan terus datang. Jangan ragu, ya, gunakan aplikasi majoo sekarang juga!


Sumber Data:

https://narasi.tv/read/narasi-daily/cara-menghitung-diskon 


Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
whatsapp logo