Bagi kamu yang memiliki bisnis makanan rumahan, memahami cara daftar GoFood usaha rumahan bisa menjadi pilihan yang tepat untuk memastikan bisnis dapat terus maju dan berkembang.
Pasalnya, di era yang sudah serba digital seperti sekarang, penerapan aplikasi-aplikasi digital seperti GoFood dan kawan-kawannya memang sudah sangat umum sekali. Tanpa perlu repot-repot mendatangi tempat usaha dan mengantre, pelanggan dapat dengan mudah menikmati menu favoritnya melalui aplikasi pesan antar online ini, kan?
Dengan alasan tersebut, sama sekali tak mengherankan, kan, jika para pelaku usaha tertarik untuk melirik peluang pasar GoFood? Selain dapat mempermudah pelanggan setia untuk memesan makanan kesayangan mereka, GoFood juga dapat difungsikan untuk menjangkau pelanggan baru, lho!
Jadi, seperti apa, sih, cara mendaftarkan GoFood bisnis makanan rumahan yang kita kelola? Simak penjelasannya bersama-sama, yuk!
Pentingnya Tahu Cara Daftar GoFood Usaha Rumahan
Informasi terkait cara daftar GoFood usaha rumahan sebenarnya cukup mudah untuk ditemukan, baik di media resmi GoFood sendiri maupun melalui sumber-sumber lain. Bagi kamu yang memang ingin tertarik untuk mencoba platform yang satu ini dalam memasarkan bisnis makanan rumahan, mencari tahu terlebih dahulu sebenarnya bisa cukup membantu, lho!
Sederhana saja, sebenarnya, dengan mengetahui terlebih dahulu syarat yang dibutuhkan, alur pemrosesan pengajuan, dan juga biaya-biaya yang mungkin diperlukan, pelaku usaha dapat mempersiapkan aplikasi pendaftarannya dengan lebih matang.
Tanpa harus bolak-balik, misalnya saja karena ada kelengkapan atau persyaratan yang belum terpenuhi, proses pendaftaran pun bisa diselesaikan dengan cepat, sehingga semakin cepat pula bagi pelanggan untuk menemukan menu-menu kesayangan mereka di platform
Apa yang Perlu Diperhatikan saat Daftar GoFood?
Saat mencoba daftar GoFood untuk bisnis yang kamu jalankan, ada beberapa hal yang sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu. Misalnya saja, kamu perlu tahu bahwa biaya untuk mendaftarkan bisnis kita agar tersedia di platform GoFood sebenarnya sama sekali tidak dipungut biaya alias gratis.
Oleh karena itu, kamu bisa bersikap waspada atau curiga apabila ada orang yang mengaku mampu mendaftarkan bisnismu ke platform GoFood dengan biaya-biaya tertentu. Dengan beragam kemudahan yang ditawarkan, kamu bisa secara langsung mengurus sendiri proses pendaftaran bisnismu tanpa perlu bingung, kok.
Biaya-biaya khusus biasanya baru akan dikenakan setelah pendaftaran berhasil diselesaikan dan operasional bisnis mulai dijalankan di platform GoFood. Namun, sebelum itu terjadi, tidak ada biaya pendaftaran atau semacamnya.
Selain terkait biaya, apa lagi, sih, yang harus diperhatikan saat daftar GoFood? Agar lebih jelas, langsung saja kita ulas satu per satu, yuk!
Kelengkapan Dokumen yang Dibutuhkan
Secara singkat, persyaratan dokumen yang diperlukan dalam mendaftarkan bisnismu ke platform GoFood tidak terlalu rumit. Kamu hanya perlu menyiapkan KTP selaku pemilik usaha, informasi rekening bank yang ingin digunakan, dan juga NPWP jika kamu sudah terdaftar sebagai pelaku usaha wajib pajak.
Nah, agar proses pendaftaran bisa diselesaikan dengan lancar, pastikan KTP yang digunakan benar-benar identitas asli yang terdaftar. Pastikan pula informasi yang ada dalam KTP tersebut dapat dibaca dengan jelas. Jadi, semisal KTP yang ingin didaftarkan bentuknya sudah sedikit rusak, ada baiknya kamu mengurus pembaruan KTP terlebih dahulu.
Selain KTP, foto diri juga menjadi syarat yang dibutuhkan dalam pendaftaran. Jadi, sebaiknya siapkan dulu foto diri sesuai dengan ketentuan yang disyaratkan, baik dalam format fisik maupun digital.
Selanjutnya, kamu juga akan diminta untuk memberikan informasi kontak seperti nomor telepon dan alamat email untuk menyelesaikan pendaftaran. Pastikan informasi kontak yang kamu berikan merupakan informasi kontak yang benar dan masih aktif, sehingga dapat mempermudah tim GoFood untuk menghubungimu bila dibutuhkan.
Apabila kelengkapan dokumen tersebut sudah dipenuhi, kamu cukup memulai proses pendaftaran dengan mengisi formulir yang telah disediakan dan menunggu proses validasi diselesaikan oleh tim GoFood. Mudah sekali, kan?
