Front of House: Pengertian dan Tugasnya

article thumbnail

Front of house biasa disebut dengan juga FoH. Ini adalah istilah yang sering digunakan dalam industri perhotelan, restoran, dan layanan pelanggan. Jadi, meliputi berbagai segmen yang terlihat langsung oleh pelanggan dan berperan dalam menciptakan kesan pertama yang kuat.

Keberhasilan front of house sangat penting dalam industri ini karena kesan positif yang dibuat pada tamu atau pelanggan dapat memengaruhi loyalitas, ulasan, dan reputasi bisnis. Oleh karena itu, manajemen dan personel front of house seringkali menjalani pelatihan khusus untuk memastikan bahwa pelayanan yang diberikan sesuai dengan standar tinggi dan memenuhi harapan pelanggan.

Apa Itu Front of House? 

Secara harfiah, arti dari front of house adalah bagian depan rumah. Dalam dunia bisnis, khususnya restoran atau hotel yang terkait dengan layanan konsumen, arti front of house adalah area atau bagian dari bisnis yang berhubungan langsung dengan tamu atau pelanggan. 

Wilayah kerja yang disebut front of house merupakan bagian dari industri yang bertanggung jawab atas berbagai fasilitas yang secara langsung berinteraksi dengan tamu. Itulah sebabnya front of house termasuk dalam elemen penting yang ada pada industri layanan. 

Dalam praktiknya, front of house memiliki peran krusial dalam menentukan kesuksesan suatu bisnis. Kenapa begitu? Karena penerimaan yang baik dari FoH akan menciptakan kesan positif pada tamu. Ini akhirnya dapat menghasilkan loyalitas dan retensi tamu, serta meningkatkan citra positif bisnis kamu di mata konsumen.

Baca Juga: Menjadi Resepsionis Profesional: Skill yang Perlu Dipelajari

Secara umum, area yang termasuk dalam front of house adalah:

Pintu Masuk atau Entry

Bagian ini memiliki peranan penting karena memberikan kesan pertama kepada pengunjung saat mereka memasuki restoran atau hotel. Pintu masuk harus mampu mencerminkan atmosfer yang ingin disampaikan dan mudah dijangkau. Selain itu, desain pintu masuk juga harus menarik.

Ruang Tunggu atau Waiting Room

Restoran atau hotel yang sering ramai dengan pengunjung sebaiknya memiliki area tunggu. Area ini harus mampu membuat pelanggan merasa sabar dan nyaman. Pada hotel, area ini bisa dimaksimalkan menjadi area lobby. Selain aspek arsitektur, penempatan staf di area ini juga memiliki peranan penting.

Fasilitas Sanitasi atau Restrooms

Bagian ini mencakup area fasilitas sanitasi seperti toilet dan ruang cuci tangan. Pengunjung restoran atau hotel pastinya menjadikan area ini sebagai faktor yang menarik mereka untuk datang. Itulah sebabnya perlu perhatian khusus dalam desain dan sistem pemeliharaan untuk menjaga kebersihan dan keharuman.

Ruang Makan Utama atau Dining Room 

Pada restoran, ini adalah area utama pelanggan akan menghabiskan sebagian besar waktu mereka. Ini juga tempat banyak karyawan bekerja selama jam kerja mereka. Tata letak ruang makan dapat disesuaikan dengan konsep restoran, dan aliran orang dan barang harus diperhatikan.

Baca Juga: Menjadi Waiter Handal: Tips dan Skill yang Perlu Dipelajari

Apa saja tugas front of house?

Tugas Front of House

Front of house memiliki berbagai tugas dan tanggung jawab khusus. Tujuan utamanya adalah untuk memberikan pelayanan yang baik kepada tamu atau pelanggan dan menciptakan pengalaman yang positif. 

Berikut adalah beberapa tugas front of house yang umumnya ditemukan pada industri bisnis layanan, seperti hotel atau restoran.

  • Menyambut tamu atau pelanggan dengan ramah dan membantu mereka saat tiba di tempat.

  • Melayani tamu di meja, mengambil pesanan makanan dan minuman, dan menyajikan hidangan dengan baik.

  • Mengurus pembayaran tamu, menghitung tagihan, dan memberikan kembalian jika diperlukan.

  • Menerima tamu di hotel atau bisnis lain, melakukan check-in dan check-out, memberikan informasi penting, dan menangani pertanyaan atau permintaan tamu.

  • Meracik dan menyajikan minuman, serta memberikan saran tentang minuman kepada tamu.

  • Mengatur dan mengawasi pengaturan tempat duduk agar sesuai dengan kapasitas dan reservasi.

  • Mengatur antrian atau waktu tunggu tamu, jika diperlukan, dan memberikan informasi tentang perkiraan waktu tunggu.

  • Memberikan bantuan kepada tamu atau pelanggan, menjawab pertanyaan, menangani keluhan, dan menjaga tingkat pelayanan yang tinggi.

  • Mengelola acara khusus atau reservasi untuk kelompok besar, merencanakan pengaturan meja, dan mengkoordinasikan kebutuhan khusus tamu.

  • Memastikan keamanan tamu dan mengambil tindakan yang sesuai dalam situasi darurat.

  • Mengelola sistem reservasi untuk memastikan ketersediaan dan akurasi data tamu.

  • Berkomunikasi dengan pihak-pihak back of house, seperti koki di dapur atau pelayan untuk mengkoordinasikan pesanan dan kebutuhan tamu.

  • Mengelola transaksi pembayaran dengan tepat dan aman, termasuk kartu kredit atau pembayaran elektronik.

  • Mempromosikan produk atau layanan tambahan kepada tamu seperti makanan khusus, minuman, atau produk lainnya.

