Menjadi Waiter Handal: Tips dan Skill yang Perlu Dipelajari

Ditulis oleh Dwi Ernanda

article thumbnail

Sebagai seorang waiter, kamu bertugas melayani pelanggan dengan menyajikan makanan dan minuman


Sebagai seorang waiter, kamu bertugas melayani pelanggan dengan menyajikan makanan dan minuman. Selain itu, tanggung jawab seorang waiter meliputi menyambut pelanggan, membantu mereka memilih menu, mengambil pesanan, menyajikan pesanan dengan baik, hingga menangani keluhan dan pertanyaan pelanggan.

Keahlian yang Dibutuhkan Waiter

Untuk menjadi seorang waiter handal, ada beberapa keahlian umum yang perlu dikuasai, di antaranya:

Menghafal Menu dan Minuman

Seorang waiter yang baik harus menguasai pengetahuan tentang menu dan minuman yang disajikan di restoran. Kamu harus bisa menjelaskan bahan-bahan, metode memasak, dan rasa dari setiap hidangan, serta memberikan rekomendasi sesuai dengan selera pelanggan.

Mengetahui Alergi dan Kebutuhan Diet Pelanggan

Sebagai waiter, kamu perlu menanyakan kepada pelanggan apakah mereka memiliki alergi atau kebutuhan diet khusus. Pastikan kamu mengetahui bahan yang ada dalam setiap hidangan, sehingga kamu bisa memberikan rekomendasi yang sesuai.

Teknik Upselling dan Cross-selling

Untuk meningkatkan penjualan, seorang waiter harus menguasai teknik upselling dan cross-selling. Upselling adalah teknik menjual produk dengan harga lebih tinggi, sedangkan cross-selling adalah teknik menjual produk tambahan yang relevan dengan pesanan pelanggan.

Membangun Rapport dengan Pelanggan

Membangun rapport dengan pelanggan sangat penting untuk meningkatkan penjualan. Kamu bisa melakukan hal ini dengan menyapa pelanggan secara ramah, menanyakan kebutuhan mereka, dan memberikan saran yang sesuai.

Mendengarkan dan Menghafal Pesanan

Seorang waiter harus memiliki keterampilan mendengarkan yang baik untuk mengambil pesanan pelanggan. Kamu harus bisa menghafal pesanan dengan cepat dan akurat, serta mencatatnya dengan rapi jika diperlukan.

Menggunakan Sistem POS

Menguasai sistem Point of Sale (POS) merupakan hal penting bagi seorang waiter. Sistem ini digunakan untuk memasukkan pesanan pelanggan, mengelola transaksi pembayaran, dan menjaga stok barang. Kamu harus bisa menggunakan sistem ini dengan cepat dan efisien.

Kebersihan Meja dan Area Makan

Seorang waiter handal harus selalu menjaga kebersihan meja dan area makan. Pastikan meja dan kursi bersih sebelum pelanggan datang. Setelah pelanggan selesai makan, segera bersihkan meja dan atur kembali peralatan makan.

Menjaga Penampilan Pribadi

Penampilan pribadi juga sangat penting dalam profesi ini. Kamu harus selalu menjaga kebersihan diri, mengenakan seragam yang rapi, dan memastikan tampilan profesional di depan pelanggan.

Mendengarkan Keluhan dengan Empati

Ketika menghadapi keluhan pelanggan, seorang waiter handal harus bisa mendengarkan keluhan tersebut dengan empati. Jangan cepat marah atau merasa tersinggung, tetapi tunjukkan rasa peduli dan pengertian terhadap permasalahan yang dihadapi pelanggan.

Menyelesaikan Masalah dengan Cepat dan Efisien

Setelah mendengarkan keluhan pelanggan, seorang waiter harus segera mencari solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut. Kamu bisa berkonsultasi dengan manajer atau koki untuk menemukan solusi terbaik. Jangan lupa untuk selalu meminta maaf kepada pelanggan dan berterima kasih atas masukannya.


Baca Juga: Profit sharing: Meningkatkan Produktivitas Karyawan

Hal-hal Penting saat Menjadi Waiter