Manajemen Ketersediaan Menu
Berbeda dengan menjalankan operasional bisnis secara konvensional, menjalankan bisnis di platform digital seperti GoFood membuatmu sulit untuk memantau operasional bisnis secara detail, terlebih jika kamu memilih untuk menyerahkan pengelolaan operasional harian kepada staf.
Ditambah lagi, berbeda dengan kebanyakan jenis bisnis lainnya, bisnis makanan rumahan umumnya memiliki siklus produksi yang cepat. Bukan tidak mungkin makanan yang dibuat pada pagi hari sudah habis terjual pada siang harinya, kan? Oleh karena itu, sebelum mendaftarkan bisnismu ke GoFood, pastikan kamu memiliki manajemen ketersediaan menu yang baik.
Pasalnya, informasi ketersediaan menu yang ada di tempat usaha harus selalu diselaraskan dengan informasi yang tersedia dalam platform. Karena pelanggan tak bisa melihat langsung menu apa saja yang masih tersedia, pelanggan harus sepenuhnya mengandalkan informasi yang ada di aplikasi.
Tentu akan sangat kacau sekali, kan, bila di aplikasi GoFood tertera informasi bahwa menu masih tersedia, padahal di tempat usaha fisik, menu tersebut sudah habis terjual. Ketidaknyamanan yang mungkin terasa sepele semacam ini bisa memberikan dampak negatif yang sangat besar, lho, bagi bisnismu. Jadi, pastikan kamu sudah menyusun solusinya sebelum mulai mendaftarkan bisnismu ke platform GoFood, ya!
Bagaimana Cara Mendaftarkan GoFood Bisnis?
Proses cara mendaftarkan GoFood bisnis bisa dibagi menjadi dua tahapan. Tahap yang pertama adalah tahap pendaftaran itu sendiri. Setelah tahap ini diselesaikan, kamu belum bisa langsung berjualan di platform GoFood karena harus menyelesaikan tahapan berikutnya, yakni tahapan aktivasi.
Kamu bisa memulai tahap pendaftaran dengan mengisi formulir yang telah disediakan. Pastikan seluruh informasi yang diberikan sudah benar untuk menghindari potensi masalah di kemudian hari. Selanjutnya, masih dalam tahap pendaftaran, kamu akan diminta untuk mengunggah seluruh dokumen yang disyaratkan seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.
Tim GoFood akan memeriksa kelengkapan data yang kamu berikan. Apabila masih ada kelengkapan yang belum sesuai, kamu dapat melakukan perbaikan data usaha melalui platform yang disediakan. Apabila proses verifikasi sudah diselesaikan sepenuhnya dan tak ada lagi masalah, kamu bisa melanjutkan ke tahapan aktivasi agar dapat segera mengelola bisnismu melalui platform GoFood. Tenang saja, cara mendaftarkan GoFood bisnis ini cukup mudah, kok!
Cara Daftar GoFood Online
Tak perlu datang langsung ke kantor GoFood, kamu bisa memilih cara daftar GoFood online melalui platform GoBiz. Unduh platform GoBiz ini di Google Playstore untuk pengguna smartphone Android atau melalui iOS App Store untuk pengguna Apple.
Di halaman muka platform GoBiz ini, kamu akan menemukan tombol Daftar yang bisa diklik untuk memulai proses pendaftaran bisnismu. Nantinya, kamu akan diarahkan ke halaman formulir pendaftaran yang dapat diisi sesuai dengan instruksi yang diperoleh.
Setelah pendaftaran diselesaikan, jangan buru-buru untuk menghapus aplikasi GoBiz dari smartphone, pasalnya aplikasi GoBiz ini memiliki dasbor yang dapat kamu gunakan untuk mengelola bisnismu dalam platform GoFood, mulai dari memasukkan menu-menu yang tersedia hingga melakukan pengaturan keuangan, terlebih untuk transaksi yang diselesaikan menggunakan GoPay.
Berapa Biaya Pendaftaran GoFood
Seperti yang sudah sempat dibahas sebelumnya, untuk pendaftaran GoFood bisnis rumahan, sebenarnya sama sekali tidak dipungut biaya. Cukup dengan menyelesaikan pendaftaran melalui aplikasi GoBiz, bisnis pun sudah tersedia untuk dinikmati di platform GoFood.
Dengan cara daftar GoFood usaha rumahan yang tergolong cukup mudah ini, tentu tak ada alasan lagi untuk segera mengembangkan bisnismu dan menjangkau pelanggan yang ada di GoFood, kan?
Selain dengan aplikasi GoBiz, manfaatkan juga seluruh kemudahan pengelolaan operasional bisnis menggunakan aplikasi majoo yang sudah dilengkapi dengan beragam fitur unggulan. Mulai dari fitur keuangan yang dapat mencatat setiap transaksi secara tepat, akurat, dan otomatis, hingga fitur membership yang mempermudahmu menjaga tingkat kepuasan pelanggan setia bisnismu.
Jadi, tunggu apa lagi? Gunakan aplikasi majoo sekarang juga, yuk!
Sumber: -