Setiap tugas front of house ini penting dalam memastikan bahwa tamu atau pelanggan sudah dilayani dengan baik. Dengan begitu, mereka akan mendapatkan pengalaman yang positif selama kunjungan mereka ke bisnis tersebut.

Contoh Front of House

Bila disebutkan satu per satu, ada banyak sekali contoh front of house. Namun, bila diambil ini dari industri layanan yang menggunakan konsep ini, ada dua posisi yang paling terlihat. Posisi tersebut adalah resepsionis pada hotel dan pihak FoH pada restoran. Begini penjelasannya. 

1. Front of House Receptionist

Front of house receptionist adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk menyambut tamu atau pelanggan yang datang ke tempat tertentu. Peran ini biasanya ditemukan di jenis industri hotel. Meskipun bisa juga ada pada kantor, pusat kebugaran, salon, dan banyak lagi. 

Front of house receptionist berperan penting dalam menciptakan kesan pertama yang baik kepada tamu dan memastikan pengalaman mereka berjalan dengan lancar. Berikut beberapa tugas dan tanggung jawab yang biasanya dimiliki oleh seorang front of house receptionist:

  • Front of House Receptionist adalah orang pertama yang ditemui oleh tamu ketika mereka tiba. Mereka harus ramah, bersahabat, dan memberikan sambutan yang hangat.

  • Jika posisinya berada di hotel atau tempat menginap, mereka bertanggung jawab untuk melakukan proses check-in dan check-out tamu, mengeluarkan kunci, dan menjawab pertanyaan seputar fasilitas dan layanan yang tersedia.

  • Memeriksa dan mengelola reservasi tamu, memastikan bahwa ada kamar atau tempat yang tersedia sesuai dengan permintaan tamu.

  • Memberikan informasi tentang lokasi bisnis, jam operasional, fasilitas, dan pertanyaan umum lainnya yang mungkin ditanyakan oleh tamu.

  • Bila ada pertanyaan atau keluhan dari tamu, harus bisa menanganinya dengan baik. Termasuk memberikan solusi atau menghubungkan tamu dengan orang yang tepat jika diperlukan.

  • Menerima panggilan telepon masuk, mengarahkannya ke departemen yang sesuai, dan memberikan bantuan telepon jika diperlukan.

  • Melakukan tugas administratif seperti mengisi formulir, mengurus dokumen tamu, dan mengelola data pribadi atau perusahaan.

  • Di hotel, front of house receptionist juga dapat membantu tamu dengan pengaturan transportasi, seperti taksi atau layanan antar-jemput bandara.

    Aplikasi Wirausaha majoo

2. Front of House Restoran 

Front of house restoran adalah pihak-pihak yang menangani area atau bagian dari restoran dan secara langsung berinteraksi dengan tamu atau pelanggan. Mencakup semua elemen yang terlihat oleh pelanggan saat mereka masuk ke restoran dan selama kunjungan mereka. 

Front of house restoran berperan penting dalam menciptakan pengalaman makan yang positif bagi tamu dan membangun citra dan reputasi baik restoran. Berikut adalah beberapa aspek dan tugas yang terkait dengan front of house restoran:

  • Staf front of house restoran adalah orang pertama yang menyambut tamu saat mereka tiba. Mereka bertanggung jawab untuk memberikan sambutan yang ramah, mengarahkan tamu ke meja yang sesuai, dan mengelola reservasi jika ada.

  • Mengatur pengaturan tempat duduk untuk tamu sesuai dengan reservasi atau kebijakan restoran, memastikan bahwa semua tamu dapat duduk dengan nyaman.

  • Staf pelayanan meja bertugas untuk mengambil pesanan makanan dan minuman, menyajikan hidangan dengan baik, menjawab pertanyaan tentang menu, dan memastikan bahwa tamu memiliki pengalaman makan yang baik.

  • Staf kasir menerima pembayaran dari tamu, menghitung tagihan, dan memberikan kembalian jika diperlukan.

  • Memastikan kebersihan dan kenyamanan di ruang makan, mengganti linen meja, dan mengawasi agar atmosfer restoran tetap menyenangkan.

  • Memberikan rekomendasi tentang menu, mendorong tamu untuk mencoba hidangan khusus atau minuman, dan mempromosikan penjualan tambahan.

  • Jika restoran mengadakan acara khusus atau reservasi untuk kelompok besar, staf FoH membantu mengatur pengaturan meja dan memastikan bahwa kebutuhan khusus tamu dipenuhi.

Kesimpulan

Front of house adalah istilah yang sering digunakan dalam industri perhotelan, restoran, dan layanan pelanggan. Bisa juga diartikan sebagai tempat bertemunya staf pelayanan dan pelanggan atau tamu. Di tempat itulah mereka akan berinteraksi.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa front of house adalah area atau bagian dari bisnis yang berhubungan langsung dengan tamu atau pelanggan. Lantaran fungsi dan tugasnya yang sangat penting, staf yang dipekerjakan di area front of house pun sebaiknya sudah diberikan pelatihan khusus dalam hal pelayanan konsumen.

Untuk memaksimalkan fungsi FoH, kamu bisa menggunakan aplikasi wirausaha seperti majoo. Dengan aplikasi wirausaha yang lengkap, berbagai transaksi yang terjadi di area depan bisnis pun bisa terlacak dengan baik. Dengan majoo, efektivitas dan efisiensi bisnis bisa kamu dapatkan secara mudah dan praktis. Tenang, biaya berlangganan majoo pun masih sangat affordable, kok! So, tunggu apa lagi? Pakai majoo sekarang!


Sumber Data: 

https://blog.mokapos.com/front-of-house-adalah

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
majoo logo circle

Silakan Isi data diri di bawah Ini untuk terhubung dengan majooCare

+62
whatsapp logo